Technology

Huawei Nova 3i

Inget nggak, setahun lalu aku bikin blog infoteknoe dot com. Niatnya mau rajin nulis tentang info-info seputar teknologi gadget di sana. Sepertinyang mau aku bahas di postingan ini, Huawei Nova 3i yang baru launching tanggal 31 Juli lalu di Jakarta.

Tapi sebelum itu, boleh ya aku curcol dulu soal domain infoteknoe yang baru aja wafat. Heuheu.

Yha, kondisiku yang punya bayi lagi bikin aku kewalahan. Ditambah, aku lagi butuh fokus untuk mencapai cita-cita di bidang newborn photography. Jadi setelah kufikir lagi, kayaknya aku emang nggak sanggup urus banyak blog. Lalu kuputuskan untuk tidak memperpanjang domain itu deh.

Nah, mulai sekarang, info, review atau apapun yang berbau teknologi, akan balik lagi dipublish disini. Toh, aku udah jarang traveling juga. Kalau pun sesekali jalan-jalan, jarang juga aku nulis travel story seserius dulu. Huehe.

Yaudah, sekarang back to topic tentang smartphone barunya Huawei.

Nova 3i, Sang Superstar dengan AI dan Quad-Camera

Huawei Nova 3i adalah generasi ketiga perangkat nova i. Generasi pertamanya diperkenalkan pada tahun 2016 dengan ciri khasnya berupa disain fashionable dan kamera yang mumpuni untuk smartphone fotografi. Nah di nova i generasi ketiga ini tentunya telah banyak peningkatan sehingga ia layak untuk dimiliki.

Kalau aku lihat highlight dari press release yang aku dapat, Nova 3i disebut sebagai mahakarya teknologi tinggi yang menyajikan pengalaman smartphone premium pada perangkat cantik dan layak dimiliki bagi yang ingin menjadi fashionista.

Penasaran seperti apa desain Nova 3i? Intip juga yuk keunggulan lainnya!

Desain Fashinable

Huawei nova 3i adalah ponsel dengan harga terjangkau namun memiliki disain premium. Terlihat trendi dan memukau dengan body yang menampilkan gradasi Iris Purple, yaitu perpaduan warna biru dan ungu di bapik lapisan kaca, berpadu secara harmonis dan terlihat kontras seperti neon dan tampak futuristik.

Kabarnya, disain tersebut diciptakan dengan teliti, deki menghasilkan smartphone yang fashionable.

Pada sisi layar, Huawei Nova 3i menawarkan FullView display yang lebar, dengan rasio screen-to-body yang amat tinggi dan tampilan depan yang sangat estetis. Huawei nova 3i menggunakan layar FHD+ generasi terbaru, berukuran 6,3 inci (2340×1080) dan rasio 19.5:9. Dengan spek seperti ini, layar Huawei nova 3i dapat menampilkan gambar yang lebih besar dan lebih tajam, meski terlihat lebih ramping ketimbang pendahulunya. Pembaruan lainnya adalah reproduksi warna: generasi terbaru ini mencakup 85 persen gamut warna, lebih tinggi 10 persen ketimbang generasi sebelumnya, sehingga hasilnya adalah pengalaman melihat layar tanpa tandingan.

Oya, bagian depan Huawei nova 3i menampilkan desain yang simetris dan estetis. Speaker untuk telinga diletakkan dengan cantik di antara dua sensor. Di belakang layar yang memiliki notch itu terdapat lapisan kaca yang bertugas melindungi frame tengah yang terbuat dari paduan material aluminum-magnesium. Lapisan kaca ini bertransisi secara tak kasat mata ke frame tengah, sehingga perangkat ini tetap ramping dan nyaman digenggam.

Intinya, Huawei Nova 3i adalah buah dari karya teknologi yang tinggi, dengan warna gradasi Iris Purple yang akan menjadi trend baru di dunia smartphone. Tersedia juga warna hitam untuk pengguna yang lebih menyukai warna netral.

Quad AI Camera

Huawei nova 3i dilengkapi dengan 4 kamera yang sudah mendukung AI teknologi. 2 kamera di bagian depan dengan kombinasi sensor utama 24MP dan 2MP; dan 2 kamera belakang dengan sensor 16MP dan 2MP.

Selfie Kamera
Pada kamera depan, lensa utama bertugas merekam detail dengan lensa lebar yang memiliki bukaan atau aperture f/2.0, sementara lensa kedua 2MP merekam data kedalaman dengan hardware pendeteksi kedalaman yang didedikasikan. Saat kedua lensa bersinergi, terciptalah foto-foto yang menakjubkan dan efek bokeh yang otentik. Sebagai tambahan, HUAWEI nova 3i bisa mengenali lebih dari 200 skenario dari delapan kategori, antara lain Blue Sky, Plant dan Beach, dan menerapkan satu set optimalisasi yang unik pada tiap pemotretan sambil melakukan beautification pada obyek foto secara terpisah.

