Technology

Zenfone Zoom S dan Alasan Memilikinya

Zenfone Zoom S dengan dual kamera utamamya, bagiku seperti manusia yang dibekali sepasang mata dan juga matahati. Jika digunakan dengan bijak, kita akan tau, kapan harus melihat sesuatu secara keseluruhan (wide), dan kapan harus melihat setiap bagian yang lebih detil (zoom). Sementara kapasitas baterai yang yang 5000 mAh cocok buat aku yang suka traveling outdoor.

***

Punya Zenfone 3 (ZE520KL) dan Zenfone 3 Max (ZC553KL) memang menyenangkan. Yang satu merupakan smartphone #BuiltForPhotography, dan satunya lagi smartphone yang #GaAdaMatinya. Tapi di sisi lain, aku masih tetap merasa belum puas. Belum pas. Aku pernah membayangkan …

… seandainya ada satu smartphone yang punya 2 kelebihan itu sekaligus. Pasti bakal jadi smartphone yang ideal untuk traveler seperti aku. Ngga hanya andal untuk fotografi, tetapi juga punya baterai yang tahan lama.

Ya kan ngga asik, kalau pas lagi seneng-senengnya ketemu panorama alam yang cakep, trus mau bikin foto narsis, tapi batrenya abis. Ye kan? Dan hadirnya Zenfone Zoom S dari Asus, seolah menjadi jawaban atas doa-doaku. *iih waw!

Mendekap manja Zenfone Zoom S

Sayangnya, aku belum bisa bawa pulang Zenfone Zoom S yang keren banget itu. Huhuu *peluk manja Zenfone Zoom S.

Jadi untuk sementara aku cuma bisa nulis ginian, tentang alasan-alasan mengapa Zenfone Zoom S layak dimiliki. Tulisan yang sekaligus berguna untuk tetap menghidupkan api impian memiliki smartphone sekeren Zenfone Zoom S. Karena aku percaya, ada LoA bekerja di balik mimpi-mimpi. *dalem

Alasan-alasan Memiliki Zenfone Zoom S

Built For Professional Photography

Kalau Zenfone 3 punya tagline Built For Photography, maka Zenfone Zoom S diberi label Built For Professional Photography. Karena Zenfone Zoom S sudah dibekali banyak sekali teknologi dan fitur baru pada kameranya. Apa saja? Simak!

Teknologi Dual Camera

Di bagian belakang, ada dua kamera yang dapat memenuhi kebutuhan fotografi. 1 kamera resolusi 12MP dengan bukaan lebar f/1.7, serta 25mm wide-angle dan menggunakan sensor Sony IMX362. Ukuran sensornya sendiri sebesar 1.4µm pixel (ukuran sensor 1/2.55”). Dan 1 lagi kamera zoom 59mm 12MP, yang didukung dengan kemampuan 2,3x optical zoom serta total 12x digital zoom.

Kombinasi kedua kameranya memungkinkan kita untuk bisa melakukan lebih banyak hal dalam membuat foto. Seperti, mengambil objek gambar dengan wide angle, foto macro hingga sedekat 10cm, atau memanfaatkan kamera optical zoom untuk memotret objek foto dari jarak jauh.

SuperPixel Camera

Teknologi ASUS SuperPixel Camera bisa mengambil foto secara cepat dan jelas pada malam hari atau kondisi low-light. Karena Zenfon Zoom S menawarkan sensitivitas cahaya yang jauh lebih baik dibandingkan dengan smartphone kebanyakan.

SuperPixel Camera sendiri terdiri dari tiga komponen yakni:

  1. Pixel berukuran besar 1,4 micron. Sebuah ukuran pixel yang cukup tinggi di smartphone, sehingga memiliki sensitivitas kamera yang tinggi terhadap cahaya, dan mampu meminimalisir noise pada hasil foto. Khususnya foto yang diambil pada kondisi minim cahaya atau saat malam hari. Sensor yang digunakan adalah Sony IMX362 dengan pixel sebesar 1,4 micron, ditambah sensor sebesar 1/2.55 inci, yang merupakan salah satu sensor terbesar pada kamera smartphone. Sehingga Zenfone Zoom S tetap andal untuk fotografi low light.
  2. Bukaan/Aperture lensa sebesar f/1.7. Bukaan yang sangat besar untuk menangkap banyak cahaya, agar masuk ke dalam sensor. Hasilnya, foto menjadi lebih terang.
  3. Teknologi ASUS SuperPixel. Kombinasi dari ASUS SuperPixel engine hardware dan image digital-signal-processing software meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 4 kali lebih baik dengan cara mengontrol level ISO secara otomatis saat memotret, dan menghapuskan noise pada post-shot processing.

