Review

Upgrade Kemampuan Diri Bersama Fun Blogging #GoForIt

Demi apa aku rela jauh-jauh ikut pelatihan Fun Blogging di Surabaya?

Pertanyaan itu membuat aku merenung sejenak. Apalagi setelah kembali dari Surabaya. Dalam benak, berbagai pertanyaan lain segera memberondong. Ikut pelatihan? Sudah! Belajar dari para praktisi di luar pelatihan pun sudah. What’s next? Masih mau banyak alasan untuk tidak produktif? Mau tetap bertahan dalam menulis yang asal-asalan?

Foto bersama Fun Blogging Surabaya. (doc. Eda Akbar)
Foto bersama Fun Blogging Surabaya. (doc. Eda Akbar)

Padahal, menurut Shintaries blogger kekinian adalah mereka mengikuti perkembangan dunia blogging, dengan tetap menghadirkan konten kreatif yang berkualitas dalam blog yang terkonsep. Statement tersebut pernah kubaca dalam tulisan di blognya, dan sempat ia sampaikan juga saat akan menyampaikan materinya di Fun Blogging 7.

Dari Hobi Menjadi Profesi

Bicara perkembangan dunia blogging, sekarang ini sepertinya yang sedang hits adalah menjadikan blogger sebagai sebuah profesi. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya blogger yang digandeng oleh agensi untuk mempromosikan berbagai produk dan jasa. Biasanya disebut sebagai job review. Atau berbagai event yang digelar saat ini, banyak mengundang blogger untuk meliput dan menulis reportase di blog.

Mengetahui betapa banyaknya peluang yang bisa dimanfaatkan dari kegiatan blogging, aku juga ingin menjadi seorang blogger profesional. Dan itu berarti bahwa aku harus segera meningkatkan kemampuan dalam ngeblog.

Mengapa harus peduli pada blog kita? Karena suatu hari kita akan berterima kasih pada blog kita itu.
Mengapa harus peduli pada blog kita? Karena suatu hari kita akan berterima kasih pada blog kita itu.

Ikut Fun Blogging Surabaya

Salah satu cara yang kutempuh untuk menjadi blogger kekinian adalah dengan mengikuti Fun Blogging. Sebenarnya sudah sejak lama aku ingin ikut Fun Blogging, yaitu sejak angkatan pertama yang diadakan di Jakarta. Sayangnya, sampai Fun Blogging ke-6 pun aku masih juga tidak berjodoh. Akhirnya aku nekat saja ikut Fun Blogging ke-7, meski aku harus menempuh jarak yang begitu jauh.

Di Fun Blogging, semua tips & trik untuk menjadi blogger profesional dikupas tuntas oleh 3 orang blogger yang sudah tidak diragukan lagi kapabilitasnya. Pertama, ada Haya Aliya Zaki yang seorang mom blogger & editor. Selanjutny, mari kita sebut Cikgu.

Blogger yang mulanya adalah seorang penulis ini memberikan materi berjudul Writing Great Content. Materi tersebut tentu sangat sesuai dengan profilnya yang sudah terkenal sering memenangkan berbagai lomba blog.

12 tip agar tulisan bertenaga dari Cikgu. Mau lengkapnya? Ikut Fun Blogging, dong!
12 tip agar tulisan bertenaga dari Cikgu. Mau lengkapnya? Ikut Fun Blogging, dong!

Aku masih ingat betul apa yang Cikgu sampaikan ketika memulai presentasinya. Cikgu bilang, sudah bukan rahasia lagi kalau sekarang ini segala sesuatu akan berujung pada uang. Atau sering dijadikan plesetan sebagai UUD, alias ujung-ujungnya duit. Lalu dengan sangat bersahaja, tanpa ada kesan menyombongkan diri, Cikgu menyampaikan semua tips & trik membuat tulisan yang berkualitas, berdasarkan penglamannya selama menjadi blogger.

