Technology

Laptop Baru Untuk Passion Baru

Setelah Baby K lahir, aku mencoba mempraktekan ilmu yang sudah kupelajari selama hamil. Sampai sekarang, kadang masih ada rasa nggak percaya jika melihat hasil dari percobaanku. Kok aku bisa, ya? Lebih amazed lagi saat tiba-tiba aku menerima direct message di Instagram. Isinya berupa permintaan untuk dikirimi pricelist seandainya dia menggunakan jasaku yang berhubungan dengan hasil belajarku itu.

Percobaan yang kumaksud adalah membuat sendiri foto bayi baru lahir a la newborn photography. Aku hanya belajar dari YouTube untuk macam-macam pose, teknik memperlakukan bayi, dan mengenal macam-macam properti foto bayi. Aku juga belajar dari buku-buku photography untuk belajar teknis fotografi, dan juga dari instagram untuk melihat contoh-contoh foto agar mendapat inspirasi.

Alhamdulillah, dengan keterbatasan yang ada, aku bisa membuat beberapa foto bayi baru lahir yang nggak asal jepret, dan yang pasti memorable.

Tetapi pada prakteknya, aku juga menemukan beberapa hambatan. Salah satunya saat aku ingin membuat foto bayi baru lahir dengan pose katak, alias froggy pose.

Kesulitan yang kuhadapi tidak hanya saat mengatur pose baby, yang tubuh si baby harus ditekuk-tekuk, kaki lurus ke depan, dan kedua tangan menyangga kepala. Proses memotretnya pun tak cukup sekali dan butuh bantuan asisten untuk memegangi tangan dan kepala bayi. Tetapi dari pada itu, aku lebih kesulitan saat harus mengedit fotonya supaya mendapat hasil akhir yang diinginkan. Seperti dalam foto berikut ini;

FYI, editnya harus di Adobe Photoshop, karena ada objek yang harus dihapus, yaitu tangan asisten yang memegangi tangan dan kepala bayi agar bisa tegak.

Masalahnya aku nggak punya notebook mumpuni yang kuat untuk diinstall software seberat Adobe Photoshop. Itu sebabnya saat ini aku sangat ingin punya notebook yang canggih, yang bisa mendukung passion baruku di bidang fotografi bayi baru lahir.

Aku sempat ngidam punya ZenBook UX410UQ. Keinginan itu aku tulis juga dan sudah dipublish sebelum tulisan ini.

Tak lama setelah tulisan itu publish, ada teman yang mencoba memberiku insight baru. Katanya, kalau mau notebook handal dengan harga yang lebih terjangkau dibanding ASUS ZenBook, coba beli ASUS VivoBook S S510. Nah kan aku jadi penasaran dan jadi ngecek apa aja keunggulannya.

Keunggulan VivoBook S S510

Setelah browsing sana sini, dan tanya-tanya juga sama teman yang udah pakai VivoBook S S510, yaitu Pungky dan Handiko, aku merasa setuju dengan saran temanku untuk pakai VivoBook S S510. Apalagi, di Indonesia ini ASUS sudah dikenal sebagai brand notebook terbaik. Nggak susah lah untuk percaya pada produk-produknya ASUS.

Dan kalau kalian perlu rekomendasi, coba baca ini. Aku punya 10 alasan mengapa VivoBook S S510 layak dimiliki.

1. Performa oke karena didukung prosesor Intel® Core™ i5 terbaru. Prosesor Intel Core i5 juga dikenal sebagai prosesor yang memiliki kinerja cepat, hemat daya baterai. Cocok untuk siapa saja yang butuh notebook berperforma tinggi namun menginginkan budget yang lebih hemat.

Prosesor tersebut dipadukan dengan RAM 4GB DDR4 2133MHz dan grafis NVIDIA® GeForce® 940MX, memastikan VivoBook S S510 menjadi notebook yang memang bisa diandalkan untuk pekerjaan komputasi berat, bahkan untuk multitasking pun bisa.

Pekerjaan komputasi berat contohnya apa sih? Bukan cuma edit foto di Adobe Photoshop loh, buat edit video juga oke. Handiko bilang, saat dia membuat/edit video dengan Adobe Premiere di VivoBook S S510 miliknya, prises renderingnya cepet banget. Aduh, aku jadi mupeng VivoBook S S510 nih.

2. Layar 15.6″ resolusi Full HD dengan bezel NanoEdge dan angle view yang luas 178°.

Soal layar yang lebar ini bagus banget buat aku dengan mata minus yang semakin parah karena hamil dan melahirkan normal berkali-kali. Layar yang luas dengan resolusi yang baik, pasti nyaman di mata saat digunakan untuk bekerja.

3. Storage 1TB ditambah SSD 128GB untuk menyimpan lebih banyak file dan proses penyimpanan yang cepat.

Dual storage ini juga sangan mendukung untuk akses data yang cepat. Pungky bilang, saat dia mau buka file foto dari HardDisk itu cepet banget. Wus wus, katanya.

4. Desain tipis dan bobot ringan membuatnya menjadi ultrabook yang asik untuk mobile.

Beratnya cuma 1.5 kilogram dengan ketebalan body yang cuma 17.9 mm. Tampilannya juga stylish. Jadi si VivoBook S S510 ini bisa banget untuk ditenteng kemana-mana karena ringan dan ultra thin. Dan lagi, ngga malu-maluin kalau diajak nongkrong di cafe. Apalagi kan sebagai emak jaman now, kerja bisa sambil ngopi cantik di cafe kekinian. Pilihan warnanya juga netral. Dan yang gold lebih mewah menurutku.

