Website dan Blog

Indonesianholic(dot)com – Review Blog

Namanya Akbar. Jika mengetahui nama lengkapnya, mungkin membuat yang mendengarnya akan melahirkan pertanyaan baru. Akbar Kadabra. Betul itu nama aslimu, Akbar?

Pagi ini aku dibuat tersanjung oleh sebuah mention di twitter. Akbar menjawab sebuah pertanyaan yang dilemparkan oleh akun resmi Garuda Indonesia. Berikut adalah screen capture dari conversation twitternya.

Review Blog indonesianholic.com
Membaca pujian itu, selain membuat pipiku yang chubby ini bersemu, aku juga jadi ingin menulis sebuah review untuk blog milik Akbar yang sering aku intipin setiap kali hendak menuliskan catatan perjalanan saat aku backpacking ke Makassar. Karena Akbar adalah pemuda ganteng kelahiran Makassar, maka wajar saja jika blognya itu memuat banyak informasi tentang obyek wisata di Sulawesi Selatan, selain juga memuat banyak cerita tentang destinasi wisata lain di wilayah Indonesia yang pernah ia datangi.

Aku suka headernya yang sangat cocok dengan nama blognya, www.indonesianholic.com. Mencirikan seorang yang mencintai tanah kelahirannya. Indonesia, dengan kekayaan adat dan budaya, keberagaman bahasa, serta keindahan alam yang seolah tak pernah habis untuk dijelajahi. Meski dengan berbagai konflik yang ada di Indonesia, yang diwakili dengan kata pessimist, uncomfort, & careless yang tertulis blur diatas background warna merah.

Dan semua kata negatif itu kemudian tenggelam dengan adanya sebuah kalimat yang ditulis tebal berwarna putih. Kalimat itu menggambarkan jiwa nasionalisme seorang pemuda Indonesia. Yeah! WHATEVER I LOVE INDONESIA.

header whaever i love Indonesia

Sebagai seorang dengan hobi traveling, menuliskan catatan perjalanan adalah salah satu bentuk aktualisasi diri dari kata mencintai Indonesia. Menjadi duta pariwisata dengan mempromosikan berbagai destinasi wisata Indonesia melalui blog. Dan setiap tulisan yang dibuat oleh Akbar sangat informatif, berbagai tips juga dishare olehnya. Ditunjang dengan foto-foto yang ciamik hasil bidikannya. Membaca postingan blognya dan melihat koleksi fotonya, bersiap-siaplah untuk ‘ngiler’ karena ingin juga pergi ke tempat yang pernah Akbar datangi itu.

Ia juga memiliki impian untuk bisa menjelajah seluruh penjuru nusantara, serta mencicipi berbagai destinasi wisata luar negeri. Impian ini tergambar dari Menu blognya. Di sebelah ‘Home’, dapat dlihat menu ‘Indonesia’ dan ‘Luar Indonesia’. Hmm.., semoga cita-citamu tercapai, ya, Akbar. Aamiin.

Secara pribadi, aku mengenal Akbar sebagai pemuda yang ramah dan bersahabat. Aku bertemu dengannya pertama kali yaitu di Benteng Fort Rotterdam, Makassar. Bersamanya kami lalu jalan-jalan ke Pantai Losari. Dan di pantai Losari menjelang senja, aku dan teman-teman ditraktir oleh Akbar, makan pisang eppe, kuliner khas Makassar. Beberapa hari setelah itu, ia mengantar kami untuk jalan-jalan ke air terjun Parang Loe. Di air terjun inilah aku sempat mengobrol sedikit tentang blog dan travel blogger.

Saat itu, ia sempat bilang bahwa pengajuannya untuk ijin memasang banner TRAVEL BLOGGER INDONESIA ditolak. Sebaris pesan sebagai alasan mengapa permohonan ijinnya tidak disetujui adalah karena belum banyak postingan tentang traveling dalam blognya. Sekarang, bisa dilihat, di bagian footer blog, selain banner Celoteh Backpacker, banner TRAVEL BLOGGER INDONESIA telah terpasang dengan manis disana. Selamat ya, Akbar.

Satu hal yang saya sayangkan dari blog Indonesianholic.com ini adalah bagian kolom komentar. Akbar hanya membolehkan pengguna terdaftar untuk menyumbang komentar di blognya. Pengguna terdaftar itu hanya mencakup; pengguna dengan Google Account, Live Journal, WordPress, TypePad, AIM, & OpenID. Akbar, buka kolom komentar untuk semua orang, please. Jadi, aku bisa komentar dengan nama domainku, nurulnoe.com. hihihi 😀

Terakhir dari saya, blogwalking lah ke travel blog milik Akbar. Jelajahi Indonesia melalui www.indonesianholic.com. Best view untuk blog indonesianholic.com adalah dengan mozila firefox. Entah kenapa, beberapa kali aku coba buka blognya dengan google chrome, loadingnya sedikit lebih lambat dibanding dengan mozila.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.