Tips Traveling

Keuntungan Menjadi Member Air Asia BIG

Jika ingin menikmati promo-promo tiket murah Air Asia, akan sangat menguntungkan jika menjadi member AIR ASIA BIG. Setiap member Air Asia Big akan diberi nomor ID, atau biasa disebut BIG SHOT ID. Aku sendiri sudah menjadi member Air Asia Big sejak awal tahun 2013. Kali ini aku ingin berbagi info tentang beberapa keuntungan jika memiliki Big Shot ID.
Air Asia BIG

Perlu diketahui bahwa Air Asia memiliki Big Loyality Program untuk para pelanggan setia Air Asia yang menjadi member Air Asia BIG. Berbagai keuntungan bisa didapatkan diantaranya sebagai berikut;

Priority Access

Biasanya setiap kali Air Asia memberikan penawaran tiket promo, member Air Asia BIG diberi akses pembelian tiket promo satu hari lebih awal dibanding pelanggan yang tidak memiliki Big Shot ID. Ini tentu akan sangat menguntungkan karena quota tiket promo yang ditawarkan masih banyak jumlahnya. Sedangkan jika tidak memiliki Big Shot ID, harus menunggu sampai hari berikutnya untuk bisa membeli tiket promo yang mungkin jumlahnya adalah sisa dari serbuan member Air Asia Big.

Untuk membeli tiket dengan memanfaatkan priority access, kita bisa langsung mengakses www.airasiabig.com kemudian memesan tiket promo yang tersedia.

Kadang, membeli tiket Air Asia saat priority access untuk member Air Asia BIG harganya bisa lebih murah. Pengalamanku terkahir kali hunting tiket untuk rencana liburan ke Aceh saat promo free seat beberapa bulan lalu misalnya. Untuk tiket dari Jakarta ke Singapura, harga yang ditawarkan adalah 0 Big Points. Saat membeli, aku hanya membayar biaya administrasi dan fuel surcharge sebesar Rp117.000,-

Besoknya aku membelikan tiket free seat untuk teman melalui www.airasia.com, harganya menjadi lebih mahal. Di rincian harga base fare tiketnya 0 rupiah, tetapi total biaya administrasi dan fuel surchargenya mencapai Rp290.000,-

Redeem BIG Points

Keuntungan lain menjadi memiliki Big Shot ID adalah, kita akan mendapat poin untuk setiap transaksi pembelian tiket Air Asia, Tune Hotel, atau setiap booking hotel di Air Asia Go. Nah, poin yang terkumpul nantinya bisa ditukarkan dengan tiket Air Asia, voucher hotel Air Asia Go, atau berbagai merchandise Air Asia. Jadi setiap kali bertransaksi di Air Asia, jangan pernah lupa memasukan Big Shot ID untuk menambah jumlah BIG Point kita.

Jika ingin melakukan penukaran poin BIG (redeem), kita dapat login di www.airasiabig.com dan memilih menu REDEEM POINT. Setelah itu, kita bisa memilih FLIGHT jika ingin menukarkan dengan tiket Air Asia, HOTELS untuk voucher hotel, atau SPECIAL REDEMPTION dan BIG POINT CONVERSION untuk penawaran-penawaran lainnya.

Berapa Jumlah BIG POINTS yang akan didapat?

Berapa jumlah uang tepatnya untuk mendapatkan 1 BIG Points, info lebih akurat dapat dilihat di web ini. Akan tetapi penjelasan disana menggunakan mata uang ringgit. Aku belum nemu kalau dalam rupiah. Tetapi berdasar pengalaman, aku mendapat 1 poin BIG untuk setiap Rp9.000,- yang aku gunakan untuk bertransaksi di Air Asia dan Air Asia Go.

Angka ini hasil perhitungan kasarku setelah melihat berapa jumlah poin yang kudapat saat membeli tiket Air Asia. Tiket seharga Rp45.000,- dari Bandung ke Bali saat aku liburan Desember tahun lalu, mendapat 5 poin. Begitu juga tiket Jakarta ke Makassar saat honeymoon ala backpacker pada September tahun 2013 lalu, harganya Rp45.000,- juga dan mendapat 5 poin BIG.

