Tips Traveling

Tips & Persiapan Traveling Saat Mudik Lebaran

Siger Lampung
Menara Siger – Landmark Prov. Lampung

Momen lebaran adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh hampir sebagian besar umat muslim. Saat lebaran itulah biasanya menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga, terutama orang tua. Hingga kemudian muncul tradisi mudik, alias pulang kampung. Nah, untuk yang hobi traveling, ngga ada salahnya memanfaatkan waktu mudik untuk jalan-jalan ke objek wisata yang ada di sekitar kampung halaman. Seperti yang pernah aku lakukan tahun lalu.

Dulu sih ngga pernah kepikiran untuk traveling saat mudik. Karena kalau sudah di rumah emak, bawaannya cuma ingin santai-santai, makan, dan tidur. Menikmati masa cuti lebaran sebelum akhirnya harus berjibaku lagi kalau sudah masuk kerja. Tetapi tahun lalu, saat mudik ke Lampung, si kurus alias mas suami itu, punya ide ngajak jalan ke Pugung Raharjo di daerah Lampung Timur. Akhirnya jadilah untuk pertama kalinya kami melakukan mudik traveling.

Tahun ini juga ngga jauh beda. Meskipun waktu terbatas, kami tetap menyisipkan agenda jalan-jalan saat mudik ke Lampung. Ya, meskipun hanya mampir sejenak di menara Siger yang menjadi landmark provinsi Lampung. 😀

Bicara soal mudik saat traveling, ada ngga sih hal-hal khusus yang harus dipersiapkan jika ingin traveling saat mudik? Kalau aku, yang sudah biasa mudik setiap tahun dan sudah terbiasa traveling, merasa persiapan traveling saat mudik pun biasa-bisa saja. Tidak ada yang spesial. Secara garis besar, persiapannya sama saja, menentukan tanggal pergi dan pulang yang pas sesuai cuti, packing, dan memastikan budget cukup.

Menara Siger Lampung
#MudikTraveling ke Menara Siger di Lampung

Namun ada beberapa catatan yang kurasa bisa dijadikan referensi dalam mempersiapkan traveling saat mudik, sebagai berikut;

  • Pilih Waktu Yang Tepat

Tentukan waktu yang pas untuk traveling. Traveling bisa dilakukan di hari kedua atau ketiga lebaran, karena hari pertama biasanya digunakan untuk prime time dengan keluarga, sungkeman, dll. Ya karena tujuan utama mudik memang berkumpul bersama keluarga, kan? Atau, sekalian saja ajak keluarga besar untuk traveling bersama. 😉

  • Kenali Objek Wisata

Kadang, kita kurang bisa mengenali objrk wisata apa saja yang ada di kampung halaman. Hal ini bisa saja disebabkan karena kita terlalu fokus untuk menjelajah tempat-tempat baru yang jauh. Untuk itu, kita perlu mengumpulkan informasi objek wisata apa saja yang ada di sekitaran kampung halaman. Bisa dengan googling, bertanya pada keluarga, teman, atau komunitas traveling regional yang ada di kampung halaman.

  • Riset Lebih Lanjut

Jika informasi berbagai objek wisata sudah terkumpul, tentukan objek wisata mana yang ingin dikunjungi. Lakukan riset lebih detil seperti informasi transportasi menuju ke sana, serta jam buka dan tutup objek wisata tersebut. Ngga lucu kan nanti kalau sudah sampai lokasi, ternyata tutup karena libur lebaran. Hehe.

  • Siapkan Budget Extra

Budget extra harus dipersiapkan terutama jika menggunakan moda transportasi umum, seperti bis, angkpt, bahkan ojek. Mengapa? Karena momen lebaran ongkos transportasi umum akan mengalami krnaikan, atau biasa kita sebut tuslah.

  • Bawa Bekal Makan & Minum

Penting untuk membawa bekal, karena untuk beberapa objek wisata yang anti mainstream, biasanya cenderung sepi saat lebaran. Sehingga tidak ada pedagang makanan dan minuman. Seperti di Taman Purbakala Pugung Raharjo yang kukunjungi tahun lalu. Tempatnya sepi dan kurang digemari masyarakat umum sebagai tempat wisata. Maklum, kebanyakan masyarakat umum lebih menyukai taman hiburan rakyat seperti pantai atau theme park.

Pungung Raharjo
#MudikTraveling ke Pugung Raharjo

Nah, mumpung masih suasana lebaran, pasti banyak biskuit dan kue di rumah yang bisa kita bawa dan dijadikan cemilan di perjalanan. Untuk makanan berat, bisa bawa ketupat & rendang menggunakan lunch box. Jangan lupa air minum yang cukup. Masukan semua bekal dalam ransel supaya ringkas.

Jadi itu tadi beberapa catatan penting untuk mempersiapkan traveling saat mudik ke kampung halaman, supaya tetap asik dan menyenangkan. Mudiknya dapet, travelingnya dapet, bahagia deh!

21 thoughts on “Tips & Persiapan Traveling Saat Mudik Lebaran

  1. Hah? Bawa ketupat n rendang waktu mudik? Aku paling males bawa makanan dalam perjalanan krn berarti aku bakal ribet sendiri ngemas2nya heheeee

    1. Hihi, dibikin asik aja, enaknya gimana ya mba. Kalo dirimu kan sukanya ngulik, nyari makanan d tmp2 yg dikunjungi

    1. Waah senangnya bisa mudik ke Makassar ya, Akbar..

      Met lebaran juga, mohon maag lahir dan batin 🙂

  2. Oh baru tau ini namanya Siger, hehe… Saya juga mudik ke tempat adik saya di Sekampung, Lampung Timur. Senang hati saya melihat hamparan sawah menghijau nun disana.

  3. Budget extraaaaa, smoga kita selalu dilimpahkan rejeki yg barokah ya mbak. Aamiin ya Rabb

    Btw maaf lahir bathin mbaaaak, met lebaran yaaa ^^

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.