Thailand

Belanja Oleh-oleh di Platinum Fashion Mall Bangkok

Sejak seminggu sebelum berangkat ke Bangkok, Teppy, Heidy, & Mita, sudah berencana untuk mengunjungi Platinum Fashion Mall Bangkok. Kebetulan, di hari pertama kedatangan kami ke Bangkok untuk acara anniversary #AABC2015, adalah hari bebas sebebas-bebasnya. Karena ngga punya rencana khusus mau kemana dan ngapain, jadi aku ikut saja ke Platinum Fashion Mall yang lokasinya di daerah Pratunam, Bangkok.

Platinum Fashion Mall Bangkok

Surga Belanja Fashion & Accessories

Ada yang bilang kalau Platinum Fashion Mall ini adalah versi indoor-nya Chatuchak Weekend Market. Hmm…, sayangnya aku belum pernah ke Chatuchak. Padahal sudah 2 kali ke Bangkok dan Chatuchak adalah salah satu tempat yang katanya wajib dikunjungi kalau ke Bangkok. Next time semoga bisa balik lagi. Aamiin.

Sesuai dengan namanya, Platinum Fashion Mall ini adalah mall yang menjadi pusat penjualan produk fashion/pakaian dan accessories. Tetapi ada juga lho toko penjual gadget, toko oleh-oleh khas Thailand seperti makanan, gantungan kunci, magnet kulkas, sabun beras, produk spa, dll. Mall ini terdiri dari 5 lantai, sebenarnya 6, eh 8 lantai malah, jika ditambah dengan 1 lantai basement (paling bawah), dan 2 lantai khusus parkir di lantai 6 dan 7 (paling atas).

Aneka souvenir khas Thailand
Aneka souvenir khas Thailand

Fashion wanita menempati hampir semua lantai di Platinum Fashion Mall, yaitu di lantai basement, dan lantai 1 s.d. 4. Fashion lelaki juga ada di lantai 4, barengan dengan fashion wanita. Sedangkan di lantai 5 dikhususkan untuk fashion anak-anak & accessories. Untuk urusan makan, ada food center (food court) di lantai 6 yang menjual banyak makanan & jajanan khas Thailand.

Asiknya belanja di Platinum Fashion Mall itu, kita bisa beli grosiran dengan harga lebih murah. Kalau di Indonesia semacam Tanah Abang mungkin, ya! Jadi tips-nya, beli minimal 3 barang yang sama di toko yang sama. Contohnya nih, aku dan Mita, kalau beli apa-apa, gabungan jadi satu, supaya bisa nawar harga. Biasanya kalau beli minimal 3 pcs, harganya bisa turun sampai 30% per pcs.

Aneka sabun & produk spa khas Thailand
Aneka sabun & produk spa khas Thailand
Tshirt Thailand untuk Daffa' & Abyan
Tshirt Thailand untuk Daffa’ & Abyan

Contoh saja untuk tas-tas kain lucu yang harga satuannya 150 baht (Rp66.000), kalau beli 3 pcs, harga satuannya turun jadi 120 baht/pcs (Rp52.800). Begitu juga dengan kaos anak yang kubeli buat Daffa’ & Abyan. Aku beli 2, Mita juga beli untuk keponakannya. Jadi digabung aja belanjanya jadi satu di toko yang sama. Dapat deh harga lebih murah.

Makan di Platinum Food Center

Ini pengalaman pertamaku makan di food court di Bangkok. Tujuan utama kami ke Platinum Fashion Mall memang untuk makan siang. Setelah melewati perjalanan sejak subuh dari Bandara Soeta, tiba di Bandara Don Meuang sekitar jam 10.16 pagi, lalu menuju Eastin Grand Hotel Shatorn Bangkok di Surasak dan urusan check-in sampai jam 12-an. Wajar jika perut kami mulai merasa lapar.

Voucher/e-money di Platinum Food Center
Voucher/e-money di Platinum Food Center
Counter refund e-money
Counter refund sisa saldo dalam e-money

Food court di Bangkok benar-benar berbeda dengan food court yang pernah kumampiri seperti di Indonesia, atau juga Malaysia. Di Bangkok, kita harus membeli e-money terlebih dahulu jika ingin makan di food court. E-money ini yang nantinya bisa digunakan untuk membeli makanan di counter-counter makanan yang ada di food court.

