Zenfone Live, Smartphone Khusus Live Streaming

Buka aplikasi BeautyLive, lalu senyam senyum sok cantik liat ke kamera, adalah dua hal pertama yang aku lakukan saat dapat kesempatan untuk hands on Zenfone Live. Rasanya bahagia ngeliat wajah sendiri jadi keliatan lebih cantik dan mulus. Dan yang lebih bikin bahagia lagi waktu tau harganya ngga sampe 2 juta. Haha. 😆

Oya, udah baca beberapa tulisanku tentang Zenfinity 2017 kan? Sebuah event yang diselenggarakan ASUS untuk meluncurkan 2 smartphone barunya. Kemarin, aku udah ulas soal Zenfone Zoom S. Kali ini, giliran si cantik Zenfone Live yang mau aku bahas.

Zenfone Live, Smartphone Khusus Live Streaming

Sekarang lagi trend banget video live streaming. Sampai-sampai hampir semua aplikasi sosial media populer juga menyediakan fotur live video. Sebut saja instagram, facebook dan twitter. Kalau Youtube dan BigoLive sih jangan ditanya ya. Karena mereka kan memang sosmed khusus video.

Brand ambassador Asus Zenfone Live

Dengan adanya trend video live streaming itu, rasanya memang wajar banget kalau ASUS menyambutnya dengan menciptakan Zenfone Live, smartphone yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam hal video live streaming.

Zenfone Live dibekasi 3 keunggulan utama untuk Live-Streaming yang sempurna. 3 keunggulan tersebut adalah Fitur Beauty Live, Audio dan Design.

BeautyLive Untuk Live Streaming Sempurna

Fitur BeautyLive adalah sebuah fitur yang dapat membuat wajah terlihat semakin menarik saat penggunanya melakukan video live streaming. Cara kerjanya seperti fitur beautification saat membuat foto selfie yang secara otomatis memuluskan kulit, menghapus noda atau flek hitam di wajah, dan membuat warna bibir tampak lebih merona.

Menariknya, fitur BeautyLive juga akan sangat memudahkan pembuat konten untuk melakukan streaming. Hanya dengan 3 langkah mudah, yaitu;

  1. Buka aplikasi BeautyLive
  2. Atur skala BeautyLive. Mau dibikin cantik level berapa, tersedia level 1 s.d. 10.
  3. Pilih sosmed yang diinginkan untuk live, lalu klik tombol Live untuk memulai siaran.

Saat ini, sudah ada 3 sosmed yang sudah terhubung dengan BeautyLive, yaitu Facebook, Instagram, dan YouTube. Kedepannya, ASUS akan terus menambah daftar sosmed yang mendukung live streaming agar penggunanya memiliki lebih banyak pilihan dan kemudahkan.

Audio Bertenaga dengan Five-Magnet Speaker dan Smart Amp

Pada sisi audio, secara keseluruhan, ASUS memberikan beberapa teknologi penting untuk membuat keluaran suara yang fantastis untuk didengarkan.

Ada beberapa teknologi utama pada fitur audionya yaitu, dual microfon noise cancellation, enhanced speech clarity, smart amplifier technology, 5 magnet audio dan ICE power dan Sonic Master.

Dual microfon, berfungsi untuk meminimalkan noise yang terjadi pada saat melakukan live streaming. Lubang mic ditempatkan di bawah berdekatan dengan grill speaker.

Speaker Zenfone Live (Credit: Advent Jose)

Speakernya bertenaga dengan desain 5 magnet dan metal voice coil, untuk memproduksi audio yang keras dan jernih serta kualitas sangat baik di setiap skenario. Speakernya juga dilengkapi dengan smart amplifier yang dapat meningkatkan kekuatan suara serta resolusi audio tanpa suara terdengar pecah.

Untuk memastikan suara pengguna selalu terdengar oleh penonton, ZenFone Live juga punya sepasang mikrofon MEMS yang sangat sensitif. Mikrofon MEMS ini sudah diset dan diposisikan secara akurat untuk mengurangi noise. Pengaturan tersebut membuat penangkapan suara vokal menjadi lebih jernih, sehingga suara dapat tertangkap dengan jelas meskipun kita sedang melakukan video live di sisi jalan yang bising atau pusat perbelanjaan yang ramai.

Desain Ramping dengan Metallic Finish dan 2.5D

Saat melakukan live streaming, apalagi secara mobile, tentu saja seseorang butuh perangkat yang ringan dan ramping agar mudah dipegang. Atau dengan kata lain, smartphone itu harusnya mobile friendly. Nah, ASUS Zenfone Live telah memenuhi semua persyaratan itu.

Design ramping (credit: Advent Jose)

Zenfone Live punya bodi yang tipis dengan ketebalan hanya 7,95mm. Bobotnya juga ringan, hanya 120 gram. Jadi, ngga akan ada masalah semisal kita ingin membuat video sambil lari-lari pagi, atau sambil ngopi-ngopi cantik di café, atau bahkan sambil berbaring manja di kasur.

Dan lagi, pilihan warnanya cantik-cantik. Pelaku live streaming yang biasanya kebanyakan perempuan, pasti suka deh. Ada tiga varian warna berbeda yakni Navy Black, Shimmer Gold, dan Rose Pink.

Ukuran layarnya 5 inci, resolusi HD (1280 x 720) dengan bezel yang tipis yaitu 2,36mm. Screen to body ratio-nya atau luas keseluruhan permukaan layar yang terpakai mencapai 75 persen. Artinya, kita akan dibuat nyaman dengan luas layarnya yang cukup besar.

