Tips Blogging

Spesifikasi Smartphone Untuk Blogging

Kurang lebih selama 2 tahun terakhir, seluruh kegiatanku yang berhubungan dengan internet kulakukan dengan menggunakan smartphone android. Maklum, netbook satu-satunya udah super lelet dan malah bikin emosi kalo diajak online. Jadi demi kesehatan jiwa, lebih baik move on.

Ngeblog di bis kota dengan handphone
Ngeblog di bis kota dengan handphone

Seiring berkembangnya teknologi telepon genggam, sekarang ini kita memang bisa mengandalkan smartphone untuk berbagai kebutuhan, termasuk ngeblog. Tapi ternyata, nggak bisa asal milih juga. Kalo sepsifikasinya nggak mumpuni, ya tetep aja bikin emosi, entah karena lelet, sering hang, dll.

Berdasarkan pengalamanku ngeblog dengan handphone, berikut 5 kriteria wajib yang harus ada dalam smartphone supaya kegiatan ngeblog lancar jaya;

  1. RAM LEBIH DARI 1GB

Yang sudah faham IT pasti tau banget apa itu RAM dan apa fungsinya. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yang merupakan tempat penyimpanan sementara saat handphone dalam keadaan hidup (ON), atau saat sedang digunakan. Pada komputer, RAM berfungsi untuk mempercepat pemrosesan data. Semakin tinggi RAM, semakin cepat pula kinerja komputernya.

Sedangkan pada smartphone, besarnya RAM sangat berpengaruh pada seberapa banyak aplikasi yang bisa kita jalankan (running) dalam satu waktu.

Nah, ketika ngeblog aku biasanya menggunakan beberapa aplikasi sekaligus, seperti browser goggle chrome untuk loading dashboard blog, aplikasi notes untuk menulis draft postingan, snapseed, photo grid & picsart untuk edit/resize foto, google translate, dll. Multi tasking banget, ya.

Berdasar pengalaman, RAM yang Cuma 1GB ternyata nggak cukup untuk memenuhi kebutuhanku yang harus multi tasking di smartphone, ditambah beberapa aplikasi socmed yang juga terus running seperti facebook, twitter, instagram, dll. Biasanya aku akan memilih handphone dengan RAM 2GB.

  1. INTERNAL MEMORY BESAR

Internal memory ini adalah ruang penyimpanan untuk menampung seberapa banyak aplikasi yang bisa diinstal di handphone. Jadi, sebaiknya pilih handphone dengan internal memory yang besar. Kalau bisa minimal 8GB supaya kita bisa mengintall semua aplikasi yang kita butuhkan untuk ngeblog.

Kenapa 8GB? Karena biasanya setengah dari internal memory yang disediakan akan digunakan untuk system androidnya (software bawaan) handphone tersebut. Jadi tersisa setengahnya saja yang bisa digunakan untuk menampung aplikasi tambahan yang kita butuhkan seperti aplikasi socmed, browser yang lebih cepat (google chrome/Mozilla firefox), aplikasi edit foto, notes, dll. Belum lagi kalu suka install game juga. πŸ˜€

  1. PROCESSOR CEPAT

Processor, kalau di komputer biasanya dikenal juga dengan nama CPU. Processor ini bisa dibilang juga sebagai otak sebagai pusat pengendali semua perangkat yang ada dalam smartphone. Biasanya, prosesor pada smartphone berbanding lurus dengan spesifikasi RAM & internal memory pada sebuah smartphone.

Maksudnya, semakin besar RAM & internal memory, perusahaan pembuat handphone itu akan memasang spesifikasi prosesor yang bagus juga.

Aku juga nggak tau pasti, prosesor apa yang paling bagus, karena aku ini sebenarnya awam sama perkembangan teknologi. Beberapa merk yang sering kudengar, yang katanya bagus itu ada mediatek, ada intel, ada snap dragon, dll. Tapi sebagai orang awam, biasanya kalo ke konter hape yang aku tanyakan adalah prosesornya berapa? Trus dijawab; Dual Core/Quad Core/Octa Core.

Berdasar pengalamanku, pakai smartphone dengan prosesor Quad Core udah oke. Kalo merk prosesornya, setiap merk handphone beda-beda juga. Handphone merk Asus pakai prosesor Intel, sedangkan Acer pakei Mediatek.

Trus mana yang paling canggih? Silakan browsing sendiri ya teman.

  1. UKURAN LAYAR MINIMAL 4,5”

Ukuran layar ini sangat penting buat yang ngaku kalo jarinya jempol semua, haha. Sepertinya sudah jadi masalah banyak orang kalo ngetik di handphone layar sentuh (touch screen) itu ribet dan rawan typo.

Nah, bisa diakali dengan handphone yang layarnya agak lebaran dikit, supaya ukuran keyboard juga tidak terlalu kecil, dan ngetiknya tetap lincah. Selain itu, smartphone dengan layar yang nggak kecil-kecil amat juga nggak nyusahin mata minusku saat harus browsing.

