Technology

Ini Yang Aku Suka Dari ZenFone 4 Selfie

Sebagai pengguna setia ASUS, aku excited banget saat tau bahwa tahun ini akan ada ZenFone generasi keempat. Makin bahagia karena aku mendapat undangan untuk hadir di acara launchingnya. Keseruan acara launching ZenFone 4 kemarin sudah aku tulis juga ya. Silakan baca “Gong Yoo di Event Launching ZenFone 4“.

Sedangkan kali ini, aku mau menuliskan kesan setelah mencoba memakai ZenFone 4 Selfie yang sempat aku bawa pulang selepas launching event.

Pertama, aku mau bilang kalau aku suka sama disain ZenFone 4 Selfie yang stylish dan elegan. Yang aku pegang ini yang warna rose pink. Cantik banget karena warna pinknya tuh lembut dan ngga norak. Selain itu, masih ada dua warna lagi yang bisa dipilih, yaitu sunlught gold dan deepsea black.

Yang ngga kalah menarik di sisi disain yaitu sensor fingerprint pindah ke bagian depan, yaitu di bagian bawah layar, jadi satu dengan tombol home. Awalnya aku sempet ngira kalau ngga ada sensor sidik jari, soalnya di nagian casing belakang cuma ada kamera dan LED Flash. Ternyata oh ternyata, pindah ke depan. Tapi ini inovatif banget sih dan memudahkan kita kalau mau mengakses hape dengan sidik jari. Ngga usah raba-raba bagian belakang hape lagi.

Perubahan di sisi disain juga dilakukan untuk slot simcard. Kalau di ZenFone 3 menggunakan slot simcard hybrid dengan slot external memory, kali ini di ZenFone 4 berubah jadi triple slot. Yeay! Kusuka karena lebih nyaman pakai dual sim dan tetap kepingin pakai external memory.

Satu lagi, ZenFone 4 Selfie ini cocok dengan tangan kita kaum ciwi-ciwi yang manis dan lembut. Eaa. Karena material casingnya bikin nyaman digenggam dan ngga licin. Dan lagi, bodinya tipis dengan bobot yang ringan banget.

Selanjutnya, aku suka dengan performanya yang ok dan bisa diandalkan. Prosesor yang digunakan yaitu Qualcomm Snapdragon 430 1,4GHz octa-core, GPU Adreno 505, dan RAM 4GB. Jadi walaupun namanya ZenFone 4 Selfie, yang andal bukan cuma kamera depan. Terbukti saat aku coba pakai untuk menunjang aktifitas harianku. Ngeblog, online sosmed dan chatting, browsing, nonton YouTube serta main game, semua lancar. Bahkan saat multitasking pun ngga sampai hang atau ngelag.

Belum lagi internal storagenya yang sebesar 64GB. Besar banget! Tetapi sepertinya aku tetap akan butuh tambahan external memory. Soalnya aku suka edit video juga di hape. Nah, untuk menyimpan banyaj file video, aku butuh ruang penyimpanan yang besar. Untungnya slot MicroSD bisa support up to 2TB. Ngeriii, tapi sedap! Haha. 😆

Untuk Operating System, ZenFone 4 Selfie ini masih menggunakan OS 7.1 Nougat. Tetapi katanya dalam waktu dekat akan dirilis update ke OS Oreo. Sedangkan untuk antarmuka, ZenFone masih menggunakan ZenUI yang memang ASUS banget. Dan kali ini di ZenFone 4 Selfie sudah menggunakan ZenUI 4.0 yang lebih inuitif, lebih ringan dan lebih cepat. Soalya aplikasi bawaan yang diinstall lebih sedikit, cuma 13 aplikasi ditambah 3 sosmed yaitu Facebook, Facebook Messenger dan Instagram.

Buat aku yang ngga terlalu pakai banyak aplikasi bawaan ASUS sih, ZenUI 4.0 ini menyenangkan syekali. Soalnya kebanyakan aplikasi bawaan (bloatware) itu ngabisin memory internal. Hehe.

