Tips Traveling With Children

Traveling Kemana Dalam Waktu Dekat?

Lumayan lama juga ternyata ngga apdet blog ini. Hari-hari berlalu dengan segala keriweuhan. Antara kesibukan seputar anak sekolah karena tahun ajaran baru, kerjaan, dan kontraksi-kontraksi palsu yang mulai mampir sebagai tanda kalau hari untuk melahirkan itu segera tiba. Jadi, update blog itu semacam gunung yang minta dipeluk tapi tangan tak sampai. Halagh.

Tips traveling bersama bayi

Baidewei, namanya juga Nurul Noe ya, yang udah dikenal doyan jalan-jalan, eaah… Nyandang perut segede ini, yang udah masuk usia kehamilan 9 bulan, masih aja ada yang nanya, “Noe, mau traveling kemana dalam waktu dekat?” Glek! Kadang kalo lagi bener aku jawab, “ngga kemana-mana dulu, mau nggedein anak”, tapi kalo lagi kumat penyakit nyelenehnya ya paling kujawab, “ke klinik bersalin”. Hehehe

Padahal sebetulnya, ada sederet keinginan traveling untuk mengisi cuti melahirkan yang 3 bulan lamanya. Meskipun entah, deretan keinginan ini apakah dibarengi dengan ketersediaan dana, atau ngga. Mengingat kebutuhan bayi baru lahir itu seabreg. Ngga perlu disebut satu persatu lah ya. 😀

Tetapi, rupanya godaan itu ada aja. Meskipun udah berusaha ngademin hati supaya sabar, ngetrip bisa nanti-nanti lagi, yang penting ngurusin bayi dulu. Malah waktu kumpul keluarga suami di momen lebaran kemarin, dapet kabar kalau nanti akan ada acara keluarga di Purworejo, Jawa Tengah. Which is mean, kalau bisa semua anggota keluarga hadir, termasuk suamiku, dan aku. Whoaa… Aku tergoda.

Lalu nongol lagi pertanyaan berikutnya. Bayimu umur berapa nanti pas lebaran haji? Ngga apa-apa itu dibawa pergi jauh? Masih bayi merah loh!

Pertanyaan-pertanyaan itu malah membuatku teringat bagaimana dulu punya bayi Daffa’ & Abyan. Membawa bayi dalam perjalanan jauh itu sudah hal biasa buatku. Memang sih, bukan perjalanan traveling. Melainkan untuk wara-wiri mudik. Dan Alhamdulillah, perjalanan aman dan lancar. Si babies juga anteng di jalan, ngga rewel sama sekali.

Jadi jangan heran ya, kalau ngeliat Daffa’ & Abyan yang tangguh banget diajak backpacking bareng emaknya sejak balita. Lah wong sejak dalam kandungan dan selagi bayi aja udah diajak wara-wiri sama emaknya.

Kuncinya, sebagai orang tua, kita harus punya keberanian dan rasa Percaya Diri. Kalau sudah berani dan PD, dengan sendirinya otak akan tergerak untuk berfikir, apa saja yang harus dipersiapkan agar perjalanan bersama bayi berjalan aman dan lancar?

Yang pertama dan utama, banyakin doa. Minta perlindungan sama Yang Maha Kuasa. Ya, namanya juga bayi. Kalo kata orang, suka banyak yang godain, mulai dari virus penyakit seperti flu, sampe yang gaib-gaib.

