Lokal Brand Lebih Keren

Saatnya Pakai Lokal Brand Agar Lebih Keren

Lokal Brand Lebih Keren

Sebenarnya ingin melanjutkan cerita Backpacking di Sabang, tapi rasanya kok kepingin buru-buru share oleh-oleh cerita dari event di Smesco hari Sabtu lalu di Smesco. Sudah tau kan ya, kalau weekend kemarin (26-27 Sept), Smesco lagi punya hajatan besar bertajuk Netizen Vaganza 2015. Apa itu Netizen Vaganza 2015? Lanjut baca dong! πŸ™‚

Workshop Dengan Pembicara Keren

Netizen Vaganza 2015 adalah rangkaian workshop yang diperuntukkan bagi anak muda, agar generasi muda Indonesia bisa lebih berperan aktif dan kreatif dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang berkembang saat ini. Workshop yang digelar meliputi Basic Travel Writing dengan pembicara Agustinus Wibowo, Still Life Photography oleh Raiyani Muharramah, Vlog Tips & Trick oleh Sacha Stevenson, & Moneyize Your Socmed oleh Yeyen Nursjid.

Workshop basic travel writing
Agustinus Wibowo sedang memberikan materi travel writing

Dari keempat workshop itu, yang paling kusuka tentu saja yang dibawakan oleh Agustinus Wibowo. Maklum ya, aku kan Travel Writer wannabe. (wannabe mulu, kapan suksesnya sih? Haha).

Pernah ngga, merasa ngga punya ide saat akan menulis catatan perjalanan atau artikel traveling? Nah, saat workshop Basic Traveling kemarin, Agustinus Wibowo memberi bocoran tips untuk menemukan ide menulis, serta tips agar cerita yang kita tulis menjadi lebih hidup dan bernyawa. Apa saja tipsnya? Nanti aku tulis dalam postingan terpisah ya.

Workshop photography
Mba Raiyani dengan materi Still Life Photography
Sacha Stevenson
Foto bareng dengan Sacha Stevenson

Workshop lain juga ngga kalah menarik sebenarnya. Sayangnya tidak semua workshop bisa kuikuti karena beberapa workshop berlangsung dalam waktu yang sama. Jadi memang harus pikih salah satu. Atau bisa datang dua hari berturut-turut, yaitu Sabtu & Minggu. Hehe.. Ini juga ngga bisa kulakukan karena jauh book, Serang – Jakarta. Tetapi semoga lain kali Smesco bikin acara keren lagi dan aku bisa datang lagi. Aamiin.

Lokal Brand Lebih Keren

Berbagai workshop keren di event Netizen Vaganza 2015 ini dibarengi dengan festival musik, lomba tari, dan bazar produk unggulan UKM dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Terkait dengan bazaar produk unggulan UKM tersebut, Smesco mengusung jargon Local Brand Lebih Keren. Tujuannya tentu saja untuk mengangkat citra produk buatan UKM Indonesia.

Netizen Vaganza 2015
Tarian daerah Aceh sebagai pembuka acara Netizen Vaganza
Lokal Brand Lebih Keren
Lokal Brand Lebih Keren

Hmm… Saat melihat banyak tulisan Local Brand Lebih Keren di gedung Smesco, aku jadi ingat dengan tempat tisu yang kubeli beberapa tahun lalu. Tempat tisu itu terbuat dsri kayu jati. Kata penjualnya, itu asli buatan Jepara. Harganya Rp100.000. Awalnya sempat ragu untuk membelinya. Itu harga yang mahal untuk ukuran tempat tisu. Tapi kalau melihat bahan dan nilai seninya, kufikir itu harga yang wajar. Apalagi setelah 3 tahun lebih kupakai, makin mengukuhkan kalau tempat tisu yang kubeli itu kualitasnya OK! Terbukti awet, lho.

Nah, sekarang baru yakin deh kalau lokal brand memang lebih keren. Ngga kalah saing sama brand-brand impor yang harganya pasti jauh lebih mahal. Eh, produk UKM yang dijual dengan harga mahal juga banyak lho. Tapi kalau di Showroom Smesco, dijamin harganya bersaing. Kalau ngga percaya, coba deh ke Smesco. Dan siap-siap laper mata saat melihat berbagai produk khas Indonesia yang dipajang.

Sepatu & wedges batik
Sepatu & wedges batik
Batik tulis
Aneka batik tulis

Nah, buat traveler yang punya banyak kenalan bule atau wisatawan mancanegara, boleh juga tuh diajak ke Smesco. Ide bagus juga kalau perusahaan jasa tour & travel, memasukan Smesco ke dalam daftar kunjungan dalam paket trip yang ditawarkan kepada wisatawan saat menjelajah Jakarta. Karena di Smesco ada berbagai produk unik yang punya ciri khas Indonesia. Mereka yang hobi traveling kan biasanya hobi shopping juga, dan barang-barang yang unik dan khas kan biasanya ngga ketinggalan tuh untuk dijadikan souvenir.

Dengan mengajak wisatawan asing belanja ke Smesco, berarti kita turut membantu UKM Indonesia dan mendukung ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.

Radio Cawang
Radio Cawang yang klasik & langka
kopi durian mybio
Kopi Durian MyBio & banyak lagi makanan/minuman lainnya

Lomba Blog: Lokal Brand Lebih Keren

Cara lain untuk ikut mempromosikan produk UKM Indonesia yaitu dengan mengikuti lomba blog yang diselenggarakan oleh Smesco. Ayo, bloggers harus ikut ya! Syaratnya gampang kok, hanya menulis di blog masing-masing dengan tema Local Brand Lebih Keren, panjang tulisan minimal 500 kata. Hadiahnya ada laptop, smartphone & uang tunai! Deadline 20 Oktober ya. Catet!

Info lebih lanjut bisa klik www.smescoindonesia.comΒ atau baca di banner ini;

Lomba blog smesco
Syarat & Ketentuan Lomba Blog Smesco

58 thoughts on “Saatnya Pakai Lokal Brand Agar Lebih Keren”

  1. Sudah saatnya kita menggunakan produk lokal mbak, karena kebanyak produk selama ini beredar dimasyarakat adalah produk luar dan notabene produk kebutuhan sehari-hari.

  2. Bangga dengan produk Indonesia. Secara Kualitas produk-produk ukm tidak kalah dengan yang bermerk. Karena kurang edukasi jadi mereka kalah bersaing dengan perusahaan besar, apalagi sebentar lagi MEA, harus lebih meprioritaskan membeli produk lokal.

  3. Huwaa…ktemu Agustinus wibowo ?, sy dl taunya dr ank sy mak, wkt ditanya ibu kenal agustinus wibowo?, sopo iku nak ibu knalnya agustono bapakmu…hah ibu ini dia kan travel writer terkenal..yah maklum emake blogger abal2…malu lulu tutup muka pkai wajan gosong…xixi

Leave a Reply