Ada satu rahasia memenangkan lomba dari Cikgu, yang ia bocorkan kepada peserta Fun Blogging. Rahasia tersebut tidak tertulis dalam materi yang ia bawakan dalam slide show presentasinya. Rahasianya adalah belajar dari tulisan pemenang dan diaplikasikan jika nanti ikut lomba blog lagi.

Mba Shintaries saat menyampaikan materinya
Mba Shintaries saat menyampaikan materinya

Selanjutnya, ada Shintaries. Aku biasa memanggilnya Mba’e. Materi yang ia bawakan adalah Advancing Your Blog Platform, sesuai dengan brandingnya yang seorang web & blog designer. Dalam materinya, dijelaskan bagaimana kriteria blog yang baik, mulai dari tampilan blog, widget apa saja yang perlu dan tidak perlu, etika memasang banner iklan dan atau google adsense, serta banyak ilmu lainnya.

Saat menyimak ilmu yang dibagikan oleh Mba’e di Fun Blogging Surabaya, aku jadi tau, betapa ceteknya pengetahuanku soal teknis dalam blogging. Salah satunya yaitu soal Google Analytic. Padahal itu penting. Dan seringnya, agensi yang memberi job pada blogger akan meminta pelaporan trafik dari Google Analytic.

Sama seperti Cikgu, saat menyampaikan materinya, Mba’e berpembawaan humble dan open minded. Sifat humble inilah yang membuat aku nyaman mempercayakan urusan design template blog kepadanya.

Teh Ani Berta yang membumi saat sharing ilmi. "Saya tidak sedang mrngajari ikan berenang," katanya.
Teh Ani Berta yang membumi saat sharing ilmu. “Saya tidak sedang mrngajari ikan berenang,” katanya.

Pemateri terakhir, adalah Ani Berta yang biasa dipanggil Teh Ani. Blogger yang sudah go internasional ini membawakan materi berjudul How To Monetize Your Blog Through Branding. Materi branding ini erat kaitannya dengan optimasi media social untuk mempromosikan diri dan blog yang sudah dibangun sedemikian rupa.

Saat ini, blogger memang tidak hanya sekedar menulis di blog saja. Banyak juga agensi yang menawarkan job review blog, satu paket dengan buzzing di media sosial seperti twitter, facebook, dan instagram. Untuk itu, aktif di media sosial juga menjadi hal penting untuk dilakukan seorang blogger.

Keaktifan di sosial media bahkan ada penilaian dan scoring tersendiri yang kita kenal dengan nama klout score. Klout score ini untuk menilai sejauh mana seseorang dapat menginfluence followernya. Kiat-kiat mendapat job review, serta etika mereview produk kompetitor juga dibahas oleh Teh Ani.

Selain itu, satu ilmu lagi yang tak kalah penting adalah soal networking. Teh Ani bercerita bahwa ada banyak event yang pernah ia datangi, dan banyak di antaranya adalah event tanpa fee atau uang transport. Tetapi menurut Teh Ani, jaringan pertemanan yang terbangun dari pertemuan dengan banyak orang melalui event itu, adalah sesuatu yang tak ternilai harganya.

Semangat menyerap ilmu sambil lesehan
Semangat menyerap ilmu sambil lesehan
Saya pun kebagian hadiah sebagai peserta terjauh
Saya pun kebagian hadiah sebagai peserta terjauh
Ibu hamil yang semangat menimba ilmu dari para ahli
Ibu hamil yang semangat menimba ilmu dari para ahli
Tangan-tangan yang sigap memotret & live tweet
Tangan-tangan yang sigap memotret & live tweet

Ya, network atau jaringan pertemanan memang salah satu keuntungan jika mengikuti event-event offline. Dan mengikuti pelatihan ngeblog di Fun Blogging Surabaya ini juga merupakan investasi networking bagiku.

Harapanku, semua ilmu yang dibagikan oleh ketiga blogger keren di Fun Blogging 7, bisa kuserap dengan baik dan menjadi modal untuk meningkatkan kualitas diri. Ditambah dengan terjalinnya pertemanan antara aku dengan seluruh peserta, pembicara, serta semua pihak yang menjadi sponsor Fun Blogging, bisa semakin terbuka berbagai peluang dan pintu rejeki. Aamiin.

