Impian Memulai Bisnis Bersama Asus AiO ET2040INK

Aku baru saja nonton video youtube tentang PC All in One merek ASUS seri ET2040INK. Luar biasa sekali! PC jenis AiO menjadi hal baru dari dunia digital yang sukses membuatku melongo. Sudah se-mengagumkan itu ya penemuan teknologi? Komputer sekarang bentuknya makin simple. CPU dan monitor dijadikan satu. Layar sentuh pula! Malah ada beberapa hal yang bisa kita lakukan tanpa harus menyentuh. Cukup dengan menggerakkan tangan di depan sensor saja. W-O-W, wow!

Di tengah kekagumanku pada kecanggihan PC AiO itu, kenangan masa lalu tiba-tiba muncul.

Kenangan Tentang Komputer

Aku ingat pertama kali berkenalan dengan komputer. Waktu itu aku baru duduk di bangku SMK. Masa putih abu-abu. Komputer yang kukenal dulu bentuknya sangat jauh dari kesan simple dan elegan seperti yang ada sekarang. CPU besar, dengan monitor yang lebih besar lagi karena masih menggunakan tabung. Memoriku tentang komputer masa itu juga membuatku teringat pada cara pemindahan data menggunakan floppy disk. Lalu perlahan sitem perpindahan data pun berevolusi jadi disket yang lebih kecil, dan sekarang sudah digantikan dengan flashdisk, juga memory card yang semakin kecil saja bentuknya.

PC yang pertama kukenal (sumber: syedgakbar.com)
PC yang pertama kukenal (sumber: syedgakbar.com)

Lulus SMK, aku migrasi dari kampung ke kota Cilegon untuk melanjutkan kuliah. Di masa itu aku hampir setiap hari menggunakan komputer saat belajar. Wajar saja, jurusan yang kuambil adalah komputer akuntansi. Sampai memasuki dunia kerja, aku lumayan mahir menggunakan komputer untuk kebutuhan kantor, terutama menjalankan program Microsoft Office.

Lama-kelamaan, hidupku seolah tak bisa lepas dari komputer. Terlebih saat aku mulai menjalankan bisnis online. Lalu aku beli netbook ukuran 10″ dengan tujuan untuk menunjang kelancaran bisnis. Sayangnya, seiring berjalannya waktu netbook-ku KO karena dimakan usia. Bisnisku pun bubar. Terlebih saat aku mulai menemukan hobi baru, yaitu traveling.

Terfikir Mulai Bisnis Lagi

Punya hobi traveling rasanya sangat menyenangkan. Sampai-sampai aku pernah punya keinginan untuk bekerja di bidang yang sama. Tujuannya sih sederhana, supaya bisa bekerja sesuai passion, yaitu traveling untuk bekerja. Sampai kemudian seorang teman mengubah cara pandangku. Katanya, “biarkan hobi tetap menjadi hobi, jangan jadikan sebagai pekerjaan karena nantinya pekerjaan bisa saja membawa kita pada titik jenuh”. Iya benar juga sih!

Dan akhirnya aku sampai pada satu kesimpulan, bahwa yang kita butuhkan hanyalah keseimbangan. Ada waktunya bekerja, ada waktu untuk keluarga dan ada waktunya menjalankan hobi.

Traveling sekeluarga. Asik sih. Tapi lama-lama tekor!
Traveling sekeluarga. Asik sih. Tapi lama-lama tekor!

Tapi, menjalankan hobi juga butuh modal. Mengandalkan gaji tentu ngga akan cukup. Apalagi kalau impian travelingnya ngga tanggung-tanggung. Ingin ke Raja Ampat misalnya. Atau ingin keliling Eropa. Nabung? Duh, lama! Aku suka ngga sabaran. Haha.

Bisnis Apa Yang Paling Mungkin?

Untuk banyak impian dalam hidupku, rasanya sangat cukup untukku memulai bisnis lagi. Sayangnya sampai sekarang masih clueless, ngga tau mesti bisnis apaan. Dagang online lagi? MLM online lagi? Atau… bisnis online lain yang berhubungan dengan hobi traveling? Aku rasa ide terakhir itu bisa jadi pilihan bagus!

