Tips Traveling

Tanjung Priok – Panjang, Jalur Mudik Baru ke Lampung

port of Tanjung Priok

Mudik ke Lampung lewat jalur laut sekarang punya 2 pilihan. Bisa lewat pelabuhan Merak ke Bakauheni, atau jalur tol laut dari pelabuhan Tanjung Priok ke pelabuhan Panjang. Jalur tol laut ini baru diresmikan tanggal 22 Juni kemarin. Baru banget. Masih anget. Mau coba?

Berdasarkan info, ada 3 kapal Roll-On Roll-Off (Roro) yang melayani rute Tj. Priok – Pelabuhan Panjang. Jadualnya tetap, dan berapapun penumpangnya akan tetap berangkat sesuai jadwal. Waktu tempuh perjalanan kurang lebih 8 jam.

Berikut ini info tarif kapal roro rute Tj. Priok – Pelabuhan Panjang Lampung:

  1. Dewasa: Rp55.000
  2. Anak: Rp35.000
  3. Sepeda ontel: Rp90.0p0
  4. Sepeda motor roda 2: Rp115.000
  5. Sepeda motor > 250cc: Rp180.000
  6. Sepeda motor roda 3: Rp180.000
  7. Sedan, Jeep & Sejenisnya: Rp475.000
  8. Mobil Pick Up & Box: Rp450.000
  9. Bus Kecil: Rp965.000
  10. Truck Sedang (Colt Diesel): Rp825.000
  11. Bus Besar: Rp1.455.000
  12. Truck Besar (Fuso): Rp1.275.000
  13. Tronton: Rp1.720.000
  14. Trailer 20″: Rp2.115.000
  15. Trailer 40″: Rp3.305.000
  16. Alat Berat : NEGO

Untuk info jadwal operasional kapal dari Tj. Priok aku belum dapat. Padahal udah coba browsing sana-sini. Termasuk di situs kumpulan berita Mudik Lebaran 2016 Okezone. Semoga secepatnya ada update ya!

Merak – Bakauheni, atau Tj. Priok – Panjang?

Pertanyaan itu pasti muncul kan kalau kota dihadapkan pada dua pilihan? Sekarang, ayo kita coba lihat perbandingannya dari berbagai sisi.

Waktu Perjalanan

Waktu perjalanan Merak Bakauheni kalau lancar itu 2 jam. Paling lama bisa 4 jam kalau dermaga penuh sehingga harus gantian sandar. Ditambah, perjalanan dengan bus untuk penumpang dari Jakarta naik transportasi umum. Kalau jalanan ngga macet, estimasi Jakarta ke Merak 3 jam paling cepat, atau 4 sampai 5 jam kalau macet. Ditambah lagi, dari Bakauheni ke kota Bandar Lampung misalnya, naik bus paling cepet 3 jam, belum termasuk ngetem di Bakauheni nunggu semua kursi terisi. Total?

Anggaplah ngga ada kendala macet di jalanan dan ngga harus nunggu lama untuk kapan sandar di dermaga. Waktu perjalanan dari Jakarta ke Bandar Lampung via Merak sekitar 8 jam. Atau 9 jam lah karena sudah pasti ada drama ngetem kalau naik bus di Bakauheni.

Sama dong ya dengan waktu pelayaran dari Tj. Priok ke Panjang. Nah, kalau dari Pelabuhan Panjang ke kota Bandar Lampung tuh udaj dekeet banget. Naik angkot atau bus kota ngga sampai satu jam lah.

Biaya Perjalanan

Kalau lihat nominal harga tiket penumpang, memang keliatan lebih mahal. Kalau dari Merak, harga tiket penumpang dewasa hanya Rp15.000. Sedangkan dari Tj. Priok sebesar Rp35.000. Tapi coba hitung lagi.

Kalau lewat Merak, berarti ada ongkos naik bus yang harus dikeluarkan sebesar Rp35.000 dari Jakarta ke Merak. Plus ongkos dari Merak ke kota yang (kalau tidak salah) ongkosnya Rp30.000. Berarti biaya yang harus dikeluarkan dari Jakarta ke pusat kota Lampung via Merak sekitar Rp80.000

Jadi bisa disimpulkan kalau dari sisi biaya tidak ada perbedaan yang berarti.

Kenyamanan

Dari berbagai situs berita, dikabarkan bahwa kapal yang dioperasikan untuk jalur tol laut Tj. Priok – Panjang adalah kapal yang dijamin kenyamanannya.