Berikut adalah ringkasan BIG Points yang aku kumpulkan selama tahun 2013 dan 2014.

Big shot id

Whoaaa, butuh berapa lama untuk mendapat banyak Poin BIG, kalau untuk menukarnya dengan satu kamar hotel saya butuh 5000 poin? Hehe… kudu sering-sering beli tiket Air Asia nih!

Apakah ada cara lain untuk mengumpulkan lebih banyak BIG point?

Jawabnya tentu saja ada. Beberapa bank di Indonesia ada yang bekerja sama dengan Air Asia untuk Big Loyality Program ini. Contohnya adalah CIMB Niaga dan Bank BNI. Kebetulan aku memiliki kartu kredit BNI, dan point dari kartu kredit BNI bisa ditukarkan dengan poin BIG. Untuk 1500 poin kartu kredit BNI, dapat ditukar dengan 250 poin BIG. Cara penukarannya sangat mudah, aku hanya harus menelpon call center BNI dan meminta agar poin kartu kreditku ditukarkan dengan poin BIG.

Yap, sampai sini dulu cuap-cuap tentang keuntungan menjadi member Air Asia Big, di postingan berikutnya aku akan coba menulis step by step mendaftar menjadi member Air Asia BIG. πŸ™‚

104 thoughts on “Keuntungan Menjadi Member Air Asia BIG

  1. Saya ingin memberi kesaksian tentang kartu kosong Mr Rick yang bisa menarik uang dari mesin atm di seluruh dunia. Saya sangat miskin sebelumnya dan tidak memiliki pekerjaan. Saya melihat begitu banyak kesaksian tentang bagaimana rick mengirimkan kartu kosong kepada mereka dan menggunakannya untuk mengumpulkan uang di mesin ATM manapun dan menjadi kaya. Saya mengirim email kepadanya juga dan dia mengirimi saya kartu kosong itu. Saya sudah menggunakannya untuk mendapatkan 50.000 dollar. menarik maksimal $ 2.000 setiap hari. darry memberikan kartu itu hanya untuk membantu orang miskin. Hack dan ambil uang langsung dari Vault Mesin ATM dengan menggunakan Kartu Programmed ATM yang berjalan dalam mode otomatis. email: rickatmcardoffer@gmail.com

    1. Kurang tau tepatnya, tapi ngga terlalu mahal kok. Total harga tiket jatuhnya masih 11-12 sama harga kalo beli tanpa ppin di web airasia.com πŸ˜‰

  2. Hello mbak, point saya tidak bertambah setalah melakukan beberapa pembelian tiket tpi tatap saja tdak bertambah poinnya. itu masalahnya apa mbak ?
    Terimakasih!

  3. Halo mbak, salam kenal. Saya mau nanya, saya kan sudah daftar jadi member big point, tp belum punya point sama sekali. Apa masih bisa ikut promo tarif Rp 0 kursi gratis?

  4. aku mau tanya mas. untung gak mas kita jual tiket pesawat gitu. tiket pesawat kan tidak tiap hari orang cari di stand kita sepertinya. dan untung hanya 3-5% saja

      1. Halo teman2, maaf postingan ini belum saya update. Sekarang ini transfer poin sudah tidak bisa lagi ternyata πŸ™‚

        1. Jadi kalau gak bisa transfer, gimana caranya supaya saya bisa booking tiket unt sekeluarga ya.
          sementara sekarang dibatasi hanya 10 orang unt bisa pakai poin.
          Mohon bantuannya mbak

  5. ka mau tanya klo kita udah daftar dan big point nya masih 0 itu berarti kita belum bisa beli tiket promo yg ada di airasiabig.com ya?

