How To Blog Through Smartphone a la Noe

Aku memiliki harapan besar di tahun 2017 dalam hal blogging. Mungkin sama besarnya dengan harapanku di awal tahun lalu. Ingin meningkatkan skill, lebih produktif dan lebih bermanfaat. Bermanfaat tidak saja untuk pembaca, tetapi yang lebih penting adalah untuk keluarga.

Kita semua tau, dunia blogging sekarang sudah jauh berbeda. Banyak peluang yang bisa didapat dari blog. Peluang yang mendatangkan rejeki dan sangat kusyukuri selama 2 tahun terakhir ini. Sayangnya keingininan mendapat rejeki berupa notebook dengan processor Intel Core i7 di tahun 2016 belum tercapai.

Tau ngga kenapa processor intel core i7 ini menjadi idaman? Karena kita bisa mendapat banyak pengalaman hebat kalau pakai PC atau notebook dengan processor intel core i7. Lebih bertenaga, lebih hemat daya baterai, lebih responsive, transfer data secepat kilat, ngga akan keok kalau dipakai edit & rendering video atau main game berat sekalipun.

By the way, seiring banyaknya peluang dari blog, persaingan pun semakin ketat. Kualitas blog dan bloggernya tidak hanya dinilai dari tulisan saja, tetapi juga konten kreatif sebagai pendukung.

Aku mencoba mengikuti perkembangan. Berusaha belajar hal baru yang dibutuhkan agar tak tertinggal. Usaha yang kulakukan mulai dari browsing tutorial lalu mencoba praktek sendiri, sampai ikut workshop berbayar yang sesuai kantong. Tetapi nyatanya, aku tetap merasa tertinggal. Istilah jawanya, kepunthal-punthal alias overwhelmed gitu.

Wajar saja, peralatan tempur yang kumiliki untuk blogging hanya sebatas smartphone ditambah sebuah kamera tua untuk membuat foto pendukung. Untungnya, aku memiliki tingkat Emotional Question yang lumayan.

Sehingga keterbatasan bukanlah alasan untuk menyerah. Aku tetap berkarya walau tak sempurna.

Jika kalian berteman denganku di sosial media, kalian pasti pernah melihat beberapa video yang kubuat atau juga infografis sebagai pendukung tulisan. Ya, walupun semua serba seadanya dan tidak sebagus mereka yang sudah pro.

But, hey! Aku mengerjakan itu hanya dengan sebuah smratphone lho. Walau hasil seadanya, setidaknya aku berkarya. Bukankah itu sebuah kebangganan? Eaa.

Kadang aku suka mikir, gimana kalau aku punya laptop yang bagus ya? Seperti ASUSPRO P2430UA, notebook stylish dengan teknologi mutakhir. Mungkin aku bisa menghasilkan karya dan konten kreatif yang lebih bagus. Dan yang pasti, kegiatan bloggingku semakin lancar.

How To Blog Through Smartphone While Dreaming of ASUSPRO P2430UA

Anyway, yang dimaksud kegiatan blogging itu seperti apa sih? Apa saja prosesnya? Dan mengapa membutuhkan laptop?

Menurutku ada 5 hal pokok yang biasanya dilakukan blogger menggunakan laptop atau pun PC untuk blogging. Ini berdasarkan kebiasaanku ya.

1. Menulis

Bicara soal menulis blog, aku jadi ingat waktu ikut gathering komunitas ZenTalk di Kota Tua Jakarta. Kalau tidak salah sekitar pertengahan tahun 2016. Waktu itu ASUS baru saja meluncurkan smartphone seri ZenFone Max. Ada kompetisi live blogging tentang ZenFone Max selama acara.

Rata-rata peserta yang datang membawa laptop untuk memudahkan live blogging. Lha aku malah sibuk nulis di aplikasi Note Everything di smartphone. Lalu salah seorang panitia acara menghampiriku.

“Mau pakai notebook ASUS, mba?” tanyanya.

Walaupun aku sudah sangat terbiasa menulis di smartphone, tetapi kalau ditawari pinjaman notebook ya jelas aku mau. Dan itu untuk pertama kalinya aku ngetik di notebook ASUS. Sumpah asik banget rasanya.

Aku kurang faham tipe apa notebook yang dipinjamkan padaku waktu itu. Tapi yang kuingat jelas, layarnya lebar. Sekitar 14 inchi. Keyboardnya dirancang dengan memperhatikan kenyamanan dalam mengetik. Nah, untuk ASUSPRO P2430UA juga pasti sangat nyaman untuk mengetik karena memiliki One-Piece Chiclet Keyboard.

One Piece Chiclet Keyboard adalah design keyboard yang memperhatikan faktor ergonomis, dengan penempatan tombol yang presisi untuk menghadirkan kenyamanan saat mengetik.

