Tips and Tutorial

Belajar lagi, Cara & Strategi Jualan Online

Jaman smartphone Blackberry lagi booming, aku sempat memanfaatkan aplikasi BBM untuk jualan online. Yang aku jual dulu kaos-kaos remaja. Dengan harga rata-rata 30 ribuan per pcs, daganganku laris manis.

Sayangnya, saat aku mulai seneng traveling, bisnis jualan online nggak keurus. Sedih deh. Padahal stok banyak dengan nilai mencapai 12 jutaan total. Sempet aku obral dan titip jual kentoko teman supaya cepat habis. Sebagian besar malah aku bagi-bagi gratis ke sanak saudara, atau ke teman-teman yang aktif menyalurkan sumbangan dan bakti sosial.

By the way, aku teringat masa-masa itu karena saat ini sedang ingin memulai jualan online lagi. Pinginnya sih jualan baju-baju anak. Soalnya lagi gemes sama anak sendiri. Anak perempuan sih ya. Modelnya banyak dan lucu-lucu. Lama-lama kupikir, dari pada beli terus, kenapa nggak coba jualan aja. Keuntungannya kan bisa buat beli baju anak sendiri. Huehue.

Nah, berhubung yang namanya bisnis kan nggak boleh main-main, biar hasilnya juga maksimal, aku lagi belajar lagi nih, tentang strategi dan cara agar tetap fokus jualan online.

Berbeda dengan jualan offline, berjualan online bisa memberikan keuntungan tersendiri. Soalnya lebih hemat biaya tanpa harus menyewa kios untuk menjual dagangan. Selain itu, jualan online bisa dilakukan kapan saja.

Agar bisnis berjalan lancar di tengah persaingan yang cukup ketat, kita memang harus tetap fokus dengan beberapa tips berikut ini;

1. Kenali Produk Yang Kita Jual

Nggak jarang pembeli menghubungi untuk menanyakan produk yang kita jual. Repot kan kalau kita nggak menguasai informasinya. Bagaimana nanti menjelaskan deskripsi produk dengan benar? Cara paling mudah, coba pakai sendiri produknya. Dengan begitu kita bisa tau apa sih kelebihan dan kekurangannta. Kita juga bisa mencari tahu keunggulan dan atau perbedaan dengan produk kompetitor. Tinggal browsing aja. Dan pastikan sinyal internet lancar. Bisa pakai paket Indosat yang saat ini jaringannya kuat. Nah, setelah tau apa kelebihan produk kita sendiri, kita bisa mempromosikan kepada calon pembeli. Tetapi hindari terlalu melebih-lebihkan ya. Apalagi sampai membohongi pembeli. Jangan! Itu bisa mengurangi kepercayaan pelangggan.

2. Gunakan Smartphone Berkinerja Baik

Smartphone menjadi modal penting bagi penjual online yang sering mobile. Oleh karena itu, pastikan menggunakan smartphone yang dapat mumpuni. Contohnya yang aku pakai sekarang, Huawei P20 Pro yang dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB. Kapasitas sebesar itu sangat cukup untuk menyimpan foto-foto dan video produk dagangan. Selain itu, kameranya juga bisa diandalkan untuk penganbilan foto produk. Oya, penting juga mempelajari trik memotret dengan kamera smartphone biar lebih kece.

3. Pastikan Koneksi Internet Cukup Kencang

Selain smartphone yang probable, memiliki koneksi internet yang stabil itu penting. Pilih provider dengan sinyal yang kuat agar dapat digunakan kapan dan di mana saja, contohnya paket yellow indosat yang bikin jualan online makin lancar. Sebaiknya hindari penggunaan WiFi di tempat umum yang biasanya koneksinya berjalan lambat. Soalnya kalau wifi di area umum kan dipakainya rame-rame. Wajar kalau lemot.

4. Gunakan Media Sosial dengan Optimal

Btw, kalau pakai provider Indosat, ya jangan lupa beli pulsa Indosat lalu gunakan untuk mengoptimalkan media sosial yang dimiliki. Dan untuk memperlancar usaha jualan online, jangan cuma palai satu medsos, tapi pakao beberapa media sosial sekaligus. Instagram dan Facebook saat ini masih sangat efektif untuk jualan online. Soalnya ada fitur promosi untuk menjaring pembeli baru. Yha, biaya promosi di medsos jauh lebih hemat dibanding sewa kios untuk dagang offline kan?

Untungnya lagi, saat ada beberapa jejaring sosial yang bisa saling ditautkan sehingga tidak harus bolak-balik mengunggah hal yang sama. Jangan lupa pakai hastag yang sesuai atau gunakan yang lagi populer. Tujuannya, agar dapat dengan mudah ditemukan oleh calon pembeli.