Selain soal kapalnya, fasilitas gedung pelabuhan juga bisa jadi pertimbangan. Aku pernah ke Pelabuhan Tj. Priok dan terkagum-kagum dengan tingkat kenyamanan yang ditawarkan. Ruang tunggu penumpang di Tj. Priok tuh suasananya mirip bandara. Serius!

Meski demikian, pelabuhan penyebrangan Merak & Bakauheni juga udah banyak berbenah lho. Hanya kadang kalau musim mudik begini, lonjakan penumpang suka bikin males. Loket antri mengular, begitu juga kendaraan yang pada mau mudik bawa mobil dan motor.

Nah, dengan adanya jalur baru, semoga saja bisa mengurangi lonjakan penumpang di Merak dan Bakauheni ya. Buat kamu yang mau mudik lewat jalur Merak, ada baiknya cek dulu kondisinya. Penuh banget ngga? Antri banget ngga? Info-info seputar mudik bisa coba baca di kumpulan berita Mudik Lebaran 2016 Okezone.

Akses Interkoneksi

Transportasi umum dari dan ke Merak ada banyak. Aku kurang faham kalau ke Tj. Priok gimana. Belum pernah ke Tj. Priok naik angkutan umum soalnya. Tapi kalaupun akses pakai angkutan umum susah, kan sekarang mah ada gojek dan uber.

Kalau dari Bakauheni ke pusat kota Lampung, ada banyak juga bus atau travel. Begitu juga dari Pelabuhan Panjang yang lokasinya di kota dan cukup ramai. Ada banyak angkot menuju kota Bandar Lampung. Jadi keduanya sama-sama ngga susah soal akses transportasi.

Sekarang tinggal disesuaikan dengan kondisi personal masing-masing. Kalau aku yang tinggal di Serang ini udah jelas lenih milih lewat Merak-Bakauheni saja. Tapi mungkin pilihan akan jatuh pada Tj. Priok kalau aku start mudiknya dari rumah mertua di Bekasi. Semua pilihan untuk alasan praktis dan hemat waktu.

Kalau kamu pilih mana?

55 thoughts on “Tanjung Priok – Panjang, Jalur Mudik Baru ke Lampung

  1. Guys mhn info spy ga macet brkt dr jkt tgl brp ya di akhir thn ini, tgl 29 msh rame ga ya? Penjualan tiket lgs di dermaga ato gmn? Dermaga brp guys? Info ya….thanks

  2. Mhn petunjuknya guys, rencana insya allah akhir thn pengen main ke lampung, liburan sih. Saya dari Bdg. Bagusnya brkt tgl brp ya, tgl 29 des msh rame ga ya? Kan musim liburan. Bagusnya lewat tj priok apa merak ya, saya dari Bdg rencana bawa mobil sendiri. Lewat tol cipularang trus mau ke priok lewat mana ya, arah kemana mau ke dermaga. Utk pembelian tiket bgmn guys? Blm pernah sama sekali guys nyebrang ke sumatera. Mhn info ya guys, smg tetap kompak. Wassalam

  3. Maaf, kalau untuk mobil itu sudah termasuk orang di dalamnya engga? atau tiap orang harus bayar lagi?

  4. Iya.ticket salesnya dimana? atau hotlinenya.atau go-show kemana ?! Tanjung Priok terminal mana? Ditunggu infonya. Dah deket waktunya mudik nih.please review yang udah nyoba. Trims

    1. Pembeliam tiket bisa langsung di terminal penumpang pelabuhan tj. Priok ya. Jadwalnya 3x sehari. Pagi, siang dan malam. Jam pastinya nanti saya tanyakan dulu ya

    2. infonya jm 7, jam 15 dan jam 23, tapi belum tau cara pesan tiketnya bagaimana, dan kualitas pelayanan apakah sudah lebih baik setelah beberapa minggu ini?

      1. Kalau tiket bisa dibeli langsung di loket di terminal penumpang, pak. Nah kalau kualitas pelayanan haruanya sdh lbh baik ya krn sdh bkn musim mudik, ngga ada lonjakan penumpang. Aamiin

  5. Ga saking enaknya juga..masa parkir mobil diminta sama yg markirin 10 rb…..dah gitu .pas mau pindah kamar ke kelas bisnis resepsionis bilang dah habis padahal ditanya ke crew yg ngawasin kamar katanya banyak yg kosong… yang ada tgl vip yg isinya 5 orang padahal yg baru masuk bisa dihitung…tempat duduknya lesehan..jauh deh sama yg dimerak bisa duduk ditempat duduk ga lama perjalanan.dah gitu bisa nongkrong direst area ..tidak sesuai harapan 8jam belum waktu bongkar muat 2jam an uhhh..ya tetapi daripada macet2..

