Technology

Asus E202, Notebook Mungil Untuk Mobile

Sudah sebulan terakhir ini aku bergabung menjadi salah satu penulis di UC We-Media, yaitu sebuah platform milik Alibaba Group untuk para creator yang suaranya ingin didengar melalui tulisan di internet.

Alasanku bergabung di sana adalah karena banyaknya tawaran menarik untuk menghasilkan rupiah, salah satunya melalui tantangan menulis konten berkualitas berdasarkan topik yang sedang hot. Semacam lomba gitu lah. Selain itu juga bisa menghasilkan uang dari iklan, dan ada juga kompensasi jika bisa merekrut anggota baru.

Oya, debut pertamaku menulis di UC We-Media Alhamdulillah langsung mendapat apresiasi. Kebetulan waktu itu ada tantangan menulis tema ramadhan dan lebaran. Tulisanku terpilih sebagai salah satu artikel terbaik dan mendapat hadiah. Gara-gara itu aku jadi makin semangat untuk terus menulis di sana.

Hanya saja, ada satu hal yang yang disayangkan. Proses upload tulisan ke UC We-Media hanya bisa dilakukan melalui browser PC atau laptop. Untuk aku yang ngga punya ini kan jadi kesulitan. Hiks. Dan makin menggebu pingin punya leptop.

Kan jadi kepikiran. Kayaknya penghasilanku di UC We-Media dikumpulin aja deh buat beli notebook. Ya, ya. Ide bagus kan? *iyain aja plis*

Lalu ada pertanyaan yang terlintas di benak, target yang mau dibeli notebook apa nih? Ngotot mau Zenbook UX410UQ hasil pinjeman yang pernah aku peluk-peluk itu? Atau turun grade aja yang harganya lebih terjangkau?

 

Trus aku jadi inget tipe notebook Asus E202 yang kemaren sempet bikin heboh dunia blogger karena mba Uniek bikin GA dengan hadiah 10 unit notebook dengan tipe yang sama. Sayang aku ngga ikut lombanya kemarin. Huhu. Bukan karena aku ngga tertarik sama hadiahnya, tapi memang kondisiku kemarin bener-bener agak susah untuk ngeblog.

Tapi sekarang baru kepikiran bahwa Asus E202 itu bisa jadi tipe yang cocok untuk kebutuhanku di dunia tulis menulis digital. Utamanya karena harga yang terjangkau, yaitu di kisaran 3 jutaan. Dan kalau ngintip pundi-pundi tabungan di dashbpard UC We-Media, uangku udah terkumpul setengahnya dari target. Huhu. Aku senang!

Selain harga, ini yang aku suka dari notebook Adus E202;

Ukurannya mungil dengan bobot ringan sehingga cocok untuk diajak mobile. Dibawa kemana-mana ngga menuh-menuhin atau mberat-beratin ransel. Dimensinya cuma 29.7 x 19.4 x 2.14 cm (seukuran kertas A4). Dengan luas layar 11.6 inchi (resolusi 1366 x 768), dan beratnya cuma 1.25 kilogram.

Baterai tahan lama, kuat sampai 8 jam. Jadi kalau kebetulan harus pakai laptop di luar ruangan tanpa ada listrik untuk ngecas, masih jagoan lah selama 8 jam.

Ngga berisik saat digunakan karena tanpa kipas pendingin (fanless). Asus E202 menggunakan sistem pendingin pasif, artinya ngga ada kipas untuk mendinginkan mesin yang sukanya mengeluarkan suasa bising saat neoteboon digunakan. Dengan begitu, Asus E202 ngga malu-maluin diajak kerja di kafe atau di bahkan di perpustakaan yang hening.

Kinerja kuat dan powerful dengan prosesor Intel Dual Core 2,16 GHz, RAM 2GB dan ditambah Graphic Intel. Untuk kebutuhanku yang lebih banyak nulis, posting di blog dan share sosmed, spek Asus E202 udah lebih dari cukup.

Disain cantik dan elegan, ngga malu-maluin diajak jalana dan kerja di tempat ramai. Pilihan warnanya juga banyak dan cakep-cakep. Ada silk white, light blue, dark blue dan red rouge.

Tersedia port USB lengkap, ada tipe A, B dan C. Yang terbaru dan tercepat tentu tipe C, untuk transfer data dengan kecepatan tinggi. Dilengkapi juga dengan port HDMI.

Touchpad lega dengan papan keyboard nyaman. Touch pad pada Asus E202 dibuat 36% lebih lebar dibanding notebook lain dengan ukuran layar yang sama. Papan keyboardnya juga lebih nyaman karena jarak antar tuts tidak terlalu rapat (chiclet keyboard). Selain itu, di area palm rest diberi pendingin agar pergelangan tangan tidak terkena panas dan cepat pegal saat mengetik lama.

Punya dual speaker yang menghasilkan suara lebih jelas. Tentunya ini bisa memberi keasyikan untuk sejenak nonton film atau denger musik kalo lagi jenuh, atau bisa skalian dimanfaatin untuk cari-cari inspirasi kalo ide mentok.

Itu tadi beberapa hal yang aku garis bawahi, yang membuatku suka dan mau menurunkan grade keinginan dari Asus Zenbook yang harganya belasan juta, ke notebook mungin dengan harga 3 juta aja. Hihi. Spesifikasi lengkap bisa dibaca di tabel berikut.

Kesimpulannya, Asus E202 ini cocok untuk pribadi yang aktif dan mobile, karena bentuknya yang mungil dengan spesifikasi yang bisa diandalkan.

Aku suka, aku suka!


Note: semua gambar diambil dari web Asus.com

12 thoughts on “Asus E202, Notebook Mungil Untuk Mobile

  1. Ya Allah…. Baca ini aku jadi pengen beli jugaa. Butuh laptop yang bisa dibawa traveling. Harganya juga terjangkau. Fitur ngga perlu diragukan lagi deh klo ASUS. Ahh… Beneran pengenn. Harus nabung juga nih biar kesampaian. Btw, ada slot buat masukin memory card DSLR ngga noe?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.