Tips Traveling With Children

Tips Mengusir Rasa Bosan Saat Perjalanan Jauh

Pernah ngga ngerasa bosan ketika dalam perjalanan? Saat naik bis berjam-jam, misalnya. Atau naik kapal laut, dan kapalnya berhenti beberapa jam karena gantian sandar di dermaga dengan kapal lain, padahal daratan sudah dekat. Buat kita yang orang dewasa, mungkin bisa ya ngademin hati sendiri supaya bersabar. Tapi bagaimana jika jalan bareng anak-anak?

Traveling with kids
Tidur dalam bus dari Johor ke Kuala Lumpur (2013)

Apalagi sepertiku yang mindsetnya backpacker. Kalau jalan, suka bikin itinerary padat, bergerak dari satu tempat ke tempat lain, dan kadang harus menempuh jarak yang lumayan panjang dengan bis. Perjalanan panjang yang membutuhkan waktu berjam-jam ini biasanya juga bertujuan untuk menghemat budget penginapan, jadi bisa sekalian tidur di bis, karena berangkat malam dan sampai tijuan pagi hari.

Sayangnya, kadang ada beberapa kondisi yang membuat kami harus jalan pagi atau siang hari, dan sulit tertidur. Misal saat dalam pesawat, atau dalam bus yang sebenarnya jarak tempuh tidak terlalu jauh, tapi karena jalanan macet, jadi ya tetap menghabiskan waktu berjam-jam.

Berdasarkan pengalamanku ngajak anak backpacking alias #BackpackingWithChildren berikut aku punya beberapa tips agar anak tetap enjoy dan ngga rewel saat di perjalanan.

Bawa Makanan Ringan

Kalo ini sih bukan cuma anak-anak ya yang butuh, orang dewasa juga seneng ngemil kalau di perjalanan. Snack kesukaan anak-anakku biasanya adalah keripik kentang, cokelat, atau cheese crackers. Selain itu, aku biasanya bawa roti juga, sekalian untuk ganjel perut supaya nggak kelaparan. Ngga lupa juga susu cair, selain air putih, untuk menghindari dehidrasi dan tetap berenergi selama traveling.

Bawa Buku & Alat Tulis

Sebagai blogger, aku pingin dong mengenalkan anak dengan dunia tulis menulis. Haha… Maksa banget, ya! Tetapi, mengenalkan tentu berbeda dengan memaksa. Aku hanya ingin mereka terbiasa.

Backpacking With children
Corat-coret selama dalam bus

Meskipun kubekali mereka dengan buku dan alat tulis, tetapi aku membebaskan mereka mau berbuat apa saja. Mau nulis monggo, mau menggambar silakan, mau corat-coret, atau sobek kertas dan membuat pesawat atau perahu juga ngga masalah. Yang penting anak ngga rewel. šŸ™‚

Bawa Mainan Kesukaan Anak

Yang satu ini, aku termasuk yang jarang banget. Alasannya karena ribet kalau harus bawa mainan. Apalagi mindset backpacker sepertiku. Kadang, satu ransel saja hatus muat semua kebutuhanku dan anak-anak. Jadi harus benar-benar selektif dengan barang bawaan. Bawa yang penting-penting saja, seperti baju ganti dan perlengkapan mandi.

Tetapi sudah setahun terakhir, aku mulai mengajari anak-anak untuk terbiasa membawa ransel, atau trolley bag sendiri. Jadi sekarang bisa lah, membawa satu atau dua mainan.

Akhir-akhir ini, Daffa’ & Abyan lagi terpengaruh si kurus, alias Abi-nya yang suka banget main rubik. Dan karena belum sempat membelikan rubik baru untuk Daffa’ & Abyan, jadi sementara ini yang selalu dibawa-bawa traveling ya beberapa koleksi rubik milik Abinya.

Rubik
Main rubik di ruang lesehan kapal ferry

Dan meskipun belum bisa dan belum pernah berhasil merapikan rubik yang acak-acakan sehingga warnanya sama di setiap sisinya, Daffa’ suka keliatan serius banget kalo sudah main rubik. Seperti dalam foto di atas itu, ketika kami dalam perjalanan mudik lebaran, dan naik kapal ferry selama hampir 4 jam menyeberangi selat sunda.

Yup, itu tadi beberapa tips supaya anak ngga bosan dan rewel, berdasarkan pengalamanku saat backpacking bersama anak, dalam perjalanan jauh dan membutuhkan waktu yang lama. Kalau ada yang mau menambahkan tips, boleh banget dishare, supaya aku bisa nyontek juga. šŸ˜€

42 thoughts on “Tips Mengusir Rasa Bosan Saat Perjalanan Jauh

  1. Betul sekali, harus ada kegiatan sembari menunggi di perjalanan, kalo saya sih lebih sering dengerin musik šŸ˜€ salam kenal ya mbaaa šŸ˜€

    1. Banyak emang yg suka denger musik di jln, klo aku lrn gadget cuma hp, jd eman batre nya klo untuk setel musik :v

  2. Pernah pas backpacker ke bali, dri st tugu jogja berangkat jam 7 pagi, nyampe banyuwangi baru jam 11 mlem XD gila lah itu dlu bosannya udh ga nahan wkwkwk

    Ke tolong ada hp + colokan chargeran yg udh siap dpke d kereta nya šŸ˜€

  3. Kalo saya bawa buku novel buat dibaca selama dalam perjalanan yang panjang. Gak lama baca novel pasti ngantuk dan tidurlah, hehe…

  4. Yang penting mah kalo ngajak anak traveling itu harus sabarrr se sabar sabarnya hehehe. Karena ujiannya pasti ada aja. Dibawa happy aja, Insya Allah travelingnya bakal menyenangkan ^___^

  5. Setuju banget tuh sama poin pertama. Makanan jangan sampek ketinggalan mah. Terlebih kalau perjalanan jauh, dijamin bakal garing kalau nggak nyemil šŸ˜€ lagian juga termasuk salah satu usaha penghematan, kadang jajanan di bis, terminal atau semacamnya harganya selisih jauh dari semestinya –‘

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.