Tips and Tutorial

Cuci Celana Jeans? Males Sih, Tapi…

 

Hampir setiap orang pasti memiliki celana jeans sebagai salah satu jenis pakaian andalan. Karena celana jeans memang nyaman dan mudah dipadukan dengan berbagai jenis atasan. Penggunaan celana jeans juga bisa membuat kita tetap kelihatan bergaya tanpa kesan berlebihan. Sayangnya, urusan mencuci celana jeans kadang menjadi hal yang merepotkan.

Contohnya nih, celana jeans pria yang ukurannya besar dan sangat berat. Kabar buruknya, kita tetap harus melakukannya secara telaten. Terutama kalau kalian sefang menghadapi masalah yang sama denganku, yaitu alasan penghematan sehingga harus mencoret biaya laundry dari anggaran. Mau nggak mau harus cuxi sendiri kan?

Nah, aku punya tips agar celana jeans pria bisa bersih maksimal saat dicuci:

Celana Jeans Tak Perlu Sering Dicuci

Ojrahar pernah heran dengan kelakuanku yang suka cuci celana jeans padahal baru sekali pakai. Dia bilang, celana jeans itu didisain untuk dipake berulang-ulang tanpa harus sering dicuci. Gantung aja kalau habis dipakai, pastikan kena angin biar nggak lembap, ntar dipakai lagi nggak apa-apa. Awalnya aku ngerasa, what? Aneh! Tapi kemudian aku tau faktanya.

Ada penelitian kesehatan yang menyatakan bahwa celana jeans tak perlu dicuci terlalu sering. Karena bakteri tidak dapat bertahan hidup lama pada celana jeans. Idealnya, celana jeans bisa dicuci setelah 5 s.d. 10 kali pemakaian. Jadi memang kita nggak perlu repot sering mencuci celana jeans. Apalagi celana jeans pria yang berat itu. Sebagai gantinya, celana jeans bisa dibalik untuk digantung dan diangin-anginkan agar bebas lembap sebelum digunakan kembali.

Jangan Menggunakan Deterjen Sembarangan

Tidak semua deterjen cocok untuk mencuci celana jeans. Saat ini, banyak produk deterjen yang dilengkapi dengan zat pemutih. Sehingga warna celana jeans kesayangan kota bisa memudar. Kita harus lebih teliti memilih deterjen berkualitas. Jangan sampai ada kandungan pemutih yang merusak warna celana jeans kita.

Memisahkan Celana Jeans dari Pakaian Lain

Mencuci celana jeans memang membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Oleh sebab itu, sebaiknya pisahkan celana jeans dari jenis pakaian lainnya. Luangkan waktu khusus untuk mencuci celana jeans kesayangan. Sehingga celana tersebut benar-benar bersih maksimal. Pakaian lain pun tak akan terkena kotoran atau noda yang mungkin berasal dari celana jeans.

Menghilangkan Bau Apek pada Celana Jeans

Celana jeans yang berbau apek pasti membuat kita kurang percaya diri saat menggunakannya. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan air perasan lemon. Gosok bagian celana jeans yang bau apek dengan air perasan lemon lalu diamkan hingga mengering. Setelah air lemon mengering, baru deh kita bisa mencuci celana jeans seperti biasa untuk menghilangkan kotorannya. Oya, air perasan lemon juga dapat membunuh bakteri yang menempel pada celana jeans lho.

Cara Mencuci Celana Jeans yang Sangat Kotor

Celana jeans yang sangat kotor memang menyusahkan kok ketika dicuci. Tapi jangan resah dulu. Kita bisa menyiasatinya dengan merendam celana jeans dalam air hangat selama 15 menit. Jangan lupa tambahkan sedikit deterjen. Setelah 15 menit, kotoran pada celana jeans pasti lebih mudah diangkat. Jadi kita nggak perlu berlama-lama menyikat bagian celana yang kotor. Cukup sikat sedikit atau mengucek bagian yang terkena noda untuk mengangkat noda tersebut.

Memeras Celana Jeans Juga Ada Tekniknya

Memeras celana jeans secara sembarangan akan menimbulkan bekas yang sulit hilang pada celana tersebut. Sebaiknya pmeras celana jeans dengan cara menggulung dan menekan-nekan. Bukan dipelintir. Selanjutnya gantunglah celana jeans tersebut agar kandungan airnya menetes turun dan mengering dengan sendirinya. Dengan begitu, celana jeans nggak akan kelihatan kusut ketika sudah kering.

Begitu lah ceritanya. Dengan tip dan trik yang tepat, kita nggak akan kewalahan lagi mencuci celana jeans kesayangan. Mau itu celana jeans pria yang besar dan kek. Atau skinny jeans kita sendiri dengan ukuran yang imut. Hehe.

Oya, soal celana jeans, aku cuma punya beberapa dengan model skinny. Biasanya aku pakai dengan atasan tunik yang panjangnya minimal selutut. Kalau kamu, suka pakai jeans juga ngga?

3 thoughts on “Cuci Celana Jeans? Males Sih, Tapi…

  1. Sukaaa…
    Aku suka pakai rok jeans keshayangan.
    Hamis jeans andalan.

    Pokonya bahan jenas ini idola banfwt kalo di rumah.

    **bisa dengan mudah di mix and match ples jadi baju couple sama suamik.
    Yeeay~

    Seneng banget dapat tips merawat jeans.
    Haturnuhun, mba Noe.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.