Tips Traveling

Materi & Tips Travel Writing a la Agustinus Wibowo

Workshop basic travel writing
Agustinus Wibowo memberikan materi travel writing di acara Netizen Vaganza 2015

Good writing only comes from good travel.

Kalimat di atas adalah salah satu quote dari Agustinus Wibowo, yang disampaikan saat memberikan materi travel writing, dalam acara Netizen vaganza 2015 di Smesco Indonesia โ€“ Jakarta. Untuk mendapatkan pengalaman traveling yang baik, berikut Agustinus wibowo menyampaikan tips-tipsnya;

  • Traveling With Purpose

Dengan memiliki tujuan, perjalanan kita akan lebih terarah, dan memudahkan kita membuat perencanaan dan persiapan sebelum melakukan perjalanan, seperti membuat daftar pertanyaan untuk diajukan kepada nara sumber, dll.

Tentukan tujuan utama sebelum melakukan perjalanan, yang akan menjadi tema utama dalam tulisan kita nanti. Agustinus Wibowo mencontohkan salah satu tujuan perjalanannya yang pernah ia lakukan, misalnya untuk mengangkat cerita tentang kehidupan para tour gude di Borobudur, atau mengamati street life di suatu kota.

  • Riset Secara Mendalam

Agustinus Wibowo mencontohkan sebuah film berjudul Everest yang baru-baru ini sedang booming. Menurutnya, Gunung Everest hanyalah latar. Yang membuat ceritanya menarik adalah tentang manusia-manusia yang ada dalam cerita tersebut. Tentang pergolakan batin pendaki, perjuangan bertahan hidup, dll.

Untuk bisa melakukan riset mendalam, kita perlu melakukan perjalanan secara jenak, bukan yang terburu-buru dan hanya mengejar destinasi. Lakukan komunikasi dengan penduduk lokal untuk menggali informasi. Komunikasi dengan banyak orang selama melakukan perjalanan juga bisa membuat tulisan menjadi lebih kaya dan lebih hidup.

  • Mencari Angle Yang Unik

Agar tulisan kita berbeda dari kebanyakan cerita yang sudah ditulis orang lain, kita harus menemukan sudut pandang baru (angle). Karena jika tulisan kita seragam dengan kebanyakan tulisan orang lain, orang akan malas untuk membacanya.

  • Menulis Dengan Jujur

Karena bohong itu dosa, jadi menulis, ya, harus jujur alias objektif, kan?

*****

Lebih lanjut Agustnus Wibowo juga memberikan tips untuk menemukan ide dalam menulis.

  • Apa yang menarik dari ….?

    Misal, kita seddang beradda di Bromo dan melihat ada penjual bunga edelweis. Jadikan hal tersebut sebagai objek, dan kita bisa mulai mencari ide menulis dengan mulai bertanya; Apa yang menarik dari edelweis? Apa yang menarik dari para penjual bunga edelweis? Dan lain-lain. Setelah menemukan jawaban dan informasi yang menurut kita menarik, kita bisa menjadikannya sebagai ide untuk ditulis.

    Untuk menemukan ide apakah yang kira-kira harus kita tuliskan, kita bisa memulai dengan pertanyaan tersebut. Isi titik-titiknya dengan obyek apa saja yang kita temui ketika melakukan perjalanan. Ketika berada di satu obyek wisata, cobalah amati apa saja yang ada, lalu ambil satu obyek terdekat dengan diri kita, dan mulai bertanya dengan pertanyaan tersebut di atas.

  • Tulislah apa yang paling kita ketahui dan kita sukai

    Karena dengan menuliskan apa yang kita tahu dan sukai, tentu akan memudahkan proses penulisan.

  • Mencari bigger picture dari man from street

    Maksudnya adalah mencari benang merah yang paling menarik dari seluruh perjalanan. Benang merah dari perjalanan tersebut, bisa dijadikan tema dan atau judul untukย buku catatan perjalanan yang kita tulis. Sebagai contoh, Titik Nol, Garis Batas, & Selimut Debu, adalah benang merah yang dijadikan judul buku oleh Agustinus Wibowo.

Nah itu tadi beberapa catatan penting yang kudapat dari materi travel wiritng yang disampaikan oleh Agustinus Wibowo. Sebenarnya ada lebih banyak lagi materi dan pengalaman-pengalaman Agustinus Wibowo dalam hal perjalanan dan kepenulisan. Sayangnya waktu itu aku harus ngider kesana kemari, meliput keseluruhan acara Netizen Vaganza 2015. Tetapi semoga dari catatan yang sekelumit ini, bisa bermanfaat buatku dan buat semua yang membaca. Aamiin.

20 thoughts on “Materi & Tips Travel Writing a la Agustinus Wibowo

  1. nulis di blog kalau nggak kita sukai itu emang paling susah! makanya kadang nggak selalu nerima paid post kalau emang nggak cocok sama tema blog~

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.