      1. Cara mendapatkan big point air asianya gmn ya ka, apa harus daftar air asia trus buka cimb niaga?? Tlg infonya ke email saya ya kak

        1. Hallo mb inta
          Apakah mb inta saat ini membutuhkan big point?
          Jika iya mb bisa hub saya di 082134353660 /085868583868
          Saya ada big point air asia kalau minat silahkan Call/WA/Sms saya.
          Tks

  6. Tips untuk mendapatkan poin banyak gimana ya mba ? tanpa kita yang terbang terus gtu.. misal kita punya big poin tpi sodara yang ingin pesan tiket dan yang pesankan oleh saya apakah bisa nambah poin mba ??
    oia kalau misalnya kita dapat info promo tiket murah kan yah itu bisa pesan tiket bukan cuma buat kita aja kan mba misal saya pesan buat 3 orang sodara saya juga gtu mba … bisa ga yah mba ??
    trims sebelumnya ..

      1. Terus gimana solusinya mbak, bisakah kita menyampaikan hal tsb ke airasia agar point dari keluarga kita tersebut nambah jadi point kita.

    1. Berbagi pengalaman aja.
      Salah satu cara nambah poin big airasia tanpa harus sering2 terbang bisa ikutan survey di yougov.

      Memang agak lama sih prosesnya, harus sering2 ikut survey, biasanya masing2 survey dapet 150 poin yougov.
      Tapi buat dituker ke big airasia harus ngumpulin 5000 poin.
      Jadi harus isi survey 35-40 kali.

      Sebelum isi survey harus daftar dulu sih.
      Kalau mau daftar bisa klik disini
      https://id.yougov.com/en-id/refer/EhdDQG9oqwszipg9v_0eKQ/

      Harus bersabar lah kalo mau dapetin poin gratis.

      Semoga bermanfaat.

  7. Mbak, mau tanya. Airasia gak bisa ya klo beli tiket pake kartu debit? saya liat semua rata-rata kartu kredit jenis pembayarannya. Kartu debit saya kebetulan tidak ada logo visanya. hanya atm bersama. saya pernah coba tapi gak bisa. ada saran mbak?

  8. Pagi mba Noe,

    Saya mau tnya

    ad penjelasan dr mb “kl misal saya udh ad big shot ID, air asia akan info ke membernya lebih dahulu”

    Dan yg ingin saya tnyakan adalah sbg yg udh pny big shot ID, mendapatkan kabar kl air asia sedang ad promo pemberitahuanny lewat mana y?

    Mohon penjelasannya #semoga di balas ????

  9. Selamat Pagi mbak
    Saya mau tanya, bagaimana cara transfer big points ya? saya masih belum mengerti caranya mengisinya di form pada menu “Transfer point from unregistered airasia big member id”. terima kasih

  10. Kak, saya udah sampe tahap pembayaran, pas mau bayar malah muncul tulisan insufficient points to proceed. Itu knapa yaa? Mohon bantuannya, saya gangerti untuk cara bertransaksinya. Klo boleh bantu share cara2 nya kak ke novryyyyy@gmail.com makasii

  11. Hy mbak nurul, mw tw dong gmn cara pesan tiket murahnya, saya baru jadi member mbak? Mohon bantuannya terimakasih mbak ,

    Lewat line bisa mbak?
    @hamidahazzahra3

  12. hai mbk Nurul, salam kenal πŸ™‚

    Mohon pencerahannya ya mbk, saya masih oneng banget nich soal final call promo hehhe, mau tanya bbrp hal ya mbk πŸ™‚
    1. Bisa ga sich mbk beli tiket final call promo itu tanpa point, tapi beli dengan rupiah?
    2. Klo bisa bayar dgn rupiah, system pembayarannya bs via apa aj ya mbk? apakah bisa via klikBCA? soalnya saya blm pernah coba pesan tiket AA?

    Mohon jawabannya ya mbk? via email jg boleh: maha_rika@yahoo.co.id

    many thanks mbk Nurul πŸ™‚

    1. Halo mba, final call big berarti harua punya poin big. Bisa dicombine antara poin dengan rupiah. Minimal poin 500 sisanya bayar rupiah bisa. Misal, hrg final call 750 poin, mba cuma punya 500. Maka mba bisa bayar pake 500 poin dan sisanya 250 poin dibayar pake uang.