2. Edit Content

Aplikasi favoritku di smartphone untuk edit foto adalah Snapseed. Setelah proses editing, biasanya foto akan aku resize menggunakan aplikasi picsart. Agak kesal juga sama google, kenapa Snapseed ngga dilengkapi fasilitas resize foto. Biar lebih praktis di satu aplikasi saja gitu kan. Boleh dilihat contoh foto sebelum dan sesudah diedit olehku:

Editing yang kulakukan terhadap foto biasaya hanya sebatas mengedit kecerahan warna agar lebih enak dilihat. Kan ngga asik kalau fotonya gelap atau buram.

Sedangkan untuk edit video, aku punya 2 aplikasi favorit, yaitu Power Director dan Quik. Aku menggunakan aplikasi power director versi pro untuk menghilangkan watermark, dan supaya bisa memproduksi video resolusi sampai Full HD. Tetapi sejak kenal Quik selama sebulan terakhir, aku jadi pindah ke lain hati.

Quik sangat user friendly, tidak ada watermark walau yang versi free, dengan kualitas video HD. Yang lebih asik lagi, Quik sudah menyediakan banyak themes untuk video yang akan diproduksi. Buat aku yang kurang memiliki jiwa seni, themes yang sisediakan Quik sangat membantu menghasilkan video yang lebih artistik dan menyenangkan untuk ditonton. Ini beberapa video buatanku menggunakan Quik;

Durasi 1 menit yang dibuat dari beberapa potongan video clip.

Durasi 42 detik yang dibuat dari slideshow beberapa foto.

Untuk banyaknya aplikasi yang kugunakan, aku tentu mengandalkan smartphone yang bertenaga dengan RAM dan ROM yang besar. Begitu juga seandainya pakai laptop. Untuk banyak software yang dibutuhkan, tentu harus menggunakan notebook yang bertenaga, serta RAM dan ROM yang cukup besar. Dengan begitu pekerjaan tetap lancar walau multi tasking, dan hasil kerja pun dapat disimpan dengan aman dalam hardisk drive.

Kalau melihat spesifikasi ASUSPRO P2430UA, dengan prosesor Intel® Core™ terbaru, ditambah DDR4 2133 MHz SDRAM dan 1TB HDD, itu sih bisa banget diajak kerja sama. Install Adobe Photoshop untuk edit foto dan membuat infografis? Ngga masalah. Di-install-in software video editor pun pasti oke.

3. Upload & Publish

Setelah menulis dan menyiapkan content pendukung, selanjutnya adalah upload dan publish di blog. Biasanya aku menggunakan browser Google Chrome. Entah mengapa aku kurang suka menggunakan mobile apps, baik itu untuk platform blog WordPress maupun Blogspot. Mungkin karena kebiasaan pakai mobile browser, jadi susah move on.

Pada tahap ini biasanya emosiku banyak terkuras. Pada layar smartphone yang cuma 5 inchi itu, perasaan kok tab editornya terlalu rapat. Jadi suka salah sentuh. Mau tekan tab justify, eh yang kena malah tab rata kanan. Hal-hal semacan itu lah. Belum lagi saat upload foto ke blog, sukanya lama karena harus upload satu per satu. Seingatku kalau lewat laptop bisa deh pilih beberapa foto sekaligus untuk diupload bersamaan. CMIIW. Aku udah lama banget ngga pakai laptop sih. Haha.

Anyway, kalau pakai notebook tentu proses ini jadi lebih menyenangkan. Apalagi layarnya ASUSPRO P2430UA berukuran 14″ dengan display anti-glare untuk kenyamanan penglihatan.

Permukaan layar matte untuk mencegah refleksi yang tidak diinginkan, sehingga mengurangi kelelahan mata. Wah, jangan-jangan layar notebook matte bakal lebih digemari, seperti halnya lipstick matte yang tanpa kilap itu lho. Karena ternyata, layar matte juga mencegah adanya noda sidik jari yang tidak sedap dipandang.

ASUSPRO

Selain itu, fitur Multi-gesture touchpad pada ASUSPRO P2430UA juga pasti akan membuat proses upload & publish menjadi lebih cepat. Multi-gesture touchpad adalah touchpad multi-touch dengan teknologi ASUS Smart Gesture yang memberikan pengalaman intuitif dan alami. Touchpad yang lebih mudah digunakan dan lebih presisi untuk scroll, memutar, dan zoom.

Tangan ngga perlu bolak-balik nyari mouse deh kalau mau klak-klik untuk atur tampilan konten sebelum publish.

