Tips Blogging

Tips Blogging Agar Blog Berkualitas

Hari Sabtu lalu aku menghadiri acara #temubloggers bareng @tokopedia. Salah satu materi yang disampaikan dalam acara yang diadakan di Gokana Ramen & Tepan di Sarinah, Jakarta, yaitu Materi Insight Blogger. Materi ini berisi tentang tips-tips blogging seperti cara menulis artikel yang baik, tips agar blog kita ada di nomor 1 di mesin pencari google, dan tips lain yang bisa membuat blog kita menjadi blog yang istimewa.

Tips blogging dari tokopedia

Materi Insight Blogger disampaikan oleh Mas Joko Soemitro yang merupakan blogger berpengalaman di bidang SEO. Selama Mas Joko menyampaikan materi, aku sempat livetwitt supaya nanti bisa dijadikan contekan kalau ingin menulis di blog tentang isi materinya. Eh tarnyata, di akhir acara semua blogger yang datang diberi hand out salinan lengkap semua materinya, jadi makin memudahkanku untuk menulis ulang materinya di sini, tentunya dengan sedikit modifikasi sesuai gaya bahasaku. Yuk, langsung aja ke Materi Insight Blogger!

Apakah Blog Saya Istimewa?

Kriteria blog yang istimewa setidaknya harus memiliki beberapa faktor, yaitu:

  1. Memuat informasi yang sesuai dengan dicari oleh pembaca
  2. Menjawab permasalahan atau kendala yang sedang dialami pembaca
  3. Tampilan blognya bersih, navigasi mudah, dan tidak lambat saat diakses
  4. Gambar/foto yang digunakan baik, karena gambar yang baik adalah cerminan blog yang berkualitas
  5. Libatkan pembaca dalam cerita, ajak mereka bereksplorasi

Blog yang istimewa, biasanya memiliki banyak pengunjung. Nah, berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk menarik pengunjung ke blog kita.

1. Judul Artikel

Judul merupakan garis besar dari apa yang kita bahas secara panjang lebar dalam artikel. Kebanyakan pengunjung blog, biasanya berasal dari pengguna internet yang mencari informasi yang mereka butuhkan melalui search engine, dengan mengetikkan kata kunci.

Maka, penting membuat judul yang tepat, padat, dan mudah diingat, serta harus memuat kata kunci yang biasanya banyak dicari.

Contoh, salah tulisanku di blog ini yang berjudul “Apakah Tiket Air Asia Bisa Direfund?” Tulisan itu banyak dibaca dan sumber trafiknya dari google search engine. Setelah membaca materi insight blogger dari Mas Joko ini, aku mencoba mencermati. Kemungkinan artikel tersebut untuk muncul di mesin pencari, bisa dengan kata kunci; Tiket Air Asia, Refund Tiket Air Asia.

2. Loading Blog

Kalau pengunjung sudah tertarik untuk membaca artikel berdasar kata kunci dan judul yang muncul di search engine, berikutnya yang harus diperhatikan adalah waktu loading blog. Kalau lambat saat diloading, ya wasalam deh, pengunjung bisa kabur hanya dalam waktu 5 detik saja!

Jadi bagaimana agar blog kita bisa diloading dengan cepat? Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan;

  • Gunakan theme blog yang bersih, dengan perpaduan warna yang pas. Wah ini, pernah ngga sih masuk ke blog dengan background ijo dan tulisan warna abu-abu? Aku pernah, dan mataku langsung lelah. πŸ˜€
  • Jangan gunakan foto dengan ukuran file yang besar dalam artikel. Resize gambar/foto dengan maksimal lebar 800px.
  • Jangan menginstall terlalu banyak widget di blog, apalagi widget yang tidak penting seperti salju yang berguguran, atau icon socmed yang bisa terbang-terbang itu.
  • Gunakan theme blog yang mobile friendly, yang mudah dan ringan diakses lewat smartphone. Hari gini, banyak pengguna internet pake handphone kan yaah…
Theme blog nurulnoe.com mobile friendly, lho!
Theme blog nurulnoe.com mobile friendly, lho!

3. Artikel Berkualitas

Judul sudah oke, loading blog juga cepat, maka artikelnya juga harus berkualitas. Jangan sampai pembaca ‘kecele’ alias ketipu karena misalnya isi artikel sama sekali ngga sesuai dengan judul dan kata kunci. Atau, penjabarannya bertele-tele dan bahasanya membingungkan.

Jadi bagaimana caranya agar pengunjung mau lanjut membaca?

Buat paragraf awal yang mengundang rasa penasaran, yang memuat sedikit rangkuman isi artikel yang dibahas. Bisa juga memasukkan lagi beberapa kata kunci.

Lha ini yang masih susah buatku, dan penasaran juga. Apakah tulisanku ini membuat penasaran pembaca sehingga mau baca dari awal sampai akhir?

Dalam materi insight blogger ini, ada tips membuat alur cerita dalam penulisan artikel, agar pembaca haus pada tulisan yang kita buat:

  • Jangan habiskan semua rahasia di awal-awal artikel
  • Beri sedikit kejutan, fakta dan info unik di setiap paragraf.
  • Gunakan variasi kata kunci yang berbeda dalam setiap paragraf
  • Selalu tanyakan 5W1H pada diri setiap kali membuat artikel. Siapa yang akan membaca? Apa yang didapat dari artikel kita? Di mana saya bisa meningkatkan kualitas artikel? Kapan saya bisa menulis? Mengapa tulisan ini harus dibaca orang lain? Bagaimana agar tulisan ini dapat menjadi sumber yang terpercaya?