Tetapi dalam prinsipku, kerjakan apa yang paling mungkin untuk dikerjakan segera. Dengan kata lain, tak perlu menunggu sempurna untuk memulai sebuah bisnis. Jadi sepertinya, jualan online bisa jadi pilihan paling mungkin saat ini. Apa lagi sekarang ada banyak perusahaan e-commerce yang bisa dijadikan tempat untuk ngelapak. Terkendala modal? Ah, itu bisa diatasi dengan jadi reseller. Well, dagang di jaman sekarang memang udah ngga seribet dulu.

IMG_3350
Foto bersama open trip ke Krakatau – Lampung

Selain itu, aku juga tetap ingin merintis bisnis di bidang travel. Yang ini sebenarnya aku sudah lama mulai. Hanya saja belum dioptimalkan. Kegiatan bisnis yang sudah coba dijalankan yaitu open trip ala backpacker ke Krakatau, Kampung Baduy, Kepulauan Seribu, Ujung Kulon dan Pahawang.

Aku sedang mengevaluasi, sebenarnya apa yang membuat usahaku maju dengan lambat? Kurasa jawabannya adalah kurangnya motivasi dan minimnya alat penunjang. Walau sebenarnya faktor utama dalam membangun usaha adalah kemauan dan kegigihan. Tapi toh aku hanya manusia yang bisa merasa lelah kalau terus-menerus diserang mahluk bernama double R, alias Repot & Ribet.

Asus All in One PC, Penunjang Kesuksesan Bisnis

Kembali lagi ke All in One PC.

comic asus AiO ET2040 1

Saat ini, aku sedang memimpikan memiliki All in One PC merek ASUS seri ET2040INK .

Mengapa? Ini dia beberapa alasan utama mengapa aku memilih ASUS AiO ET2040INK.

1. Pertimbangan Harga

Pertama, dari sisi harga yang masih relatif terjangkau, yaitu di kisaran 5 jutaan. Ini karena ASUS AiO ET2040INK menggunakan prosesor intel celeron yang dari sisi harga memang lebih ekonomis dibanding prosesor lain. Kalau aku lihat PC All in One keluaran ASUS, banyak yang harganya lebih mahal dan tentunya dengan spesifikasi yang lebih bagus juga. Itu mah gampang lah bis upgrade nanti kalau bisnis udah jalan dan target tercapai kan?

Untuk awal, aku merasa mantap dengan ASUS AiO ET2040INK. Lagi pula skala bisnisnya juga masih kecil. Dengan Ram 2GB dan kapasitas hard disk 500GB sudah lebih dari cukup untuk menjalankan program-program ringan dan menyimpan data seperti foto-foto produk atau foto panorama untuk menggaet minat peserta open trip.

2. Prosesor Intel Celeron Terbaru

Lebih dingin, tidak cepat rusak dan hemat daya listrik menjadi keunggulan dari prosesor Intel Celeron. Dengan begitu ngga akan terlalu masalah jika harus bekerja dalam waktu yang lama. Misal edit foto-foto produk sebelum diupload ke etalase toko online, atau membalas banyak pertanyaan pelanggan melalui chat dan email. Hal itu tentu membutuhkan waktu berjam-jam. Dengan prosesor yang ngga cepat panas, tentu pekerjaan akan lancar.

performance
Photo editing menggunakan ASUS AiO ET2040INK

Walaupun dari beberapa sumber yang kubaca, Intel Celeron memiliki kekurangannya sendiri, yaitu lebih lambat dibanding prosesor jenis dual core series dan tidak cocok untuk main game. Tapi kalau baca lagi spesifikasi di web resminya tentang ASUS AiO ET2040INK, prosesor Intel Celeron terbaru yang ditanamkan di dalamnya udah asik banget untuk segala kebutuhan. Baik untuk edit foto dan video, nonton film, putar musik, internetan, atau main game, kinerjanya cepat. Untuk multitasking pun oke. Yup! Yang macam ini memang yang aku butuhkan!