  6. Apakah bisa beli tiket dadakan mba? Ana dari bogor soalnya. Rencana mau kesumatra barat via priok. Kalo mesti beli tiket dulu k priok mah kejauhan. Ditunggu infonnya mba

  7. Info pemesanan tiketnya lewat mana mba?
    Kalo saya berangkat jam 5sore nanti bakal langsung dapet kapan atau tidak?
    Tolong infonya mba.

  8. Program yang bagus, tapi sayang pelaksanaannya kacau balau, saya kemaren mau bekli tiket untuk tanggal 29 Juni, eeeh ternyata informasi tiketnya nggak jelas, contact person yg dihubungi susah dan ditelpon nggak diangkat, jadwal keberangkatan nggak jelas dan nggak sesuai dengan yang dirilis, waktu perjalanan lebih dari 10 jam, keberangkatan molor jadi jadwal, sampai hari minggu tanggal 26 Juni kemaren belum ada perbaikan..

    Terpaksa mudiknya pake jalur lama di Merak-Bakauheni.

    1. Mas Billy,
      Saya berniat untuk menggunakan jasa roro Tj. Priok – Panjang, tujuan akhir tanjung karang. Karena membawa bayi, maka saya berpikiran membawa mobil supaya semua kebutuhan anak bayi saya bisa terbawa sekalian. Memang sedang mencari info mengenai pengalaman menggunakan kapal roro tj. Priok – Panjang. Apakah benar, lama perjalanan pada akhirnya malah lebih dari 10 jam? Kenyamanan selama di dalam kapal, saya lihat ada kamar pribadi dsb, apakah baik kondisi nya? dan harganya berapa ya mas Billy? Mengingat bayi kami masih membutuhkan asi, kami memerlukan kamar kalau memang memungkinkan. Semoga bisa mendapatkan informasi lebih dari mas Billy, terimakasih.
      Rgrds,
      Rudi

      1. Bawa kids okey kok.. nyaman kapalnya. Lama perjalanan 12 jam. Waktu sandar 3 jam. Belum boardingnya yah.. jd siapkan waktu lmyn lama

  9. info pemesanan tiketnya dimana ya?
    Dan untuk nyebrang kita harus lewat terminal berapa?
    Kemaren sempat nanya2 katanya dekat bogasari. Setelah muter dibogasari juga ketemu.
    Mohon infonya mas

  10. mantap gw harus coba naik di pelabuahan priok apa lg deket rumah tiap tahun balik apa lg naik motor lebih irit biaya dan tenaga terima kasih pemerintah

  11. Wah… beneran ada tol laut ke lampung? Jadi kalau ke padang bisa juga pakai tol laut ini ya. Kebetulan agak mabok laut, agak mual kalau naik kapal. Pas nyebrang dari banyuwangi ke bali, aja pusing. Padahal cuma 45 menit aja šŸ™

    Hadirnya tol laut ini pasti jadi berita gembira ya buat para pemudik. Selain naik ferry bisa lewat tol laut juga.

  12. Wah ini baru ya Mbak Noe. Asik. Jadi punya alternatif kalau mau pulang ke Lampung. Tidak capek lagi menyetir. Bakalan sering balik ke Lampung nih šŸ™‚

  13. Yaaah…ke tanjung prioknya juga perlu ongkos kalo dari Cilegon…mending dari Merak deh kayaknya. Wkwkwkwk.

    Btw, itu teh tol laut sama dengan lintasan penyeberangan merak -bakau yak…cuma rute y diperpanjang. Waduw..bayangan kite tol laut teh jembatan panjang, jalan kayak di jepung yg ngubungin 2 pulau… peace aaah…

    1. Hehe, dulu aku juga ngira klo tol laut itu semacam jembatan. Wkwkwk. Tapi setelah jalan-jalan ke Pelabuhan Tj. Priok tahun lalu dan liat progress pembanguna pelabuhan, jadi faham apa itu tol laut yg direncanakan jokowi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.