Kita bisa membeli kartu e-money dengan harga kelipatan mulai 100 baht. Saat akan membeli makanan, kita tinggal memberikan kartu e-money kepada penjual makanan untuk kemudian di-scan di mesin kasir masing-masing counter. Nanti selesai makan, jika saldo dalam e-money masih tersisa, bisa ditukarkan lagi dengan uang baht. Unik, ya!

Thailand Sweet Desert
Thailand Sweet Desert

Untuk satu porsi makanan rata-rata 60 baht ke atas. Di Food Center Platinum Fashion Mall, aku tidak membeli makanan berat karena masih kenyang. Di hotel, sebelum berangkat ke mall, aku sempat makam burger, bekal yang sempat kubeli dari starbucks di Terminal 3 Bandara Soeta. Dibeliim Mba Nia sih lebih tepatnya. Tetapi meski sudah kenyang, aku tergoda untuk mencoba Thailand Sweet Desert (semacam es teller) dengan harga 40 baht atau sekitar 17 ribu-an rupiah. Selesai makan desert, baru lah aku & Mita beraksi. Shopping time!

Setelah membeli beberapa souvenir dan oleh-oleh pesanan Daffa’ & Abyan, aku tergoda lagi untuk mencicipi jajanan khas Thailand, yaitu sticky rice with mango and coconut milk. Itu nama keren dari ketan mangga siram santan. Harganya 100 baht. Lumayan mahal kalau dirupiahkan jadi 45 ribu-an untuk secentong nasi ketan ditambah sebuah mangga. Tapi ngga nyesel karena rasanya emang enak!

Sticky Rice With Manggo and Coconut Milk
Sticky Rice With Manggo and Coconut Milk

How To Get Platinum Fashion Mall

Lokasi Platinum Fashion Mall berada pusat Pratunam – Bangkok. Untuk menuju ke Platinum Fashion Mall dengan menggunakan skytrain (kereta), kita bisa memilih untuk turun di Rachatewi BTS Skytrain, atau di Childom BTS Skytrain. Dari kedua BTS (stasiun kereta) tersebut, masih perlu jalan kaki kira-kira 15 menit atau lebih.

Kalau ngga mau capek jalan kaki dari BTS, mending naik tuk-tuk. Jangan lupa deal harga ongkos  dulu dan siapkan uang pas, karena supir tuktuk di Bangkok suka seenaknya malak ongkos. Kemungkinan ongkosnya  ngga sampai 50 baht. Kemarin sih kami jalan kaki, itung-itung olah raga. 😀

Tips Belanja di Platinum Fashion Mall:

  • Beli barang yang sama di toko yang sama dengan jumlah minimal 3 pcs, supaya lebih murah. Jangan lupa menawar harga, ya!
  • Siapkan uang cash yang banyak, karena seperti toko grosiran pada umumnya, toko-toko hanya bisa menerima pembayaran dengan uang cash.
  • Bawa koper atau trolley bag kalau memang niat belanja banyak, supaya ngga pegel nenteng tas belanjaan.
  • Pakai sepatu atau sandal yang nyaman di kako, supaya ngga terlalu pegel muter-muter di dalam mall.

Platinum Fashion Mall

Jam buka: 10.00 pagi s.d. 8.00 malam

45 thoughts on “Belanja Oleh-oleh di Platinum Fashion Mall Bangkok

  1. Mba Nurul, Insha Alloh mau kesana tgl 20 sd 25 Februari 2017 ini…Bisa kasih info pakaian yg dibawa dan cara packing biar efektif dan efisien itu baju apa saja mba…Terimakasih ya mba…

  2. Tempatnya mall tapi bisa ditawar ya 😀 lihat foto dessertnya jadi makin tertarik, enak banget kayaknya 😀

  3. Mbak,kami mau jalan nih ke bangkok feb ini lantai brp ya khusus souvenir cantik nya dan ada gbr model cantiknya jg????

    1. Bantu jawab: kebetulan tgl 27 okt kmrn sy hbs dr bangkok. Dan nginap di good day hostel di skitar pratunam. Cukup jln kaki ke platinum mal. Booking hostel bisa by traveloka. Lbh murah.

    1. Waktu di Bangkok aku nginep di Eastin Grand Hotel Shatorn Bangkok, kalau mau yang dekat Platinum, banyak juga hotel mulai yang budget, sampai hostel juga ada. 🙂

    1. Hihi.. Maaf, sdh diedit kurs rupiahnya yaa.. Itu tas sekitar 50rb-an mak. Itu sticky rice emang enak bgt, kita jg bs kok bikim sendiri.. Yummy

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.