3. Desain Tipis & Hemat Ruang

Bentuk All in One PC yang simple banget itu tentu menguntungkan buatku yang cuma punya rumah sempit. Jadi ngga butuh meja & ruang kerja khusus. Aku udah bayangin sih untuk bikin meja lipat yang bisa dipasang di dinding seperti yang pernah kulihat di kamar hotel budget waktu traveling ke Surabaya. Mirip meja tulis yang menempel di kursi pesawat dan bisa dilipat jika sedang tidak digunakan.

Maklum, aku kan emak-emak yang masih nyusuin. Kadang harus manfaatin waktu saat bayi tidur untuk kerja. Kayaknya bakal repot kalau anak tidur di kamar, lalu aku harus keluar kamar ninggalin bayi mengerjakan bisnis di depan komputer. Tetapi dengan ASUS AiO ET2040INK di meja dekat tempat tidur aku bisa mengerjakan bisnis sambil nungguin bayi di kamar. Kalau sudah selesai, PC tinggal pindahkan lagi ke meja lain yang lebih aman. Ah, sip!

4. Layar Sentuh 10 Jari

Terbiasa dengan smartphone untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, kadang aku gagap ketika beralih ke laptop atau PC. Sering jariku latah menyentuh shortcut skype di layar laptop ketika akan melakukan video call. Setelah dua kali sentuh dan aplikasi tidak kunjung terbuka, baru aku sadar kalau yang sedang kuhadapi bukanlah tablet maupun smartphone layar sentuh. Haha.

Itulah mengapa aku langsung jatuh cinta ketika tau bahwa PC model All in One sudah biaa layar sentuh. Kerennya lagi, pada ASUS AiO ET2040INK ini sudah didukung dengan layar sentuh 10 jari.

Teknologi ini tentu akan sangat membantuku dalam banyak hal dalam menjalankan bisnis.

5. Complete Connectivity

Nah untuk konektifitas, ASUS AiO ET2040INK sudah dilengkapi dengan 3 port USB seri 3.0 yang sudah dikenal lebih cepat dalam hal transfer data. Selain itu, port USB 3.0 ini juga bisa digunakan untuk mengecas gadget seperti smartphone atau tablet dengan 50% lebih cepat dibanding port USB tipe 2.0. Walau demikian, port USB 2.0 nya juga tetap ada kok. Port USB 2.0 tersebut bisa digunakan untuk sambungan keyboard tambahan jika diperlukan, juga mouse tentunya.

spesifikasi Asus AiO ET2040
Innovative gesture control & port konektifitas

Dan tentunya, dilengkapi juga dengan port HDMI untuk menyambungkan ASUS AiO ET2040INK dengan layar yang lebih besar. Ada card reader 3 in one untuk membaca berbagai memory card. Yang ini aku sangat suka sebab ngga perlu sibuk cari card reader model USB yang sukanya nyelip dan menghilang ketika dibutuhkan. Dengan slot card reader di PC, jadi bisa mempercepat waktu pemindahan data, seperti memindahkan foto produk dagangan dari SD card kamera setelah pemotretan.

Untuk koneksi internet kabel, tersedia port RJ-45. Ya, kalau kebutuhan dengan internet sudah tidak cukup hanya dengan modem dan kartu GSM, sebaiknya memang berlangganan internet kabel saja supaya lebih stabil dan bisnis online tetap berjalan lancar. Ya kan?

Daya Tarik Lain

Dari sisi layar, ukurannya 19.5″ HD widescreen. Akan cukup lebar dan nyaman untuk mata minusku. Dengan resolusi 1366 x 768 piksel, dan backlight LED, menjadikan layar ASUS AiO ET2040INK punya tampilan yang tajam dan cerah. Foto dan video juga terlihat lebih hidup.

display

Belum lagi fitur canggih Innovative Gesture Control. Kebayang kalo pas istirahat, sambil boboan ngelonin bayi, bisa denger musik lembut untuk pengantar tidur. Nah, kalau mau ganti lagu, atau mau atur besar dan kecilnya suara, tinggal gerak-gerakin tangan aja tanpa harus ngelepas si bayi yang lagi asik nempel buat nenen. Ahay, asik baget pasti!