Harapanku juga, bisa seperti Cikgu, Mba Shinta, dan Teh Ani yang selalu menekankan keiklasan dalam melakukan segala sesuatu. Selalu sungguh-sungguh dan tak lelah bekerja keras membangun blog. Karena segala sesuatu yang dikerjakan dengan tekun, cepat atau lambat pasti akan membuahkan hasil.

Sponsor Fun Blogging

Menyinggung soal siapa saja sponsor Fun Blogging, aku jadi ingin cerita kalau sebenarnya aku sudah cukup familiar dengan nama-nama seperti Qwords.com, Mobil123.com, serta Smartfren.

Baby Ranu ikut menyimak presentasi Mas Frenavit dari Qwords.com
Baby Ranu ikut menyimak presentasi Mas Frenavit dari Qwords.com

Saat memutuskan untuk memakai top level domain pada tahun 2013 lalu, berdasarkan rekomendasi teman, aku membeli domain nurulnoe.com ini di Qwords.com.

Kalau Mobil123.com, aku mengenalnya secara tidak sengaja. Sekitar awal tahun 2014 lalu, saat aku sedang ngebet ingin punya mobil, aku coba search di google dengan kata kunci tipe mobil yang aku inginkan. Lalu muncul lah situs Mobil123.com di halaman awal google. Aku klik, dan tenggelam lah aku di web-nya, melihat-lihat banyak mobil bekas yang dijual. Tapi sayang, sampai sekarang belum kebeli mobil juga. Hehe.

Sementara sponsor terakhir yang akan kubahas ini, adalah brand yang sukses membuatku mupeng dengan handphone Smartfren Andromax berteknologi 4G LTE Advanced. Sebagai blogger, selain meng-upgrade skill, aku juga merasa perlu meng-ugrade gadget untuk mendukung aktifitas ngeblog. Biar makin joss!

Upgrade skill, upgrade gadget, jadi blogger kekinian. #GoForIt

3 blogger dengan prestasi selangit, namun tetap down to earth.
Ingin seperti mereka, 3 blogger dengan prestasi selangit, namun tetap down to earth.

36 thoughts on “Upgrade Kemampuan Diri Bersama Fun Blogging #GoForIt

  1. Saluuut sama semangat dan kenekatan Mbak Nurul ikutan fun blogging sampe jauh-jauh ke Surabaya, moga ilmu yang didapat barokah. pengin minta file materinya apa boleh ya buat belajar juga.

  2. Networking, hmmm selama INI cukup dengan bewe ke sesama blogger. Klo ditanah air disibukkan menghabuskan waktu DG Keluarga. Hehehe Semoga kedepannya blog mbak nurul Noe tambak kece.

    baby Ranu yg Pinter banger dengerin fun blogging πŸ™‚

  3. Salam kenal πŸ™‚ Kemarin belum sempat kenalan kayaknya. Keren dan salut sama dirimu mbak Noe. Bebi Ranu pinter ya, anteng πŸ™‚ Semoga bisa ketemu lagi

  4. Artikelnya keren dan komplit amat.
    Fun Blogging7 Ilmunya sangat bermanfaat
    Penyajinya cool and smart
    Makanannya juga nikmat
    Meningkatkan wawasan dan nambah sahabat
    Dari Jombang saya sampaikan salam hangat

    1. Iya, lesehan makin asyik. Serasa lg hangout seru di rmh makan lesehan, akrab, dengan menu ilmu yang menyenangkaan. πŸ™‚

  5. Batal deh foto bareng dedek Ranu… Salfa sakit jadinya harus ikhlas meskipun nangis ga bisa ikutan…

    Makin cetar deh nantinya Mba Noe ini sehabis Fun Blogging…

    1. Peluuk mamanya Salfa.. Yg penting kebagian materinya ya… Smoga suatu hari berjodoh bisa kumpul n ketemu lagii.. Aamiin

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.