Tips Blogging

Bocoran 10 Kriteria Blogger Professional Dari #NgobCanBP

#NgobCanBP

“Road To Professional Blogger” menjadi tajuk Ngobrol Cantik a la Blogger Perempuan pada Sabtu 29 November lalu. Bertempat di Loop Station Mahakam, acara yang didukung oleh Tokopedia, Hana Catering dan juga Loop Station itu dihadiri oleh puluhan blogger perempuan yang antusias menyimak materi dari para nara sumber.

Tak heran, 3 nara sumber yang dihadirkan memang orang-orang yang memiliki kapabilitas dalam dunia digital yang berhubungan dengan per-blogging-an. Mereka adalah Cumilebay yang seorang blogger pro, Mba Nunik dari Provetic (perusahaan konsultan) yang sering menggunakan jasa blogger untuk berpromosi, dan Joko Soemitro yang merupakan tim SEO dari tokopedia. Sepanjang acara, mereka bertiga berbagi banyak tips untuk menjadi seorang blogger yang professional.

Ketika blogger dijadikan sebagai sebuah profesi, ini berarti bahwa ngeblog bukanlah kegiatan main-main. Kegiatan yang di dalamnya terdapat sebuah tuntutan untuk serius dan harus memenuhi kriteria-kriteria untuk bisa disebut sebagai blogger profesional.

Aku mencoba mengambil kesimpulan dari apa yang disampaikan oleh para nara sumber, bahwa blogger yang professional setidaknya harus memiliki beberapa hal berikut ini:

1. Update blog secara kontinyu

Namanya juga blogger, ya harus rajin update blog dong. Apalagi jika ingin menjadi blogger professional. Mba Nunik mengatakan, paling tidak blog diupdate seminggu sekali jika ingin blognya dilirik pemberi job.

2. Pandai mengemas konten

Dalam hal mengemas konten, dan atau menuangkan ide serta cerira ke dalam tulisan, tipa dari mba Nunik adalah; menulislah dengan hati. Setelah menulis, coba baca ulang dan posisikan diri sebagai seorang pembaca, bukan sebagai penulisnya. Debgan begitu kita akan dapat merasakan apakah tulisan yang kita buat sudah enak dibaca, dan apakah kita sebagai pembaca dapat menangkap pesan dalqm tulisan tesebut.

Sementara Cumilebay, dia punya cara sendiri untuk menilai apakah tulisan yang dibuatnya itu layak tayang di blognya atau tidak. Sebelum dipublish, dia akan memberikan draft tulisannya ke beberapa teman untuk memperoleh pendapat dan masukan. Hal itu ia lakukan karena ingin selalu memberikan yang terbaik untuk brand atau perusahaan yang memberinya pekerjaan di blog.

Sedangkan menurut mas Joko Soemitro yang berbicara dengan sudut pandang tokopedia, lebih menyukai tulisan storytelling. Tulisan storytelling akan membuat pembaca tidak menyadari bahwa ada iklan yang diselipkan dalam tulisan, tetapi pesan iklan itu tetap bisa sampai ke pembaca.

3. Memiliki attitude yang baik

Good attitude, atau good personality memang dibutuhkan dalam hidup bersosialisasi. Agency dan perusahaan konsultan, tentu akan lebih senang bekerja sama denga blogger yang memiliki personality dan attitude yang baik. Untuk itu blogger perlu belajar bagaimana cara berkomunikasi dan bersikap, hindari nyinyir baik di blog maupun di socmed. Jika merasa kecewa dengan agency atau perusahaan pemberi kerja, sampainya dengan cara yang santun lewat jalur pribadi seperti lewat email.

4. Kuat mental dan bangga menjadi blogger

Berdasarkan pengalaman, Mba Nunik mengatakan bahwa seorang blogger harus memiliki mental blogger. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa di dunia ini akan selalu ada yang namanya like & dislike. Akan ada yang namanya fans dan haters. Pernyataan ini diamini oleh Cumilebay yang sudah terbukti memiliki mental blogger.

