Tips Traveling With Children

Traveling On Budget Dengan Balita

Traveling membawa bayi atau balita memang sebaiknya mengutamakan kenyamanan. Tetapi sayangnya, ngga semua orang yang punya hobi traveling adalah orang tajir melintir. Akhirnya kalau udah punya anak, harus menghadapi pilihan sulit. Berhenti dari hobi jalan-jalan yang nyatanya butuh biaya, atau tetap traveling tapi mengorbankan banyak hal.

Mereka yang mengaku realistis, biasanya mengambil pilihan nomor satu. Ngga salah juga, kan anak yang utama. Tetapi untuk yang memilih tetap melanjutkan hobi traveling, walau harus ditempuh dengan perjuangan, ya ngga bisa disalahin juga. Uhuk! Ini aku lagi cari pembenaran. Haha. Soalnya aku tipe yang ‘ngga apa-pa rumah bocor, ngga bisa renovasi, yang penting bisa jalan-jalan’. Atau, ‘sehari-hari cukup lah makan dengan lauk tempe, asalkan bisa ngumpulin duit buat beli tiket’.

Dan untuk urusan beli tiket, sekarang aku udah ngga bisa seperti dulu lagi. Dulu, aku berani beli tiket super murah walau periode terbangnya harus nunggu setahun lagi. Ya, dulu kan belum ada balita. Kalau mau pergi ngga pernah pikir panjang. Yang penting ada tiket PP, dan uang yang cukup untuk makan. Selebihnya, seperti soal tidur misalnya, aku ngga keberatan bermalam di emperan masjid.

Setelah punya bayi, dan memang harus bawa bayi kalau traveling, ya ngga bisa gitu lagi lah. Traveling membawa bayi atau balita, berarti tiket dan hotel menjadi 2 hal utama, dan wajib sudah fix sebelum traveling. Tetapi tetap saja, sebisa mungkin aku tidak mengesampingkan prinsip “traveling on budget” supaya kantong ngga jebol.

Seperti terakhir kali aku traveling dan membawa Abang Ranu yang umurnya belum genap 2 tahun. Tepatnya pada bulan Mei 2017. Aku membuat daftar persyaratan dan ceklis untuk menentukan ke kota mana kami akan pergi family trip.

Berikut ini 5 persyaratan yang harus ada di kota tujuan saat aku ingin traveling on budget dan membawa balita;

  1. Range harga tiket harus sesuai kondisi kantong
  2. Banyak penginapan murah dan nyaman
  3. Banyak streetfood dan tempat makan murah
  4. Tersedia sarana transportasi umum, atau rental kendaraan murah
  5. Ada obyek wisata yang sesuai keinginan

Waktu itu, ada beberapa nama kota yang sempat masuk dalam daftar pilihan karena tiketnya terjangkau. Yaitu Semarang, Belitung dan Pontianak. Range harga tiketnya berkisar antara 700 ribuan pergi pulang. Awalnya sih aku kepingin banget bisa ke Kalimantan. Alasannya karena aku belum pernah menginjakkan kaki ke pulau Borneo. Tapi Pontianak terpaksa dicoret karena bukan daerah pantai. Begitu juga Semarang.

Akhirnya dipilih lah Belitong, dengan alasan sbb;

  • Belitong adalah pulau kecil yang dikelilingi banyak pantai cantik
  • Harga tiket sesuai kondisi dompet, 700 ribuan PP
  • Banyak hotel murah, termasuk jaringan Airy Rooms yang sudah terjamin kenyamanannya
  • Makanannya murah-murah, sekali makan rata-rata cuma habis 15 ribu per porsi dengan menu istimewa, seperti nasi goreng dengan seafood segar yang melimpah.
  • Walaupun ngga ada sarana transportasi umum seperti angkot atau bis, tetapi di sana bisa rental motor yang bikin budget justru tambah hemat. 60 ribu aja per hari.

Airy – Solusi Traveling On Budget

Menginap AiryRoom Tanjung Pandan – Belitong, adalah pengalaman pertamaku memesan hotel via AiryRoom. Setelah itu belum pernah lagi, karena memang belum pergi family trip lagi setelah itu. Tapi, setelah merasakan nyamannya tidur di jaringan hotel AiryRoom dengan harga murah, aku jadi terus keingetan AiryRoom setiap kali butuh pesan kamar hotel. Dan sekarang makin asik lagi karena ternyata pesan tiket pesawat juga bisa dilakukan lewat aplikasi Airy.

Jadi sekarang kalau mau pesan tiket dan hotel murah bisa via Airy.

