Tips Blogging

Download Foto Gratis Untuk Blog

Dalam dunia blogging di jaman sekarang ini, sepertinya sebuah blog post jadi kurang menarik ya kalau content-nya hanya tulisan. Ya kecuali si pemilik blog itu kualitas tulisannya bagus banget, sehingga dinantikan pembaca setiap update-an tulisannya, bukan foto atau videonya.

Free High Quality Images

Nah, karena aku ini cuma blogger biasa saja, rasanya sangat perlu menambah content blog berupa foto yang menarik untuk mendukung tulisanku yang kualitasnya biasa banget. Setidaknya, supaya pengunjung blog bisa cuci mata dengan melihat foto yang kece, kalau seandainya males baca tulisan. Haha…

Sayangnya, aku ngga punya skill fotografi untuk menghasilkan foto-foto yang ciamik. Seandainya pun punya foto yang bagus, hasil jeprat-jepret saat traveling sana-sini, itu karena tempat yang kukunjungi memang bagus. Jadi itu faktor keberuntungan saja. Itu pun ngga banyak koleksi fotoku yang bagus. Padahal saat traveling, aku bisa ambil ratusan bahkan ribuan foto dengan kamera digital yang kupunya. Tetapi dari ribuan foto tersebut, yang bagus ya hanya beberapa. Jadi merasa miskin koleksi foto, deh. Terutama saat akan update blog, dan merasa tidak menemukan foto pendukung yang oke.

Solusinya bagaimana?

Hampir sebulan terakhir, aku merasa terbantu setelah mengetahui kalau ada website yang menyediakan content gratis berupa foto, yang bisa didownload, dan digunakan sebebas-bebasnya, baik untuk kebutuhan pribadi, maupun untuk tujuan komersial. Asiknya lagi, jika menggunakannya untuk di blog atau web yang kita punya, kita tidak perlu mencantumkan sumber, dan tidak perlu memberi backlink kepada website penyedia content tersebut.

Menurutku, pilihan download foto di web penyedia content foto gratis ini lebih beretika, dibanding mencari foto dengan cara googling, lalu didownload dan diupload ulang ke blog kita. Meskipun kita mencantumkan sumber fotonya, tetapi kan, belum tentu si pemilik foto iklas dan ridho jika fotonya dipakai. Dan seringnya kita juga ngga ijin dulu secara personal. Tetapi kita merasa sudah aman dari dosa hanya karena sudah mencantumkan sumbernya.

"Silakan dipakai!" kata pixabay.
“Silakan dipakai!” kata pixabay.

Berbeda dengan web penyedia content gratis, yang sudah jelas-jelas menyatakan di halaman webnya, bahwa foto-foto dan video yang disediakan boleh digunakan dengan bebas. Pokoknya terserah mau diapain aja. 😀

Barangkali teman-teman sudah tau, ya, soal web penyedia content foto gratis ini, namanya pixabay.com.

Salah satu foto yang pernah aku download di web pixabay.com adalah foto kambing hamil, yang kugunakan untuk mendukung tulisan berjudul ‘Traveling Kemana Dalam Waktu Dekat?“.

Setelah didownload, aku mengeditnya menggunakan aplikasi picsart, salah satu aplikasi favorit pendukung kegiatan blogging di smartphone. Aku menambahkan sedikit tulisan dalam foto kambing hamil tersebut, agar lebih nyambung dengan isi tulisan.

Tips traveling bersama bayi
Kambing hamil

Foto-foto lain hasil download di pixabay, kebanyakan kugunakan di blog duniamaska.com, blog-ku tentang dunia keluarga dan uneg-uneg random lainnya.

Aku masih belum tau apakah ada web penyedia foto gratis lain yang tidak mensyaratkan untuk mencantumkan sumber saat penggunaannya. Sejauh ini masih cukup nyaman dengan pixabay, jadi merasa belum perlu mencari sumber lain. Lagipula, sebisa mungkin aku berusaha menggunakan foto hasil karya sendiri untuk blog yang aku punya.

Kalau teman-teman sendiri, bagaimana? Pernah download foto dari pixabay, atau punya sumber lain yang lebih oke?

20 thoughts on “Download Foto Gratis Untuk Blog

  1. jujur,belum pernah pake foto orang lain kecuali ada jobrew..takut dibully hahahaha….(anak ingusan banget nih saya),jadi seringnya pake foto sendiri meskipun yaaaa….fotonya apa adanya hehe

  2. Aku kebanyakan dari foto sendiri sih meskipun hasilnya nggak bagus dan asal jepret saja. Kalo nggak ada baru googling foto dengan mencantumkan sumber. Jadi pixabay ini free dan boleh diedit-edit ya?

    1. Aku jg klo nulis ttg catper atau cerita jln2 gitu pake foto sendiri, Akbar. Cuma kadang ada postingan yang butuh foto bkn soal jln2 ya ke pixabay deh. 😀

  3. Baik benar si penyedia content foto gratis itu. Kalau akuh walau fotonya masih standar saja pakai watermarks segala. Blogger ogah rugi 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.