Review

Mengenal AIA Sakinah Insurance

asuransi kesehatan syariah AIA

Dalam foto di atas, perempuan berkerudung adalah temanku. Foto itu kuambil saat mengikuti program #VokasiMenulisKemendikbud di Singapura akhir Mei lalu. Lalu laki-laki itu siapa? Dia adalah seorang agen asuransi yang tiba-tiba saja menghampiri temanku itu, lalu memprospeknya.

Yang membuatku heran, kenapa temanku mau-maunya mendengar penjelasan si agen yang sampai puluhan menit? Apa hanya karena tersihir oleh wajah gantengnya? *eh

Setelah sesi prospecting selesai dan temanku kembali melanjutkan perjalanan bersamaku, langsung deh aku interogasi aja dia.

“Njelasin asuransi apa sih tadi? Kamu betah banget!” tanyaku menyelidik.

“Biasa lah. Tadinya aku mau langsung tolak dan ngeloyor pergi. Tapi kufikir lagi, biarlah kasih kesempatan dia njelasin. Toh ngga rugi juga. Setelah didengerin, eh bagus juga. Sayang aja sih di Singapura, jadi aku ngga bisa ambil. Haha.” begitu jawaban temanku yang berasal dari Indramayu. Jawabannya terdengar abu-abu, antara serius dan berseloroh. Tetapi itu sukses membuatku tertawa sambil mendorong badannya yang agak gembul.

Dan gara-gara itu, selama perjalanan dari komplek Raffles Palace menuju Merlion Park, didominasi oleh hal-hal berbau asuransi. Mulai dari pengalaman dihubungi teman lama yang ternyata mau nawarin asuransi, sampai pada jenis-jenis asuransi dan asuransi apa yang sedang diminati saat ini. Lalu kami sependapat bahwa asuransi syariah saat ini lebih diminati karena lebih menentramkan. Mengapa?

blogging beyond
Foto bersama setelah usai acara. (credit: Shintaries)

Berikut ini adalah alasan mengapa asuransi syariah lebih menentramkan. Kebetulan, minggu lalu aku menghadiri blogger gathering bertema Blogging Beyond dan disponsori oleh AIA Sakinah Insurance.

Dari presentasi yang disampaikan, berikut kesimpulan yang dapat aku ambil;

Prinsip Tolong Menolong & Kekeluargaan

Perbedaan konsep asuransi syariah dengan konvensional menjadikan asuransi syariah lebih diminati, terutama di kalangan muslim. Sekarang, mari kita coba kenali, di mana letak perbedaannya.

  • Dana Tabarru’
    Pada asuransi syariah yang dibayarkan bukanlah premi, tetapi tabarru. Tabarru’ berasal dari bahasa Arab yang berarti kebaikan, atau melakukan kebaikan tanpa syarat. Tabarru’ yang disetorkan oleh peserta asuransi syariah akan ditampung dalam dana tabarru’, yang dapat diartikan sebagai dana untuk kebaikan.
  • Hibah
    Akad yang digunakan dalam asuransi syariah, saat peserta membayar tabarru’ adalah akad hibah.
  • Penyaluran Dana Tabarru
    Jika salah satu peserta ada yang mengalami resiko, maka sejumlah uang dari dana tabarru akan diberikan kepada peserta asuransi yang mengalami resiko.

Ketiga hal tersebut di atas lah yang membedakan asuransi syariah dengan konvensional. Konsepnya jadi semacam gotong royong dan kekeluargaan.

AIA Sakinah Insurance produk

Ibarat kata, ketika kita membeli asuransi syariah, berarti kita masuk ke satu komunitas di mana ada iuran kas komunitas secara sukarela, yang mana dananya digunakan sebagai sumbangan untuk meringankan beban anggota komunitas yang sedang terkena musibah. Hmm, jadi pingin punya perlindungan asuransi kesehatan syariah AIA.

Bebas Investasi Haram

Beberapa tahun terakhir kalau kuperhatikan, asuransi unit link juga lebih digemari. Asuransi unit link adalah asuransi dengan sistem paket, yang mana tidak hanya memberi manfaat dasar berupa uang pertanggungan asuransi jiwa, tetapi sekaligus memberi manfaat tambahan berupa asuransi kesehatan syariah, serta dana hasil investasi.

Nah, pada asuransi konvensional, kita tidak tau apakah uang yang kita setorkan itu digunakan untuk berinvestasi pada sektor bisnis yang bebas dari hal-hal haram atau tidak. Takutnya kan dana kita diinvestasikan di perhotelan yang ada bar dan menyediakan minuman beralkohol, atau bisnis lainnya yang tidak sesuai dengan nilai islam.

Takut kan kalau kita harus menerima keuntungan dari bisnis haram? Untuk itulah asuransi unit link syariah hadir. Di mana perusahaan asuransi menjamin bahwa dana yang kita setorkan diinvestasikan pada sektor bisnis yang bebas dari unsur haram. Dengan begitu kita bisa lebih tentram kan?

Nah kalau mau lebih dari sekedar tentram, bisa dicoba memilih AIA Sakinah Insurance yang sudah berpengalaman sejak tahun 1919.

Apa itu AIA Sakinah Insurance

AIA Sakinah Insurance adalah asuransi syariah yang hadir untuk memberi perlindungan menyeluruh, baik perlindungan asuransi jiwa, kecelakaan, kesehatan, sakit kritis, sekaligus menghasilkan dana investasi yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Baik untuk pendidikan anak, uang pensiun, atau warisan.

