Edit Foto Sebelum Upload ke Instagram

Suka terpesona ngga sih kalau buka akun instagramnya selebgram? Fotonya kece-kece, feednya menyenangkan, dan asli ngga bosen scroll-scroll, lalu jempol dengan mudahnya klik like. Trus kitanya jadi kepingin bisa punya akun instagram sebagus itu. Lalu kemudian putus asa. Entah karena ngga punya kamera bagus, ngga ngerti fotografi, ngga pinter pose, atau karena ngga pede sama muka sendiri.

Trus akhirnya bikin kesimpulan kayak gini;

Bahwa cuma kamera mahal yang bisa menghasilkan foto bagus. Dan kalau pun ada yang bilang, “kamera hape juga bisa kok bikin foto bagus”, itu hanya berlaku bagi mereka yang ngerti fotografi. Jadi, harap maklum kalau foto-fotoku cuma segitu doang.

Iya, itu fikiranku dulu. Kalian juga ngga? Apa aku aja? Fikiran yang bikin aku nekat ngumpulin duit buat beli kamera. Tapi setelah kebeli, ternyata hape tetap jadi andalah di saat-saat tertentu. Saat dimana males bawa kamera, malu ngeluarin dari tas karena situasi ngga mendukung, atau saat momen terjadi begitu cepat dan kitanya ngga sempet ambil kamera.

Jadi memang ngga perlu putus asa kalau sekarang belum kebeli kamera, tapi punya keinginan memperbaiki feed instagram supaya lebih enak dilihat. Asalkan kitanya memang punya niat dan mau sedikit usaha.

Aku punya beberapa tip sederhana untuk membuat foto lebih menyenangkan. Tentunya ini berdasarkan pengalamanku sendiri, yang merasa bahwa foto-foto di instagram @noetraveler sekarang jauh lebih baik dibandingkan yang dulu.

Jepret foto yang banyak dan dari berbagai angle

Namun sebelum lanjut ke step by step edit foto lewat hape, simak 3 tip memotret dengan kamera smartphone berikut ini;

  •  Jepret foto sebanyak mungkin dan dari berbagai angle/sudut. Nanti tinggal ambil satu yang terbaik untuk diedit
  • Touch/sentuh objek yang mau difoto untuk mendapatkan fokus yang lebih baik
  • Jangan gunakan zoom. Kalau merasa kejauhan dengan objek, kitanya yang kudu mau atau mundur. Soalnya ngezoom pakai kamera hape biasamya hasilnya kurang oke. Jadi pecah gitu. Ya, kecuali hapenya udah punya teknologi optical zoom kayak Asus Zenfone Zoom S.

Wkwk. Iklan lagi. Habis gimana ya, Zenfone Zoom S memang bikin ngeces banget. Kalau liat spesifikasi lengkapnya, rasanya Zenfone Zoon S ini smartphone yang ideal banget untuk traveler kayak aku. Soalnya dia punya sistem dual camera yang canggih. Dan sesuai namanya, fitur optical zoom & digiital zoomnya yang sampai 12x, memungkinkan kita untuk ambil objek foto jarak jauh. Ditambah kapasitas baterai 5.000mAh, cucook buat traveler. Beneran.

Zoom sampai 12x gambar tetap tajam

Jadi ngga sabar nunggu Zenfone Zoom S dilaunching tanggal 16 Mei besok. Uwuwuwu. Kepingin cobain unitnya supaya nanti bisa nulis ulasan dan bikin video lifeatyle lagi buat instagram. Haha. Yawes, balik lagi soal edit foto.

Aku yakin, 3 tip di atas itu sederhana banget lah? Itu tip buat yang ngaku ngga ngerti fotografi sama skali kayak aku gini. Yang males mumet mikirin komposisi, pencahayaan dan lain-lain. Hehe. Tapi tetep pelan-pelan harus belajar. Sambil jalan aja lah ya.

3 Aplikasi Photo Editor Wajib

Yuk, sekarang lanjut ke step editing. Tepi sebelumnya, pastikan 3 aplikasi ini udah terinstall di hape:

1. VSCO

VSCO adalah aplikasi edit foto yang lagi kekinian banget. Banyak selebgram yang menyarankan untuk edit foto di VSCO karena di sana banyak preset filter yang oke. Contohnya akun ig @kadekarini dengan tone warna feed instagramnya yang bernuansa pastel. Untuk tone wqrna seperti itu, Kadek pernah sharing bahwa dia biasanya pakai filter A atau C.

Sedangkan aku, yang lagi coba-coba bikin tone warna bright, cerah dan clean, biasanya pakai filter S. Kadang pakai filter-filter lain juga sih, tergantung mood saat ngedit. Haha.

Oya, aplikasi VSCO ini gratis, tersedia banyak filter gratisan yang bisa dipakai, dan ada beberapa filter yang harus bayar. Filter S yang aku pakai itu salah satu contoh yang berbayar. Ngga mahal sih, cuma 28 ribu. Filter C yang biasa dipakai Kadek juga berbayar. Tapi aku lupa harganya berapa. Cek sendiri nanti ya.

2. Snapseed

Jauh sebelum ada VSCO, Snapseed adalah aplikasi edit foto paling juara di hape. Aplikasi buatan Google ini sekarang udah banyak pengembangan yang bikin aku tambah cinta. Contoh, sekarang Snapseed punya tools healing yang bisa dipakai untuk hapus objek-objek dalam foto yang ngga diinginkan. Bisa nambah text. Ada tools untuk bikin fotp double exposure, dll.

