Akomodasi / Hotel

The Square, Tempat Menginap Dekat Bandara Juanda Surabaya

Barangkali ada yang pernah baca travel story waktu aku ke Surabaya pada November lalu. Judulnya Dari Apartemen ke Apartemen. Di sana aku sudah bercerita sedikit tentang tempat menginap selama di Surabaya. Salah satunya ya di The Square.

The Square

Saat booking kamar di The Square via agoda, aku sama sekali ngga ngeh kalau The Square itu adalah apartemen. Sebab di agoda juga tidak ada keterangan jenis akomodasinya. Apakah hotel, hostel, bungalow, atau yang lain. Hanya ditulis The Square. Titik.

Akan tetapi itu bukan masalah besar buatku. Karena yang terpenting buatku adalah ada tempat buat tidur sama anak-anak dan bayi. Kebetulan, jadual terbang kami dari Jakarta ke Surabaya adalah flught terakhir. Sehingga kami sampai di bandara Sidoarjo sudah hampir tengah malam. Jadisalah satu pertimbangan memilih The Square adalah lokasinya yang tidak terlalu jauh dari bandara. Pertimbangan lain adalah karena harganya cukup murah dengan fasilitas sarapan dan ada kolam renang.

Aku memesan kamar Deluxe Twin Room saat detik terakhir sebelum terbang dari Jakarta ke Surabaya. Literally last minute! Ratenya Rp285.000 dan sudah termasuk sarapan.

Secara general, aku cukup senang menginap di The Square. Kamar yang kudapat ada di lantai 17 tipe studio, dengan jendela kaca yang lebar untuk bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian. Di dalam kamar, tidak hanya terdapat tempat tidur dan kamar mandi saja, tetapi juga terdapat pantry dengan kulkas dua pintu yang besar. Bersebelahan dengan kulkas ada meja panjang dan lemari kayu yang juga berukuran besar.

Saat check-in kondisi kamar terlihat rapi dan bersih. Sayangnya kami check-in dini hari, saat seluruh sistem dalam tubuh sudah mengajak untuk tidur. Jadi, harap maklum jika tak ada foto suasana kamar yang clear.

Kolam renang di The Square

Pagi hari setelah mandi, kami turun ke lantai 1 untuk sarapan di dinning room yang bersebelahan dengan kolam renang. Menu sarapannya cukup vatiatif. Namun pagi itu di dinning room, yang menarik perhatianku justru bukan makanannya. Melainkan bule-bule ganteng yang memenuhi hampir setiap meja makan yang ada. Beberapa dari mereka tampak mengenakan selempang bertuliskan nama negara. Seketika saat melihat itu, aku jadi teringat dengan kontes kecantikan tingkat dunia, Miss World. Hmm, mungkinkah?

Tak ingin dihantui rasa penasaran, aku bertanya pada waitress. Jawaban yang kudapat rupanya sesuai dengan apa yang kuperkirakan. Bule-bule itu adalah peserta kontes ketampanan tingkat dunia. Mereka dibawa ke Indonesia dalam rangka liburan di Bali. Namun sayangnya saat itu (awal November 2015) gunung Barujari meletus sehingga bandara Ngurahrai di Bali terpaksa di tutup. Ini tentu berakibat pada pembatalan seluruh rute penerbangan dari dan ke Bali. Sehingga terbang dan trabsit di Surabaya menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin ke Bali.

Begitu juga dengan bule-bule berparas ganteng dengan tubuh tegap dan terlihat macho itu. Pagi itu setelah sarapan, mereka terlihat berkumpul di lobby dengan travel bag masing-masing. Mereka berdiri melingkar sambil mendengarkan briefing dari panitia. Dari waitress lagi-lagi aku mendapat informasi bahwa mereka akan menempuh jalur darat dan laut ke Bali. Wow, what a long way, ya!

Yaudah, balik lagi saja soal The Square. Setelah makan, Mamas & Kakak berencana untuk berenang. Sayangnya tidak ada kolam khusus anak. Jadi rencana renang pun batal. Kami kembali ke kamar untuk melanjutkan tidur setelah lelah karena menempuh perjalanan malam dari Jakarta.

Salaj satu sudut ruangan lobby The Square
Salah satu sudut ruangan lobby The Square

Sebelum jam 12 siang, kami check-out. Di meja resepsionis aku disodori selembar kertas formulis kritik dan saran. Semua kuberi nilai baik. Saranku hanya satu, berilah akses wifi gratis untuk tamu.

Tetapi ya, kalau tujuannya cuma untuk transit sebentar alias numpang tidur semalam sepertiku, The Square cukup ok lah meski ngga ada free wifi.