Kuliner

Gagal Kulineran Sate Bebek Khas Cilegon

Gara-gara nonton acara TV bertajuk Indonesia Banget di RTV beberapa hari lalu, Daffa’ & Abyan jadi ngebet minta diajak makan di Sate Asmawi. Pasalnya, sang host Indonesia Banget yang kebetulan meliput kuliner khas Cilegon, mampir makan di Rumah Makan Sate Asmawi dan mencicipi menu Sate Bebek & Sop Bebek. Jadi ceritanya, hari ini kami sekeluarga sok-sok makan siang di luar deh, buat cobain Sate & Sop Bebek yang sudah sejak lama terkenal sebagai kuliner khas Cilegon.

Kuliner Khas Cilegon

Rumah Makan Sate Asmawi memang terkenal sebagai tempat makan dengan menu sate untuk di sekitaran Serang dan Cilegon. Namun sebenarnya, Rumah Makan Sate Asmawi ini bukan yang pertama dan bukan penemu Sate Bebek & Sop Bebek. Yang terkenal sebenarnya adalah Sate Bebek Cibeber, yang warung-warungnya sederhana dan lokasinya di daerah Cibeber, Cilegon.

Tadinya, hari ini, sempat terfikir untuk makan di salah satu warung Sate Bebek di Cibeber, tapi karena anak-anak mintanya ke Asmawi, seperti yang di TV, ya sudah aku nurut keinginan anak dulu.

Aku memilih makan di Sate Asmawi yang ada di Jl. Raya Let. Jend. R. Suprapto, yaitu di daerah Ramanuju, di sekitaran Simpang 3 Cilegon. Saat sampai di lokasi, dengan semangat aku menulis di kertas form order, memesan menu Sate & Sop Bebek. Tetapi kemudian harapanku untuk makan Sate Bebek & Sop harus pupus saat pelayan bilang, menu bebek sedang kosong. Hiks!

Kuliner Khas Cilegon
Sop Buntutnya Ok!

Akhirnya aku memesan satu porsi sate sapi, dua porsi sate ayam, sop kambing, dan sop buntut. Meskipun ingin rasanya ngga jadi makan di Asmawi cabang Ramanuju. Ingin pindah saja ke Sate Asmawi yang di dekat Ramayana Cilegon. Tapi, sudah terlanjur. Lanjutkan saja. Lain kali makan sate bebek di tempat asalnya saja, di Cibeber-Cilegon.

Tak perlu menunggu lama, pesananan kami datang. Agak aneh, ini sate kapan ngebakarnya? Udah dibakar duluan trus tinggal dihidangkan, gitu? Whatever lah, ayp makan. Eh, saat mulai mencicipi sop kambingnya, kok sepertinya bukan daging kambing, ya? Yang kumakan ini texture dan rasanya seperti sapi. Kalau kambing kan khas, dan sedikit bau kambingnya pasti ada.

Kuliner Khas Cilegon
Ini sih sop sapi, bukan kambing!

Olala… Tambah kecewa dong aku! Tapi mau bagaimana lagi. Dimakan saja lah. Bismillah, semoga jadi berkah. Lagi males komplain dan marah-marah juga. Dan lagi, happiness is made, kan? Not given! 😉 Sok bijak banget aku, padahal rasanya pingin banget gigit wedges batik yang mulai hits itu. Heuheu… 😀

Untungnya, sate sapinya enak, sate ayam, dan sop buntutnya juga lumayan. Harganya? Affordable, lah!

Oya, Rumah Makan Sate Asmawi yang pertama buka di Cilegon, yaitu di Jl. Jend. A. Yani. Setahuku, saat ini Rumah makan Sate Asmawi memiliki 3 cabang yang ada di sekitaran Cilegon & Serang. Berikut alamat lengkapnya;

Rumah Makan Sate Asmawi
Jl. Jend. A. Yani, Cilegon, Banten
Telp. (0254) 377563
Jam buka 10.00–22.00

Cabang:

  • Jl. Let. Jend. R. Suprapto, Ramanuju, Cilegon – Banten
  • Jl. Mayor Syafei No. 115, Kepandean, Serang – Banten
  • Jl. Yusuf Martadilaga No. 43B, Benggala, Serang – Banten
Pondok Makan Sate Asmawi
Daftar harga per Agustus 2015
Sate Asmawi Cilegon
My Man in action *halagh*

26 thoughts on “Gagal Kulineran Sate Bebek Khas Cilegon

    1. Hihi, beda selera mgkin ya mba… Aku malah kurg suka sate ayam, lbh suka sate sapi klo sate bebek ngga ada 😀

    2. Bagi Restoran, pedagang kaki lima, supermarket, hotel yang minat bebek pedaging. kami siap supply secara parsial maupun kontinyu, hub 087871504769 (Bang Is_Cilegon)

      Wassalam,

  1. wah…tapi kalo rada menipu, ga sesuai ama yg dipesen kok lgs ilfil ya mba… suamiku mah udh jelas protes itu… -__- gmn coba kalo kita ga bisa makan sapi… trs hrg juga biasa beda kan antara sapi dan kambing…

  2. suka kesel kan ya kalo nyobain kuliner yang ternyata di luar ekspektasi. kalau lebih enak mah bakal seneng, tapi kalau di bawah ekspektasi awal, palingan senyum-senyum sendiri hehehhe..

  3. Aku jg suka nntn Indonesia bgt mak.. Karena hostnya ganteng, si Hiro hohohi

    Wah kecewa dong masa dagingnya daging sapi. Untunglah yg lain lumayan yaaa

    Bsk2 mst lbh teliti lg pilih menu makanan jgn sampe kesel trs gigit wedges batik mak 😉

    1. Episode hr ini host nya mslah cewe pribumi, bukan bule lg lho mba Mei. Pdhl wkt ke Cilegon mkn sate bebek, itu si Hiro. 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.