Resolution SuperPixel Selfie

Kamera depan ZenFone Zoom S adalah salah satu yang terbaik. Sensor ysng digunakan adalah sensor Sony IMX 214 dengan resolusi 13MP, dan aperture lensa sebesar f/2.0. Sehingga foto selfie yang dihasilkan memiliki resolusi yang tinggi.

Didukung teknologi ASUS SuperPixel Master yang bisa membuat foto jadi dua kali lebih terang. Juga ditambah fitur baru yang disebut dengan mode ‘screen flash’. Screen flash adalah fitur yang memanfaatkan layar sebagai sumber cahaya saat membuat foto selfie dalam kondisi gelap/minim cahaya.

ASUS TriTech+ Auto-Focus 0,03 Detik

ZenFone Zoom S menggunakan sistem autofocus ASUS TriTech+ yang sudah ditingkatkan dengan tiga teknologi fokus generasi terbaru. Ketiga teknologi tersebut adalah sebagai berikut;

  1. Dual Pixel PDAF
    Tiap pixel pada sensor dibagi ke dalam dua seksi phase-detection, yang bisa mendeteksi pergerakan subjek dengan menganalisa variasi antara pancaran sinar yang menuju ke kedua sensor. Total ada 12 juta pixel yang ada di sensor dan bekerja bersama saat smartphone digunakan untuk memotret, sehingga ZenFone Zoom S sanggup mendapatkan phase-detection autofocus yang sangat cepat, bahkan dalam kondisi low-light.
  2. Laser Auto-Focus generasi kedua
    Teknologi Laser Auto-Focus generasi kedua ini menawarkan jarak hingga tiga kali lebih baik dibandingkan dengan sistem laser focus standar. 1 kelebihan tersendiri yang ditawarkan yaitu memotret objek dekat, dalam jarak 1,5 meter.
  3. Subject Tracking Auto-Focus. ASUS
    Merupakan sistem yang dapat melacak pergerakan objek dengan cerdas saat smartphonr digunakan untuk memotret, sehingga kamera tidak akan kehilangan fokus. Tracking auto-focusnya akan bekerja untuk melacak objek aktif/bergerak secara default, baik saat kamera digunakan untuk memotret, maupun untuk video.

Dari ketiga teknologi tersebut, nantinya TriTech+ akan secara otomatis memilih teknologi terbaik yang akan digunakan saat akan memotret. Selain itu, kameranya juga mampu mendeteksi focus sangat cepat, hingga 0,03 detik, yang merupakan teknik auto-focus tercepat di dunia.

RAW File Support

Seperti pada kamera profesional, ZenFone Zoom S juga menawarkan kebebasan pada fotografer untuk memotret dan menyimpan komposisi warna dalam format RAW. File RAW menyimpan data foto yang diambil oleh sensor kamera secara penuh dan sangat ideal untuk diedit lebih lanjut lewat software editing seperti photosop. Tetapi, dukungan file RAW ini hanya bisa tersedia jika upgrade ke Android 7.0 Nougat.

Full Manual Mode

Dengan Zenfone Zoom S, kita bisa punya kontrol penuh terhadap setting kamera secara manual seperti di kamera Pro. Kita bisa srtting white balance, exposure value (EV), fokus dan setting ISO. Setting ISO-nya loh, mulai dari 50 s.d. 18.500! Kamera mirrorlessku aja cuma 100 paling kecil.

Oya, pilihan shutter-speed pada mode manualnya juga sangat mengesankan, mulai dari 1/50.000 detik (cepat) sampai 32 detik (lambat). Jadi kalau kita udah terbiasa pakai kamera pro, dan ngga puas dengan mode auto di kamera hape, pilih aja mpde manual dan atur semua sendiri dengan nemanfaatkan 2 pilihan lensa yang tersedia, antara lensa utama yang 25mm f/1.7 atau lensa zoom 59mm.

Baterai 5000mAh Reverse Charging

Apa yang bisa dilakukan Zenfone Zoom S dengan kapasitas baterai sebesar itu? Tentu ngga cuma tahan lama dong ya. Tetapi juga bisa reverse charging, yaitu bisa berbagi daya dengan hape lain menggunakan kabel adapter. Semacam jadi power bank gitu lah.