Lanjut lagi ke bagian baterai. Kapasitasnya memang cuma 3.000mAh, tapi tergolong awet untuk pemakaian semi berat. Semi berat versiku ini ya kebiasaan pemakaianku sehari-hari, yaitu online sosmed 24 jam, browsing, chat berjam-jam di Whatsap, dibajak anak untuk nonton YuTube, main Candy Crush Soda Saga untuk ngusir jenuh, dan bentar-bentar motret atau rekam video anak bayik yang lagi lucu-lucunya.

Dalam sehari aku cuma ngecas 2x aja. Dan waktu ngecasnya juga ngga telalu lama, sekitar 2 jam dari kondisi baterai kosong sampai full.

Terakhir, mari kita bahas kameranya.

Jadi kamera depannya ada 2, istilahnya dual selfie camera. Kamera yang utama resolusi 20MP f/2.0 dan satu lagi kamera resolusi 8MP f/2.4 untuk wefie dengans udut pandang luas sampai 120 derajat. Ukuran sensor yang dipakai cukup besar dan sangat sensitif terhadap cahaya, sehingga kalau selfie di kondisi low light, hasilnya tetap terang, dengan tone warna kulit wajah natural.

Dua foto di atas adalah perbedaan selfie menggunakan kamera wide angle di luar dan di dalam ruangan. Terlihat kan foto yang di dalam ruangan tetap terang dan minim noise, padahal kondiai cahayanya lumayan redup.

Untuk menambah pencahayaan saat selfie, ada juga Soft LED flash di bagian depan supaya foto selfie tetap terang walau malam hari. Seperti tampak pada foto di atas, selfie malam hari dalam kondisi minim cahaya dan dibantu pencahayaan dari LED flash.

Nah, buat cewek-cewek yang kebanyakan pingin keliatan lebih mulus, mata belo, bibir merah, dan pipi tirus di foto selfie, ada mode beautification juga tentunya. Selain itu teknologi ASUS SelfieMaster, yaitu aplikasi beautification dengan level 1 sd. 10 yang bisa dipilih. Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk foto selfie, video selfie atau live streaming di sosmed.

Kamera belakang, indoor, siang
Kamera belakang, indoor, low light

Sementara untuk kemera belakang, resolusinya 16MP f/2.2 dengan sensor yang cukup besar juga. Dengan begitu hasil fotonya tetap bagus walau kondisi cahaya redup. Ngga ketinggalan juga ada dukungan teknolosi ASUS PixelMaster yang memberikan berbagai pilihan mode memotret seperti Auto, Manual mode (pro), beauty, super resolution, GIF, Panorama dan TimeLapse.

Selain itu, tersedia juga berbagai pilihan filter pada kameranya. Filter-filter tersebut bisa digunakan baik saat selfie dengan kamera depan, maupun saat memotret dengan kamera belakang.

Anyway, secara keseluruhan aku suka karena ZenFone 4 Selfie ngga cuma unggul di bagian kamera selfienya aja, tetapi juga masih bisa diandalkan di sisi performa untuk menunjang aktivitasku sehari-hari sebagai blogger dan juga traveler.

Spesifikasi dan review lengkap sudah aku tulis dan posting di blog infoteknoe, silakan cus ke Review ZenFone 4 Selfie ZD553KL. Spesifikasi lengkap dan berapa harga ZenFone 4 Selfie juga ada di sana infonya.

Oya, kalau tertarik ingin membeli ZenFone 4 Selfie atau seri ZenFone 4 Selfie Pro, coba deh beli di official storenya ASUS di Lazada. Kalau ngga salah saat event launching kemarin, sempat diinfokan bahwa untuk setiap pembelian 1 unit ZenFone 4 Selfie/Selfie Pro, akan mendapatkan gift box berisi pernak-pernik oppa ganteng Gong Yoo. Jadi, langsung aja klik Asus Official Store di Lazada ya.

Oya, di paket pembelian ZenFone 4 Selfie ini kita sidah dapat earphone dan soft case lho. Asik, kan?

10 thoughts on “Ini Yang Aku Suka Dari ZenFone 4 Selfie

  1. Wah cakep banget mbak hasil fotonya asus zenfone 4. Di low light juga masih bagus ternyata. Slot nya juga ada 3 jadi enak bisa 2 simcard dan 1 sd card.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.