Teman Bumil, Aplikasi Kehamilan Bahasa Indonesia

Hadirnya Baby K memberi warna baru dalam hidupku. Saat dia lahir, rasanya bersyukur banget. Akhirnya aku punya anak perempuan juga, setelah punya 3 anak laki-laki semua. Padahal, aku sempat stres saat pertama mengetahui kalau aku hamil lagi. Soalnya memang ngga berencana hamil dalam waktu dekat. Mengingat Abang Ranu juga baru berumur 1 tahun 3 bulan. Selain itu, rencana traveling selama setahun ke depan juga terancam kacau.

Tetapi kemudian aku berfikir, masa sih seorang Noe jadi nggak bisa traveling cuma karena hamil lagi? Serius? Bukannya dulu selama hamil Abang Ranu juga masih sering jalan-jalan? Bukannya selama ini selalu yakin bahwa ngga apa-apa mbolang dalam keadaan hamil yang penting sehat?

Setelah melalui proses mikir itu lah kemudian aku kembali yakin, bahwa ngga ada yang perlu dikhawatirkan. Dan aku bertekad untuk menjalani kehamilan sehat supaya tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Tetap traveling walau sedang hamil

Salah satu usahaku untuk menjalani hamil sehat adalah dengan mendownload aplikasi pendamping ibu hamil. Soalnya aku ini orangnya suka males dan pelupa. Males minum vitamin, males olah raga, dan lupa kapan harus periksa ke bidan atau dokter. Apalagi masih punya balita yang masih butuh banyak perhatian. Saking fokusnya memperhatikan Abang Ranu, kadang suka lupa kalau aku lagi hamil.

Nah, asiknya kalau mengaktifkan aplikasi pendamping kehamilan, setiap minggu ada notif tentang perkembangan janin. Dan setiap ada notif dari aplikasi, jadi sadar deh kalau ada calon bayi dalam rahimku. Jadi sadar kalau vitamin dari dokter itu bukan untuk dikoleksi. Jadi mengingat-ingat juga kapan terakhir ke dokter dan kapan harus periksa lagi.

Ya, jaman teknologi canggih sekarang ini memang apa-apa ada aplikasinya. Tinggal kitanya kudu pinter-pinter manfaatin. Dan berhubung setiap hari selalu ada teknologi baru, aku juga selalu berusaha up to date. Kalau up to date kan aku bisa share infonya di blog, siapa tau bermanfaat buat yang baca. Makanya saat kemarin ada undangan event launching aplikasi kehamilan baru, aku mau datang walau udah ngga hamil.

#TemanBumil Launching Event

Nama aplikasinya Teman Bumil, sebuah aplikasi persembahan GueSehat.Com yang berisi informasi seputar kehamilan dalam Bahasa Indonesia.

Launching aplikasi Teman Bumil diselenggarakan di Hotel Grand Hyatt Jakarta pada 29 November 2017. Acara berlangsung meriah dan dihadiri beberapa selebriti termasuk Sandra Dewi yang menjadi brand ambassadornya. Selama acara berlangsung, aku seneng deh ngeliat Sandra Dewi yang tetap enerjik walau sedang hamil.

Aku sempat baca testimoni Sandra Dewi di TemanBumil.Com. Katanya, aplikasi Teman Bumil ini lengkap. Ada ceklistnya, yaitu semacam to do list yang harus dilakukan ibu hamil sesuai umur kehamilannya. Ada tips-tips dan artikel yang bisa menambah pengetahuan seputar kehamilan. Ada informasi perkembangan janin setiap minggunya. Dan ada fitur album foto untuk menyimpan foto-foto janin saat USG.

Karena penasaran, aku coba download aplikasi Teman Bumil di hape. Tapi bukan karena aku lagi hamil loh ya. Haha. šŸ˜† baru juga ngelahirin Baby K 3 bulan lalu lah. Aku download supaya bisa coba dan punya bahan menulis berdasar pengalaman.

