Tips Traveling With Children

Inspirasi Traveling Hemat Dengan Keluarga

kilometer-0-sabang

Ada kejutan manis di awal bulan November tahun ini. Kejutan yang membuat aku jadi norak seketika. Haha.

Ceritanya bermula dari sebuah pesan whatsapp pertengahan bulan Oktober lalu. Ada seorang redaktur dari sebuah tabloid yang sedang mencari profil keluarga backpacker. Dengan agak ragu, aku mencoba mendaftar untuk diwawancarai. Siapa tau profilku dimuat lalu bisa numpang beken haha. πŸ˜†

Dua hari berselang, redaktur Tabloidku kembali menghubungiku dan ngajak ketemuan. Sayangnya waktunya ngga cocok. Jadi wawancara dilakukan melalui email.

Ada beberapa pertanyaan yang diajukan. Secara garis besar yang ditanya adalah tentang bagaimana tip traveling hemat sekeluarga.

Salah satu tip traveling hemat sekeluarga yang selalu aku lakukan adalah dengan memanfaatkan tiket promo.

Dan kalau ada yang tanya, mau family trip kemana lagi nanti? Biasanya aku akan jawab, tergantung kemana ada tiket murah. Wkwk.

Urusan destinasi menjadi nomor dua buatku. Walaupun ya, aku pingin juga sih bisa mengunjungi tempat berbeda saat traveling. Tapi kalau pun harus kembali tempat yang sama pun aku ngga keberatan. Dengan syarat ada tiket murah. Lagi pula, yang terpenting lagi buatku adalah kebersamaan dengan keluarga. Asyek!

Selanjutnya, setelah beli tiket promo, baru deh aku akan membuat itinerary dan budget. Berbekal browsing banyak informasi tempat wisata dan membaca catatan perjalanan para traveler lain, itinerary dan budget yang aku buat biasanya mendekati 100% akurat.

Untuk obyek wisata, kebanyakan aku pilih yang gratis seperti taman kota, atau pantai yang menjadi ruang publik. Yang berbayar biasanya museum. Mahal dikit, boleh lah sesekali kalau memang ada duitnya. Masuk Petrosains di Malaysia misalnya. Hehe.

Soal budget, aku biasanya memisahkan mana uang khusus untuk biaya transportasi selama di lokasi wisata, mana uang khusus untuk beli makan dan minum, dll. Walau pada prakteknya, subsidi silang kadang ngga bisa dihindari.

Jadi ya… itinerary dan perhitungan budget yang matang bisa bikin traveling berjalan lebih lancar.

Untuk akomodasi, sekarang aku lebih suka dengan hotel budget. Hotel yang menawarkan kenyamanan dengan harga terjangkau.

Si abang yang susah diajak bangun
Bawa bayi traveling nginepnya di hotel ya

Sekarang ini kan ada banyak platform booking hotel yang bisa dipilih. Bahkan yang ditawarkan bukan cuma voucher hotel, tetapi juga tiket pesawat dan kereta api. Biasa kita menyebutnya sebagai Online Travel Agent (OTA).

Tetapi aku jarang beli tiket pesawat via OTA. Lebih sering menantikan promo spektakuler yang biasanya ditawarkan dan bisa dibeli langsung di official website maskapainya. Yang selalu aku beli via OTA biasanya ya akomodasi atau tiket kereta.

Menurutku, booking hotel via OTA punya banyak kelebihan. Pertama, kita bisa membandingkan harga hotel yang sama di berbagai website lalu tinggal pilih mana yang termurah. Kedua, melalui website OTA kita bisa memperoleh informasi lengkap tentang kebijakan hotel. Tentang anak-anak yang ikut menginap apakah gratis atau kena charge tambahan. Juga rating hotel berdasar review para tamu yang pernah menginap.

Belajar dari pengalaman, aku ingin menegaskan kalau sebaiknya booking hotel juga dilakukan jauh-jauh hari sebelum traveling. Bukan hanya untuk mendapat harga termurah, tetapi juga untuk memastikan ketersediaan kamar dan menghindari hal-hal tidak menyenangkan lain di luar dugaan.

Aku pernah dengan PD-nya ngga booking hotel sebelum traveling dengan harapan bisa dapat hotel murah secara go show. Nyatanya badan udah capek banget jadi males keliling untuk cari hotel murah. Punggung udah pegel bok, seharian gendong ransel. Haha. Alhasil, check-in di hotel mihil yang menjadi hal paling haram bagi backpacker pun dilakukan. Jebol kantong jebool. πŸ˜€

Begitulah beberapa tip umum traveling hemat sekeluarga yang sebenarnya semua orang juga udah tau. Tambahain satu lagi kali ya, hindari shopping saat traveling, kecuali terpaksa atau khilaf. #eh

Balik lagi yuk ke cerita awal yang aku tulis sebagai pembuka tulisan ini. Cerita yang sebenarnya cuma mau FOMO.

“Mak, pengalamanku traveling hemat bersama keluarga berhasil masuk Tabloidku, Mak. Di rubrik inspirasi, Mak.” πŸ˜†

inspirasi-tabloidku
Ada mba Lina Sasmita dan Muna Sungkar juga tuuh. Ciee πŸ˜†

27 thoughts on “Inspirasi Traveling Hemat Dengan Keluarga

  1. Ini dia, aku pengen bgt bisa nabung, trus dalam setahun bisa jalan mininal satu kali, harapannya sih bisa 2 sampe 3 kali, makanya kudu punya tipa hemat kek gini nii, mksh mbak noe

  2. serunya travelling hemat bersama keluarga, kalau aku karena masih berdua saja dengan suami biasanya kami cari hotel yang murah saja karena biasanya kalau travelling lebih banyak menghabiskan waktu diluar pastinya, kembali ke hotel cuma malam saja, jadi lebih irit biaya nya πŸ˜€

  3. Duh fotonya di Kilometer 0, euy! Aku juga jadi ingin bertravelling hemat ala-ala Mbak Noe. Mudah-mudahan ada hotel yang ngasi nginep gratis :p

    Kemarin pengen banget keluar Aceh, udh nyusun budget dan segala macam (untung blm beli tiket) eh udah hamil lagi hihihi. Pelan-pelan deh insya Allah tips mbak Noe ini akan aku dan suamiku terapkan πŸ™‚

  4. Uwow..cemamaw prikitiew banget nih Mba Noe. Asek. Mudah2an abis ini disponsorin buat halan-halan lagi ya. Amin :D.
    Btw tentang traveling hemat, antimainstream juga ya idenya. Jadi liat ada tiket promo ke mana, tujuan trveling mengikuti, hihi. Kan kebanyakan orang mah kebalikannya Mba.
    Boleh boleh boleh, boleh ditiru^^

  5. Kalo aku entah kenapa kalo diniatin nggak pernah dapat tiket promo. Padahal kalau lihat orang-orang yang travelling pakai tiket promo mupeng banget. Biasanya malah kalau lagi iseng misalnya lagi santai nyari tiket pulang buat travelling malah dapat yang promo padahal nggak sengajain nyari.

  6. Asiiik kancaku mlebu tabloid. Bener Noe, salah satu objek wisata untuk traveling hemat ya ke taman kota. Sekarang banyak yang cakep kok taman kota

  7. Selamat ya mbak. Memang Kalo bookingan hotel pas go show itu resikonya tinggi nggak dapat yang murah. Kalo yang mahal sih gampang, kecuali pas peak season biasanya juga sulit untuk tempat2 tertentu yang memang ramai.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.