Tips Traveling

Jadi Ini Gunanya Lugage Tag?

Sekitar setahun yang lalu aku pernah ikut kuis di twitter yang diselenggarakan oleh sebuah akun komunitas backpacker. Hadiahnya macam-macam, salah satunya adalah lugage tag. Nah, kebetulan aku yang beruntung mendapat lugage tag itu. Seneng sih, tapi ketika menerima hadiahnya, aku malah bingung ini mau buat apa? Akhirnya lugage tag itu hanya jadi penunggu laci.

Koper Tag

Yap, setahun (lebih) lamanya berlalu, hidupku kembali bersinggungan dengan benda kecil bernama lugage tag itu. Masih ingat cerita soal souvenir yang kudapat ketika mengikuti acara Anniversary #AABC2015 di Bangkok 2 minggu lalu? Di dalam goodie bag yang kudapat, ada lugage tag-nya. Saat menerima dan membongkar isi goodie bag itu aku langsung teringat lugage tag berwarna hijau olive yang kupunya hadiah kuis twitter tahun lalu. Ealah, jadi punya dua dong! Haha.

Tetapi kebetulan, waktu ke Bangkok 2 minggu lalu itu, aku membawa barang keperluanku dengan koper. Ngga biasanya kan? Maklum lagi hamil. Rasanya kok ngga sanggup nggendong ransel. Jadilah dadakan beli koper. Nah, sebelum pulang ke Jakarta, iseng deh lugage tag yang aku dapat dari AirAsia itu kupasang di koperku. Lagian lugage tag kan emang lebih cocok dipasang di koper atau tas yang ngga bisa dibawa ke kabin pesawat.

Sumpah deh, waktu masangin lugage tag itu, yang ada di fikiranku ya cuma iseng karena dari pada ngga dipakai, mubazir. Dan setelah dipasang, diliat-liat, keren juga. Sampai-sampai aku ngga bisa nahan diri untuk memotret ketika koper itu aku drop ke bagasi lewat konter check-in di Bandara Don Mueang Bangkok.

Koper tag

Lalu ketika sudah sampai di Bandara Soeta, setelah turun dari pesawat aku langsung menuju tempat pengambilan barang bagasi. Ini pengalaman pertamaku lho, nyimpen barang ke bagasi. Maklum backpacker banget. Hahay!

Waktu berangkat dari Jakarta ke Bangkok, kopernya kubawa ke kabin, karena kufikir ukurannya masih koper kabin, dan ngga terlalu berat juga. Eh, waktu pulang kok jadi gendut kopernya. Gara-gara dapet banyak hadiah dari AirAsia. Ya, jadi ngga sanggup deh kalo harus narik koper gendut, ditambah hand bag yang berubah gendut dan berat juga.

Di tempat pengambilan koper bagasi, aku hanya menunggu sekitar 10 menit. Selama masa penantian itu, mataku awas melihat setiap koper dan tas yang keluar dan berjalan di rel. Koperku mana? Koperku mana?

Sampai akhirnya terlihatlah sebuah koper warna coklat. Eh, tapi kok kopermya ada 2? Merk, ukuran, dan warnanya sama pula. Punyaku yang mana? Sempat bingung, takut salah ambil, tertukar, dan hilanglah hadiah-hadiah cantik dari AirAsia yang sebagiannya kusimpan di koper.

Lalu sesaat kemudian aku ingat pada lugage tag warna merah dari AirAsia yang kupasang di koper itu. Aha! Ketika kedua koper yang sama itu sudah dekat, aku langsung pasang mata. Yang ada lugage tag-nya, pasti punyaku!

Jadi sekarang baru sadar kalau ternyata lugage tag itu penting. Sebagai ciri khas supaya mudah dikenal, dan agar barang bawaan yang disimpan di bagasi ngga tertukar dengan milik orang lain.