Didukung dengan prosesor Snapdragon 625 yang dikenal hemat daya baterai, Zenfone Zoom S bisa tahan sampai 6.4 jam saat dipakai untuk merekam video resolusi 4K HD, dan sanggup bertahan selama 42 hari pada mode standby.

Dan, walau kapasitas baterainya besar banget, disain hapenya tetap tipis dan ringan. Bahkan menjadi smartphone berbaterai 5.000mAh tertipis dan paling ringan di dunia, dengan ketebalan hanya 7,9 milimeter dan bobot seberat 170 gram.

Kapasitas Memory Besar

Kapasitas RAM 4GB, internal memory 64GB. Ini tuh jadi jawaban buat masalahku juga yang selama ini mengeluhkan slot simcard yg hybrid dengan slot external memory. Aku lebih suka pakai dual sim di hape soalnya. Makanya saat hape-hape keluaran baru mulai mengorbankan slot external memory demi disain hape tipis, aku nangis. Jadi sekarang terpaksa pakai 2 hape. 1 hape utama untuk internetan dan melakukan semua pekerjaan sebagai blogger. Dan 1 hape khusus untuk telpon dan SMS.

Hape yang untuk internetan itu pakai simcard sekali pakai buang. Beli kartu perdana khusus internet. Satu slot sim dipakai untuk external memory tambahan. Demi bisa menyimpan banyak foto dan video untuk blog dan sosmed. Juga untuk menyimpan banyak file penting lainnya.

Dengan Zenfone Zoom S yang punya memory 64 GB. Aku ngga perlu tambahan external memory lagi. Dan dengan RAM 4GB, tentu hapenya bisa diajak multi tasking. Maklum, aku kan blogger sok sibuk yang suka buka buanyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Ya email, browser untuk blog, photo & video editor, juga sosmed, dll.

Prosesor Pintar & Cepat

Prosesor yang digunakan adalah Snapdragon 625 Octa-core 14nm dari Qualcomm. Prosesor yang terkenal punya kecepatan tinggi, sekaligus bisa menghemat daya baterai. Aku sendiri udah merasakan pada Zenfone 3 ZE520KL yang bateraimya cuma 2.600mAh tapi bisa tahan seharian dengan pemakaianku yang seperti biasanya. Lebih menyenangkan lagi karena prosesor Snapdragon 625 Octa-core 14nm ini bisa support fast charging.

Untuk GPU yang digunakan adalah Adreno 506. Sudah mendukung untuk resolusi layar maksimal hingga 1920 x 1080 piksel (Full HD), pengambilan video resolusi 4K 30fps.

Built in Video Stabilizer

Selain teknologi dual kamera, adanya stabilizer bawaan smartphone saat pengambilan video juga menjadi salah satu yang aku suka dari kameranya. Resolusinya bisa sampai full HD (1920 x 1080). Berbeda dengan Zenfone 3 Max yang hanya mampu merekam video resoluai HD saja saat video stabilizernya diaktifkan.

Aku juga udah coba sendiri segimana kecenya built in stabilizer pada Zenfone 3 untuk ambil video. Video yang dihasilkan jadi tanpa shake.

Layar Cantik Amoled & Kuat

ZenFone Zoom S punya layar display 5,5 inci Full HD, panel AMOLED dengan kecerahan 500cd/m2 untuk tampilan terbaik saat aktivitas outdoor. Tampilan akan terlihat sangat jernih dan kontras serta color gamut lebih dari 100% cakupan warna NTSC. Layar smartphone juga mendukung blue-light filter yang mencegah kelelahan mata saat melihat layar dalam waktu yang lama.

ZenFone Zoom S juga menjadi salah satu smartphone pertama yang memakai lapisan Corning Gorilla Glass 5 untuk layarnya. Jadi layar 70% lebih kuat saat terjatuh dibandingkan dengan generasi Gorilla Glass sebelumnya. Panel ini juga telah dibuat dan dibentuk sedemikian rupa agar pas dengan body smartphone yang cantik. Casing belakang menggunakan bahan aluminium-alloy yang kuat dengan finishing sanblast. Di bagian belakang, ada sensor fingerprint juga untuk aksesibilitas yang lebih mudah.

