Mimpi Trekking ke Taman Nasional Gunung Leuser

Tadi pagi saat blogwalking, aku membaca tulisan teman yang bercerita tentang pengalamannya treking naik gunung. Ini mengingatkanku pada impian naik gunung yang entah kapan bisa kesampaian. Dulu sebelum menikah, aku pernah naik gunung. Tetapi bukan gunung dengan medan yang berat banget. Ketinggiannya cuma sekitar 1.300-an mdpl. Namanya gunung Pulosari yang lokasinya ada di Pandeglang, Banten.

Lalu 2 tahun lalu, saat aku family trip ke Aceh sekeluarga, ada teman yang menyarankan agar kami coba menjelajah Taman Nasional Gunung Leuser. Dia adalah temanku yang emang doyan naik gunung dan adventure. Udah lama kami ngga ketemu. Dan dia ngga tau kalau waktu ke Aceh aku kan lagi hamil. Tapi gara-gara dia, aku jadi penasaran. Ada apa sih di Taman Nasional Gunung Leuser sampai dia menyarankanku kesana?

Ternyata taman Nasional Gunung Leuser adalah taman nasional yang terluas di Pulau Sumatera. Saking luasnya, taman nasional ini terletak di dua provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara.

Dan Taman Nasional Gunung Leuser menjadi salah satu taman nasional kebanggaan Indonesia yang telah dinobatkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Hutan rimbun di Gunung Leuser telah menjadi laboratorium alam, sekaligus menjadi cagar biosfer untuk menjaga keseimbangan ekosistem dunia.

Sumber: wikipedia

Pusat dari pengelola Taman Nasional Gunung Leuser berada di Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser yang beralamat di Jalan Selamat No. 137 Kelurahan Siti Rejo III Medan Amplas, Medan, Sumatera Utara.

Tarif untuk masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser terbilang sangat murah. Terutama untuk wisatawan lokal, yaitu cuma Rp5.000,- saja. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara wisatawan mancanegara, tiket masuk ke taman nasional ini adalah Rp. 150.000,- per orang. Jauh banget ya bedanya. Tetapi walaupun tarif masuknya murah banget, untuk menuju kesana kan butuh perjalanan panjang. Terutqma buat kita yang tinggal di pulau berbeda. Paling ngga butuh baik pesawat dulu.

Nah, supaya tetap bisa menghemat biaya untuk bisa sampai ke Taman Nasional Gunung Leuser, berarti kita kudu pinter-pinter cari tiket pesawat promo. Ya seperti dulu waktu aku ngajak keluargaku ke Aceh. Aku cari tiket pesawat online dengan harga yang murah meriah biar budget ngga bengkak banget. Dan Alhamdulillah, aku dapat tiket murah. Jadi kami bisa wujudkan mimpi untuk bisa sampai ke Titik Nol Kilometer Indonesia yang ada di Sabang.

Dengan tercapainya impian kami ke Sabang, itu artinya kami jadi punya kesempatan untuk memiliki impian baru. Dan sepertinya Taman Nasional Gunung Leuser bisa banget untuk jadi next dream kami. Hehe.

Soalnya, menjelajah Taman Nasional Gunung Leuser memang sounds good. Ada banyak bukit-bukit untuk didaki dan dijelajahi. Dan bakal asik camping di alam liar gitu. Sekaligus bisa melihat flora dan fauna langka yang menghuni habitat asli di TN Gunung Leuser.

Disana pasti masih ada banyak gajah Sumatera, harimau Sumatera, badak Sumatera, tapir, dan orang utan Sumatera. Kabarnya hewan-hewan tersebut memang menghuni TN Gunung Leuser dan siap menyambut setiap pengunjung yang datang sebagai petualang. Dengan begitu, Wisata di Taman Nasional Gunung Leuser akan semakin pikiran tentang kekayaan alam di Nusantara, dan mengajarkan anak-anak untuk lebih dekat dan menghargai alam.

Tapi tentunya impian itu baru bisa terwujudnya ya nanti kalau anak-anak udah besar. Kalau sekarang, masih bakal riweuh sama bayi sampai beberapa tahun ke depan.

15 thoughts on “Mimpi Trekking ke Taman Nasional Gunung Leuser”

  1. Seneng banget, mba..bisa naik-naik ke puncak gunung..
    Apalagi kalo rame-rame yaa…pasti serruu!
    Jadi pengalaman tak terlupakan.

    Btw,
    Pendaki (wisatawan) asing banyakkah, mba?
    Harga tiketnya yg WOW bingiitt…

  2. Aku baru beberapa minggu lalu nonton TV pas nayangin TN Gunung Leuser, dan mupeng banget. Ah kemana pun juga aku bakal mau kok.
    Semoga impian Mbak Nurul ke TN Gunung Leuser bakal terwujud ya, bareng sama anak-anak dan bayi mungil. aamiin.

Leave a Reply