4. Foto

Foto juga bisa memberi trafik kepada blog. Untuk itu, gunakan foto yang bagus dan relevan dengan artikel, dan jangan menggunakan watermark berlebihan sehingga bisa merusak estetika foto.

contoh watermark yang berlebihan
contoh watermark yang berlebihan

Usahakan untuk menggunakan gambar milik sendiri agar tidak melanggar hak cipta. Kalau terpaksa menggunakan gambar orang lain, jangan lupa minta ijin. Lalu, biasakan download gambarnya dan upload sendiri di blog, jangan copy paste, dan cantumkan sumber. Sebelum diupload,Β ganti nama file foto dengan kata kunci yang sesuai dengan artikel. Karena ternyata banyak juga pengunjung blog yang melakukan pencarian dengan gambar.Β Jangan lupa juga isi bagian alt-img (alternate text) saat mengupload gambar. Ini juga penting dan berhubungan dengan kata kunci.

5. SEO Tools

Google Webmaster dan Google Analityc adalah dua tools SEO gratis yang bisa digunakan untuk meningkatkan mutu & kualitas blog. Nah, yang ini yang aku belum bisa pakai. Gaptek! Heuheu… Tapi yuk belajar sedikit-sedikit.

Kegunaan Google Webmaster & Google Analytic;

  • Memberikan gambaran mengenai performa situs blog di mesin pencari
  • Menunjukkan minat dan apa yang dicari pengguna di blog gkita
  • Sebagai materi data dalam mengembangkan artikel selanjutnya
  • Akses untuk melihat siapa yang mereferensikan blog kita di situsnya

Iyaap, itu dia rangkuman Materi Insight Blogger yang kudapat dari acara #temubloggers @tokopedia, ini jadi bahan pembelajaran buatku & semoga bermanfaat buat semua yang baca. Terutama bagi blogger pemula, kalau yang sudah senior pasti sudah mahir dan hafal sama materi ini, ya kan… πŸ˜‰

72 thoughts on “Tips Blogging Agar Blog Berkualitas

  1. kalo saya lebih fokus ke poin no 1,2, & 4
    Sebisa mungkin load blog harus kenceng biar pengunjung gak bete nunggu loadnya
    trus untuk gambarnya saya perkecil jadi 400an pixel aja
    heheheh

    soalnya kalo masalah konten, tulisan saya masih belum berkualitas πŸ™

  2. blog yg berkualitas mah relatif sih ya. buat saya blog yang berkualitas yang enak dibaca, bisa jadi food for thought. jadi mikir πŸ˜€ dan terhibur. dan blognya gak rame banget sampa segala macam perkakas gadget ada dan warna-warni gak puguh. kalo seo balik lagi ke kebutuhan mencari pendapatan jadi ya kalo butuh pasti bagusnya belajar seo. tapi kalo cuma ngeblog buat menampung rambling, seo gak penting πŸ˜€

  3. Masih dlm proses bljr utk bisa membuat blog yg bgs mba :).. Masalah di aku itu, kdg suka bingung mw nulis dgn gaya gmn… masih blm nemu style tulisanku sndiri sih.. tp itu emg masalah latihan… jd intinya hrs ttp nulis spy tau gaya tulisan sndiri..

    trs foto jg… krn aku ga bgitu jago motret… itu jg pake hp ato kamera poket biasa.. baru2 ini aku bli kamera yg lbh bgsan, tp sayangnya dia blm prnh ikut traveling, jd blm terbukti hasil fotonya πŸ˜€

    1. Iyes mba, terus berlatih menulis akan membuat kita semakin tau, mana gaya menulis yg membuat kita nyaman. Tulisanku jg bsh belum bagus kok, ayo semangaat!

  4. Aku ngikuti tweetmu, Thanks ya. Udah daftar di tokopedia & udah dibales juga tp salah bagian hahaahaaa… Udah diforward ke jalan yg benar sih untuk direview.

    1. Lho, curhatnya kan gk sekedar curhat mba Lianny mah, tp sharing how to enjoy the life jg kaann. Itu bermanfaat lho!

    1. Sami-sami mak winda, sepertinya ini sedikit materi ttf seo yang paling mudah utk kita kerjain ya, yg lbh dlm pasti iya ribet bgt…

    1. Di luar jakarta ya mba, sama lho.. Aku jg gk di jkt tinggal nya. Hihi, tp dg Internet skrg makin mudah ya cari info πŸ™‚

    1. Iyaa, selama ini aku jg gk ngeh ttg pentingnya rename foto. Bbrp bln terakhir deh mulai nge-rename foto dg kata kunci. Yuk, kudu ada peningkatan ngeblognya kita yaa

  5. SEO masih jadi PR nih mak…
    Berjuang di bagian “paragraf yang menarik” dulu deh. Hehe
    Kadang kalau baca ulang tulisan sendiri tuh, ngrasa gimana gitu. Hehe

    1. Wekeke sama lho bunda, perasaan selama ini kebanyakan asal bikin judul, asal nulis, dan asal2 lain. Tp mulai skrg mau coba belajar meningkatkan kualitas. Yuk bun belajar bareeng

  6. Membaca ini kayaknya banyak yg harus aku kerjakan. Dan b3lajar SEO ternyata gak main-main ya kalau mau blog kita dilirik Google. Dan disitu aku merasa lelah hehehe…

    1. Hihi, yang penting hepi bun, balik lg jg sih ke tujuan utama kita ngeblog πŸ˜‰ tp klo mau belajar seo jg ya gpp bangeet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.