World of NOE

Ucapan Untuk Pengantar Traveling

Beberapa tahun terakhir sejak seneng traveling, aku nerima banyak komentar dari orang-orang di sekitar. Dan yang paling pedas tentu daja komentar dari ibuku.

“Jalan-jalan terus. Rumah tuh dipikirin, udah banyak bocor atapnya. Ngga kasian anakmu lama-lama bisa keujanan” gitu katanya.

Hag jleb hag jleb!

Dibanding komen emakku yang di atas itu, sindiran orang yang bunyinya “jalan-jalan kok nggembel”, atau “kok ngga bawa oleh-oleh?”, atau “enak ya hidupmu, jalan-jalan terus”, juga sederet komentar negatif lainnya, semua lewat. Ngga ada yang lebih nancep selain sentilan emak. Haha. Untuk alasan itu juga, hampir setahun terakhir aku mengurangi kuantitas mbolang. Masih tetep jalan sih, tapi lebih perhitungan dari pada awal-awal mulai suka jalan.

Ya kalo dulu kan ngga mau mikir panjang. Setiap ada tiket promo, sikat! Ada long weekend, kabur! Sebel sama pacar, minggat! Wkwkwk. *maafkan aku yang dulu Bang!*

By the way, dari pada mengingat komentar yang nggak mengenakkan, sepertinya lebih baik mengingat ucapan-ucapan, doa-doa, atau komentar positif aja ya.

Berikut ini ada 3 ucapan atau doa yang sering aku terima saat pamit mau traveling.

1. Bon Voyage

Bon Voyage adalah ungkapan dari bahasa Perancis yang berarti selamat jalan. Atau dalam bahasa Inggris bisa berarti have a good trip atau enjoy your trip, yang maksudnya mendoakan semoga perjalanan traveling kita menyenangkan. Aku sering sekali  mendapat ucapan ini setiap kali akan pergi traveling.

Tetapi nggak semua pakai ungkapan asing ini sih. Banyak juga yang pakai bahasa kita tercinta, bahasa Indonesia. Karena yang pakai kata bon voyage itu biasanya kaum urban.

Terlebih lagi kalau yang mau diberi ucapan itu dalah pacar, orang tersayang, suami, istri, atau friend zone tapi selalu di hati. Eaa. Bon voyage sepertinya nggak akan dipakai. Lebih asik pakai bahasa inggris dengan kalimay yang terdengar lebih romantis dan manis. Contoh; “hava a good trip, hunny!”.

Dan kata good bisa diganti dengan banyak kata lain, seperti wonderful, nice, atau joyful. Maknanya tetap sama, yaitu doa agar perjalanan yang ditempuh selalu menyenangkan dan indah. Bisa juga ditambahi dengan kata-kata cinta “love you all the way”, atau “miss you already”, atau “gonna miss you, babe”. Anjaaay! Pacar atau pasanganmu pasti memeleh. 😆

2. Safe Flight

Semenjak tau dan jadi pinter berburu tiket pesawat murah, ucapan safe flight juga sering sekali aku dapatkan. Tentunya setiap kali mau traveling naik pesawat ya. Biasanya tuh kalau habis pamer di socmed, update status bahwa kita lagi nunggu boarding di bandara, trus banyak yang komen “safe flight!”, gitu.

Lalu bagaimana kalau yang mengucapkan itu adalah orang tersayang? Apa cuma dua kata itu aja? Hmm, kalau aku biasanya dapet ucapannya memang safe flight doang. Tapi ada embel-embel bahasa Indonesia-nya juga, yaitu “semoga sampai tujuan dengan selamat ya!”. Padahal artinya sama aja dengan safe flight. Wkwkw.

Eh tapi kalimat yang bahasa Indonesia itu malah lebih ngena di hati, apalagi kalau ditambahi kata “sayang” di belakangnya. Uwuwuwu!

3. Take Care

Ucapan take care ini biasanya aku dapat dari orang-orang terdekat, entah itu emak bapak, suami, anak, adik, atau sahabat. Ya walaupun nggak semua pake kata” take care” sih. Lebih banyak pakai bahasa Indonesia dengan nada penuh harap agar aku bisa kembali pulang dengan selamat. Lumer rasanya hati ini. Apalagi kalau yang ngomong anak-anakku.

“Hati-hati ya, Ibu! Cepet pulang. I love you”, gitu biasanya.

Duh, meleleh juga lah air mata. Wekekek. Lebay memang! Tapi begitu lah rasanya setiap kali traveling tanpa anak. Keliatannya aja aku ini tega banget, tapi tetap ada saat aku nangis sendirian kalo kangen anak di rumah. Namanya juga emak-emak kan.

Nah, kalian yang bu-ibu pernah ngerasain kayak gitu juga ngga? Apapun alasanmu saat berpergian. Entah yang cuma butuh refreshing seperti aku, atau tugas ke luar kota dari kantor, atau bahkan tugas negara.

Atau kalian yang masih belum nikah. Yang masih dalam masa sayang-sayangan sama pacar. Kepinginnya bisa ketemu tiap waktu, dan ngga sanggup kalau ngga liat langsung senyum yayang barang sehari aja. Gimana kalau kamu harus pergi jauh sendirian tanpa dia? Pastinya ucapan dari kekasih untuk mengantarmu berpergian bakal berkesan di hati kan?

Baca juga: Pengalaman traveling dengan bayi umur 12 hari.

17 thoughts on “Ucapan Untuk Pengantar Traveling

  1. Jalan-jalan terus, kapan ke Bandungnya biar bisa foto bareng coba? Hahaha.
    Aku malah seneng (sedikit ngiri sih sebetulnya) kalau ada temen yang jalan-jalan, entah itu kerja atau emang travelling. Ada banyak cerita, banyak foto, banyak hal yang bisa aku nikmati tanpa harus pergi sendiri karena memang belum ada kesempatan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.