Tips and Tutorial

Makeup Natural Praktis Untuk Traveling

Dulu, duluuu banget, aku nggak begitu peduli dengan penampilan. Kalau pergi traveling, ya pergi aja. Bahkan sunscreen, terlebih lagi make up nggak pernah masuk dalam daftar barang wajib untuk dibawa. Tetapi sekarang, semenjak jadi banci kamera, seenggaknya lipstick harus selalu ON. Biar begitu, aku tetap nggak suka kalau berlebihan sih. Yang natural aja.

Tren makeup natural sepertinya memang digandrungi oleh banyak perempuan. Karena biasanya, tren makeup yang satu ini sangat praktis dan tidak membutuhkan banyak produk kosmetik. Dan lagi, kita bisa mempraktikkannya dengan mudah dalam waktu singkat, bahkan olehku yang nggak terlalu berpengalaman dengan makeup natural.

Tutorialnya juga banyak di internet dan bisa diikuti. Seperti berikut ini dan pasti sangat bermanfaat bagi kita. Yuk simak dulu ulasan tutorial ini agar kita bisa segera mempraktikkannya!

1. Membersihkan Wajah dengan Benar

Sebelum make up, pastikan wajah sudah dalam keadaan bersih. Kelihatannya sepele ya soal kebersihan wajah ini, tetapo sangat penting untuk memaksimalkan penyerapan makeup pada pori-pori wajah. Sebab, makeup akan sulit menempel sempurna pada permukaan wajah yang kotor. Jadi lakukan proses memberaihkan wajah dengan benar. Kalau aku, biasanya pakai sabun pencuci muka. Beberapa merk favoritku adalah Wardah, Otimals dari Oriflame, dan Ovale.

2. Menggunakan sunscreen di area wajah dan leher

Untuk mengurangi resiko akibat terpapar sinar matahari, jangan lupa untuk menggunakan sunblock atau sunscreen. Sunblock yang biasa aku pakai merk Skin Aqua dari HadaLabo. Sunblock Skin Aqua punya 4 jenis berdasarkan tingkat perlindungan SPFnya. Ada yang SPF 20 PA++, SPF 25 PA++, SPF 30 PA++, dan SPF 50 PA+++. Kalau traveling outdoor yang extreme, misal ke pantai, aku pakai yang SPF 50 PA+++, tapi kalau nggak extreme banget aku lebih suka pakai yang SPF 25 PA++ karena dia mengandung UV whitening. Oya, Skin Aqua ini bisa dipakai di wajah juga badan.

3. BB Cream

BB cream jadi andalanku banget untuktampilan kulit wajah dengan warna lebih merata, terlihat cerah dan segar. Dengan BB cream aku bahkan nggak merasa perlu pakai bedak lagi. BB cream favoritku merk Wardah UV Whitening dengan warna natural. Cocok untuk warna kulitku yang sawo matang. Matang ya bukan busuk. Aplikasinya aku biasa pakai tangan aja, lebih cepet. Haha. Yang penting, saat memakai BB cream harus di tempat yang terang dan pakai cermin, supaya bisa meyakinkan diri bahwa BB cream sudah diaplikasikan secara merata di wajah dan leher. Kalau gelap-gelapan nanti belang betong dong ah.

4. Loose powder

Ini sih nggak wajib-wajib amat untukku sebenarnya. Tapi aku suka punya-punya dan kubawa kalau sewaktu-waktu butuh dan kepingin pakai bedak. Aku lebih suka lopse powder dibanding compact powder apalagi yang model two way cake. Loose powder dengan bentuk tabur rasanyavlebib ringan di wajah, dan cukup membuat permukaan wajah tampak lebih halus. Apalagi kalau diaplikasikan dengan kuas bedak.

5. Memilih lipstik warna lembut dan matte

Nah, berhubung aku bukan tipa yang suka ribet dan suka malu kalau harus touch up di tempat umum, maka untuk lipstick aku lebih suka yang matte dan yang tahan lama. Warnanya pun aku lebih suka yang lembut, kadan pakai yang bold juga sih. Pertimbanganku pakai warna bold adalah untuk mengalihkan perhatian, supaya orang nggak terlalu fokus ke mata yang biasanya nggak aku apa-apain. Malas pakai eye shadow dan kawan-kawannya itu. Lebih baik merahin bibir dengan lipstick supaya mencuri perhatian.

Satu yang belum pernah aku coba adalah lipstik bernuansa nude. Padahal dari beberapa sumber yang kubaca, warna lipstik ini sangat cocok dengan berbagai warna kulit, mulai dari kulit putih hingga sawo matang. Pernah sih coba Wardah Exclusive Matte Lip Cream punya Pungky waktu kami jalan-jalan ke Lembang bareng. Tapi Pungky bilang nggak pantes. Jadilah aku makin menghindari lipstick warna nude.

Untungnya, Wardah Exclusive Matte Lip Cream juga punya seri lipstik dari Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini juga memiliki kombinasi warna menarik lainnya. Untuk mendapatkannya pun mudah. Banyak yang jual baik offline maupun online. Lebih enak beli online lah pasti, biar nggak repot kan. Ya, ritual make-up aja aku mah kepinginnya yang simpel, mudah dan cepat. Jadi soal beli perlengkapan make-up pun maunya yang mudah.

Kalau kamu gimana? Tim simpel dan serba cepat seperti aku, atau yang harus lengkap dan detil dari A sampai Z untuk urusan make up?

7 thoughts on “Makeup Natural Praktis Untuk Traveling

  1. Aku tim serba cepat haha, biasanya cuma pakai pelembab, bedak dan lipstik. Udah gitu aja, nggak pakai ngegambar alis, eye liner, eye shadow dkk nya itu. Nyerah deh kalo urusan dandan 😀

  2. wqah sangat membantu apa yg jd recomendid an nya , aku klo traveling hnaya bawa seadanya aj , paling males klo suruh bawa bnyk , tp kalo udah gosong gitu baru nyesel wkwk

  3. aku kalo lagi travelling juga cuman bawa facial wash, serum, bb cream yg udah ada spf ++ nya, pensil alis dan lipcream. simpel tapi cucok, btw thanks for sharing mbak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.