Selanjutnya baru hal-hal normatif, seperti:

  • Pakai diapers, supaya ngga repot gonta-ganti popok kain selama di perjalanan, apa lagi kalo kendaraan umum, seperti kapal ferry atau kereta api.
  • Pilih ruangan ber-AC saat di kapal ferry, atau kereta, atau bus ber-AC. Biasanya kalo kegerahan bayi bakal rewel, kan.
  • Usahakan jangan terlalu capek, banyakin istirahat, supaya si ibu dan bayi juga tetap fit. Kebayang ngga kalo ibubkecapekan trus pingsn? Trus sing ngurusi bayine sopo?
  • Jangan sampai bayi kelaparan. Lebih asik kalo bayi minumnya ASI, jadi ngga repot bikin susu di jalan. Untuk bayi yang sudah harus makan MPASI, bisa dipertimbangkan membawa biskuit bayi supaya praktis.
  • Pakai apron menyusui supaya bebas menyusui dimana saja. Atau lebih enak kalau pake kerudung lebar, tinggal masukin bayi ke dalam kerudung saat menyusui. Buat yang ngga berkerudung bisa pakai apron.

Apron Menyusui

Apron ini semacam celemek ya bentuknya. Meskipun bentuknya macam-macam, ngga selalu seperti celemek juga. Silakan browsing supaya lebih jelas. Foto di atas itu salah satunya, apron menyusui yang bentuknya ngga seperti celemek.

Emh, apa lagi ya tips bepergian jauh bersama bayi? Aku inget-inget lagi, karena udah lama banget pengalaman jalan sama bayi jarak jauh. Sudah gitu jaman dulu aku belom ngeblog dan selebor banget. Jadi semua hal dibikin enak aja, males mikir yang rumit.

Seperti sekarang nih, ngga mau terlalu mikirin, nanti bakal jadi ikut ke Purworejo atau ngga. Yang jelas, kalau ditanya bakal ngetrip kemana dalam waktu dekat, jawabanku masih sama, ke klinik dan ngurusin bayi. Meskipun, kalo ikut ke Purworejo sama keluarga suami, bukan berarti ngga ngurusin bayi, kan?

34 thoughts on “Traveling Kemana Dalam Waktu Dekat?

  1. Waaah tambah seru ya, satu digendong, satu digandeng, satu lagi nggak sabar jalan mendahului hahahahaaa…. Beli ransel bayi, pasrahkan bapaknya xixixiiii

  2. gagal fokus gara-gara si kambing hahahaaa, aku pernah bawa anakku ke singapore waktu dia berumur 1 tahun 2 bulan, asli ribet karena hrs bawa macem-macem dan capek krn masih minta gendong melulu hahahaa semoga impianku ke Korea bisa terwujud dalam waktu dekat ya mak 🙂

    1. Aamiin… Semoga ya mba, bisa ke Korea segeraaa… Aku juga pingin euy main salju di korea. Heuheuuu.. Btw, maafkan soal kambing. Wkwkwk

  3. kmrn adek ipar kmrn pas lahiran di Surabaya, masih sebulan trus balik ke Bandung dan cmn maskapai Garuda yg ngebolehin bayi dibawah 3bln uint naik pswt *phew* ribet tapi menyenangkan yaaa

    seketika jg inget babyboy Bastiannya mak Eka yg prnh diajak trip kemanaaa gt lupa, naik mobil dgn catatan mereka sering rehat supaya babyboy gk bosen dan adaptasi juga.

    Untuk mbakku sayang, menjelang HPL ini semoga semuanya lancar sehat sempurna pas lahiran nanti, aamiin
    dan unt acara mudik ke keluarga besar tar lebaran haji jg bisa ikutan yaaaa hihihi aamiin

    Ini komen pagi2 panjang amaaat yak hahaha ^^v
    lastly maaf lahir bathiiin

    1. Hihihi… Blm prnah sih klo bawa bayi naik pesawat :v

      Bener tuh mak eka, kudu banyak istirahat kalo jln sm bayi.

      Btw, makasih doanya.. Moga kamu jg cpt nyusul. Aamiin… :* hugs

  4. Aku koq gagal fokus sih gara2 foto kambing ituh. Tega banget sih masangnya hahahhaa…
    Semoga lancar jaya persalinannya ya Noe. Mau kamu ajak ke Purworejo ya sana, asalkan mamake dah siap ngerawatnya sepanjang perjalanan. okayyy….

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.