Suka Duka Internetan di Luar Negeri

Aku pernah mendapat berita yang sangat mengejutkan melalui pesan SMS. Pesan itu terselip di antara ratusan notif pesan masuk setelah ponselku aktif. Ketika itu, aku sedang dalam perjalanan pulang ke rumah dari bandara Soeta, setelah selama 9 hari melakukan road trip di 4 negara ASEAN.

Berita mengejutkan itu datang dari emakku. Beliau mengabarkan kalau adikku kecelakaan di Lampung. Emak yang kumintai tolong menjaga anak-anak di Serang selama aku pergi, tanpa pikir panjang langsung pulang ke Lampung. Mau tidak mau, anak-anakku dititipkan ke tetangga. Mereka tidak bisa ikut ke Lampung karena harus sekolah.

Aku menyesal sekali karena tidak mengaktifkan ponsel selama 2 hari terakhir. Alasannya tentu saja karena tarif pulsa untuk roaming di luar negeri itu mahal. Jadi, jangankan mengaktifkan paket internet, buat SMS-an aja aku mikir dua kali.

Ya, tapi itu dulu. Waktu aku belum terlalu butuh eksis selama traveling. Sekarang mah beda. Karena udah ngga sanggup jalan-jalan pakai duit sendiri, jadi aku usaha lah cari traveling gratisan. Tapi faktanya, ngga ada yang sepenuhnya gratisan di dunia ini. Tetap ada harga yang harus dibayar, misalnya dengan share aktivitas selama traveling di sosmed dan blog. Mau ngga mau harus selalu online kan? Ngga bisa lagi dong ah mengandalkan wifi gratisan di hotel.

Harus upload ini & itu ke sosmed selama fun race di Bangkok

Untuk internetan di luar negeri, biasanya aku memilih membeli sim card lokal. Seperti ketika harus mengikuti event blogger gathering di Bangkok pada 2015 lalu. Aku beli sim card lokal Bangkok seharga hampir 300 ribu kalau di rupiahkan. Kalau dipikir-pikir, ih, mahal banget! Mana cuma dipakai 3 hari.

Tapi, ya, aku juga harus berterima kasih kepada semua pengalaman ngga enak yang kuceritakan tadi. Dengan begitu aku jadi belajar untuk lebih cerdas dan jangan sampai kejadian lagi ke depannya. Dan sekarang sepertinya aku sudah menemukan pilihan internetan yang menarik dari XL, yaitu XL Pass dari XL Prabayar.

By the way, udah tau kan ya maksudnya kartu prabayar? Kalo lupa, wajar kok. Aku juga suka kebolak balik dalam memahami mana pengertian prabayar dan pasca bayar. Haha. Yuk diinget lagi, prabayar itu kartu yang mesti diisi pulsa dulu sebelum dipakai ya. Sekarang ayok lanjut soal XL Pass yang kubilang menarik tadi.

XL Pass Untuk Tetap Eksis di Luar Negeri

XL punya produk bernama XL Easy Roaming yang terbagi lagi menjadi 3, yaitu XL Pass, Roaming Combo & XL Umroh. Dengan XL Easy Roaming, pengguna XL bisa mengakses internet, melakukan panggilan telepon dan juga SMS-an dengan mudah dan menyenangkan, tanpa perlu gonta-ganti kartu lagi. Dan paket yang paling pas untukku tentu saja XL Pass. Tanya kenapa? Ini dia alasannya;

1. Ngga perlu ganti nomor dan kartu sim

Salah satu hal nyebelin kalau harus ganti nomor ya bongkar pasang sim card di hape. Belum lagi bikin pengumuman kalau selama traveling bakal pakai nomor berbeda. Kalau pakai XL Pass, hal kayak gitu ngga akan terjadi.

2. Aktivasi mudah dan dapat dilakukan dimana saja

Untuk aktivasi XL Pass mudah banget, tinggal tekan *123*747# lewat ponsel, atau akses aplikasi myXL di smartphone. Untuk aktivasinya juga bisa dilakukan dimana saja. Kalau lupa aktivasi selama masih di Indonesia, bisa kok dilakukan setelah sampai di negara tujuan.

3. Banyak pilihan harga dan bersahabat

Harga paket kuota XL Pass yang dibeli bisa disesuaikan dengan lamanya perjalanan traveling ke luar negeri. Ada pilihan untuk 3 hari, 7 hari, atau 30 hari dengan harga yang berbeda. Dan selama itu, kita bisa bebas internetan tanpa takut kehabisan kuota.

4. Dapat digunakan di 39 negara

Negara di dunia ada berapa ya? Jawabannya buanyak! Dan menurutku, 39 negara yang udah bisa melayani akses XL Pass itu juga udah banyak banget.

5. Jaringan stabil karena menggunakan jaringan operator local ketika roaming

XL bekerja sama dengan jaringan operator local untuk menjamin kelancaran pengguna XL ketika roaming. Jadi ngga perlu emosi karena sinyal yang timbul tenggelam kayak aku kalau harus renang tanpa pelampung. Dan lagi, sebagian besar operator lokal di berbagai negara yang kerja sama dengan XL, sinyalnya udah 4G. Lancar jaya lah internetan!

7. Bisa akses Youtube tanpa kuota*

Oya, udah tau kan kalau sekarang XL punya fasilitas YouTube tanpa kuota? Dengan XL Pass kita juga masih bisa mendapatkan fasilitas tersebut di luar negeri. Dengan syarat, kita sudah pakai paket internet Xtra Combo sebelum mengaktifkan XL Pass.

Sebagai pengguna XL, Paket Xtra Combo memang lebih menguntungkan sih disbanding paket HotRod. Soalnya dapat bonusnya banyak. Hehe.

Buat kalian yang berencana jalan-jalan ke luar negeri dan belum pakai XL, beli aja dulu kartu perdananya. Supaya tetap bisa bebas internetan kapan pun dan dimana pun.

48 thoughts on “Suka Duka Internetan di Luar Negeri”

  1. Aku jujur sih Mama Maska, sebulan ini pakai XL dan ternyata jaringan di rumah dan tempat kerjaku 4G dengan sinyal yang bagus. Padahal selama ini biasanya dapat sinyal H+ sesekali 3G. Ya ampunn nyesel gak dari setahun yang lalu pakai.

  2. Aku baru tahu soal XL Pass ini. Enak banget, enggak perlu pusing takut bayar tagihan hp tinggi atau terpaksa jadi fakir wifi dimana-mana. XL pengertian banget ya. Tahu kalau sekarang trendnya traveling dan eksis di media sosial.

  3. Ahh, aku kemaren pernah aktifin XL Pass juga Mak di Malaysia, Thailand, singapur buat satu minggu, plus perpanjang lagi karena masih betah di Liburan , alhamdulillah lancar2 saja, bahkan pakai tetringan pula dengan 2 teman. Pokonya sik asik

  4. Aku udah banyak tentang pengalaman teman pakai XL di dalam negeri, dan mereka nyaman pakainya

    Sekarang, aku baca pengalaman Mbak Noe di luar negeri yang asyik upload untuk tetep eksis sembari tetap berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia. XL bisa jd pilihan ya, Mbak

Leave a Reply