Traveling, Vietnam

Itinerary 4D3N di Ho Chi Minh City

Beberapa bulan telah berlalu sejak aku kembali dari kota yang menyenangkan sekaligus menorehkan kenangan tak mengenakkan dalam ingatanku. Ya, Ho Chi Minh City… di sanalah hape ku hilang, namun karena kejadian itu Tuhan justru menunjukkan padaku betapa beruntungnya aku memiliki seorang plegmatis man yang super sabar dan menenangkan.

Ups, mari langsung saja ke pokok bahasan sesuai judul. Ngapain aja selama di Ho Chi Minh City? sejujurnya aku tidak menyiapkan itinerary yang fix sebelum pergi ke kota itu. Jadi, inilah itinerary spontan yang aku dan beberapa temanku buat ketika berada di sana.

Day 1 (5 April 2014) – Ben Tanh Market

Pukul 11 siang kami tiba di Kota Ho Chi Minh dengan sleeper bus dari Phnom Penh. Check in di Hoang Lien Hotel.

Pukul 2 siang, jalan-jalan muterin kota Ho Chi Minh demi mencari rumah makan halal. Dengan kemampuan membaca peta yang buruk, kami akhirnya menghabiskan 2 jam lebih untuk berjalan kaki dalam keadaan lapar. nice! Menjelang pukul 5 sore, barulah kami menemukan lokasi Ben Tanh Market, dimana terdapat banyak restoran halal. Ternyata Bent Tanh Market jaraknya hanya 1 kilometer saja dari Hoang Lien Hotel, jika kami menempuh jalan yang benar.

Pukul 5 sore selesai makan, kami tersesat dalam pasar yang layak disebut surga wisata belanja. Maksudku, bukan tersesat dalam arti sebenarnya. Kami kalap shoping!

Pukul 6 sore, saat semua toko dalam Ben Tanh Market mulai tutup, kami kembali ke hotel dengan gembolan masing-masing.

Catatan: Jika tidak ada insiden kesasar cari lokasi makan, mungkin hari ini bisa diisi dengan city tour di Ho Chi Minh City. Ada beberapa destinasi wisata menarik untuk dikunjungi, seperti Reunification Pallace (Istana Reunifikasi), Saigon Notre-Dame Basilica, Balai Kota Ho Chi Minh City, Museum-museum, atau Kantor Pos dan Gereja.

Day 2 (6 April 2014) – Mekong Delta

Hari ini kami memutuskan untuk wisata alam di Mekong Delta. Banyak sekali jasa wisata yang akan mengatur perjalanan kita dari Ho Chi Minh City ke Sungai Mekong yang letaknya 70 KM ke arah barat, dan ditempuh selama 2 jam dengan bus.

Tak perlu usaha yang besar untuk mendapatkan paket tour ini, karena perusahaan jasa tour di Ho Chi Minh City bekerja sama dengan pihak hotel untuk pemasaran jasa meraka. Jadi, hubungi saja resepsionis hotel tempat kita menginap dan pesan lah paketnya.

Pihak travel akan menjemput jam 7 pagi, jalan-jalan seharian ke beberapa pulau, mencicipi buah-buahan tropis Vietnam yang banyak juga dijumpai di Indonesia seperti mangga dan buah naga, atau jambu. Paket termasuk makan siang, dan yang paling menjadi daya tariknya adalah menyusuri sungai mekong dengan sampan. Sore sekitar jam 6, kita sudah di antar kembali ke hotel. Harga paket tour Mekong Delta 17 USD.

Day 3 (7 April 2014) – Cu Chi Tunnel

Hari ini kami memutuskan untuk jalan-jalan ke Cu Chi Tunnel, dan tanpa memakai jasa travel. Ini rutenya;

  • Dari terminal bus Ho Chi Minh City naik bus nomor 13 ke terminal Kin Touch, ongkosnya 7.000 VND. (Jangan salah terminal ya, terminal bus di Ho Chi Minh City ada dua, satu di dekat Ben Tanh Market, satu lagi ya terminal bus yang utama ini yang ada bus nomor 13. Kalau terlanjur ke terminal yang deket Ben Tanh Market, naik bus nomor 21 menuju terminal utamanya, dengan ongkos 3.000 VND)
  • Dari terminal Kin Touch naik bus nomor 79 menuju Cu Chi Tunnel, ongkosnya 6.000 VND.

Tiket masuk Cu Chi Tunnel 70.000 VND. Selama dalam kawasan Cu Chi Tunnel kita akan diajak nonton film dokumenter perang Vietnam dan Maerika Serikat, keluar masuk tunnel dan ruangan-ruangan bawah tanahnya, lalu terakhir makan singkong rebus dengan cocolan bubuk kacang goreng. Buat kami orang Indonesia ini makanan surga, lha para bule sih aneh memicingkan mata ke piring berisi  makanan asing.

Day 4 (8 April 2014) – Santai, Packing, Pulang!

Hari ini, nggak jalan-jalan kemana-mana lagi. Packing, bayar hotel, sewa taxi menuju bandara, and bye bye Ho Chi Minh City!

4 thoughts on “Itinerary 4D3N di Ho Chi Minh City

  1. Thanks sharingannya mba.
    Pas banget bulan November nanti saya mau backpacking ke Cambodia & Vietnam, jadi nambah deh info soal kota HCMC ini 🙂

    1. hi nurul..thanks sharingnya lumayan jadi ada gambaran jg.

      oiyah boleh minta info tentang taksi disana apa ya yang rekomended? atau uber taksi disana sudah banyak yang pakai blm ya?
      october ini aq ada business trip ke HCM dan rencananya mw extend sampai weekend.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.