Tips and Tutorial

Persiapan Sebelum Mudik & Traveling 2016

Beduk Berkah BL 1

Semenjak jadi nyonya Ojrahar, my criminal brain semakin menjadi. Yaa gitu deh, diam-diam dia itu orangnya aji mumpung juga. Jadi setiap kali ada kesempatan, kenapa ngga dimanfaatin.

Saat mudik misalnya. Mudik buat Ojrahar adalah kesempatan untuk explore destinasi wisata baru yang ada di kampung halaman. Seperti lebaran tahun-tahun sebelumnya, rencana mudik kali ini pun diwarnai dengan perbincangan seputar rencana traveling.

Lebaran dua tahun lalu, kami berhasil mbolang ke Situs Purbakala Pugung Raharjo. Lebaran berikutnya, kami tidak memilih destinasi yang sulit, sebab aku sedang hamil besar. Maka Menara Siger menjadi pilihan. Nah, tahun ini kami inginnya main ke Pantai Wartawan yang lokasinya ada di sekitar Gunung Rajabasa. Bismillaah, semoga bisa terlaksana.

Sebenarnya, tahun lalu aku sudah tuliskan mengenai tip & persiapan mudik sekaligus traveling. Tetapi kondisi sekarang sudah berbeda, karena ada bayi di antara kita. Sudah pasti persiapan yang harus kami lakukan pun berbeda pula. Terutama untuk traveling essential. Seminggu sebelum puasa, aku melakukan listing barang-barang yang dibutuhkan. Kemudian aku & Ojrahar akhirnya setuju bahwa ada 3 hal paling penting yang harus kami beli untuk kebutuhan mudik nanti. Kok cuma tiga? Iya karena yang lain udah ada sejak lama.

Lalu apa saja ketiga barang itu?

buka lapak app

1. Baby Carrier Ergonomis

Seiring usia, bobot Abang Ranu makin bertambah mantap. Baby carrier yang ada sekarang ternyata kurang ergonomis karena tidak ada strap di pinggang. Walhasil beban berat bayi hanya ditanggung oleh pundak sehingga menyebabkan sakit leher, pundak, juga pegal seluruh badan.

Setelah browsing dan melalui berbagai pertimbangan, dari sekian banyak merk baby carrier ergonomis kami memilih ergo baby. Alasannya bukan hanya karena ergonomis, tetapi juga karena ada kantong di bagian depan yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti karcis yang harus disimpan selama perjalanan, atau uang kembalian yang suka bikin ribet setelah selesai membayar di loket.

Oya, aku juga suka bagian hodie/topi yang bisa berfungsi sebagai penyangga kalau bayi tidur, juga untuk menyembunyikan sesuatu yang berharga ketika bayi mimik cucu ibu. Hehe.

2. Monopod

Salah satu berkah ngeblogku tahun ini adalah action cam GoPro Hero 3+. Kamera itu mulai jadi bagian dari keluarga kameraku sejak 2 minggu lalu. Dan karena belum lama, jadi itu kamera belum pernah diajak jalan-jalan.

3_way_1

Rencananya sih, kami mau coba-coba bikin video dan merambah youtube. Ntah bisa apa ngga. Haha. Doakan saja. Dan untuk itu juga, kami butuh perlengkapan lain yaitu monopod.

Sama seperti baby carrier, aku banyak browsing dulu untuk akhirnya menentukan monopod seperti apa yang akan kami beli. Dari beberapa model, kami merasa tertarik dengan monopod 3 in 1 yang bisa dijadikan tripod dengan kaki extension.

3. Tas Kamera

Sudah lama kepingin beli tas kamera sebetulnya. Hanya saja masih maju mundur cantik karena merasa tas kamera yang ada masih bisa digunakan. Tetapi rupanya kali ini si Kakak ngotot mau bawa kamera sendiri. Pernah beberapa kali traveling bawa dua kamera dan repotnya minta ampun. Kebanyakan bawaan. Ya ransel baju, ditambah satu kamera SLR, satu kamera prosumer yang bodynya juga sagede SLR, plus satu lagi anggota baru kami yaitu action cam GoPro Hero 3+.

NGS3_black_side_resized

Sekarang kami mantap untuk beli tas kamera model ransel yang bisa menampung semua kamera plus perintilannya seperti charger, kabel, tongsis, dll. Jadi praktis dalam satu tas dan cukup mengurangi kerempongan kami dalam hal barang bawaan.

