Tips Traveling, Tips Traveling With Children

Perlengkapan Bayi Wajib Dibawa Untuk Traveling

Akhir minggu kemarin akhirnya aku berhasil traveling dengan Baby K dan Abang Ranu ke Jogja. Sama bapaknya juga lah tentunya. Pinginnya sih family trip ke Bali, seperti yang pernah aku tulis di blog ini sebelum melahirkan Baby K. Tapi apa daya, kayaknya budget belum cukup. Haha.

Alasan memilih Jogja, selain harga tiketnya lebih murah dibanding Bali, adalah karena Jogja juga punya kenangan tersendiri buat aku dan Ojrahar. Dulu sebelum punya anak, kami pernah jalan-jalan ke Jogja berdua. Kali ini, kami ingin napak tilas lagi perjalanan kami pada Desember 2013 lalu.

Nah, traveling kali ini tentu akan sangat berbeda dengan yang dulu. Kali ini bawa 2 balita euy. Salah satunya masih newborn pula. Makanya persiapan pun harus mateng sebelum hari H. Ngga cuma urusan tiket dan hotel yang sudah harus dibooking dari sekarang. Tetepi perlengkapan bayi atawa baby traveling essential juga harus well prepared.

Nah, berhubung aku ini tipe light traveler, alias sukanya bawa barang sesimple mungkin, ngga banyak-banyak, kalau bisa muat satu ransel untuk semua barang bawaan, jadi aku harus ketat memilah dan memilih apa yang harus dibawa dan mana yang ngga.

Berikut ini 7 perlengkapan bayi  yang wajib dibawa kalau traveling dengan bayi.

  1. Instant Baby Wrap

Aku lebih suka gendong anak kemana-mana dibanding pakai stroller. Soalnya suka ribet sendiri bawa-bawa stroller kalau harus mobil kesana kemari naik angkutan umum. Jadi menurutku, stroller lebih cocok kalau travelingnya bawa mobil sendiri. Kekurangannya kalau menggendong anak atau bayi, pasti pundak dan badan pegal-pegal. Untuk mengurangi resiko tersebut, penting memilih gendongan yang ergonomis.

Untuk traveling dengan baby K kali ini, aku memakai instant baby wrap dari Baby K’tan. Baby K’tan ini bisa dipakai untuk bayi sejak newborn sampai todler. Cara pakainya juga mudah. Bahannya kaos katun, lembut di kulit bayi, dan kalau dilipat ngga terlalu besar, jadi ngga makan tempat kalau disimpan dalam ransel.

  1. Pakaian bayi lengkap

Aku biasanya ngga bawa banyak baju kalau traveling. Apalagi kalau ada niat beli baju atau kaos yang khas di daerah tujuan. Tapi kalau untuk bayi ya ngga bisa gitu lah ya. Masih bayi rasanya risih kalau beli baju baru trus langsung dipakein tanpa dicuci dulu. Jadi untuk bayi ya harus bawa sendiri semua dari rumah.

Berikut ini baju-baju bayi yang aku bawa;

  • jumpsuit/baby jumper lengan pendek dan celana pendek untuk siang hari. Butuh 2 pasang untuk 1 hari.
  • 1 jumpsuit/baby jumper lengan panjang dan celana panjang untuk tidur malam. Butuh 1 pasang untuk 1 hari.
  • jaket untuk dipakaikan saat udara dingin, misal saat naik kendaraan ber-AC atau saat ngojek. Cuku 1 jaket kalau travelingnya hanya 1 sampai 3 hari. Lebih dari itu aku bawa 2 jaket.
  • 1 topi dan beberapa pasang kaus kaki
  1. Kain bedongan

Kain bedongan buatku penting banget dibawa karena multifungsi. Bukan buat ngebedong bayi malahan. Kalau aku pakai kain bedongan untuk selimut saat di kendaraan ber-AC, buat alas tidur saat ganti diapers kalau misal ngga nemu nursing room, bisa buat bantal bayi darurat juga dengan cara dilipat sampai tebal. Hehe. Minimal butuh 1 kain bedongan untuk 1 hari.

  1. Tisu basah & tisu kering

Tisu basah biasanya aku pakai sebagai pengganti air untuk membersihkan bayi saat ganti diapers. Selain itu bisa juga buat mandi darurat kalau kira-kira udara terlalu dingin untuk memandikan bayi. Hehe.

Kalau tisu kering biasanya berguna banget buat menyeka bagian mulut yang sukanya basah kalau habis nyusu ASI. Atau kadang suka gumoh gitu. Dan untuk berbagai keperluan lain lah. Baik tisu basah maupun kering, kalau bisa pilih tisu yang teksturnya lembut, tanpa parfum dan alcohol free. Supaya lebih aman dan nyaman untuk bayi.

  1. Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi paling penting untuk dibawa tentu saja shampo dan sabun. Supaya praktis biasanya aku pilih yang 2 in 1, satu produk yang bisa untuk sabun sekaligus shampo. Untuk handuk bayi biasanya aku bawa yang kecil aja, supaya ngga terlalu butuh banyak tempat di dalam ransel.

Hair lotion dan baby parfum juga biasanya aku bawa supaya bayi tetap segar dan wangi, jadi enak dicium-cium. Hehe.

  1. Termometer & obat-obatan

Termometer dan parasetamol khusus bayi, adalah 2 sejoli yang ngga pernah ketinggalan, in case baby tiba-tiba demam jadi bisa kasih pertolongan pertama. Selain itu, obat-obatan buatku juga mencakup minyak kayu putih, minyak telon, transpulmin (balsem bayi), dan diapers cream.

  1. Ransel daypack

Biasanya kebutuhan bayi saat berpergian dimasukkan ke dalam diapers bag. Tapi aku lebih suka pakai ransel kecil karena lebih ergonomis. Kalau diapers bag yqng banyak dijual kan biasanya bentuknya tas selempang. Tas selempang bikin cepat pegal kalau dibawa karena bebannya hanya di salah satu pundak.

Nah, setelah bahas perlengkapan bayi wajib untuk dibawa traveling, tentu ada beberapa perlengkapan bayi yang tidak wajib dibawa dari rumah. Di antaranya adalah diapers.

Untuk di perjalanan, biasanya aku cuma bawa 1 atau 2 diapers saja. In case saat di jalan baby poop dan harus ganti diapers. Tapi kalau harus bawa banyak diapers aku akan bilang TIDAK. Soalnya diapers itu kan makan tempat banget di dalam ransel. Ngga berat sih, cuma menuh-menuhin tas aja. Haha.

Nah, untuk keperluan diapers selama stay atau traveling, aku biasanya beli di minimarket begitu sampai di kota tujuan. Itu sebabnya kalau traveling bawa bayi atau balita, aku lebih memilih daerah yang ramai atau perkotaan yang udah pasti ada banyak minimarket, apotek juga klinik.

Kalau mom traveler yang lain gimana? Pernah bawa bayi traveling juga? Samaan ngga kita soal barang bawaan untuk keperluan baby?

8 thoughts on “Perlengkapan Bayi Wajib Dibawa Untuk Traveling

  1. Kayanya kalau aku punya anak, ransel daypack pun akan menjadi pilihan aku untuk tas bayi, Mbak. Enggak tahu kenapa aku semakin enggak nyaman pakai tas slempang sekarang ini. Sakit banget langsung bahunya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.