Oya, ngomongin soal memutar musik di PC AiO ET2040INK, jadi inget teknologi SonicMaster yang ASUS punya. Teknologi suara yang menghasilkan suara detil, nge-bass dan jernih sejernih kristal. Dia juga punya pengaturan tuning yang mudah, dengan 5 mode berbeda yang bisa dipilih. Ya, pilih aja mana yang sesuai, apakah untuk mendengarkan musik, film, main game, recording atau speech.

audio-1
Teknologi suara SonicMaster yang amazing

Satu hal lagi yang aku suka dari sekian banyak daya tarik ASUS AiO ET2040INK adalah sistem built-in back up power.

Built in back up power pada ASUS AiO ET2040INK, membuatnya sanggup bertahan sampai dengan 1 jam. Jadi kalau tiba-tiba mati listrik, ngga perlu kuatir data ilang ya. Karena PC akan tetap nyala karena punya penampung daya cadangan di dalamnya.

Hmmh… *take a deep breath* Berandai-andai punya usaha dan didukung peranglat canggih bernama ASUS AiO ET2040INK kok rasanya nikmat banget ya. Menjalankan bisnis tidak hanya sekedar dimudahkan, tetapi juga menyenangkan.

Nah, katanya kan kalau mengerjakan sesuatu dengan hati senang, hasilnya juga bisa maksimal. Dengan begitu, rejeki makin lancar. Dapur terus ngebul. Bisa nabung untuk pendidikan dan masa depan anak. Juga yang ngga kalah penting, bisa sisihkan dana untuk traveling. Yeay!

Ayolah, kita wujudkan! *lari ke toko komputer terdekat*

***

Referensi:Β www.asus.com/AllinOne-PCs/ET2040INK/

40 thoughts on “Impian Memulai Bisnis Bersama Asus AiO ET2040INK”

  1. Sebagai loyal user Asus, yg ini memang aku rekomendasiin buat kamu, Noe *hadaaahh gayaneee duta opo ikiii… :))
    Beneran loh, mulai hape, pad, sampe laptop kan aq pake Asus semua. Terbantu banget deh untuk semua aktivitas online. Semoga impian berbisnis bersama Asusnya diamini oleh semesta raya muuaachhh…

  2. Siapa juga yang ngga mau punya all in one PC kaya gini. Bahagia banget pasti. Kepikiran mau ganti laptop, tapi buat belinya belum ada. Harga ASUS ini di kisaran 5 juta ya, berarti harus giat lagi nabungnya supaya kesampaian punya ASUS ini. Ihikkk

    1. Yups Uci, dari seri All in One Asus, yg tipe ini kuliat yang spec udh lumayan tp hrg terjangkau. Cukup lah utk skala bisnis rumahan πŸ˜‰

    1. Asus nya mama bo leptop yaa.. Ih asik bgt kayaknya masuk tasnya mama bo dibawa traveling around thr world nih

  3. aku kenal komputer juga pas SMK mbak, masih pakai floppy disk juga. perkembangan teknologi lumayan pesat ya beberapa tahun belakangan ini.
    sepertinya Asus seri ini memang diciftakan untuk kita yang pengen usaha online tapi budget masih mini ya mbak xixiixiii..
    semoga tercapai impian buka usahanya mbak πŸ™‚

    1. Iyaah betul, asus seri ini cocok buat kita yg br merintis bisnis dr rumah, baik dr sisi harga maupun desainnya yg butuh banyak ruang yaa. Makasih doanyaa. Sukses utk mu jugaa

  4. Jadi inget komputer Yg monitor ya kayak ka rung beras hahaha, canggih ya skrg komputer layar sentuh. Aq dan suami jg lagi nyari2 komputer buat osama gambar nih.

  5. Komputer sekarang simple banget ya. CPU & monitor udah jadi satu aja. Fiturnya semakin canggih pula, pake sensor gerak gitu. Kereeen! Btw, mau bisnis baju online lg nih, Noe? Apa travel aja?

Leave a Reply