  1. BATERAI TAHAN LAMA

Kapasitas baterai juga jadi pertimbangan dalam memilih smartphone. Coba di-cek, seberapa besar kapasitas baterainya. Lihat di badan baterai, suka ada keterangan berapa mAh-nya (mili Amper per Hour). Semakin besar angka mA/H, semakin awet juga baterainya saat digunakan untuk online.

Biasanya, baterai bawaan smartphone sekarang ini berkisar antara 2000-an mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, aku bisa ngecharge hp 3 sampai 4 kali sehari. (Ketauan kerjanya online, xixixi). Boros, ya? Tapi ini bisa diakali dengan memiliki power bank. πŸ˜€

Aku Pernah Pakai Handphone Apa Aja?

Sepanjang full ngeblog pakai handphone, aku sudah beberapa kali ganti handphone. BUkan kebanyakan duit, tapi kebanyakan alasannya karena handphone ilang pas lagi traveling. (heuheu… syedih).

Handphone dengan spesifikasi paling kece yang pernah kupakai adalah Acer E3. Spesifikasinya, RAM 2GB, Internal Memory 16GB, Prosesor Quad Core 1.2 GHz Mediatek, Layar 4,7”, dan baterai 2000 mAh. Kelebihannya selain nggak lelet adalah, kameranya yang lumayan, 13MP, dan kamera depan ada flash lightnya. Kelemahannya, baterai boros, cepet panas kalo dipakai. Bisa diakali dengan power bank lah ya.

Handphone paling nyebelin yang pernah kupakai adalah SONY experia C, karena RAM dan internal memory-nya kecil. Heuheu. Sekarang ini aku pakai Samsung Galaxy Mega seri pertama. Buat online nggak adamasalah, ngeblog juga masih lancar. Sebenernya sekarang ini lagi naksir pingin Samsung Galaxy S6 atau S6 Edge. Mbuh kapan kebeli. πŸ˜€

53 thoughts on “Spesifikasi Smartphone Untuk Blogging

  1. Halo Mbak. Berabad2 rasanya gak komen di sini. Hehehee.
    RAM n processor memang penting buangeddd Mbak.
    Soal memory mungkin harus lihat juga internal memorynya. Jangan yang externalnya. Internal memory juga harus lebih lihat lagi berapa yang dibuat dedicated utk urusan aplikasi oleh hapenya. Ada yang kecil n efeknya gak bisa install app banyak.

    1. Wkwkwk… Saking lama n lupa kpn terakhir ya, smpe hiperbola berabad-abad πŸ˜€

      Iyaap, internal memory emg pentiing πŸ˜‰

  2. Sekarang ini aku pakai Samsung Galaxy Mega seri pertama. Buat online nggak adamasalah, ngeblog juga masih lancar. *hape baru nih yeee

  3. Saya lebih senang ngeblok pake lepi. Kalo pake hp paling buat wp.
    Pengen juga nih ganti hp, soalnya hp lama layarnya sudah retak banyak.

    1. Nah.. Sesekali cobain hehe.. Klo aku udh biasa di hp, jd ya gk ribet amat si, awal2 mungkin iya πŸ˜€

  4. Yesyes, buat blogging di HP butuh hp dg spek2 diatas yaaah mak..
    cuma aku tetep aja lbh suka ngeblog via laptop, berasa lebih bebas hehe..

  5. Anakku juga pake Acer, modelnya mbuh ya, hadiah mamahnya lomba blog yg disumbangkan ke anaknya. Heheee…. Tapi itu kacanya ringkih, udah 2x pecah hiks hiks… Aku masih pake BB yg hurufnya cilik2. Utk browsing aku pake tab Samsung tp blm sanggup ngeblog pake tab, bales komen aja pake laptop. Soale jariku wes lamban, mleset terus pake touch screen.

    1. Aku yo sebenere pingin punya leptop yg canggih segimana pun sdh terbiasa ngeblog pake hape, ya ttp ada keterbatasan, ada hal2 yg harus dikerjain di laptop jg. Bismillah moga kebeli nanti

    1. Aku jg gitu sih mah, tp mau gmn lagi kan, hp satu2nya senjata. Tp lama2 kebiasa jg ngeblog pake hp doang

  6. Tengkyu mak Noe..infonya bermanfaat hingit buatku…kebetulan aku mau cari hp baru Yg bs dipakai buat segala2nya, termasuk.urusan blog…..hahahah…

  7. Ram gede itu pasti, processor juga harus biar makin lancar, tapi tantangan ngeblog pake smartphone itu bakal sering typo -,-“

      1. iyo mbak, aku juga seriiing bgt typo…masio lwt tab *haduuuh

        tp asik gt, waktu nggak terbuang percuma semisal kita lg “nongkrong” sekalipun hihihihi

  8. Heheh, sama Mak, saya juga ngeblog via handphone, plus juga dengan banyaknya aplikasi social media, emang sering bikin boros batre, plus memory. Saat ini sih memang masih menggunakan Samsung Duos. Kelemahannya, duh Mak, batrenya cepet banget nge-drain. Jadi sering males deh πŸ˜€

    1. Sama ya kita, pake samsung dual sim. Aku termasuk penggemas dual sim, supaya bs beli perdana internet yg lbh murah dan habis pakai buang sim card. Klo batre drain akalin dg power bank mak πŸ˜‰

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.