Tips Traveling

Traveling Essential Untuk ke Luar Negri

Beda gaya traveling, beda juga perlengkapan atau traveling essential yang harus kita bawa. Begitupun soal destinasi atau tujuan wisata, sudah pasti mempengaruhi barang bawaan saat jalan-jalan. Misalnya, untuk seorang light traveler atau yang lebih suka bakpackeran, biasanya lebih memilih ransel dibanding koper. Atau kalau destinasinya di alam dan lebih suka adventure, baju dan sepatu yang dipakai juga pasti menyesuaikan.

Nah kali ini, aku mau bahas barang apa aja yang biasanya aku bawa kalau jalan-jalan ke luar negri. Dan yang namanya ke luar negri, paspor tentu wajib dibawa. Jadi yang aku tulis di bawah ini selain paspor.

1. Ransel Daypack 35 liter

Saat traveling ke luar negri, biasanya aku akan bergerak dari satu negara ke negara lain. Seperti ketika aku backpacking ke 4 negara ASEAN pada 2014 lalu. Aku berangkat dari Jakarta ke Kuala Lumpur, lalu terbang ke Krabi, lanjut ke Bangkok lewat jalur darat, kemudian terbang lagi ke Phnom Penh, lanjut lagi lewat jalur darat ke Ho Chi Minh City, balik lagi ke Kuala Lumpur, baru deh pulang ke Jakarta.

Dengan gaya traveling seperti itu, ransel adalah pilihan paling pas, karena semua barang bawaan harus selalu dibawa kemana pun. Tidak seperti slow traveler yang biasanya menginap di satu hotel selama beberapa hari, dan barang bawaan ditinggal di kamar hotel sementara ia pergi jalan-jalan.

Ransel yang kupakai biasanya ukuran daypack 25 sampai 35 liter. Ukuran yang cukup untuk memuat barang bawaan untuk travelimg selama 1 minggu.

2. Kamera & Lensa

Siapapun yang suka traveling pasti setuju kalau jalan-jalan tanpa foto-foto itu nggak afdol. Nggak harus pakai kamera mahal, kamera handphone pun jadilah. Dulu, sebelum kebeli kamera, aku juga selalu mengandalkan handphone. Tetapi setelah punya kamera betulan, maka ia jadi barang wajib yang kubawa traveling

Satu tahun terakhir aku pakai kamera Sony a6000 dengan lensa fix 50mm f/1.8. Sayangnya kamera itu belum kebagian rejeki untuk dibawa traveling ke luar negri. ๐Ÿ˜† Sebelum Sony, kamera yang selalu menemaniku traveling, termasuk ke beberapa negara ASEAN adalah Nikon D5000 dengan lensa tele 18-135mm f/3.5 yang cocok untuk banyak kebutuhan memotret, seperti landscape, portrait, atau candid.

3. Smartphone & Power bank

Selama traveling di luar Indonesia, biasanya aku menggunakan smartphone untuk mencatat hal-hal penting di aplikasi notes. Kamera smartphone juga sangat membantu untuk memotret momen yang aku temui sementara kamera yang betulan belum siap. Smartphone baru berfungsi sebagai alat komunikasi kalau dapat sinyal Wi-Fi ketika check in di hotel. Selain itu, kalau sudah dapat Wi-Fi biasanya aku akan back up semua foto-foto traveling yang ada ke Google Photos supaya aman.

Nah kalau fungsi power bank, tau lah ya, buat isi ulang daya baterai supaya smartphone on terus selagi jalan-jalan dan nggak nemu stekker listrik. Kapasitas power bank yang aku bawa minimal 10.000 mAh yang bisa digunakan untuk 3 kali pengecasan ulang smartphone.

4. Adapter Soket Listrik

Beberapa negara ASEAN yang pernah aku kunjungi, seperti Malaysia dan Singapura, soket listriknya berbeda dengan Indonesia. Kalau di Indonesia, sokenya 2 kaki berbentuk silinder, sedangkan di Singapura dan Malaysia soketnya 3 kaki. Untuk Thailand, Kamboja dan Vietnam, bentuk soketnya sama dengan Indonesia. Walau begitu, adapter tetap aku bawa.