Beli Dimana?

Alhamdulillah, ketiga barang di atas sudah kami beli semua. Baby carrier dan monopod kami beli langsung di toko di Cilegon. Kebetulan saja kami sedang ingin jalan-jalan sore pada weekend terakhir sebelum Ramadhan. Jadi sekalian aja ketika nemu barang yang cocok, ya kami langsung beli. Mumpung habis gajian. Haha.

Kejutan Beduk Berkah BL

Khusus untuk tas kamera, aku beli secara online di Bukalapak. Soalnya aku ngga nemu tas kamera yang cocok secara model dan harganya di toko-toko yang ada di sekitaran Cilegon dan Serang.

Setelah intip beberapa lapak online, akhirnya aku merasa cocok dengan ransel kamera National Geographic yang ada di Bukalapak. Modelnya keren menurutku. Bahan kanvas, berlapis sterofoam untuk keamanan kamera dari benturan. Ada rain coatnya. Dan yang penting bisa muat untuk 2 kamera seukuran SLR plus printilannya.

Awalnya aku ragu mau beli tas kamera itu. Sebab semua seller penjual tas yang aku mau ternyata kirim barangnya dari Malang. Kebayang deh itu berapa ongkos kirim dari Malang ke Cilegon. Pasti mahal! Tetapi akhirnya aku beli juga karena tergoda oleh promo Beduk Berkah selama Ramadhan di Bukalapak. Iya, ini semua gara-gara iklan di TV yang kocak abis itu. Haha.

kejutan bedug berkah buka lapak

Dan Alhamdulillah, aku dapat kejutan dari Bedug Berkah BL berupa subsidi ongkos kirim sebesar Rp25.000. Wah, awalnya takut kemahalan ongkir, eh malah jadi gratis ongkirnya. Yippie!

Apa Itu Beduk Berkah BL?

Yang sering nonton TV pasti tau lah program ramadhan Beduk Berkah BL. Setiap hari, ada kejutan menarik berupa subsidi ongkir dan atau potongan harga sampai dengan 500 ribu rupiah. Di akhir periode malah ada hadiah undian berupa paket umroh dan mobil. Glek. *nelen ludah*

Caranya gampang, klik aja barang yang mau kita beli, lalu gerakkan smartphone 3 kali seolah kita sedang menabuh bedug. Nanti ada suara beduk yang bikin kita pingin goyang, dan muncul lah Kejutan Beduk Berkah dari Bukalapak.

kejutan umroh bukalapak

Syaratnya? Belanjanya harus di aplikasi. Kalau belum punya app nya, download dulu dari PlayStore atau iOS App. Ok!

Kalu sudah punya, dan udah coba tapi ngga ada suara bedug, coba update dulu ya! And finally, selamat berbelanja untuk kebutuhan Ramadhan, atau untuk kebutuhan saat mudik seperti keluarga kami. Kalau aku tinggal nunggu ransel kamera datang nih. Sambil berharap dapet grand prize mobil. Aamiin.

51 thoughts on “Persiapan Sebelum Mudik & Traveling 2016

  1. Jadi pengen baby carrier nih mbak, belum pernah coba dan beli sih, sepertinya nyaman ya apalagi untuk traveling.
    Bukalapak bikin ketagihan belanja yaa mbak πŸ˜€ siapa tau bisa umroh ya

  2. Mba ,aku gagal fokus sama baby carier ergonya Ranu. Kalo kubeli skrg sementara usia Kizain udah 8 bulan, masih cucok ga ya? Aku selama ini masih tradisional pake gaya gendong jarik.

    1. Cocok banget, kan Ranu umurnya 10 bln malahan, bisa dipake smpe umur 4th lho. Asal masih kuat nggendong aja. Haha

  3. Tertarik beli tas kamera itu juga. Tas kamera masih yang modl slempang, belum punya yg model rasel gitu.

    Semoga mudik tahun ini lancar dan sehat semua. Aamiin

  4. Tasnya mirip kaya punyaku eh punya abangku maksudnya. NG jg cuma lebih banyak sekat2 jd bisa masuk smua itu perlengkapan tempur.
    Asyiknya abng ranu mo ngebolang nih save trip ya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.