5. Baterai awet sampai 9 jam dan fast charging.

Soal baterai ini juga ngga kalah menarik. Kan rempong kalau saat kerja sambil mobile, tapi bentar-bentar kehabisan baterai. Dengan VivoBook S S510 itu ngga akan terjadi karena baterainya punya daya tahan 3x lebih lama. Dan lagi, dia pakai fitur fast charging. Hanya butuh waktu sekitar 49 menit untuk mengisi baterai sampai 60% mulai dari kondisi baterai kosong (0%).

6. Port konektivitas lengkap, memudahkan untuk transfer data dari dan ke VivoBook S S510 dengan gadget lain.

Yang paling bikin aku bahagia adalah alot SD card reader. Aku males banget colok kabel untuk transfer foto dari kamera ke laptop saat akab mengedit. Lebih suka copot SD Card dari kamera, lalu colokin deh ke laptop. Lebih cepat menurutku.

7. Keyboard ergonomis dan nyaman dengan full-size backlit keyboard.

Dengan keyboard yang nyaman, otomatis ngetik lama-lama juga tetap asik. Backlit keayboard memungkinkan kita tetap bisa mengetik walau dalam ruangan yang redup cahayanya. Jarak antar tutsnya nggak terlalu rapat. Jadi ngetik-ngetik bisa asik dan typo bisa lah terminimalisir. Yang nggak kalah pentinf, ada touchpad yang lega dan dilengkapi fingerprint sensor untuk akses login cepat dengan sekali sentuhan jari. Asik dan aman jadinya.

8. Nonton video atau film makin asik.

Dengan dukungan Asus PixelMaster, VivoBook S S510 menghasilkan pixel video yang rapat tanpa cela. Ada teknologi Asus SonicMaster juga untuk mengoptimalkan sisi audio. Apalagi hardware audionya juga bagus, bersertifikasi Harman Kardon. Kombinasi software dan hardware di sisi audionya biaa menghasilkan suara yang mendalam, jernih dan nyaman didengar. Wah, cocok banget kalau nanti aiu butuh hiburan. Streaming film aja, ya kan!

9. Mata lebih dimanjakan dengan teknologi Asus Splendid.

Teknologi Asus Splendid memiliki 4 pengaturan mode layar hanya dengan satu kali klik. Untuk warna yang lebih kaya, lebih hidup dan terlihat nyata, ada mode Vivid yang menyuguhkan warna-warna tampak seperti aslinya. Selain itu ada 3 mode lain yang bisa dipilih sesuai keinginan. Kalau mau mata lebih aman dan nyaman, sebaiknya pakai mode EyeCare untuk mengurangi dampak buruk cahaya biru.

10. Menggunakan teknologi Asus IceCool supaya notebook tetap dingin saat digunakan.

Notebook yang selalu adem saat digeber kerja pasti asik kaan. Dengan teknologi Asus IceCool, VivoBook S S510 ini ngga gampang panas, jadi bikin hati kita juga selalu adem juga.

Selain 10 alasan di atas, jangan lupakan juga garansi global yang diberikan ASUS selama 2 tahun. Juga Operating System Windows 10 yang sudah preinstalled kalau beli. Jadi begitu laptop sampai di tangan, sudah siap pakai.

Dan kalau butuh spesifikasi lengkap, cek tabel ya…

SPESIFIKASI

Main Spec. ASUS VivoBook S S510
CPU Intel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)
Operating System Endless OS
Memory 4GB DDR3L 2133MHz SDRAM
Storage 128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display 15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) with slim bezel
Graphics Discrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM
Input/Output 1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)
Camera VGA Web Camera
Connectivity Integrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array MicrophoneASUS SonicMaster Premium Technology
Battery 3 Cells 42 Whrs Battery
Dimension (WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight 1,7Kg with Battery
Colors Icicle Gold
Warranty 2 tahun garansi global senilai Rp900.000

***

Andai Aku Punya Asus VivoBook S S510

Seandainya aku punya notebook yang mumpuni seperti VivoBook S S510 ini, aku pasti nggak perlu merepotkan teman lagi. Nggak perlu minta tolong teman untuk mengedit foto bayi supaya jadi foto bayi baru lahir dengan froggy pose yang sempurna. Iya, kemaren itu aku minta tolong teman untuk edit fotonya Baby K. Coba deh lihat foto before and afternya ini ya.

Sekali lagi, seandainya nih, aku udah punya Asus VivoBook S S510, aku akan install software-software yang aku butuhkan untuk mendukung passion baruku ini, yaitu Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom. Dengan prosesor Intel® Core™ i5 terbaru, ditambah RAM, kartu grafis dan spek gahar lainnya, VivoBook S S510 ngga akan keok. Udah dibuktikan oleh 2 teman baikku soalnya, Handiko dan Pungky.

Dan dengan memiliki VivoBook S S510, aku percaya aku bisa lebih produktif nantinya. Ngga cuma untuk ngeblog, tetapi juga mendalami passion baruku di bidang fotografi bayi.

#AsusXIntel #AsusLaptopku #AsusAja #Intel

12 thoughts on “Laptop Baru Untuk Passion Baru

  1. whoaaa jadi itu cara edit froggy pose. Kreatif banget! Laptop ASUSku udah jadul, ga kuat dipasang Photoshop. VivoBook S S510 ini berapaan sih? Mau nabung.

  2. Whoaaa.. baby K ada di mana-mana. Aku salfok.. hahaha. Paling suka yang dia duduk santai itu.

    Hm, aku support deh Noe, dengan laptop kaya’ gini yakin banget kerjaan akan makin keren hasilnya..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.