4. Blogwalking

Setelah posting tulisan di blog, aku biasanya akan blogwalking dan berkomentar di blog teman. Harapannya supaya mereka berkunjung balik dan berkomentar juga. Haha. Iya aku mah suka ngarep orangnya. Soalnya kan ngga lucu gitu kalau tulisan di blog sepi komentar.

Eh, tapi bukan cuma ngarep komentar sih. Blogwalking itu seru. Bisa baca cerita menarik dari teman-teman blogger. Apa lagi para blogger yang selalu kekinian. Banyak konten menarik di blognya selain tulisan. Ada foto-foto yang keren, infografis yang kece, dan video yang asik untuk ditonton.

Nah, setelah baca spesifikasi ASUSPRO P2430UA, kayaknya sesi blogwalking bakal tambah asik deh. Karena pada sisi displaynya sudah terintegrasi dengan Intel® HD Graphics 520 dan NVIDIA® GeForce® 920M, sehingga warna yang dihadirkan memiliki kontras yang tinggi dan enak dipandang. Dengan begitu, konten kreatif milik taman blogger bisa dinikmati dengan lebih asik. Setiap scene video yang diputar juga pergerakannya smooth, ngga putus-putus macam tuan Chaplin lagi pantomim. Hehe.

5. Share ke Sosial Media

Selain mengoptimalkan keyword agar mudah ditemukan di Google, aku juga share URL tulisan ke sosmed. Tujuannya supaya menjaring trafik dari teman-teman sesama blogger yang aktif di sosmed. Tetapi masalahnya, kalau udah buka sosmed aku sukanya lupa diri.

Sosmed memang jadi godaan besar buatku. Bisa keasikan scroll dan baca status teman, ikut komentar lalu lupa waktu. Tetapi selama yang kulakukan di sosmed ngga kebablasan, aku rasa ngga masalah. Yang penting nimbrungnya hanya pada hal-hal yang menyenangkan dan positif aja, supaya jauh dari aura negatif dan hati selalu bahagia.

Dengan begitu, main sosmed bisa sekaligus jadi sarana untuk melepas stres. Apalagi kalau sambil diiringi irama musik, duh, makin sip lah.

Cuma ngga asiknya kalau main sosmed pake smartphone, suara musik dari mp3 player itu suka disela sama bunyi notif sosmed dan chatting app seperti whatsapp atau telegram.

Bakal beda ceritanya seandainya pakai notebook. Apalagi kalau notebooknya adalah ASUSPRO P2430UA yang dibekali Built-in Stereo 2 W Speakers & Analog Microphone. Ditambah ASUS SonicMaster Technology yang sudah pasti mampu memproduksi suara yang jernih dan sebening kristal.

Ya gitu deh, kalau baca review dan spesifikasi ASUSPRO P2430UA. Efeknya jadi mupeng dan membayangkan banyak hal hebat yang bisa dikerjakan.

Mengapa Harus ASUS?

Yang kuceritakan di atas baru beberapa saja. Masih banyak detil lain yang bisa membantu kinerja blogging terutama dalam menciptakan konten kreatif. Sebut saja port konektifitas yang lengkap, built in Bluetooth dan 3 in 1 card reader untuk kemudahan transfer data, dll. Spesifikasi lengkap silakan baca di bawah ya.

Last but not least, mengapa aku dan kamu semua layak mempertimbangkan ASUS, adalah karena ASUS memimpin industri dalam hal ramah lingkungan, berkomitmen meminimalkan dampak lingkungan sehingga mendapat julukan Green ASUS.

Green ASUS mencakup empat bidang, yaitu:

  1. desain hijau
  2. manufaktur hijau
  3. pengadaan hijau
  4. jasa hijau

Setiap kebijakan ASUS sangat berfokus dalam aksi menjaga planet dengan menciptakan produk yang bertanggung jawab. And you know what, Seri ASUSPRO berhasil menggabungkan 2 hal menakjubkan, yaitu harga yang lebih rendah dengan standar lingkungan tertinggi. Hal itu bisa kita lihat sepenuhnya melalui sertifikat EPEAT, Energy Star, dan RoHS yang berhasil diraih.

Keren, ya!