Mental blogger menurut Cumilebay, bukan sekedar bangga menjadi blogger, tetapi juga tetap bisa bersikap baik kepada para haters. “Haters is true love. Jadi berterima kasihlah kepada haters, karena mereka kita jadi besar dan trafik blog naik.” katanya.

5. Memiliki branding & menjadi diri sendiri

Kalau bicara soal branding, dari ketiga nara sumber saat ngobcan, sepertinya Cumilebay yang paling berpengalaman. Sudah tau kan apa brandingnya? Kalau belum tau, silakan ngepoin blog cumilebay.com lalu temukan sendiri siapa dan sebagai apakah dia dikenal. Saran dari Cumi, seorang blogger harus bisa menemukan apa yang unik dalam dirinya untuk dijadikan branding, namun harus tetap menjadi diri sendiri. Jadi bukan ikut-ikutan dan berakting menjadi seperti orang lain.

6. Aktif di social media

Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang blog dan social media telah menjadi satu kesatuan. Sehingga keaktifan blogger di social media pun menjadi penilaian agency saat akan mengunakan jasa blogger. Karena keaktifan blogger di socmed, dapat menunjukkan adanya interaksi antara blogger dengan followernya. Dan dalam interaksi itu bisa dinilai sejauh mana blogger bisa meninfluence followernya.

7. Menggunakan TLD dengan score DA, Klout & Alexa yang baik

Ngomongin Top Level Domain, aku jadi ingat pertama kali memutuskan membeli domain nurulnoe.com. Dulu sama sekali ngga kepikiran untuk beli domain karena ingin go professional. Ya, karena kepingin aja gitu. Sampai akhirnya kemudian trend berubah. Domain TLD lebih disukai oleh brand, apalagi jika nilai DA, Klout & Alexa rank bagus.

Sekarang, hampir sebagian besar blogger yang kukenal sudah beralih ke TLD. Kalau boleh menyimpulkan, mungkin karena memang lebih banyak peluang yang didapatkan ketika menggunakan domain berbayar. Apalagi untuk blogger biasa saja sepertiku. Menjadi kekinian itu wajib agar tidak tergerus. Namun tentunya ini tidak sepenuhnya berlaku untuk blogger yang sudah terlanjur keren, yang meskipun pakai platform blog gratisan pun tetap dilirik brand & agency.

8. Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab di sini bisa berarti berusaha menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tepat waktu, dan berupaya semaksimal mungkin agar tulisan dibaca oleh banyak orang (trafik). Salah satu upaya yang ditempuh oleh agar tulisannya mendpat banyak trafik adalah dengan rajin menyebarkan url tulisan ke social media, blogwalking & berkomentar di blog orang lain. Cumilebay juga mengaku bahwa dia tidak akan mempublish tulisan baru jika tulisan sebelumnya belum mencapai 2000 view.

9. Original & No Copas

Yaah, namanya professional ya ngga boleh copas dong ya tentunya. Semua setuju, kan? Lebih bagus lagi kalau apa yang kita tulis adalah sesuatu yang bermanfaat, yang sesuai antara judul dan isi tulisan, bukan tulisan yang menjebak hanya karena agar mendapat trafik.

10. Menguasai SEO sederhana

Content is the king, and SEO is the queen. Begitu kata banyak suhu blogger. Setelah membahas orisinalitas tulisan, selanjutnya adalah bagaimana men-SEO-kan tulisan. Mengapa harus SEO? Jawabannya karena blog yang mungcul di halaman pertama mesin pencari, adalah memang blog-blog yang berkualitas, yang memberi manfaat, yang mampu menjawab pertanyaan atau ketidak tahuan pengguna internet ketika sedsng melakukan pencarian di mesin pencari, entah itu google, big, atau juga yahoo.

Nah itu dia 10 kriteria blogger professional yang kucoba simpulkan dari acara Ngobrol Cantik ala Blogger Perempuan.