      Tapi klo mba mau bayar pake uang semua ya ngga bisa.

      Metpde pembayaran bisa pake klikbca, transfer bank, atau kartu kredit. Saya blm.coba utk indomaret apakah bs atau ngga utk transaksi final call

      1. Hi Mba…

        Berarti untuk TOTAL-nya ya Mba… (Misal Poin Saya hanya 800, tapi TOTAL Point untuk tiket yang akan Saya beli 1500 pt, Berarti akan keluar ”Insufficient point to process” ya Mba?

        Karena pengertian Saya, Min. 500pt, kalau tidak salah, bisa redeem, kemudian sisanya dengan cash? Salah ya?

        TOlong info nya…

  13. Hi mbak nur..
    mohon panduannya dunk, saya masih sangat pemula jadi ya belum tau gimana gunain poin dari cc, kebetulan saya punya cc dan itu nggak sengaja dapatnya tp sudah saya pake, yang saya blm bisa itu manfaatin poin.nya. kalo mau ditukarkan ke big poin air asia gmn ya prosedurnya sampai bisa pesen tiket penerbangan….
    mksh sebelumnya..

    bbm invite 5982CFFA

  14. Saya member AA jg mbak.. udh beberapa kali booking tiket n hotel yang ngasih free big poin. Tapi poinnya gk pernah masuk k un AA big saya….
    Poin di akun AA saya selalu n/a…
    Knpa gitu y mbak???

    1. Assalamu’alaikm mbak nurul…sy mau tanya nich, knapa ya point hotel agoda sya belum masuk, padahal sy sudah memakainya 9 hari yg lalu padahal pembayarannya sy gunakan CC, ada 800 point tp g masuk, tlg penjelasannyaya mbak

  15. Hai mba nurul, salam kenal…

    Saya masih bingung mengenai big point ini. Big point ini kita dapat setelah penerbangan atau selesai pemesanan yaa atau memang otomatis terisi big pointnya? Saya pesan tiket dan diinfokan big point sekitar 1200an tetapi hanya ada 30 point yang tertera? Apakah karna saya tidak memasukan id big point atau bagaimana yaa? Mohon pencerahannya. Terima kasih

    1. Berdasar pengalamanku, poin akan masuk setelah tiket kita pakai. Jangan pernah lupa untuk memasukan id big poin ketika transaksi ya. Jika tidak maka poin tidak akan masuk

      1. saya lupa apakah pada saat transaksi memasukan id big point atau tidak. tapi setelah pembayaran sempat lihat dapat sekitar 1200 point. Okelah terima kasih mba nurul atas informasinya… πŸ™‚

  16. Salam mbak..mau tanya temen fb sy bisa jual promo final call dengan harga yg murah..sy punya big card juga..tp gak bisa beli yg harga promo..yg mau sy tanya gmn sya mau beli tiket yg final call tu mbak..pernah pm ke dia katanya harus ada code promo khusus dari AA ..trimakasih

  17. mbak mau tanya,saya beli tiket mengunakan big id…tetapi di belakang nama pacar saya ada tertera family namenya apakah tidak apa” itu mbak?

  18. mbak nurul…mau tanya …saya liat untuk hotel cuma ada tune hotel…bagaimana kalau selain tune hotel misalnya rocketmiles..gimana cara nuker bigpointnya

    1. Harga di airasiabig itu kan pake poin yah, nanti di akhir proses pajak & biaya biasanya dalam bentuk nominal rupiah

  19. Sy udh kedaftar big ponit msh binguung utk pembelian mel airasia.com , apakah nanti sy bisa mendpt hrg promo?

  20. Kak noe jualin tiket promonya secara umum gak? Aku mau dong jd resseler kak noe.. Hhihihihi klo bisa tolong kirim ke email aku yah kak persyaratan buat jd resseler kaka. Thanks kak

  21. Hallo mbak,, sy mau dftar jd member id airasia, kok ga bisa yaa?? masalah ny di bagian family name sama di password. Klo ga punya family name, ga bisa yaa mbak? terus, password yg aku masukin kenapa salah terus yaa??
    Mbak tau ga yaa?? kalo tau, mohon info ny yaa mbak
    Thank you ????

