ASUS ZenBook 3, Notebook Idamanku

“Dibanding MacBook Air, ASUS Zenbook 3 jauh lebih baik, karena body lebih tipis, lebih ringan dan bertenaga.” – Jerry Shen, ASUS CEO. Bali, 7 September 2016.

***

Asus zenbook 3

Mendengar pernyataan Jerry Shen di atas, luluh lah keinginanku memiliki MacBook. Iyes, selama ini suka envy kalau traveling bareng teman dan dia bawa-bawa notebook bergambar apel tergitgit itu. Design-nya itu loh, tipis dan ringan. Eh, ternyata sekarang ada yang lebih tipis dan lebih ringan lagi dengan kelas ultimate. Zenbook 3 UX390UA namanya!

Kinerja atau Gaya?

Biasanya, saat memilih notebook, pengguna harus memilih salah satu antara kinerja tau gaya. Performa dan spec bagus, tapi gede dan berat. Duh!

Zenbook 3

Lain halnya dengan Zenbook 3 UX390UA. Ngga cuma mengedepankan gaya, tetapi juga spec dan performa yang oke. Dengan bobot hanya 910 gram (ngga sampe 1 kilo cuy!), dan ketebalan hanya 1,19 cm, ASUS Zenbook 3 UX390UA menjadi notebook berbasis Windows 10 paling tipis dan paling ringan yang pernah ada sampai saat ini.

Daya Tahan

Material body menggunakan aluminium alloy 6013 yang menjadi stanr aerospace untuk digunakan pada struktur penting pesawat terbang. Jadi Zenbook 3 sebenarnya lebih kuat dari keliahatannya yang tipis dan lembut. Dikelilingi dengan golden metallic edge, Zenbook 3 dipastikan memiliki daya tahan yang kuat.

Nyaman

Untuk kenyamanan, Zenbook 3 menggunakan illuminated full size keyboard dengan travel distance 0.88 mm. Kalau dibandingkan dengan pesainyanya yang hanya 0.4 mm, Zenbook 3 harusnya lebih nyaman, yes!

3 Pilihan Warna

Zenbook 3

Ada 3 pilihan warna yang elegan, yaitu Rose Gold, Quarts Grey dan Royal Blue. Ditambah aksen golden metalic edge di sekelilingnya yang sempat kusebut di atas, Zenbook 3 terlihat semakin elegan.

Komponen Bertenaga

Prosesornya menggunakan intel core i7, dengan memory LPDDR3 2133MHz hingga 16GB, SSD PCIe Gen 3 x4 berkapasitas 512GB.

Pendingin Revolusioner

Dengan body setipis itu, bagaimana dengan sistem pendinginnya? Ngga asik dong kalau notebook cepet panas kayak preman yang dikit-dikit ngomong senggol bacok.

Zenbook 3

Well, ASUS telah mengubah sistem pendingin internal yang terpasang di dalamnya. Secara total, sistem pendinginnya hanya memiliki ketebalan 3 mm, dengan sirip-sirip kipas hanya setebal 0.3 mm.

Material yang digunakan sebagai sistem pendingin terbuat dari bahan liquid-crystal-polymer untuk memastikan kinerja kekuatan pendiginannya. Dilengkapi heatpipe dengan dinding setebal 0.1 mm untuk mengarahkan udara hangat ke arah ventilasi tersembunyi di balik engsel. Jadi notebook dapat bekerja dengan efisien walau saat full load.

Multimedia Mumpuni

Layarnya yang 12.5 inci memiliki resolusi Full HD dan diberi lapisan Corning Gorilla Glass 4 dari ujung ke ujung. Rasio layarnya mencapai 1.000 : 1 menampilkan warna-warna dengan kontras yang tinggi.

Zenbook 3

Untuk video, Zenbook 3 dilengkapi fitur ASUS Tru2Life Video Technology. Dengan begitu, setiap pixel pada frame video dapat dianalisa dengan baik untuk meningkatkan kontras warna, ketajaman gambar dan playback lebih mulus.

Selain itu, teknologi Tru2Life memberikan efek suara yang jernih seperti pengalaman menoton di teater film. Didukung dengan 4 buah built in speaker yang dirancang dengan teknologi ASUS SonicMaster Premium.

Touch Pad Pengaman Sidik Jari

Dibanding notebook pada umumnya, ZenBook 3 punya ukuran touchpad yang lebih lega. Pengguna bisa merasakan kenyamanan yang lebih karena touchpad tersebut sudah dilapisi coating kaca.

Zenbook 3

Demi mendukung fitur multi-touch Windows 10, touchpad juga sudah mendukung sentuhan dan gestur dengan 4 jari agar proses bekerja dan berpindah aplikasi menjadi lebih mudah.

Tak hanya itu, pada touchpad juga dilengkapi fingerprint scanner yang bisa digunakan sebagai pengamanan biometrik. Berada di sudut kanan atas area touchpad, fingerprint scanner memungkinkan pengguna untuk membuka notebook dan kembali ke Windows hanya dengan sentuhan jari. Autentifikasi berbagai aplikasi dan program juga bisa dilakukan dengan fitur yang satu ini.

Konetivitas

ASUS menyediakan Mini Dock USB Type-C untuk konetivitas yag lebih luas di masa depan. Dengan Doc Mini tersebut, pengguna akan mendapat tambahan port USB 3.1 Tipe-C, HDMI, dan USB 3.0.

screenshot_20160914-161304_1

Spesifikasi Lengkap:

spesifikasi-asus-zenbook-3-ux390ua

Melihat segala kelebihan yang dibekalkan pada Zenbook 3, tentu ada keinginan untuk memilikinya. Karena kadang, ada beberapa pekerjaan yang tak bisa atau kurang nyaman dikerjakan melalui HP Asus Zenfone 3 yang aku punya. Salah satunyaaku ingin belajar photosop untuk edit foto sebelum upload ke blog maupun instagram.

29 thoughts on “ASUS ZenBook 3, Notebook Idamanku”

  1. Sekarang basis generalnya udah core i7 ya. Dulu nyari lappy yang udah support core i7 susyeh, sekarang banyak. Kebetulan lappy saya ini chromebook, serasa lebih ramping aja kayanya, sama lebih ringan

  2. Selama ini punya laptop warna item melulu. Nah ini warna rose gold nya aduhaiiiii! Memang lagi pingin upgrade laptop nih, mba Noe. Harganya mayan juga yah. Hehehehe????.

  3. Ya Allah, itu yang rose gold bikin ngenceesss.
    Harganya berapa ini Noe? Aku cari-cari nggak nemu. Aku yang sekarang juga ASUS sih, tapi punya suami yang udah dihibahkan ke aku, hahaha.

  4. Zenbook ini kece bingits, dah minta sama bapak bos..
    Jangan beli, pake aja punyaku..
    Udah dah ga jadi kredit hahaaa,
    Pake warisan , yg asus notebook sini in, gubraaak…
    barter ituuu namanya…

Leave a Reply