AIA Sakinah Insurance menentramkan

AIA Sakinah Insurance memiliki sifat seperti seorang teman yang akan terus menemani dalam perjalanan hidup. Kebayang kan kalau kita punya teman setia? Hidup pasti akan terasa tenang, lebih optimal, tentram Β dan bahagia.

Keempat sifat teman setia tersebut dihadirkan oleh AIA Sakinah Insurance dalam bentuk sebagai berikut;

  • Tenang karena pengelolaan asuransi sesuai prinsip syariah, yaitu saling tolong menolong
  • Optimal karena dana yang kita setorkan dikelola dengan optimal
  • Tentram karena kita dilindungi secara komprehensive
  • Bahagia karena setiap tahun kita akan mendapat surplus underwriting

Surplus underwriting adalah kelebihan dana tabarru’ setelah dikurangi jumlah klaim yang dibayarkan. Waah, asiiik ya! Jadi uang iurannya masih dibagi-bagi lagi kalau sisa.

Tapi, Bagaimana Kredibilitas AIA Sakinah Insurance?

Salah satu yang harus diperhatikan sebelum memilih asuransi adalah kredibilitasnya. Dikatakan kredibel jika memenuhi syarat berikut ini;

  • Memiliki gedung sendiri
  • Ada layanan call center
  • Tenaga pemasaran yang melayani dan menguasai product knowledge dengan baik
  • Kemudahan saat klaim
  • Banyaknya jumlah premi & riwayat klaim

AIA yang mulai masuk ke Indonesia pada 1984 tentu sudah tidak diragukan lagi soal kredibilitasnya, ya! Dan untuk memudahkan nasabah maupun calon nasabahnya, AIA menyediakan tools yang user friendly yang bisa dilihat di www.aia-financial.co.id

Aku Butuh Proteksi AIA Sakinah Insurance

Keluarga adalah harta yang paling berharga. Seperti lirik lagu ya? Ingat kan film seri keluarga cemara? Harta yang paling berharga adalah keluarga. *nyanyi tuuh. Haha.

Asuransi AIA Sakinah Insurance

Well, setelah mendengar presentasi mengenai AIA Sakinah Insurance, aku merasa tertarik untuk memiliki proteksi asuransi lengkap. Asuransi yang tidak hanya memberi manfaat dasar berupa perlindungan jiwa, tetapi juga manfaat tambahan berupa perlindungan terhadap kesehatan dan menghasilkam dana tabungan untuk biaya pendidikan anak-anak kelak.

Memang sih, untuk saat ini asuransi kesehatan sudah aku dapat dari kantor untuk seluruh keluarga. Tapi kan itu cuma bisa digunakan selama aku masih sehat dan bisa bekerja. Sedangkan, setiap orang itu punya 3 resiko yang sama dan bisa datang kapan saja. Resiko apa saja? Lihat infografis di atas ya.

Sebelum presentasi ditutup, diinfokan juga bahwa semua perlindungan yang ditawarkan itu bisa dimiliki dengan iuran mulai dari 300 ribu rupiah per bulan. Terdengar berat ya? Iya, aku juga merasa begitu. Padahal kalau bisa berhemat 10 ribu saja setiap hari, kita bisa menabung 300rb setiap bulan. Mungkin ada pos biaya yang bisa ditekan.

Mengingat hobiku yang doyan mbolang, dengan 3 orang anak yang butuh banyak biaya, aku memang butuh perlindungan asuransi kesehatan syariah AIA deh. Ya amit-amit jabang bayi, kalau misalnya pas aku pergi traveling sama Ojrahar trus terjadi apa-apa, paling tidak ada yang menjamin biaya kesehatan anak-anak sampai usia mereka dewasa, dan dana investasinya bisa digunakan untuk biaya pendidikan.

Aia sakinah insurance

Jadi, selagi hidup kita produktif, ngga ada salahnya untuk menyiapkan proteksi. Yuk lah!

24 thoughts on “Mengenal AIA Sakinah Insurance

  1. Wih…kenapa aku fokus sama foto terkahir itu ya. Merah merona. Btw, hadirnya AIA Sakinah pasti akan jadi solusi yang mau berasuransi tapi maunya yang syariah. Bagi sebagian orang, dengan pilih asuransi syariah akan mendatangkan ketentraman. Termasuk saya yang pakai asuransi syariah juga. Biar tentram πŸ™‚

  2. Wah mau dong punya teman setia seperti AIA Sakinah Insurance ini. Asuransi memang perlu yah buat proteksi masa depan. Thanks for sharing.
    Eh btw itu foto Noe yang terakhir kok cantik banget, pake lipstik apa ituuuu hihihi *OOT dikit πŸ˜€

  3. Sebenaranya tidak pernah tertarik dengan yang namanya Asuransi tapi saya punya 3 asuransi yang berbeda.
    Pertama asuransi dari kantor,
    Kedua BPJS
    Ketiga Prudential, nah prudential ini sebenarnya saya tidak mau cuma karena tante saya agennya, jadi terpaksa ikut deh cuma ambil yang premi paling murah.

    1. Nah, iyaa. Ada bbrp agen yg terkesan maksa. Pdhl klo njelasin softly, ada celah yg bikin kita suka tertarik utk join yak. Hihi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.