Setelh mencobanya, aku bisa menyimpulkan kalau Teman Bumil punya beberapa kelebihan yang ngga dimiliki aplikasi lain, yaitu;

1. Lebih Lengkap

Kalau dibanding dengan aplikasi yang dulu aku pakai selama hamil Baby K, Teman Bumil memang lebih lengkap sih. Aplikasi yang aku pakai dulu nggak ada ceklist-nya. Hehe. Nah, setelah lihat contoh ceklist, yaitu ceklist di minggu pertama kehamilan, aku jadi tau bahwa ternyata banyak hal penting yang harus dilakukan. Seperti cek ke laboratorium yang meliputi screening TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, Herpes Simplex Virus), analisis kromosom, dan masih banyak tes lainnya demi kehamilan dan janin yang sehat.

Dalam daftar checklist juga ada daftar untuk memastikan bahwa nutrisi dan kesehatan ibu dan janin terjamin. Contohnya; hentikan kebiasaan minum alcohol, konsumsi asam folat, sampai meminta pasangan untuk mulai gaya hidup lebih sehat untuk persiapan kehamilan.

2. Bahas Indonesia

Sebenarnya, aplikasi pendamping ibu hamil ada banyak. Tapi kebanyakan buatan luar negri dan bahasa Inggris. Ya buat kita yang orang Indonesia sih lebih nyaman kalau bahasa Indonesia aja deh aplikasinya. Mumet juga kalau pas butuh informasi apa gitu, browsing artikel yang ada di aplikasi, trus artikelnya ternyata panjang dan bahasa asing. Mana artikel kesehatan kan pasti banyak istilah yang sulit. Jadi, Teman Bumil dengan bahasa Indonesia ini udah oke banget.

3. User Friendly

Setelah terdownload dan aku coba buka aplikasinya, ada panduan yang memberi informasi dari setiap menu yang ada di aplikasi Teman Bumil. Tetapi, tanpa ada panduan pun menu-menunya mudah dimengerti, mudah digunakan. Kalau bahasa teknologi, User Interface dan User Experience-nya sangat baik. Dengan begitu, Teman Bumil ini bisa digunakan siapa saja bahkan ibu-ibu yang ngakunya gaptek sekalipun.

Jadi, buat ibu-ibu yang lagi hamil, yuk download Teman Bumil. Bisa didownload di iOS maupun Android. Yang lagi ngga hamil juga, mungkin bisa #CekTeman siapa tau ada yang hamil, coba rekomendasikan untuk download Teman Bumil, supaya kehamilannya lebih sehat dan menyenangkan.

43 thoughts on “Teman Bumil, Aplikasi Kehamilan Bahasa Indonesia”

  1. Aplikasinya membantu banget buat ibu hamil ya mbak. Jadi sekarang bisa dengan mudah dapet informasi kehamilan dan berbagai masalahnya. catet nih, kalau suatu waktu ada yang butuh.

  2. Lengkap banget ya, Mbak. Sampai diingatkan soal test TORCH segala. Keren ih. Setahu aku biasanya aplikasi serupa cuma setabas menunjukkan perkembangan janin aja. Mana bahasa Indonesia lagi. Bakal senang banget bumil palai Teman Bumil

  3. Beneran deh ya perkembangan internet plus teknologi Android, memanjakan kita, bahkan ada aplikasi khusus seperti ini. Bus dengan berbagai kemudahan ini semoga generasi muda Indonesia semakin cerdas karena ibunya bahagia šŸ™‚

  4. Kebantu banget pasti ya bumil dgn app ini. Jaman aku hamil coba udah ada hehe. Tapi bbrp tmn udah aku infoin ????
    Baby K memberikan warna baruuu ya, nemenin mamaa blanja hihii klo udah gede

  5. Takut ga bisa mbolang saat traveling? Hmm…kayaknya ga mungkin deh. Alhamdulillah tiap mbak hamil diberi kesehatan, ga rewel, jadi tetap bisa jalan-jalan.

  6. Mba Noe ini menginspirasi selaluuu….
    Aku suka sama mba Noe yang gak kenal capek dan rasanya tulisan mba Noe gak pernah ada kata-kata keluhan.

    MashaAllah…
    Sehat terus yaa…mba Noe dan baby K.

Leave a Reply