Ah, rupanya Airy sedang melebarkan saya pelayanannya. Ngga terbatas cuma jualan kamar hotel yang nyaman dan murah, tapi juga tiket pesawat. Kayaknya bukan ngga mungkin kalau nanti bakal jadi pesaing bagi Online Travel Agent (OTA) yang udah ada sejak lama.

Layanan pembelian tiket pesawat oleh Airy ini tergolong masih baru banget. Aku sempat diundang juga di acara launchingnya, yaitu pada 14 Agustus 2017. Sayang aku ngva bisa datang karena bersamaan dengan event launching notebook ASUS yang aku ikuti.

Dan yang namanya memperkenalkan produk/layanan baru, biasanya sebuah brand suka memberi promo menarik. Tak terkecuali Airy dengan Promo TEMAN. Apa itu promo TEMAN? Simak nih promo menariknua, termasuk syarat & ketentuannya!

Promo TEMAN (Terbang Murah dan Nyaman)

TEMAN adalah singkatan dari Terbang Mirah dan Nyaman. Ada DISKON sebesar Rp125.000 untuk semua rute penerbangan domestik, cukup dengan memasukkan kode kupon saat proses pembayaran.

Syarat & Ketentuan :

  1. Periode booking: 28 – 31 Agustus 2017
  2. Periode terbang: 28 Agustus – 31 Desember 2017
  3. Potongan harga tiket pesawat sebesar Rp125.000 berlaku untuk nilai transaksi minimal Rp600.000
  4. Masukkan kode kupon pada saat proses pembayaran
  5. Berlaku untuk pemesanan melalui Airy App (minimal Android versi 1.13.0 dan iOS versi 1.11.0)
  6. Kode kupon dapat digunakan maksimal 2 kali oleh setiap pelanggan selama periode promo
  7. Promo berlaku untuk semua rute domestik Airy di seluruh Indonesia dengan maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, AirAsia, Batik Air, Sriwijaya Air, Wings Air, NAM Air, Xpress Air, Aviastar, dan Kalstar Aviation
  8. Program ini tidak dapat digabung dengan promo Airy lainnya
  9. Airy berhak untuk membatalkan pemesanan, dan/atau penggunaan kode promo apabila terjadi kecurangan, atau tindak pelanggaran atas syarat dan ketentuan lainnya yang berlaku
  10. Promo bersifat non-refundable, tidak dapat dibatalkan, dan tidak dapat diubah

Jadi, Mau Kemana Kita?

Saat ini aku sedang menunggu hari untuk melahirkan. Sumpah aku ngga sabar nunggu bayiku lahir, lalu akan kuajak traveling. Haha. Maafkan, aku memang begini. Yang dipikirin jalan-jalan mulu. Apalagi melihat ada promo TEMAN Airy, makin menggebu-gebu lah jiwa mamak yang doyan mbolang ini.

By the way, memanfaatkan promo memang bisa jadi salah satu cara traveling on budget, entah itu solo traveling, bareng teman, atau family trip.

Nah, kira-kira, kalian bakal pakai promo TEMAN untuk traveling kemana?

13 thoughts on “Traveling On Budget Dengan Balita

  1. Goals banget, tetep travelling walaupun ada baby. Pingin juga kayak gini.. *memandang masa depan kalau punya anak nanti*
    Aku juga kok rasa2 sama ya mbak prinsipnya, gpp makan seadanya yang penting ada budget buat travelling.. hahaha

  2. Kalau bayi umurnya di bawah dua tahun sih gak makan budget banyak, tapi yang di atas itu dihitung utuh dewasa kalau untuk pesawat terbang. Makanya kadang banyak banget pertimbangan lalu akhirnya aku gak jadi piknik. Hikss.

  3. Pingin banget nginap di Airyroom suatu hari nanti. Sayangnya di Banda aceh belum ada. Membawa balita traveling memang harus banyak pertimbangan ya Mbak Noe, aku yang hampir setiap bulan membawa balita PP Banda Aceh – Blangpidie yang jarak tempuhnya 8 jam dengan bus, kadang mau enggak mau harus mengambil dua seat dan bus ber AC. budgetnya memang jauh lebih mahal, tapi semua itu demi kenyamanan si buah hati

  4. Cita-cita aku pun kalau punya anak ingin tetap ngebolang. Biarlah anak-anak aku lebih kenal warung di pinggir pantai dan bengong melihat kafe. hehehehe Ngayalnya, enggak tahu nanti bakal gimana kenyataannya.
    Aku pernah traveling on budget bawa ponakan usia 3 tahun. Sampai di penginapan komennya adalah “Kok kayak bukan hotel, Bu.” Padahal waktu usia 2 tahun enggak protes. Mungkin harus membiasakan aja ya.
    Wah asik ih ada promo Airy, mau capcus ngerencanain liburan kalau gitu aku.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.