Tampilan premium Zenfone Live (credit: Advent Jose)

Tampilannya semakin terlihat premium dengan disain casing yang menyerupai metal, dengan menggunakan metallic coating. Bagian pinggirnya dilengkapi dengan fitur 2,5D sehingga berbentuk agak melengkung.

***

Selain 3 keunggulan utama di atas, masih ada keunggulan lain yang membuat Zenfone Live dapat diandalkan.

Pada sisi prosesor, ASUS memilih Qualcomm Snapdragon quad core berkecepatan 1,4GHz. Komponen kartu grafis pada SoC (System on Chip) tersebut adalah Adreno 305. Kapasitas memori penyimpanan internal sebesar 16GB dan tersedia juga yang versi 32GB. Sementara RAM-nya sebesar 2GB, dan kapasotas baterai sebesar 2.650mAh yang dapat bertahan hingga 471 jam untuk waktu talk time.

Kameranya juga sudah oke. Kamera Selfie dilengkapi LED Flash yang mampu mengiluminasikan skin tone lebih alami. Lensanya 82 derajat View Angle, sehingga foto selfie bisa lebih dinamis karena ada background yang lebih luas, ngga cuma muka doang sepenuh layar. Haha.

Oya, kamera depannya tentu sudah mendukung fitur livestream beautification, dan sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat mengambil foto selfie lebih tajam dan jelas. Sensor pixel-nya berukuran 1.4 micron yang mampu meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya hingga 200 persen dibanding smartphone pada umumnya. Sehingga gambar yang ditangkap tetap jelas walau kondisi minim cahaya.

Sementara di kamera bekalang, ZenFone Live punya kamera resolusi 13MP dengan aperture f/2.0 serta five-prism lens. Sama seperti jajaran smartphone ASUS ZenFone lainnya, ZenFone Live juga menggunakan teknologi low-light yang tersedia pada ASUS PixelMaster Camera. Teknologi low-light tersebut mampu meningkatkan sensitivitas cahaya, mereduksi noise dan meningkatkan kontras warna hingga 400 persen.

Untuk melengkapi modus pemotretan, ASUS ZenFone Live juga memiliki 12 mode yang dapat dipilih. Selain real-time Beautification, yang merupakan fitur andalan ZenFone Live, tersedia pula modus Low Light untuk memotret di tempat redup, Super Resolution untuk menangkap foto resolusi lebih tinggi, dan modus-modus lainnya.

Untuk menopang aktivitas live streaming atau internetan dengan lancar, ASUS ZenFone Live juga sudah mendukung konektivitas data 4G LTE pada kedua slot SIM yang disediakan.

Untuk lebih lengkapnya, spesifikasi dan harga Zenfone Live bisa dibaca pada tabel di bawah ini.


Model
ASUS Zenfone Live ZB501KL


CPU
Qualcomm Snapdragon @1.40 GHz


GPU
Adreno 305


RAM
2GB


Storage
16GB + 5GB ASUS Webstorage + Google Drive 100GB free (2 years)


Micro SD
Yes (up to 128GB)


Connectivity
802.11b/g/n, Bluetooth V 4.0 +EDR, Wi-Fi direct


Network
2G Band 850/900/1800/1900, 3G Band 1/5/8, 4G Band 1/3/5/8, TDD Band 40
DC-HSPA+: UL 42 / DL 5.76 Mbps, LTE Cat4:UL 150 / DL 50 Mbps


SIM Card
Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot


Navigation
GPS, AGPS, GLONASS, BDS


Display
5” HD (1280 x 720) IPS display, 75% screen-to-body ratio, 400nits


Video
Full HD Video recording 1080p @30 FPS, Take still photo while recording


Battery
Lithium-Polimer 2650mAh Li-ion battery (non-removable)


Main Camera
13MP, f/2.0-aperture, Five-prism Lens with Low-Light Technology


Front Camera
5MP, 1.4μm pixels, 82o wide-angle Lens


Sensor
Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light, Fingerprint


OS
Android™ 6.0 with brand-new ASUS ZenUI 3.0


Dimension
141.18 x 71.74 x 7.95mm


Weight
120g


Warna
Navy Black, Shimmer Gold, dan Rose Pink.


Harga Rp1.799.000,-


***

Zenfone Live yang bikin cantik

Kesimpulan

Asus Zenfone Live adalah smartphone dengan spesifikasi yang cocok untuk mereka yang suka membuat video live streaming. Anak-anak SMA yang lagi diusia demen-demennya sosmedan, sepertinya bakal pilih Zenfone Live kalau belinya dengan cara ngumpulin uang saku sendiri, soalnya harganya murah meriah, di bawah 2 juta!

Gimana, kamu naksir ngga?


Note: review lebih lengkap bisa dibaca di blognya Advent Jose yang udah berbaik hati minjemin foto-fotonya. Cus ke link ini.

9 thoughts on “Zenfone Live, Smartphone Khusus Live Streaming”

  1. Hem… Sebagai emak2 saya gak terlalu ngebet sama hp ini. Kalau gratis ya dipertimbangkan sih hihihi…
    Biarlah saya ngalah…ini hape buat anak2 atau mamah mamah muda saja yg suka live. Saya tau diri ga cantik jadi ga mau bohongin orang ah. Hahaha…

Leave a Reply