***

Spesifikasi ASUSPRO P2430UA

Memori
DDR4 2133 MHz SDRAM


Display
14.0″ 16:9 HD (1366×768) anti-glare


Grafis
Integrated Intel® HD Graphics 520
NVIDIA® GeForce® 920M dengan


Storage
2.5″ SATA3
– 1TB HDD 5400 RPM


Drive Optik
Super-Multi DVD (Optional)


Card Reader
3 -in-1 card reader ( SD/ SDHC/ SDXC)


Kamera
VGA Web Camera


Networking
Terintegrasi 802.11 b/g/n
Built-in Bluetooth™ V4.0
10/100/1000/Gigabits Base T


Interface
1 x Microphone-in/Headphone-out jack
1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor
3 x USB 3.0 port(s)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI


Audio
Built-in Stereo 2 W Speakers And Analog Microphone
ASUS SonicMaster Technology


Baterai
4Cells 37 Whrs
Adaptor Daya
Plug Type :ø4.5 (mm)

Output :
19 V DC, 4.7 A, 65 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
3/ 2 pin compact power supply system


Dimensi
340 x 241 x 23.3 ~26.3 mm (WxDxH)


Berat
2.09 kg with Battery


Sekuritas
Kensington lock
BIOS Booting User Password Protection
HDD User Password Protection and Security
TPM (Trusted Platform Module)
Finger Print Reader


Certificates
UL, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, EPEAT, EU Flower, Energy star, IDA, CECP, WEEE, Erp 2013, RoHS, JATE


Jaminan
3 tahun garansi hardware global. *berbeda di setiap negara

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

66 thoughts on “How To Blog Through Smartphone a la Noe”

  1. Wuihhh..keren mbak. Saya ngetik bentar pakai smartphone aja gak kuat. Eh kalau buat wassapan sih kuat 😀

    Btw, thanks ya nanti mau coba pakai aplikasi Quik ah. Biasanya pakai vivavideo dan watermarknya…huhuhuh.
    #pecintagratisantapiogahlihatwatermark

  2. halo mbak noe

    salam kenal

    wah semangatnya oke sekali dengan tetap setia dengan ngeblog pake smartphone nih.

    kalo saya smartphone dengn laptop asus

    jadinya saling kuat menguatkan

    hasilnya ga mengecewakan

    asus memang peduli dengan nasib blogger hahaha..

    salam dari karanganyar
    mukhofas

    kak kalo sempet bisa mampir ke blogku ya..

    sukses selalu

  3. Wah kalau ketak ketik pakai hape sih ga masalah kali ya mba. Tapi kalau buat ngeblog aduh kok rasanya kuramg pas. Apalagi harus masukin gambar. Memamg butunya laptop kece dan super canggih ya. Asus ini produknya kece. Apalagi warna2nya.

    Baca resize pic jadi ingat suka lupa bagian ini. Sukses ya Mba Noe. Semoga berjodoh

  4. aiihh…bener mak. Berkarya dengan seadanya dulu, siapa tau ada rejekinya dapet yang lebih bagus. *noted buat diri sendiri ini biar bisa produktif kayak mak noe*

    Good lombanya ya

  5. Aaaah suka dengan video Ranu. Yang di kapal itu bikin deg deg an, sampai jatuh bangun si Ranu. Ranu semangaaat!
    Nah yang belanja itu lucuuuu, roti di pajangan itu bakal habis deh dimasukin semua ke keranjang belanjaan oleh si Ranu hahahaha. Gemezzz.
    Good luck lombanya ya Noe.

    1. Hahaha… gemesin memang si Ranu. Tingkahnya lucu dan nyenengin. Syukurlah klo mba Lianny suka dg video2 yg kubuat 😀

  6. Weh keren banget kak Noe, ngeblog pake HP!

    Lumayan tuh kak, Asuspro-nya, harddiksnya 1TB, kayaknya external HD ga terlalu perlu jadinya haha!

    1. Kalo buat backup data kayaknya perlu ya kak Timo external HD. In case terjadi hal2 yg gk enak. Pernah ngerasain laptop dicuri soalnya. Huhuu

    1. Iyaa, dulu pas msh pake laptop, walau gk bs photosop aku suka edit foto onpine di picmonkey. Sayaang dr hp gk bisa. Ada keterbatasan mmg klo pale hape, semoga bisa punya laptop th ini. Aamiin

  7. Dulu zamannya kerja jadi jurnalis aku juga sering ngetik pake hp biar lebih cepet. Tapi sekarang mata udah siwer kalo lewat hp..keren mba noee pake hp

    1. Kalo ada acara liputan, skrg aku liat bnyak jurnalis jg sibuk ngetik di hapenya. Lbh cpt dan lgsung kirim ke editor utk naik dlu di media online kayaknya ya

    1. Bisa karena terbiasa kok mba, tapi klo nyamannya pale laptop ya lanjuttt. Lebih banyak yg bisa dokerjakan voa laptop kol dibandong hape 😉

  8. Ehhhh, jadi semua content blognya nih pake smartphone sama kamera doang, Mbak? Duh salut banget!
    Kalo nanti dapet asuspro nya dijamin makin keren deh nanti isi blog dan instagramnya Mbak Nurul.

  9. keren mbak…, masih bertahan dengan smartphone
    pakai aplikasi apa mbak untuk resize atau compress photo?

    sukses ya buat GAnya, ASUS emang oke kok

Leave a Reply