    1. Family name masukin aja nama belakang. Misal namaku nurul noe, nama depan isi dg nurul, noe diisikan di family name. Oya utk pasword yg salah, coba lakukan clear cache dulu di browsernya, trus coba reset ulang pasword yaa

  22. Just info mulai bulan ini layanan menu transfer point airasia BIG ke sesama member BIG sudah tidak bisa lagi. Jadi harus berusaha mengumpulkan point sendiri. Untuk minimal penukaran yg sebelumnya bisa 500 poin saja untuk sekarang menjadi 1000 point. Semoga bermanfaat

  23. Hi mba, mohon infonya, 10 hari yg lalu saya baru dapaf cc CIMB airasia yg katanya kalau kita melakukan aktivasi kartu maka dapat langsung 500 big point, lalu 9 hari yg lalu saya beli tiket dari bali ke bandung dengan kartu tersebut dan pada saat pemesanan tiket saya masukan Big Id saya, tapi sampai saat ini big point saya masih 0, kenapa ya? Mohon arahannya

  24. Mbak yang baik hati nan bijaksana. Mau tanya dong.
    Seandainya saya mau membeli tiket senilai Rp.500.000 dengan menggunakan poin. Kira2 butuh berapa poin ya?
    Boleh di email ke saya gak mbak? the_cums@yahoo.com

    Terima kasih

  25. Halo Mbak, aku mau nanya, point BIG itu bisa di dapet dari penerbngan orang lain ga sih ?
    Jadi aku kan mau terbang sama sodara aku, dia nya ga ada BIG ID karna emang jarang terbang dan ga berniat buat ngumpulin, nah pas aku beli tiket kan langsung buat 2 orang, di reservasi nya kan ada disuruh masukkan BIG ID, tapi gabisa d masukin BIG ID aku, itu kira2 bisa masuk point ke tempat aku ga ya mbak ? apa point yang masuk cuma point penerbangan ku aja, terus penerbangan dia ga dapet point ? makasih mbaak

    1. Ngga bisa Isyana, big poin cuma akan ditambahkan ke akun atas nama yg tertera di tiket. Saranku, daftarin aja sodaramu ke big id, dan setiap beli kamu yg kudu rajin masukin/kumpulin poin nya. Nanti kalau sudah terkumpul minimal 250 poin bisa di transfer ke nomor big id mu Isyana πŸ™‚

  26. Halo mbak,
    Saya mau tanya dong.
    Ayah saya memiliki kartu cimb air asia big ini, dan belum pernah digunakan.
    Apakah setiap pembelian tiket pesawat air asia harus si pemilik kartu nya sendiri yg beli atau bs kah ayah saya memesankan tiket air asia untuk saya dan ibu saya saja? Dan untuk fasilitas cicilan 0% nya apakah otomatis setiap transaksi dengan kartu air asia big atau ada syarat tertentu? Mohon info nya.
    Terimakasih

    1. Hallo Asad, pemegang kartu boleh mrmbelikan siapa saja tsnpa hrs beli utk diro sendiri jg kok. Utk syarat & ketentuan cicilam nol persen, sy blm apdet infonya. Maaf telat menjawab yaa

  27. Assalamu’alaikum mba nurul. saya masih kurang paham sama ini. Saya pesan tiket ke singapore untuk 4 orang dan harga yang kluar 600.000. Apakah jumlah itu yang harus kita bayar? Atau bagaimana?
    Mohon mba jika berkenan tolo ng jelaskan ke email saya ulfa.ispiani97@gmail.com

  28. Mba, nanya dong,
    1. Booking di airasiago.co.id apakah dapet bisa dapet big point juga?
    2. Kalo saya travel 4 orang termasuk saya, booking pake big id saya, apakah nanti saya dapet point untuk seluruh bookingan 4 orang atau hanya dapet point untuk bookingan atasnama saya saja?

