Siapkan 4 Barang Ini Jika Ingin Menjadi Vlogger

Tips membuat vlog

Setelah Facebook, Twitter dan Instagram yang booming dan melahirkan artis-artis social media, kini giliran YouTube yang menjadi ‘lahan’ terbaru. Kalian pasti sering banget denger dan udah tau mengenai Vlog dong? Apalagi sekarang sudah banyak artis layar kaca maupun artis social media yang ramai-ramai membuat Vlog. Dan banyak juga seleb Vlog yang kemudian wara wiri jadi artis di TV. Lalu sebenarnya apasih Vlog itu?

Vlog atau Video blogging merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan media video, dan orang yang membuat Vlog disebut dengan istilah Vlogger. Vlog biasanya berisi video mengenai kegiatan si Vlogger itu sendiri. Entah kegiatan sehari-hari, atau apa yang menjadi hobi dan pekerjaannya.

Nah, untuk kamu yang tertarik menjadi Vlogger, siapkan 4 hal ini terlebih dulu ya!

1. Kamera

Kamera merupakan barang terpenting yang wajib kamu punya jika ingin membuat vlog. Untuk pemula, pakai ywng ada dulu, atwu yang paling terangkau. Ngga perlu memakai kamera professional yang mempunyai berat berkilo-kilo, kecuali kamu udah kebanyak duit. Hehe. Kamu bisa memakai kamera digital atau kamera mirrorless yang lebih praktis. Pilihlah kamera ber-mega pixel besar agar kualitas video yang dihasilkan juga bagus dan berkualitas.

2. Monopod

Vlog biasanya dilakukan dengan cara si Vlogger memegang sendiri kameranya yang diarahkan langsung ke wajah. Agar tidak kerepotan saat Vlogging, sebaiknya kamu memakai monopod. Selain lebih praktis, video yang kamu shoot pun akan terlihat lebih stabil dan focus, alias tidak goyang-goyang yang akan membuat kualitas vlog mu menjadi jelek. Belum punya monopod? Tak coba intip di toko onoine atau e-commerce favoritmu, siapa tau saat ini sedang memberikan potongan harga monopod kamera.

3. Baterai & Memory Card Cadangan

File digital berupa video adalah file yang paling besar ukuran bites-nya. Kebayang ngga kalau vlog kamu isinya adalah kegiatan harian yang harua direkam mulai bangun tidur sampe mau tidur lagi. Berapa giga bites tuh filenya? Dan harus menghabiskan berapa banyak daya baterai? Maka, sediakan baterai dan memory card cadangan untuk kamera yang kamu pakai buat nge-vlog. Jadi ngga akan ada satu momen seru pun yang terlewat karena kehabisa memory maupun kehabisa baterai.

4. Laptop

Bukan hanya laptopnya saja yang perlu kamu punya loh ya, tapi juga software editing videonya pun harus ada. Setelah shoot vlog dirasa cukup, kamu bisa metransfer file videonya ke laptop untuk selanjutnya diproduksi menjadi video yang menarik. Oy, software editing video biasanya berat dan membuat kinerja laptop menjadi lambat, oleh karena itu pilihlah laptop dengan spesifikasi yang memadai untuk pengeditan video. Jika tidak, proses editing akan terganggu karena laptop akan sering nge-hang

Itulah tadi 4 barang yang wajib kamu punya sebelum memulai menjadi Vlogger. Tips tersebut aku peroleh dari teman yang rajin dan senang membuat video perjalanan. Jadi, sudah siap untuk nge-vlog? Aku sih masih mengumpulkan keberanian untuk bisa PD cuap-cuap di depan kamera. Haha

22 thoughts on “Siapkan 4 Barang Ini Jika Ingin Menjadi Vlogger”

  1. 2010an dulu ngikutin vlog Singapura itu, ke mana aja dia pergi oasti direkam. Sering pake pesawat sih emang dianya, dan videonya standard2 aja. Running text dan video asli doang tanpa diedit2 lagi

    Sekarang? Cuman beda 6tahunan, perkembangan vlog udah seginiiiii hebohnya. Gimana nanti 10 atau aahhh ntah lah apapun namanya dunia digital pasti berkembang.

    Hihihi kok dowooo komenku :))))

  2. Aku pengen banget punya vlog, sampe beli Gorilla pod yang sering buat ngevlog keluarganya Anji, tapi sampai sekarang akunya malah nggak ngevlog juga, hihi. Padahal suami juga udah beli laptop baru biar bisa edit video. Cuma belum pede aja sama males rapi-rapi dandan pakai kerudungnya, hihi.

Leave a Reply