Jadi, buat kamu yang suka bawa koper dan disimpan di bagasi, dan belum punya lugage tag, beli deh supaya mudah mengenali koper milik sendiri, kalo-kalo kejadian sepertiku, ada koper yang sama persis. Harganya murah ternyata. Lucu-lucu lagi, ada lugage tag karakter kartun juga.

Atau, kamu punya tips lain agar supaya koper ngga tertukar, selain dengan menggunakan lugage tag? Share dong! πŸ™‚

50 thoughts on “Jadi Ini Gunanya Lugage Tag?

  1. Aku pake pita warna mencolok di koperku dek noe. Beli lugage tag di gramed ada ga ya? Kalo beli online susah, harga murah susah utk transfer dan ga sebanding dg ongkire hahaa

  2. Pake luggage tag pas umrah aja krn kopernya podo kabeh. Klo ga pake cara ndeso mak la aku blm punya sih jadi cuma dikasih pita-pita gitu … sama jg kan fungsinya biar ga ketuker :p

    1. Haha.. Iya sama fungsinya, tp trus klo smua jamaah umroh pake pita, ya sama siwernya kaan, mending beli lugage tag yg uniiik, dijamin ngga ada yg nyamain deh πŸ˜€

  3. sekarang2 ini lugage tag sudah masuk item list kalo hunting souvenir lucu-lucu untuk oleh-oleh dan kenang2an di rumah. bentuk dan desainnya lucu-lucu. di matchingin dengan warna koper dan tas kabin isi perintilan perempuan its so fun. traveling with style. :))

  4. Punya 5 luggage tag, gretongan semua, dipake semua wkwkwk
    malahan suamiku ikutan pake trus seneng gitu temen-temennya pada nanyain dapet dari mana. Padahal gudibek wkwkwk tapi guna banget.

    Klo yang udah sepuh, kopernya pada diiketin tali rafia warna mencolok, biar dari jauh keliatan katanya

    1. Waah, ada limaa… Banyak ajaa, hihi. Klo dr gudibek pasti unik ya mba, klo beli kan modelnya pasaran πŸ˜€

  5. Aku juga pake luggage tag, tak masukin kartu namaku jadi lengkap ada alamat, no hape segala. Masalahnya pernaaaah pake luggage tag lucuu, yang legooo warna pink, perasaan masangnya benerrr ehhh ilang jugaaa masuk bagasi…. Huhuhuhu…

  6. Luggage tag penolong disegala kondisi… hahaha. Kalau lagi berdesak-desakan nunggu bagasi keluar, aku cuma intip luggage tag ku ada gak ya diantara koper yang hampir-hampir mirip bikin mata siwer ! Trus aku biasanya ikatin pita warna jreng dipegangan kopernya biar catchy mba.. hihihi

  7. Pengalaman haji lbh mencolok lg soalnya kopernya banyak seragam lg koper dikasih sarung dikasih photo segede gaban dikasih kain batik msg daerah.
    ….hehehe…pake nama alamat jelas berikut telpon yg segitu berbedanya gini msh ada aja yg nyasar dan ilang

  8. Berhubung blm pny lugage tag, so far kalo pny koper warnanya mesti yg genjreng2 semacam koneeeng wkwkwk….kalo bsk2 beli yg warna netral mau jg dongs itu lugage tag’nya *modusss

  9. Aku pake nih… biar tasnya gak ketuker… tapi kalo buat hawna, putri bungsuku, setiap jalan2 ke luar kota/negeri aku pakein di ransel kecil dia yg isinya nama-alamat-nomor telepon-golongan darah… sama pesan: if something happen to me please contact. ..

    1. Waah.. Aku jd inget drama kehilangan Daffa pas di imigrasi johor. Wkt itu aku ngga kasi tag apa2 di ransel yg dibawa Daffa. Makasih udh ngingetin mba Ade

      1. Hihi.. Komentarnya sampe 2x, buru2 ya.. πŸ˜€

        Wah, pernah sampe ketuker ya, aku baru hampir, untung pake lugage tag. Setuju, berguna bangeet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.