    Makasih ya

    1. Hai Iwa, saya coba jawab ya

      1. Booking di AirAsia Go bisa dapat big point, jangan lupa masukkan big id saat bertransaksi ya.

      2. Kalau yg dimaksud beli tiket pesawat utk 4 org, tentu yg dpt poin jg 4 org dg big id masing2. Jadi ngga bisa tiket atas nama org tp poin masuk ke Iwa. Berbeda kalau beli voucher hotel di AirAsia Go. Kalau Iwa pesan 2 atau 4 kamar, Iwa bisa pakai nama iwa dan big poin iwa sndiri.

      Semoga jawabannya cukup jelas yaa

      1. Hai Nurul, makasih jawabannya ya..
        Saya coba booking Flight+Hotel via paketnya airasiago untuk 4orang/2 kamar.
        Tp sampe hampir selesai kok ga ada tempat masukin BIG ID..cuman masukin data2 CC aja..
        Btw blognya bagus, cukup informatif, trimakasih ya.

      1. Wah, pantesan big poin saya nggak nambah, masih sering beli lewat traveloka karena gak punya CC, biasanya lebih murah sedikit kl lewat traveloka, hehe..

        Anw, thanks mbak infonya..

    1. beli lewat web airasia.com kan? Harusnya ngga ngaruh mau ada poin atau ngga. kecuali kalau beli lewat airasiabig.com baru deh harus punya poin. πŸ™‚

  29. Halo…
    saya mau nanya nih..

    Saya juga member dari airasia big
    terus apakah saya bisa memesankan tiket orang lain di akun big saya untuk mendapatkan poin namun saya tidak pergi hanya memesankan tiket orang lain

    makasi πŸ™‚

  30. Halo…
    saya mau nanya nih..

    Saya juga member dari airasia big
    terus apakah saya bisa memesankan tiket orang lain di akun big saya untuk mendapatkan poin namun saya tidak pergi hanya memesankan tiket orang lain

    makasi

  31. Malem mba/mas . Saya mau tanya saya udh login yg di redeemtion tersebut. Sudah klik rute dan total poin dan harga nya muncul. Tapi di kanan atas saya big shot saya 0 . Apa pas sudah pembayaran transaksi berhasil atau kosong ya ? Boleh minta petunjuk via email saya. Rioseptian2@gmail.com . Terima kasih

  32. Hi mba mas,
    saya ingin reservasi menggunakan big point shot ,
    tapi setelah memilih seat, kenapa muncul keterangan ” insufficient point to process ” sedangkan di situ ada tertulis tagihan IDR.

    Apakah saya harus menambahkan point, atau bisakah saya bayar tagihan IDR aja.

    mohon pencerahan nya

    terimakasih

    1. Hai hai, kalo ada tulisan “Insufficient Point to Process” itu kemungkinan point big yang mba punha ngga cukup. Kalo yg IDR itu biasanya cuma biaya airport tax & biaya adm lainnya.

      Saran saya, booking tiket via AirAsia.Com saja ya, jgn pakai poin big, supaya bisa bayar semua tagihan pakai mata uang. πŸ™‚ semoga membantu.

  33. Saya jg member air asia big n prnh nyoba pas free seat redeem 0 point big,tp ada sisa pembayaran yg admin tax itu,emang hrs bayar sisanya pake CC ya ga bs debet?thx

    1. Kalo yg hrs dibayar mata uangnya rupiah bisa dibyr pake klik bca, atau skrg kan ada fasilitas baru tuh byr via indomaret. Tp klo yg hrs dibayarnya mata uang asing biasanya cuma bs kartu ktedit

  34. Saya jg member air asia big n prnh nyoba pas free seat redeem 0 point big,tp ada sisa pembayaran yg admin tax itu,emang hrs bayar sisanya pake CC ya ga bs debet?thx

    1. Bisa kok, pake transfer langsung, ada tulisan kecil dibawah bookingnya,
      nanti bisa semua metode pembayaran.
      memang awalnya saya juga tidak memperhatikan, dan cuma bisa pake CC,
      ternyata jika dibaca secara detail ada menu untuk metode pembayaran lain.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.