Ngomong-ngomong, sudah pada tau belum kalau Blogger Perempuan yang baru didirikan kurang lebih 5 bulan ini baru saja mengganti logonya. Dari yang awalnya “Blogger Perempuan” sekarang menjadi “Blogger Perempuan Network”. Ini untuk menegaskan bahwa Blogger Perempuan bukanlah komunitas seperti komunitas blogger yang sudah lebih dulu ada.

Blogger Perempuan Network adalah sebuah jaringan blogger yang memiliki misi untuk memberikan support kepada para blogger untuk dapat lebih maju dan memperoleh berbagai peluang dari blog. Salah satu upaya untuk menwujudkan misi tersebut adalah dengan mengadakan acara Ngobrol Cantik secara rutin setiap 3 bulan sekali.

Dalam acara Ngobrol Cantik a la Blogger Perempuan, selalu menghadirkan nara sumber yang kapabel dalam bidangnya yang berhubungan dengan blogging dan serba-serbinya.

Aku senang sekali berkesempatan hadir di acara Ngobrol Cantik a la Blogger Perempuan Network minggu lalu. Ke depannya, aku berharap bisa ikutan lagi dan mendapat ilmu-ilmu baru lagi. Salah satu ilmu yang ingin kupelajari dari Blogger Perempuan Network adalah soal SEO sederhana untuk blogger.

Dear, kakak-kakak hebat behindBlogger Perempuan Network, kalau ada #NgobCanBP lagi, count me in lagi ya! Hehe.

Credit foto: instagram @bayupapz

46 thoughts on “Bocoran 10 Kriteria Blogger Professional Dari #NgobCanBP

  1. Mbak Noe..
    Terima kasih banyak sudah sharing ilmu nya. Baru menemukan harta terpendam ini setelah bertahun-tahun, haha, karena saya baru saja berniat nge blog dan mulai belajar2. Bismillah.. mudah2an bisa segera mulai (meskipun terlalu telat banget) dan bisa jadi professional.

    Salam,
    Muna

  2. Dari 10 kriteria blogger pro yang mbak share kayaknya satupun nggak ada yg cucok sama saya, apalagi saya masih pakai blog gratisan, hiks huaa huaaa.. (nangis lebay).
    Oke deh trims sarannya mbak

  3. Aku patah hati krn gak dapet seat ikut ngobcan ini. Eh alhamdulillah mb Nurul ngeshare ilmunya. Huaaa…blogger remah…eh, blogger keren kyk aku kudu belajar banyak nih #bangga,dada membusung #trusdisambit

  4. Ngomong-ngomong soal SEO, katanya Mba Shinta barusan saja menproklamirkan bahwa SEO yang ter gress adalah konten berkualitas itu sendiri. Dan SEO yang berupa keywords doang itu udah jadul kalo ngga diikuti konten yang bermanfaat. Demikian sekilas info 🙂

  5. Salut deh… bisa ikutan NgobCan lg setelah Fun Blogging
    Ya,memang sih ada yang bilang slow aja dan nikmatin proses, tetapi kalau bisa menangkap peluang lebih cepat, why not, hehehe…

    Sukses Mama Ranu…

  6. tips nya penting banget mbak Noe, terima kasih ya…

    dan semoga untuk pertemuan berikutnya mbak Noe mau juga berbagi disini supaya saya juga bisa ikut belajar secara tidak langsung…hehe… *modus… 🙂

  7. Aku tu mikirnya kalau blogger profesional itu adalah blogger yg banyak duitnya hahahaaa…. Bisa hidup dr ngeblog tanpa sumbangan suami gitu deh. TLD buat aku juga penting banget. Entah mengapa kalau nulis di blog gratisan itu kok kurang semangat.

    1. Hihi, kesannya memang begitu yaa.. Professional = banyak duit. Padahal maksudnya mengarah ke profesi atau pekerjaan. 😀

  8. SEO sederhana, hmmmm ok baiklah…posting dgn teknik storytelling ini yg aku suka. Namun di aku kdg kesulitan mencari ide hihihi. Tfs mbak cantik maniseee 🙂
    Mdhn ngobcan ini tur keliling Indo yaaaa hehe

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.