Algoritma beautification juga dapat mendeteksi jenis kelamin penggunanya. Sehingga tak akan terjadi foto selfie seorang pria yang wajahnya tampak cantik dengan bibir merah dan kumisnya hilang atau terlalu mulus. Bahkan warna kulit penggunanya juga dapat dideteksi dan secara cerdas akan memilihkan mode portrait terbaik untuk penggunanya.

Lebih jauh, hardware pada Huawei nova 3i mendukung pratinjau cuplikan HDR secara real-time. Perangkat nova i generasi ketiga ini juga mendukung lima pencahayaan berkualitas studio, yaitu pencahayaan lembut, pencahayaan kupu-kupu, pencahayaan panggung, pencahayaan terpisah, dan pencahayaan klasik. Huawei nova 3i dapat secara akurat memetakan lima fitur wajah subyek foto dan mengembangkan model 3D, yang kemudian digunakan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan pencahayaan tambahan atau perlu dilakukan beautification.

Kamera Belakang
Sementara itu, kamera belakang Huawei Nova 3i juga cukup powerful. Sebab Huawei Nova 3i memang disiapkan sebagai perangkat yang dibuat bagi mereka yang menganggap smartphone sebagai alat yang amat penting untuk mengekspresikan dirinya.

Kombinasi sensor utama 16MP dan sensor kedua 2MP dapat memotret foto dan video yang cerah sambil merekam data kedalaman untuk menciptakan efek bokeh profesional, sehingga menghasilkan foto-foto yang tampak alami.

Huawei bahkan megklaim bahwa teknologi AI yang ditanamkan pada Nova 3i adalah yang terbaik di industri smartphone.

Teknologi AI bertindak sebagai “photography mastermind,” yang dapat membedakan lebih dari 500 skenario, memilah-milahnya ke dalam 22 tipe dan melakukan optimalisasi pada tiap pengambilan gambar. Saat dipakai mengambil foto, handset ini akan membantu pengguna dengan komposisi yang cerdas, membuat seorang amatir pun bisa dengan mudah memotret dengan hasil yang cantik.

Video
Lalu untuk video, kamera belakang Huawei Nova 3i memiliki fitur untuk perekaman video gerak super lambat 480fps. Dengan begitu pengguna bisa dengan mudah memperlambat momen-momen yang penuh kecepatan, sehingga tampak lebih dramatis. Misalnya, merekam video perempuan berambut panjang yang dihenbus angin pantai. Atau merekam wajah imut bayi baru lahir saat matanya berkedip untuk pertama kali. Sila dibayangkan bagaimana awesomenya!

3D Qmoji
Selanjutnya pada fitur kamera, dengan pembelajaran mesin AI, Huawei nova 3i juga mendukung 3D Qmoji, sebuah fitur menyenangkan yang akan mengubah wajah pengguna menjadi avatar digital. Menarik, bukan?

Performa kelas premium dengan dukungan fitur-fitur AI

Pasar smartphone saat ini telah banyak diisi oleh perangkat yang diklaim sudah mendukung AI. Salah satunya Huawei nova 3i, yang bisa menjadi platform ideal bagi kaum muda yang berani mengeksplorasi AI masa depan.

UE & UI
Pada satu sisi, Huawei memastikan user experience AI yang berkualitas tinggi dengan dukungan prosesor Kirin 710 SoC; di sisi lain, Huawei sudah menghadirkan ekosistem yang lengkap pada antarmuka EMUI-nya. Kombinasi UE & UI yang baik tersebut akan memastikan kita bisa menggunakan Huawei Nova 3i sebagai penunjang aktivitas sehari-hari dengan nyaman dan menyenangkan. Mau berbelanja, mengatur galeri, menikmati komunikasi yang jernih, mendengan musik atau nonton dan lain-lain, bisa dilakukan dengan mudah lah.

Gaming
Huawei nova 3i juga mendukung AI gaming mode yang mendorong performa SoC semaksimal mungkin tanpa gangguan. Berbagai notifikasi dan atau panggilan telepon yang kurang penting, dapat diblokir supaya tak mengganggu permainan. Sebagai tambahan untuk Kirin 710 SoC dan RAM sebesar 4GB, Huawei nova 3i juga menggunakan GPU Turbo untuk mengoptimalkan kemampuan pemrosesan grafisnya. GPU Turbo adalah teknologi pengakselerasi pemrosesan grafis yang mengubah cara grafis diolah di level sistem; fitur ini meningkatkan integrasi software-hardware, sehingga bisa menjalankan game yang memiliki grafis paling intensif sekalipun, dengan mendongkrak performa dan efisiensi.

Memory
Huawei Nova 3i dibekali internal memory sebesar 128GB. Ruang penyimpanan yang sangat besar untuk menyimpan banyak foto dan video yang mungkin dihasilkan penggunanya, mengingat Nova 3i memiliki kinerja kamera yang memuaskan.

Lalu, bagaimana dengan harganya?
Mulai tanggal 31 Juli 2018, Huawei nova 3i sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 4.199.000.-

Borong yuk!

3 thoughts on “Huawei Nova 3i

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.