Tips Traveling

Traveling Essentials Agar Nyaman Berlibur di Pantai

pantai selayar

Musim liburan sudah tiba nih. Pada kemana long weekend akhir tahun ini? Kalau aku biasanya memilih destinasi yang banyak pantainya. Ya, aku memang beach lovers!

Yang namanya pantai, selain tentang pasir, ombak, air laut, pohon-pohon kelapa dan berhammock ria, pastinya juga tentang langit biru dan mataharinya yang terik. Kesemua unsur itu bisa jadi hal yang menyenangkan dan membahayakan sekaligus. Menyenangkan karena kita bisa bersantai sambil berjemur di atas pasir a la – a la bule. Bisa juga puas-puasin mandi air laut, berenang, atau skalian snorkeling. Lalu kalau sudah capek, bisa tidur-tidur siang pakai hammock.

Lalu apa ngga enaknya? Apa bahayanya? Banyak! Salah satunya nih, sinar terik matahari yang mengandung UV yang berbahaya bagi kulit dan mata. Nah, supaya liburan di pantai tetap menyenangkan tanpa takut pada berbagai bahaya yang mengintai, ada beberapa barang wajib untuk dibawa jika berlibur ke pantai.

1. Sunblock atau sunscreen

sunblock sunscreen tabir surya

Untuk kulit yang tidak tertutupi pakaian, gunakan sunblock atau tabir surya. Sunblock tersebut akan berfungsi sebagai dinding yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat membakar sel-sel kulit baru. menyebabkan kulit terbakar. Jika sel-sel kulit terbakar, maka akan timbul flek hitam, kerutan, dan kusam pada kulit. Parahnya lagi, paparan sinar matahari dan UV bisa memicu kanker kulit. Jadi jangan anggap remeh ya. Sebaiknya, ketahui juga jenis sunblock yang cocok baik untuk kulit wajah maupun kulit tubuh.

2. Sunglasses (kacamata hitam)

sunglasses

Kacamata hitam tidak hanya berfungsi sebagai penunjang penampilan atau agar pandangan mata menjadi lebih taduh. Lebih penting dari itu, kacamata hitam dapat melindungi mata dari dampak buruk sinar UV seperti katarak, menurunnya fungai retina, dan atau bahkan kanker mata. Hiiy, ngeri! Setelah mengetahui betapa penting fungsinya untuk kedua mata, sekarang aku ngga pernah ketinggalan untuk bawa kacamata kalau ke pantai atau kalau traveling outdoor. Biar aja dikatain pakai kacamuka, yang penting mata aman. Haha… Tapi kepingin juga nanti kalau ada budgetnya, beli kacamata hitam yang sesuai dengan bentuk wajahku.

3. Waterproof case

Waterproof Case

Kalau ngga punya kamera yang tahan air, bisa diakali dengan menggunakan waterproof case supaya bisa tetap merasa tenang saat foto-foto di dekat air atau ombak. Waterproof case ada banyak jenisnya dan biasanya terbuat dari plastik atau silicone. Ada yang buat kamera saku, ada juga untuk handphone. Pernah aku snorkeling dan membuat foto-foto underwater dengan kamera saku yang dibungkus dengan waterproof case. Aman kok!

4. Dry bag

Dry Bag

Dry bag atau tas anti air berguna banget untuk mengamankan barang-barang elektronik seperti handphone, kamera, dompet dan benda berharga lainnya. Dry bag ini juga tidak hanya berfungsi untuk melindungi dari percikan air laut, tetapi juga debu dan pasir yang mungkin bisa mengotori dan masuk ke celah kecil di body handphone dan elektronik lainnya. Pernah kejadian, lensa kamera pocket tidak bisa menutup otomatis karena kemasukan pasir.

5. Topi

Meskipun sudah pakai sunblock dan sunglasses, menurutku topi tetap penting. Terutama untuk melindungi bagian wajah supaya teduh, dan juga melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Kalau aku sih memang jarang banget pakai topi, karena sudah pakai kerudung. Hehe.

6. Baju ganti & perlengkapan mandi

Apa jadinya kalau sehabis main air dan semua baju yang melekat di badan basah, tapi ngga bawa baju ganti. Ngga mungkin kan pulang ke rumah dalam keadaan basah? Bisa masuk angin dong! So, pastikan bawa pakaian ganti yang cukup, dan perlengkapan mandinya sekalian. Memang sih, kadang ada yang ke pantai niatnya cuma sebentar dan ngga mau main air. Tapi ternyata setelah sampai di pantai, ngga tahan godaan untuk berenang, atau dikerjain teman hingga terpaksa ikut basah-basahan. Bisa gaswat tuh kalau ngga ada baju ganti. Aku pernah soalnya kayak gitu, and yes, sampai rumah aku masuk angin. Haha.

7. Kotak P3K

Pernah ngga lagi asik berenang trus ngga sengaja nginjek bulu babi? Atau lagi jalan di pantai lalu kesandung batu karang dan kaki jadi lecet? Di mana pun berada, yang namanya accident kecil bisa saja terjadi. Untuk itu penting juga membawa kotak P3K ke pantai. Just in case kalau dibutuhkan, seperti betadine atau plaster untuk menutup luka, tak perlu bingung karena semua sudah siap.

Jadi itu lah beberapa benda wajib yang harus dibawa demi kemananan dan kenyamanan selama berlibur di pantai. Jika ada yang mau menambahkan boleh ya, siapa tau ada yang terlewat dari list yang kubuat di atas.

8 thoughts on “Traveling Essentials Agar Nyaman Berlibur di Pantai

  1. Aku pernah mengkeeeel banget waktu lupa bawa waterproof case, padahal udah jelas jalan2nya mau ke waterpark sama waktu itu ke pantai pas snorkeling.

    Aku syediih haha

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.