Kuliner, Malaysia

Mencicipi Kuliner Lezat Khas Malaka

Kalau bicara soal kuliner khas Malaka, biasanya ngga bisa lepas dari sate celup, chicken rice ball, atau cendol durian, dan banyak lagi. Dan meskipun aku sudah 3 kali ke Malaka, tapi jangan tanya sudah berapa banyak jenis kuliner khas Malaka yang sudah kucoba. Hehe… Maklum, aku bukan tipe traveler yang suka ngulik kuliner.

Kuliner khas Malaka
Bola-bola isi durian

Akan tetapi, dari pengalaman beberapa kali mampir di Malaka, ada beberapa makanan enak dan berkesan yang kucoba. Beberapa di antaranya juga merupakan kuliner khas di Malaka.

Kue Durian

Kuliner khas Malaka
Aneka kue durian di Jonker Walk

Ada banyak jenis kue durian di Malaka. Ada sus, lumpia, risoles, atau bola-bola, yang kesemuanya isi durian. Duriannya asli bukan pasta. Harganya 5 Ringgit Malaysia per 3 pcs. Ngga tergolong murah ya. Tapi sebanding dengan rasanya yang nyummy banget.

Aku makan kue durian ini waktu pertama kali ke Malaka. Kebetulan waktu itu malam minggu, dan setiap malam minggu ada pasar malam di Jonker Street. Nah di pasar malam itulah banyak penjual kue durian.

Nasi Lemak & Lontong Sayur

Kuliner khas Malaka
Lontong sayur lezat di Malaka

Nasi lemak memang so Malaysia yo, jadi ngga heran lah kalau di Malaka pun gampang banget ketemu nasi lemak. Begitu juga dengan lontong sayur, sama-sama makanan khasnya orang Melayu. Menurutku, nasi lemak & lontong sayur di Malaka itu enak banget. Yang membuatnya jadi spesial banget yaitu sambal terinya. Pedas manisnya pas di lidah!

Nasi lemak & lontong sayur ini adalah dua jenis makanan yang harganya sangat terjangkau, yaitu 3.5 Ringgit Malaysia. Penjual nasi lemak & lontong sayur yang enak itu ada di lantai atas di pusat pertokoan yang menjual berbagai souvenir & oleh-oleh. Lokasinya ngga terlalu jauh dari Stadhuys, tepatnya berseberangan dengan Muzium Samudra.

Mee Goreng Mamak

Kuliner khas Malaka
Mee goreng mamak dengan seafood

Dari semua mi yang pernah kumakan di Malaysia, mi di Malaka yang paling cocok di lidahku. Bumbunya banyak, pedas manis asin gurih menggoyang lidah. Porsinya pas, ngga terlalu besar dan ngga terlalu sedikit. Harganya sekitar 5 s.d. 7 Ringgit Malaysia. (lupa berqpa tepatnya).

Terakhir ke Malaka, aku kembali ke pasar dimana aku pernah makan lontong sayur. Sayangnya pedagang lontong lagi ngga jualan, jadi lah makan mi goreng ini. Mee Goreng Mamak ini terkenal sekali sebagai makanan enak khas Malaysia. Menu ini bahkan terkenal juga di Ho Chi Minh City, di setiap resto halal yang kusinggahi untuk makan.

Nasi Goreng Kampung

Kuliner khas Malaka
Ikan teri crispy membuat rasa nasgornya makin lezat

Yang paling aku suka dari nasi goreng kampung adalah taburan ikan teri krispi. Menambah sensasi rasa di lidah. Dari rasa nasi gorengnya, bisa ditebak juga penggunaan bumbunya tidak terlalu banyak. Hanya sebatas bawang merah, bawang putih, dan garam, dengan sedikit lada dan tanpa kecap. Memang jenis nasi goreng seperti ini yang aku suka.

Aku makan nasi goreng kampung ini dua kali. Pertama di kedai makan di terminal bus Malaka Sentral, dan yang kedua di pusat pertokoan di seberang Muzium Samudra, dekat Stadhuys. Harganya sama seperti mee goreng, sekitar 5 s.d 7 Ringgit Malaysia.

Cendol Durian

Kuliner khas Malaka
Cendol Durian Malaka yang yummy

Jangan bayangkan cendol di Malaka sama seperti cendol di Indonesia ya. Cendol di Malaka, disajikan dengan kacang merah, es serut yang lembut, lalu disiram dengan gula merah kental. Nah buat penggemar durian, kebayang kan enaknya es cendol Malaka kalau ditambah ditambah durian. Apalagi dinikmati di tengah siangnya Malaka yang panas. Aw, seger!

Cendol Durian paling terkenal di Malaka yaitu di Jonker 88 Restaurant. Lokasinya ada di Jalan Hang Jebat no. 88 (Jonker Street). Berhubung restoran Jonker 88 ini selalu ramai, dan aku paling gak suka antri makan, jadi aku memilih membeli cendol durian di kedai yang ngga terlalu ramai. Lupa apa nama kedainya, tapi masih di Jonker Street juga. Harganya 6 Ringgit Malaysia untuk cendol durian, & 5 Ringgit Malaysia untuk cendol tanpa durian.

Kalau di restoran lain cendol disajikan dengan mangkok keramik, cendol yang kubeli waktu itu memakai mangkok plastik sekali pakai. Mungkin beda harga ya. Hehe. Tapi yang penting rasanya enak, dan bisa jadi bahan pamer di blog, bahwa aku sudah pernah makan cendol durian sebagai kuliner khas Malaka yang terkenal. šŸ˜€

Baca juga: Obyek wisata gratis di Malaka

32 thoughts on “Mencicipi Kuliner Lezat Khas Malaka

    1. Nanti pas ke Malaysia, melipir ke Malaka yoo.. Berangkat pagi plg mlm aja. Bis terakhir dr malaka sentral ke KL jam 9 mlm. šŸ˜‰

  1. jenis makanannya mirip sama yang indonesia ya mbak, ngga jauh beda. Misal nasi lemak ataupun lontong sayur, kalau ketemu yang kebetulan enak ya memang enak, kalau ketemu yg ga enak, jadi ga enak deh

    1. Iyaa karena satu rumpun melayu kaan, hihi.. Tapi taste nya beda sih šŸ˜€
      Pernah ke medan, makan lonyong sayurnya enak bgt

    1. Bisa jadi ya mi goreng mamak ini hasil percampuran budaya melayu dan india, di Malaysja kan emg bnyak etnis India šŸ˜€

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.