5. Kain Pantai & Sunglasses

Walaupun nggak main ke pantai, kacamata hitam dan kain pantai nggak pernah ketinggalan aku bawa traveling. Kain pantai buatku berguna banget untuk selimut selama di kendaraan. Sedangkan kacamata, ampuh menutupi mata panda yang biasanya muncul karena kurang tidur selama traveling. Muehehe.

Atau kalau jalan-jalannya memang ke daerah pantai, kain pantai dan sunglasses bisa jadi pasangan yang pas. Seperti terlihat di foto di atas, aslinya aku cuma pakai celana cargo, manset dan kerudung. Supaya outfit terlihat pantas karena sedang berada di daerah pantai PhiPhi Island, kain pantai aku lilit di pinggang dan pakai sunglasses, jadi deh outfit pantai.

6. Dompet paspor

Berhubung sukanya ngetrip ke beberapa negara sekali traveling, jadinya paspor sering keluar masuk tas untuk checkpoint imigrasi. Nah, biasanya petugas imigrasi suka minta ditunjukkan tiket pesawat pulang, juga bukti bookingan hotel tempat menginap selama di negaranya. Biar nggak ribet, aku pakai dompet khusus paspor.

Ukuran dompet khusus paspor biasanya lebih besar dari dompet wanita pada biasanya. Jadi selain untuk menyimpan paspor, pas juga untuk menyimpan banyak benda kecil lainnya, seperti tiket pesawat, tiket-tiket wisata, kartu, dan uang.

Dompet yang selama ini aku pakai, adalah dompet dari hadiah saat ikut acara AirAsia’s Blogger Community. Modelnya memang nggak cantik atau kurang girly. Kan yang penting fungsinya. Tetapi buat kamu yang sangat mementingkan estetika, dompet wanita dari kulit sapi ini mungkin akan cocok.

Kemarin aku lihat-lihat dompet wanita di Qlapa.com, web marketplace yang menjual berbagai produk kerajinan dari seluruh Indonesia. Ukurannya 22.5cm x 12cm x 4cm. Cukup banget untuk menyimpan paspor dan semua benda lain yang harus disimpan di dompet. Selain itu, ada tali sepanjang 18cm kalau dompet itu mau ditenteng. Aku sempet kepingin beli karena di qlapa semua produknya berkualitas dan handmade. Lagipula, bahan kulit asli bisa lebih awet. Jadi bisa kepakai lama untuk dijadikan travelmate.

Yup, kualitas barang-barang wajib untuk dibawa traveling memang penting untuk diperhatikan termasuk dompet dan barang-barang diatas lainnya. Supaya ngga ngerepotin juga saat traveling. Seperti kejadian pada turis dari Singapura yang aku temui waktu jalan-jalan sampai gempor di Surabaya pada November 2015 lalu. Karena kebanyakan jalan kaki, sepatunya jebol, sol sepatu bagian bawah copot. Jadi ribet kan kudu beli sepatu baru.

Nah kalau kalian gimana? Punya cerita apa soal barang wajib yang selalu dibawa traveling?

19 thoughts on “Traveling Essential Untuk ke Luar Negri

  1. Mbak…aku juga jual dompet kulit di Qlapa lho. Namanya Madrim. Hahaha sekalian promo deh di sini. Mantab deh jualan di sana, alhamdulillah laris.

  2. basically sama…san memang penting untuk pastikan paspor, asuransi perjalanan, dan uang tersimpan dengan baik. Pastikan juga punya no telp keduataan dan perwakilan kita di tempat yang akan dikunjungi di hp dan satu catatan kecil, kalau ada apa-apa biar ngga bingung :), terutama ke negara yang agak jauh dan bahasanya non-English.

  3. kalo traveling ke luar negri aku masuk team koper mbak hahaha.. tapi untuk kamera + handphone + powerbank itu samaa. wajib pake banget gak boleh ketinggalan . oh iyaa adapter kaki 3 pun juga wajib sih daripada di negeri orang kita susah ngecharger .. sama tambahannya sih aku cemilan pasti selalu ada di perlengkapan traveling aku..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.