Serang – Jakarta Naik Kereta, Ngapain?

Beberapa hari lalu, aku merasa terhakimi setelah membaca obrolan di grup whatsapp. Grup itu isinya temen-temen jalan yang dulunya cukup sering mbolang bareng. Sekarang sih udah nggak, karena masing-masing kehidupannya udah beda. Banyak yang udah pada nikah, trus punya anak, pindah kerja dan tempat tinggal, dan alasan lain yang bikin kita cuma bisa akrab dan ramai di grup dunia maya.

Jadi ceritanya, obrolannya adalah tentang jalur Commuter Line (CL) dari Jakarta yang sekarang udah sampai Rangkas Bitung.

Salah seorang teman yang selalu menggunakan CL sehari-hari trus nyeletuk, “Bang Tiko, coba sesekali naik kereta dari Serang ke Rangkas, trus lanjut naik CL sampe Jakarta deh kalo pas mudik ke Bekasi” ujarnya ke Ojrahar.

Trus dijawab sama Ojrahar. “Iya, pengennya sih sesekali naik kereta. Ntar deh dicobain” katanya.

Lha, baca obrolan kayak gitu aja aku bisa baper. Soalnya, selama ini Ojrahar emang cukup sering ngajakin aku naik kereta. Tapi akunya nggak mau. Pikirku, ngapain sih naik kereta, lha wong bis aja ada terus 24 jam kok. Lagian jarak antara Serang – Jakarta mah kan deket. Dan jadwal kereta yang berangkat dari Merak ke Jakarta tuh ngga setiap jam ada. Udah gitu sekarang ongkosnya mahal. Dulu 20 ribuan, masa sekarang 50 ribuan. Hoho. Naik bis cuma 30 ribuan book! Jelas aku milih yang murah lah ya.

Beda ceritanya kalau jarak jauh. Ke Jogja atau ke mana gitu. Dari Merak kan udah ada kereta api langsung ke Jogja. Jadi memang lebih memudahkan bagi yang malas transit-transit di Jakarta dulu.

Walaupun, kalau mau ekonomis, lebih baik beli tiket rute Jakarta – Jogja. Ada lebih banyak pilihan mulai dari tiket kereta api kelas ekonomi, bisnis, sampai eksekutif.

Aku pernah naik kereta api dari Jogja ke Jakarta pada Desember 2013. Kelas ekonomi cuma 65 ribu. Haha. Murah banget. Sampai Jakarta aku ngga langsung ke Serang, mampir dulu ke rumah Mertua di Bekasi. Nginep semalem, baru besoknya pulang naik bis.

Btw, itu tuh pengalaman pertamaku naik kereta api. Sampe sekarang belum pernah lagi. Tapi aku cukup sering melakukan transaksi pembelian tiket kereta api online. Bukan buat aku. Tapi bantu teman yang pada butuh beli tiket tapi terkendala kalo mau beli sendiri. Iya, aku kan baik. *uhuk

Eh, selain yang perjalanan ke Jogja, pernah juga ding 2 kali naik kereta ekonomi ke Rangkas. Itu karena mau jalan-jalan ke Baduy. Tapi tiketnya aku beli langsung di loket stasiun. Nah, aku kurang tau deh kalo cuma ke Rangkas dari Serang ada ngga tiket kereta api onlinenya.

Oya, aku jadi kereta ekonomi rute Merak – Jakarta sekarang udah enak. Walau kelas ekonomi, udah ngga penuh sesak sama pedagang kayak dulu. Berdasar pengalamanku naik kereta ke Rangkas sih gitu. Kereta jurusan Merak – Jakarta kan berhenti juga di stasiun Rangkas.

Hmm, kayaknya kapan-kapan aku memang perlu coba nih. Jalan santai ke Jakarta menggunakan moda transportasi massal kereta api dan CL. Penggabungan keduanya bisa lebih murah. Kalo ngga salah, harga tiket kereta dari Serang ke Rangkas ngga sampai 10 rb. Dan untuk CL dari Rangkas ke Jakarta juga pasti nggak mahal lah. CL kan terkenal murahnya.

Oya, kalian pernah naik CL dari Jakarta ke Rangkas, atau sebaliknya belum? Coba share pengalamannya.

18 thoughts on “Serang – Jakarta Naik Kereta, Ngapain?”

  1. Jamanku kuliah kalau gak salah Sby-Yogya 50 rb bbrp kali maen ma tmn2 ๐Ÿ˜€
    Btw aku sabtu minggu ini akan menuju Rangkas lho naik CL (utk pertama kalinya) hihihi, jd belum bisa cerita rasanya gmn :))

  2. Sekarang perbaikan dimana-mana, baik sistem maupun SDM nya.
    Tidak mengecewakan, KAI memang saat ini bisa dirasakan perubahannya oleh banyak pihak.

    KAI teruslah menjadi role model transportasi yang nyaman, aman dan terjangkau.

  3. Terakhir ke Baduy ke Rangkasnya naik kereta ekonomi yg masih segala masuk. Mulai dari manusia, hewan ternak sama pedagang dan mungkin copet. Enjoy aja wong bekpekeran. Ga di peron ga di stasiun bawa keril tetap selonjoran hahaha

  4. heuheu.. sejak punya bayi aku juga udah jarang ngejelajahin stasiunnya si CL tea, baru ngeh ada jalur ke Rangkas Bitung. Ntar deh nyobain jalur tsb, sekedar naik abis itu ikut balik keretanya hihi

    1. Iyaa, CL cepet banget. Pernah naik CL dr tebet ke Bogor, yaampun cepet banget. Hihi. Nanti klo aku udh coba naik CL ke jkt aku kabarin mba Monda yaa

    1. Iyaa, nyaman naik kereta skrg. Tp entah, klo dr Serang ke Jakarta doang rasanya aku msh malas naik kereta. Haha

Leave a Reply