Akomodasi / Hotel

Pengalaman Menginap di Airy Rooms Belitong

Aku sempat bingung waktu mau milih tempat menginap selama traveling ke Belitong. Pilihannya ada dua, mau pilih penginapan di sekitaran kota, atau di pinggir pantai?

Setelah melalui banyak pertimbangan, akhirnya aku memilih menginap di tengah kota saja. Alasannya karena di tengah kota lebih mudah cari makan, banyak minimarket, bank dan ATM juga gampang ditemui. Setelah menentukan lokasi, baru deh aku mulai browsing tarif kamar hotel Belitong.

Sejak kisah laskar pelangi booming, Belitong jadi destinasi wisata favorite. Jadi ngga heran kalau sekarang ada buanyak hotel. Mulai dari hotel budget sampai yang mewahnya.

Nah, berhubung tujuanku ke Belitong untuk jalan-jalan dan lebih banyak explore, jadilah aku memilih hotel budget. Yang murah tapi nyaman.

Sebelum booking, aku sempat browsing untuk membandingkan harga kamar hotel. Di sebuah situs booking hotel online, aku menemukan ada Airy Rooms. Dari info yang kubaca di internet sih, Airy Rooms adalah Virtual Hotel Operator yang punya situs booking sendiri. Jadilah aku install apps nya di hape dan melakukan pemesanan langsung.

Aku memesan kamar di Airy Tanjung Pandan Sudirman 16, untuk 2 malam. Harga yang harus kubayar sebesar Rp604.800,- dan sudah termasuk sarapan. Nama hotelnya sendiri adalah Belitong Inn. Saat check-in, aku sempat lihat daftar harga kamar di brosur. Eh, ternyata kalau booking langsung ke hotelnya malah lebih mahal dibanding kalau booking via Airy Rooms.

Lokasinya tepat di sebelah Bank BCA Tanjung Pandan. Ngga jauh dari situ ada Bank BRI juga. Rumah makan, minimarket dan street food juga ada dan semua bisa dijangkau dengan jalan kaki.

Tapi nih ya, kalau malas keluar hotel, misal karena masih capek habis perjalanan jauh, bisa ganjel perut sama makanan yang udah disediain sama Airy. Di kamarku waktu itu disediakan Super bubur, biskuit dan teh kemasan botol. Tadinya kupikir itu minibar hotelnya, eh ngga taunya dapat gratis dari Airy.

Soal jarak dari bandara Hananjoedin Belitong ke hotel, kurang lebih 9 kilometer. Kalau naik taksi bandara, biayanya cuma 85 ribu rupiah. Fyi, taksi bandara adalah the one and only moda transportasi yang bisa dipilih untuk anter ke hotel dari bandara. Di sana ngga ada angkot, bis, apalagi ojek online. Heheh.

Untuk obyek wisata yang dekat dengan hotel, ada Danau Kaolin yang jaraknya kurang lebih 5 kilometer. Kalau mau ke pantai terdekat, ada pantai tanjung klayang dan pantai tanjung tinggi. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari hotel. Nggak terlalu jauh lah. Dan ketiga obyek wisata tersebut bisa dikunjungi dalam satu hari aja.

Biar hemat, kemaren aku sewa motor aja untuk keliling Belitong. Soalnya kan cuma berdua suami ditambah abang Ranu yang 2 tahun aja belum sampe umurnya. Tapi kalau nanti kalian mau kesana bareng beberapa teman, enakan rental mobil sih. Bingung ngga punya kontak rental mobil? Hubungi resepsionis hotel aja! Mereka bisa bantu kok. Kayak resepsionis hotel kerjasama Airy tempatku nginep kemaren. Mereka nawarin aku kalau-kalau aku butuh bantuan sewa mobil.

Lanjut soal sarapan. Menunya standar hotel budget. Ada makanan berat dengan pilihan nasi putih atau nasi goreng, beserta sayur dan lauk pauknya. Ada bubur juga kalau ngga bisa makan nasi pagi-pagi. Buah potong, kue-kue dan puding untuk pencuci mulut. Teh dan kopi juga udah pasti ada.

Untuk kamar memang agak sempit dan tanpa jendela. Tapi itu nggak terlalu penting karena buat numpang tidur aja. Yang terpenting adalah kasurnya empuk, spreinya bersih dan lembut, air di kamar mandi ngalir lancar, dan ada air hangat biar nggak kedinginan kalo mandi malem.

Oya, yang aku suka juga kalau booking kamar via Airy Rooms adalah pouch biru unyu itu loh. Gratis buat kita. Isinya ada sikat gigi, sabun dan shampo, juga sisir. Jadi aku ngga perlu repot bawa toiletries sendiri dari rumah. Heheh.

Btw, Airy Rooms ada lumayan banyak loh di Belitung. Yang lokasinya di pinggir pantai juga ada. Coba deh cek di webnya.

Oya, jangan sampai kelewatan juga ya! Sekarang sedang ada promo untuk lebaran nanti dari Airy Rooms, cuma sampai 30 April 2017 saja. Diskonnya 50% loh. Untuk keterangan lebih lanjut, coba liat di halaman promonya.

Nah, kira-kira udah ada gambaran belum mau liburan kemana lebaran nanti? Manfaatin tuh promonya. Ke Belitong juga boleh. Nanti habis itu kita bisa hi-five sambil bilang “been there, done that” hihi.

26 thoughts on “Pengalaman Menginap di Airy Rooms Belitong

  1. I haven`t been there.
    Heeuu…

    Mau tanya soal foto…hiihii, mba Noe suka banget angle sambil gendong Ranu…
    Aku sukaa…
    Kliatan bounding antara Ibu dan anak yang kuat.

    Diskon 50% itu untuk semua pemesanan Airy Rooms dimanapun kah, mba Noe?

    1. Iyaa, diskonnya utk dimana pun kook.

      Soal foto ya, foto sm anak kecil emg tricky. Mereka moodnya cpt bgt berubah. Nah, aku ngakalinnya dg ngajak main dan suami yg fotoin dari jauh. Heheh

  2. Wih dapat bubur sama biskuit. Pas banget kalau lagi males cari makan bisa buat ganjel perut. Belum pernah nih coba Airy Room, bisa buat next holiday.
    Btw kalau sewa motor berapa sehari di sana, mba?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.