Spesifikasi lengkap dan harga Zenfone Zoom S bisa dilihat di tabel berikut:


Model: ASUS ZenFone Zoom S ZE553KL


CPU: Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 14nm processor, 8x 2.0GHz with FinFET LPP (Low Power Plus) powersaving technology


GPU: Adreno™ 506


RAM: 4GB RAM


Storage: eMCP 64GB + 5GB ASUS WebStorage + 100GB Google Drive (free for 2 years)


MicroSD: Supports up to 2TB


Connectivity: 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct


Network: FDD-LTE (Bands 1, 3, 5, 8), TD-SCDMA (Band 40), WCDMA (Bands 1, 5, 8), GSM (850, 900, 1800, 1900 MHz), LTE Cat4: UL 50 / DL 150 Mbps (WW/US/BR/IN/ID version), DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps


SIM Cards: SIM 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, SIM 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Dual SIM dual standby (Only use the Nano SIM card or the MicroSD card at a time). Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 3G WCDMA / 4G LTE service at a time.


Navigation: GPS, A-GPS, GLONASS, BDSS


Display: 5,5” FHD (1920 by 1080) AMOLED display, 500nits brightness, Corning® Gorilla® Glass 5 for best screen protection, Over 100% NTSC high color gamut display, Bluelight filter for eye care, 10-finger capacitive touch, Fingerprint and smudge-resistant oleophobic coating, Slim bezel (2.08mm), 76.5% screen-to-body ratio


Video: 4K video recording (3840 by 2160) at 30fps, 1080p HD video recording at 30fps, 720p HD video recording at 30fps, 3-axis electronic image stabilization, Take still photo while recording video


Battery: 5.000mAh (non-removable) + Reverse Charging


Main Camera: 12MP, f/1.7 aperture Sony IMX362 sensor (1/2.55″ large sensor size, 1.4µm large pixel size), Focal Length 25mm, 6p lens, 82° field of view, 4-axis, 4 stops Optical Image Stabilization for steady photos, 3-axis Electronic Image Stabilization for shake-free videos, 4K UHD (3840 by 2160) 30 frame per second video recording, Color correction (RGB) sensor for the best white balance and natural-looking colors, Dual-LED real tone flash, ASUS Exclusive TriTech+ Auto Focus system with 0.03s instant focus, ASUS SuperPixel™ Technology for 2.5 times light sensitivity


Zoom Camera: 12MP, 12x total zoom, 2.3x optical zoom, Focal length 59mm, 5p lens


Front Camera: 13MP, Sony IMX214 sensor (1/3.06″, 1.12um), f/2.0 aperture, Screen flash


Sensor: Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor, RGB sensor, IR sensor, Fingerprint


OS: Android 6.0 with ASUS ZenUI 3.0, upgradable to Android 7.0 Nougat


Dimension: 154.3 x 77 x 7.99mm


Weight: 170 gram


Color: Navy Black, Glacier Silver


Price: Rp5.999.000


Kesimpulan

Dengan berbagai keunggulan yang ada, Zenfone Zoom S menjadi smartphone paling ideal untuk traveler, atau mereka yang butuh smartphone dengan kemampuan fotografi yang oke dan baterai awet. Aku? Pingin banget punya!

32 thoughts on “Zenfone Zoom S dan Alasan Memilikinya

  1. aku geleng-geleng aja deh lihat kamera sekarang. Dulu tuh udah keren banget punya HP berkamera belakang. Sekarang HP udah punya 3 kamera. Kalau punya zoom S, aku numpang foto yaa

  2. Ulasannya menariiik banget, teh Noe…
    Andaikan….andaikan….Asus aku bisa di switch sama Zanfone Zoom S.

    Gak kuku ngliat modelnya yang makin tsakkep sama kapasitas memorinya.

    ~uhhukk….aku bisa masukin drama Korea berapa banyak tuuh?

  3. harganya lumayan banget ya. Tapi untuk performa yang bagus dan kualitasnya gak usah dipertanyakaan, aku setuju banget, Noe memilikinya

  4. Oalah… 6 juta rupanya…
    Hikz! Kalo gitu saya harus bertahan dulu dg zenfone max 3 zc550kl ini. Paling tidak udah sama kekuatan baterai nya 5000 mAh hahaha…
    Nyicil besok2 ngejar mega piksel kameranya hahaha

  5. Handphone idaman aku banget ini. Baru mulai mikir pengen deh punya hp yang kemampuan fotografi dan batrenya juara. Mulai berat bawa-bawa kamera kemana-mana.
    HP Asus sih kameranya emang udah ga usah diraguin lagi. Gara-gara suka minta difotoin suami pake ASUS -nya tahun lalu minta juga dibeliin ASUS Selfi.
    Kmaren udah ngasih kode minta Zenfone zoom s buat kado ulang tahun. Entahlah bakal dikasih ga nya mengingat harganya 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.