5. Beri Respon yang Cepat

Media sosial memang bisa jadi cara efektif untuk berjualan secara online, tapi jangan cuma asal upload foto dan video, trua dicuekin. Nanti pelanggan bete. Nyalakan fitur notifikasi, supaya kita selalu tau kalau ada ada pesan atau komentar dari calon pembeli. Bangun komunikasi dengan pembeli lewat interaksi yang baik. Pastikan kuota juga internet yang dimiliki selalu tersedia dengan cara cek pulsa Indosat secara teratur. Jawab pertanyaan yang dikirimkan oleh calon pembeli dengan respon yang baik, jelas, dan informatif.

Pokoknya, jangan sampai jualan online jadi terganggu karena belum sempat membeli paket yellow. Oya, aku sering pakai Traveloka untuk mengisi pulsa instan di mana dan kapan saja, tanpa menghalangi aktivitas yang kita kerjakan. Harga yang ditawarkan pun terjamin dan banyak penawaran menarik yang pastinya dapat menghemat pengeluaran.

Nah, setelah mempelajari lagi cara dan strategi berjualan online agar tetap fokus, selanjutnya aku tinggal action nih. Mau bikin akun instagram khusus untuk jualan. Doakan aku sukses ya!

26 thoughts on “Belajar lagi, Cara & Strategi Jualan Online

  1. Suka pake banget lihat fashion keluarga kak Noe.
    Cakep dan rasanya memang sesuai kepribadian aja gituu…

    Dan masalah koneksi aku pun mengandalkan Indosat, kak.
    Karena kuotanya banyak dan lancar tanpa jeda sama sekali.
    Asiik pokonyaa…

  2. Bener nggak sih Mbak kalau jualan online itu harus punya banyak atau cukup waktu buat ngeladenin online orang yang potensial jadi konsumen kita?

  3. Pas buat aku yang lagi berjualan online.
    Berharap sukses terus berjualan. Makasih Mba Noe sudah ingetin supaya semangat lagi berbisnis

  4. Saya juga suka jualan lho Mbak, walau serabutan. Emang jualan produk utk anak2, baju ataupun mainan emang asyik yah, secara biar bs sekalian utk anak2 kita, jd bs nyobain dulu biar tahu ini itunya.
    Tapi sayang nih Mbak, di tempatku internetan pake Yellow megap2, komunikasi biasa aja ngos2an. Kecuali di tengah kota sih lumayanlah. Yellow belum sekuat si Merah disini πŸ˜€

  5. Kalau mau jualan emang harus fokus. Aku pernah kan dulu di bidang itu dan gak kepegang. Ada yang hubungi pakai BBM, inbox, SMS, setres karena adminnya 1

  6. Saya juga paling suka liat-liat pakaian anak cewek, lucu-lucu ya…
    Paling seneng kalau nganterin keponakan belanja baju, rasanya pengen dibeli semua hahaha…

    Semoga rencana jualan onlinenya bisa terwujud lagi ya, Mbak. Sukses selalu!

  7. Aku pun lebih suka promosi jualan produk lewat sosial media karena cepet pake banget dan nggak ribet. Aku udah melakukan semua poin di atas tapi aku orangnya gampang bosen jadi kadang jualan dan kadang enggak. Hehehe.

  8. mba noe bikin giveaway lagi dong yang hadiahnya huawei p2 pro, ntar aku ikutan hehee mupeng banget sama flagship nya huawei ituhhh tapi harganyaaa beuh bisa beli kamera. so sad

  9. Aku lagi belajar nih mba gimana caranya bisa jualan online agar tetap fokus. Dan memang ya media sosial itu paling efektif untuk jualan ya mba πŸ™‚

  10. baju anak-anak cewek memang menggemaskan dan lucu-lucu yaa, Mba πŸ™‚

    Saya kalo belanja online, suka sama penjual yang fast respon, jadi transaksinya cepat πŸ™‚

  11. Segala yg blm dicoba memang berat utk memulainya. Di rmh banyak item decoupage tp gak tahu gimana memulainya hehe… Tulisan ini bisa dijadikan pedoman “How to start knline budiness”. Thans Tha sharing

  12. Respon yg cepat. Itu salah satu yg jadi pertimbangan ku sbg konsumen. Gemes banget kalau mo tanya2 tapi penjualnya slowres hiih…ga jadi beli deh..hehe..

  13. Mbak aku juga gemes banget sama baju anak-anak cewek yang modelnya ada aja yang baru. Sukses dan komit ya mba untuk jualannya…aku juga lagi ngembangin bisnis juga sih yang kuliner tapinya

  14. Kayanya tips ini gaak cuma berlaku buat yg punya usaha online aja yaa.. buzzer pun kudu punya smartphone mumpuni, internet lancar, dan respon cepat, biar job mengalir hehee πŸ™‚

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.