Akomodasi / Hotel

Salita Hotel, Akomodasi Strategis di Phnom Penh

Awalnya agak sulit menemukan Salita Hotel dari bandara International Pochentong, Phnom Penh. Tetapi sepertinya ini hanya soal kendala bahasa dengan sopir tuktuk yang tak bisa berbahasa inggris, atau mungkin sopir tuktuknya yang tidak hafal nama jalan. Karena sebenarnya Salita Hotel yang kupesan secara online ini lokasinya tepat di jantung kota Phnom Penh, ibu kota negara Cambodia (Kamboja).

Salita Hotel Standard Room
Kamar standart di Salita Hotel

Beberapa objek wisata di kota Phnom Penh bahkan bisa dijangkau dengan jalan kaki dari Salita Hotel, seperti Independence Monument dan Royal Palace.

Aku menginap di Salita Hotel pada April 2014 lalu, bersama suami dan beberapa orang teman lain yang ikut dalam perjalanan road trip ASEAN selama 9 hari, mulai dari Krabi, Bangkok, Phnom Penh, Ho Chi Minh City, dan Malaka. Memang sih, kami hanya menginap semalam di Salita hotel sebelum esoknya mengeksplore Phnom Penh seharian, lalu malamnya berpindah ke Ho Chi Minh City dengan sleeper bus.

Salita Hotel Phnom Penh
Full AC di kota Phnom Penh yang panas!

Aku merasa beruntung memilih Salita Hotel sebagai tempat bermalam di Phnom Penh, setelah merasakan betapa panasnya kota Phnom Penh, dan mengetahui bahwa air dan listrik adalah sesuatu yang teramat mahal. Di Salita Hotel, aku tak perlu merasa kegerahan karena kamarnha full AC dan tersedia air yang melimpah.

Ssst, awalnya otak budgetku sempat terfikir untuk memilih penginapan a la-a la backpacker yang super murah di kisaran harga 50 sampai 100 ribuan rupiah. Untungnya niat itu kubatalkan. Lagipula, harga kamar standart yang kupilih di Salita Hotel ini harganya tidak terlalu mahal, kisarannya antara 250 sampai 300 ribu rupiah saja. Harga tersebut sudah termasuk sarapan lho!

Salita Hotel Phnom Penh
Kelihatan atap Royal Palace dari kamar Salita Hotel

Kamar yang kudapat ada di lantai yang cukup tinggi sehingga aku dapat menikmati pemandangan kota Phnom Penh dari ketinggian lewat jendelanya yang cukup lebar.

Fasilitas di dalam kamar mencakup semua yang mrmang seharusnya ada di kamar tipe standart, tempat tidur ukuran double, lemari pakaian, meja dan kursi rias, teko pemanas air untuk membuat kopi dan teh, mini brankas, serta kamar mandi lengkap dengan handuk, toiletries, dan hair dryer.

Salita Hotel Standard Room
Beberapa fasilitas di kamar tipe standart

Di dalam kamar ada telepon internal juga untuk memesan makanan jika malas keluar saat lunch atau dinner. Tetapi, kalau mau makan di luar, cukup jalan kaki saja dan kita bisa menemukan banyak food stall, terutama saat malam hari. Tapi hati-hati ya kalau kalian termasuk yang cuma mau makan makanam halal, tanya dulu ke penjualnya, ada pork atau nggak. Supaya lebih aman, lebih baik naik tuk-tuk dan minta diantar ke resto halal.

Pagi adalah saat yang paling menyenangkan buatku ketika menginap di hotel. Ya, apa lagi kalau buka soal makan gratis. Haha. πŸ˜€ Menu sarapan yang disediakan di Salita Hotel cukup variatif lho. Mulai dari yang ringan sampai yang berat-berat. Ada roti, soup, bubur, kwe tiauw, nasi goreng, atau nasi putih lengkap dengan sayur dan lauk-pauknya. Roti tawar dan bermacam selai serta butter juga disediakan,Β lengkap dengan alat pemanggangnya. Buah segar dan aneka jus, tentu tak ketinggalan.

Salita Hotel Restaurant
Aneka minuman dengan background panorama kota Phnom Penh
Menu Sarapan Salita Hotel
Maem kwe tiauw di Salita Restaurant

Restaurant di Salita Hotel berada di lantai paling atas dengan dinding kaca, sehingga saat sarapan kita bisa sambil menikmati panorama kota Phnom Penh dari ketinggian.

Secara garis besar, menginap di Salita Hotel ini menyenangkan deh. Bukan hanha karena berbagai hal yang sudah kujelaskan di atas tadi, tetapi juga pelayanan petugas yang ramah dan siap membantu kebutuhan tamu termasuk membantu booking tiket bus dari Phnom Penh ke Ho Chi Minh City – Vietnam. Koneksi wifi-nya juga lancar!

*****

Salita Hotel
#70, St European Union 143
Phnom Penh – 00855

16 thoughts on “Salita Hotel, Akomodasi Strategis di Phnom Penh

  1. Waktu anak-anakku masih kecil, teko pemanas di hotel penting sekali. Kalo sekarang mereka sudah ABG nggak terlalu perlu teko pemanas, tapi kalaupun ada ya seneng juga. Apalagi kalo hawa dingin, bisa buat teh hangat kalo ada teko pemanasnya πŸ™‚

    1. Iya ya, teko pemanas klo ada anak balita berguna bgt, apalagi klo gk pumya termos air panas. Bntar2 kudu rebus air buat bikin susu πŸ˜€

  2. Aku paling suka kalo ada hotel yang nyediain teko pemanas ama hair dryer.. Teko pemanas penting banget klo traveling ama bocah. Trus hair dryer bisa buat ngeringin baju πŸ˜€

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.