World of NOE

Mudahnya Membayar Zakat Zaman Now

Ramadan baru berjalan selama seminggu, tapi rasanya lebaran sudah sangat dekat. Tadi malam saat aku menelepon emak di Lampung, beliau tanya, aku mudik nggak? Kapan? Anak-anak udah dibeliin baju baru belum? Dan pertanyaan lain yang topiknya masih seputar hari lebaran. Termasuk soal zakat fitrah.

Dulu, dengan alasan sibuk, aku sering ngerepotin emak untuk membayarkan zakat fitrah aku dan anak-anak lewat Amil Zakat Infaq Sodaqoh (AZIS) di masjid. Awalnya gara-gara lupa bayar zakat fitrah, dan baru ingat saat perjalanan mudik tepat di malam takbiran. Seketika itu aku langsung telepon emak, minta ditunaikan dulu ke masjid, takut terlambat. Soalnya zakat fitrah kan harus dibayar sebelum solat ied. Eh, semenjak itu malah jadi kebiasaan dan terus berulang.

Tetapi beberapa tahun terakhir aku udah nggak begitu lagi kok. Semenjak mengenal adanya lembaga amil zakat infaq dan sodaqoh yang menerima pembayaran secara online atau sistem transfer bank. Aku bahkan bisa bayar zakat saat masih di kendaraan dalam perjalanan mudik.

Walau begitu, anak tetaplah anak-anak di mata emak. Jadi setiap teleponan menjelang idul fitri, emak tak pernah absen untuk mengingatkanku bayar zakat fitrah. Ya, seperti teleponan semalam lah. Aku diomelin.

“Bayar zakatnya, jangan lupa! Jangan ngegampangin kewajiban! Bla bla bla”, gitu omelannya.

Lalu dengan mantap aku jawab, “iya, mak, nggak akan lupa lagi, kan sekarang mah bisa bayar zakat fitrah secara online, tinggal transfer aja, beres”.

Nggak lupa juga aku ceritakan kalau tahun ini aku akan membayar zakat fitrah lewat Dompet Dhuafa.

Mudahnya Berzakat di Dompet Dhuafa

Ada yang belum kenal Dompet Dhuafa? Aku rasa nggak ada deh ya. Semua pasti kenal. Atau minimalnya pernah mendengar namanya.

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia, alias Non Goverment Organzation (NGO). Dompet Dhuafa berkomitmen untuk mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh & Wakaf).

Dalam komitmennya untuk mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal, Dompet Dhuafa menjalankan program-programbya dengan sistem yang berkeadilan dalam berbagai bidang, sbb;

1. Kesehatan

Dompet Dhuafa di dalam program kesehatan, mendirikan berbagai lembaga kesehatan yang bertujuan untuk melayani seluruh mustahik dengan sistem yang mudah dan terintegrasi dengan sangat baik.

2. Pendidikan

Demi masa depan Indonesia yang lebih baik ada di tangan anak-anak, Dompet Dhuafa membantu mewujudkannya dengan memberikan program pendidikan dan beasiswa bagi anak-anak Indonesia yang tidak mampu.

3. Ekonomi

Untuk memutus lingkaran kemiskinan di Indonesia, Dompet Dhuafa merangkul masyarakat di seluruh daerah dengan berbagai program pemberdayaan, agar terciptanya entrepreneur dan lapangan kerja baru.

4. Pengembangan Sosial

Mengingat manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain, maka Dompet Dhuafa bersama dengan para relawan membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah dan tidak tahu arah.

Dengan berdonasi atau membayar zakat di Dompet Dhuafa, kita bisa merasa tenang dan yakin bahwa dana yang kita setorkan akan disalurkan dengan tepat. Dan bukan hanya menyalurkan sembako kepada golongan kurang mampu, sebab Domoet Dhuafa tidak hanya penerima pembayaran zakat fitrah. Tetapi juga zakat lainnya seperti zakat mal, zakat penghasilan, bahkan zakat fidyah. Juga menerima infaq dan sedekah.

Nah yang mau bayar zakatnya lewat Dompet Dhuafa juga, silakan cus ke web;

www.donasi.dompetdhuafa.org

Webnya user friendly kok, tanpa aku kasih tutorialnya disini pun, kalian pasti bisa. Sebab tampilannya simpel, seperti form biasa. Mudah dan menyenangkan yang pasti.

9 thoughts on “Mudahnya Membayar Zakat Zaman Now

  1. Sekarang serba dimudahkan ya, apalagi buat yang sibuk dan suka ke skip buat bayar zakat jadi bisa lewat Dompet Dhuafa ya mbak. Saya jadi penasaran nih tentang membayar zakat via online.

  2. Bayar zakat fitrah secara online? Hhmm aku belum coba sih mba, mudah ga ya bayar nya? Secara kan harus tulis namanya juga dan ada akad nya. Nanti tak kepoin deh tfs

  3. Tidak hanya tersebut itu, kami juga para buruh migran bernaung di bawah Migrant Institute ada dalam payung Dompet Dhuafa juga.

    Sudah tidak terhitung buruh migran yang dibantu dari dana Zakat yang disalurkan kepada DD.

    Salam

    Okti Li

  4. Alhamdulillah ya umat islam yg mau membayar kewajiban zakat skrg semakin dipermudah dan terbantu dgn adanya badan kyk dompet dhuafa 😊

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.