Review

Review Tas Kamera REI

Beberapa bulan lalu, saat aku memutuskan untuk jual kamera DSLR, lalu beralih ke mirrorless, alasan utamaku karena ingin kamera yang lebih simpel dari sisi bodi, jadi lebih ringan dan kompak juga. Bisa masuk tas gitu. Tapi setelah mirrorless di tangan, kok tetap ngga tega masukin ke tas ransel bareng banyak barang lainnya.

Padahal pernah iri gitu kalau liat teman bawa kameranya cuma pakai softcase tipis, trus masukin handbag. Jadi bawaannya cuma handbag aja. Ngga kayak aku. Ya ransel, ya tas kamera selempang. Jadi agak ribet memang. Eh, tapi ada untungnya sih aku lebih suka ransel daripada handbag, tinggal pake ransrl yang agak besar supaya kamera beserta tas khusus kamera juga bisa masuk. Haha.

Pertanyaannya, kenapa aku lebih suka menyimpan kamera dalam tas khusus kamera? Jawabannya karena untuk alasan kemananan.

Seluruh bagian tas kamera biasanya dibuat dengan bahan berlapis busa untuk meredam benturan. Ya kali aja ada saatnya kita meleng. Pas jalan-jalan trus keseleo, dan itu membuat tas kamera yang kita diselemmpangkan di pundak terbrntur tembok, meja, atau tiang listrik gitu. Ngga masalah kan. Soalnya tas kameranya tebel dan dilapisi busa.

Busa pada seluruh bagian tas kamera juga berguna untuk mengamankan kamera kalau dimasukkan dalam ransel. Tau sendiri kan ya, di dalam ransel pasti banyak barang macem-macem. Ada handphone, dompet, kosmetik, mungkin juga kunci rumah, dll. Pasti bakal kepentok-pentok tuh kalo semua masuk ransel. Jadi memang perlu tas kamera khusus walau kameramu berukuran kompak.

Rain cover

Yang ngga kalah penting untuk keamanan kamera, tas kamera biasanya dilengkapi dengan rain cover. Jadi kalo pas lagi di outdoor trus tiba-tiba hujan, tinggal srat sret buka dan pasang rain covernya.

Nah, buat kalian yang lagi cari tas kamera, perhatikan juga kekuatan strapnya. Pastikan kuat dan ngga mudah putus. Juga resletingnya, jangan yang gampang rusak.

Aku sudah menemukan tas kamera yang cocok buatku dan memenuhi syarat-syarat di atas. Harganya ngga terlalu mahal juga. Merknya REI.

Teman-teman yang suka adventure pasti udah ngga asing sama brand REI, ya kan.

Sony A6000 di dalam REI

Bentuk tasnya ngga terlalu besar. Untuk kamera DSLR kayaknya ngga bakal muat malahan. Tapi tas ini sempet kupakai lama untuk kamera prosumer. Sekarang kamera prosumer jadi penunggu lemari, dan tasnya dipake untuk mirrorless aja. Hehe.

Review dikit tas kamera REI, yuk!

Tas kamera REI yang aku pakai ini designnya simple banget. Ngga terlalu banyak tempat penyimpanan. Hanya ada satu kantong utama untuk menyimpan satu kamera. Ngga ada ruang lagi untuk menyimpan lensa tambahan.

Kantong utama dan penyimpanan tambahan

Tetapi di bagian penutupnya, ada satu kantong karet yang bisa digunakan untuk menyimpan beberapa benda kecil seperti baterai cadangan, memory card, atau lap pembersih lensa.

Seluruh bagian tas, atas bawah depan belakang terbuat dari bahan berlapis busaagar kamera terlindung dari benturan.

Di bagian belakang, ada kantong karet sebagai tempat menyimpan rain cover jika sedang tidak dibutuhkan.

Rain cover saat dipasang

Cara pemasangan rain cover jugabsangat mudah. Tinggal dikeluarkan dari kantongnya lalu selimutkan ke seluruh bagian tas. Karet di pingigir-pinggir rain cover cukup kuat mengikat body tad namun sangat fleksibel danmudah saat akan memakai atau melepas.

Bagian strap/tali tas juga kuat. Tidak mudah putus. Begitu juga dengan pengait yang menghubungkan tali dengan body tas, kuat dan tidak mudah lepas atau patah.

Pengait kuat
Zipper berkualitas dan kuat
Busa pada strap

Untuk kenyamanan pengguna, ada busa pada tali yang bisa diposisikan di pundak saat tas dipakai. Jadi bisa mengurangi pegal dan menghindari gesekan tali yang agak kasar pada pundak.

So far, aku suka banget sama tad kamera REI ini. Belum ada niat beli yang baru juga. Kebiasaan aku baru beli barang baru kalau yang lama usah rusak. Untung si REI ini awet juga, jadi bener-bener hemat walau saat beli rada nyesek. Seingetku harganya 200 an mendekayi 300 ribu. Eh, kayaknya tas kamera memang kisaran itu ya harganya. Hihi.

14 thoughts on “Review Tas Kamera REI

  1. Kmrn aku beli tas kamera tp kegedean.. Krn sbnrnyavitu memang utk kamera dgn 2 lensa tambahan, smntara kameraku msh pake lensa bawaan :D. Jd kegedean aja tiap dibawa traveling.. Makanya pgn cari yg kecilan mba… Bgs deh rei ini..

  2. Kalau masalah tas, hal pertama yang biasa saya perhatikan memang pada bagian strapnya karena disitu yang nantinya menahan beban (kehidupan)

    Ngomong-ngimong, itu kamera prosumernya jadi penjaga lemari karena udah pensiun atau udah karena ada mirrorless? Skali2 harus di pake sama di cas agar baterainya awet

  3. Seperti sudah keharusan sih membeli tas kamera, daripada kita manggul ransel besar, mending beli tas kamera biar lebih ringkas. Saya beberapa bulan lalu beli tas kamera second, dan cukup membantu saat perjalanan jauh. Lebih ringkas rasanya bawanya.

    1. Aku beoi di tisera cilegon. Toko buku tp sedia bernagai peralatan outdoor juga. Seri apa aku udah no clue

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.