3. Picsart

Dulu, sebelum Snapseed blpunya tools untuk nambah text, Picsart selalu jadi andalan kalau mau nambah text untum gegayaan pakai watermark. Tapi sekarang, Picsart jarang kupakai kecuali untuk case terntentu, misal butuh resize foto, atau mau bikin kolase, dll.

Nah, kalau sudah terinstall aplikasinya, yuk mulai edit.

Cara Edit Foto di Smartphone Sebelum Upload ke Instagram

1. Editing via VSCO

Jepret banyak foto udah kan ya, tinggal pilih satu aja yang terbaik untuk diedit. Send fotonya ke aplikasi VSCO, lalu pilih filter. Filter kesukaanku di VSCO adalah filter Bright & Clean dengan seri S1, S2 dan S3. Aku pakai filter ini karena memang aku lagi coba bikin feed ig yqng cerah.

Mainan filter VSCO juga ngga susah, kalo udah biasa di instagram pasti di VSCO juga bisa. Filternya masih bisa diatur ukurannya, mau 100% atau dikurangi jadi dikit aja. Sama kayak di ig deh. Kalau sudah merasa pas sama filternya, klik save, lalu share fotonya ke Snapseed.

3. Editing di Snapseed

Hal pertama yang aku lakukan di Snapseed adalah edit menggunakan tools Tune Image. Tools ini adanya di pojok kiri atas. Biasanya aku akan nambahin angka di brightness, contrast, sedikit ambiance dan shadow supaya agak terang. Dan mengurangi angka highlight supaya efek cahaya di foto ngga terlalu silau, dan mengurangi angka warmth supaya nuansa warna foto lebih dominan ke biru, bukan kuning.

Selanjutnya, aku pakai tools Detail. Menambah angka structure dan sharp supaya foto sedikit lebih tajam. Kalau masih belum puas, aku juga pakai tools Tonal Contrast untuk lebih memunculkan kontras warna dan detil. Tapi kedua tools ini ngga selalu kupakai, terutama kalau fotonya memang sudah terlihat tajam dan detil.

Terakhir di Snapseed, aku akan lihat apakah angle fotonya udah pas atau keliatan miring-miring? Kalo ada garis horizontal atau vertikal yang harusnya lurus tapi keliat miring, aku pakai tools Rotate untuk meluruskan, atau sampai mendapat sudut pandang yang lebih enak. Kemudian menggunakan tools Crop untuk membuat foto jadi berukuar square 1:1.

Udah selesai? Belum! Terakhir banget, aku teliti lagi, apakah fotonya bocor? Atau mungkin ada objek dalam foto yang ganggu dan pingin diilangin. Aku pakai tools Healing untuk hapus objek itu. Caranya, klik Healing, zoom out fotonya, lalu arsir bagian yang mau dihapus, dan tadaaa… keajaiban pun terjadi. Hehe.

Kalau udah puas dengan hasil akhirnya, tinggal upload lah ke instagram.

Keliatan repot, ya? Iya. Tapi kalo udah terbiasa ngga akan terasa repot kok. Karena paling cuma butuh waktu 1 sampai 2 menit aja.

Ini aku kasih sekalian contoh foto before and after, dan screen capture saat edit. Pinginnya sih dibikin videoz tapi belum sempet. Hiks.

Foto asli sebelun diedit
Masukkan fotonya ke VSCO dan pakai filter S3, klik save lalu share ke Snapseed
Di Snapseed, gunakan tools Tune Image, dan tambahkan brightness(kecerahan) dll.
Masih di Snapseed. Crop foto menjadi ukuran 1:1 (square)
Masih di Snapseed, pilih tools healing. Arsir bagian hitan di pojok kanan atas untuk menghapusnya

Selesai. Tinggal save lalu upload ke instagram. Jadinya begini;

***

Gimana menurut kalian? Bandingkan foto before dan afternya. Foto before yang menurutku enggak banget, dan after editnya jadi cukup menyenangkan at least buat dilihat diri sendiri.

Nah, kalau kalian gimana proses editingnya? Coba share, nanti aku ikut nyontek. Dan kalo ada yang dirasa kurang sreg dari proses editing aku di atas, monggo lho dikasi masukan.

21 thoughts on “Edit Foto Sebelum Upload ke Instagram”

  1. Dari dulu udah punya app snapseed tapi gak ngerti makenya. Baru sadar habis baca ini kalo bisa menghapus objek yang tidak diinginkan pake tool healing. Makasih infonyaaaa.

    1. Hihi iya mbaa, kalau app snapseed udah diupdate malah lbh menyenangkan lg drh, banyak tip fotografo dan edit foto dr para expert

  2. Foto-foto Noe bagus kok. Aku sukak liatnya. Aku gak pernah pakai VSCO dan Snapseed. Sementara cukup puas sama fitur editan foto bawaan aipun. Btw, waktu di sebuah acara aku tengok aksi dua selebgram jeprat-jepret. Masing-masing dari mereka mengajak fotografer sendiri. Kayaknya kalok jadi selebgram udah punya bujet untuk hire fotografer pribadi kali, yo. 😀

Leave a Reply