ASUS AIO V200IB & Impian Usaha Laundry Kiloan

budget-999377_1280

Beberapa waktu lalu aku sempat nulis soal keinginan memulai lagi bisnis online. Tulisan itu membuat Ojrahar dapat ide baru. Dia mengusulkan untuk membuka usaha laundry kiloan, sekalian melayani jasa pembayaran listrik, pembelian tiket, serta voucher hotel. Lho, kok jadi banyak?

Usaha yang sama sudah dijalani kakak iparku di Pondok Gede, Bekasi. Lumayan rame. Apalagi musim mau lebaran gini. Orang pada sibuk persiapan lebaran kayaknya, sampai nyuci baju aja dioper ke laundry kiloan. Yups, itu yang aku liat kemarin waktu libur weekend ke Bekasi. Kios yang luasnya cuma seuprit makin sumpek karena penuh baju cucian.

 

Kalau mengingat luas tanah rumahku yang cuma 60 meter, dan udah abis dibangun depan belakang, rasanya ngga mungkin deh bikin usaha laundry kiloan di rumah. Aku kok malah tertarik buka layanan jasa pembayaran listrik, tiket-tiket dan voucher hotel itu aja. Tapi Ojrahar malah kasih usul baru.

“Gimana kalau kita pindah aja ke Bekasi?” usulnya.

Memang sih, rumah mertuaku lokasinya strategis. Di Jl. Lampiri yang jadi jalur alternatif kalau orang menghindari macet di jalanan Kalimalang. Ide bagus juga sih. Tapi kalau jadi pindah dan bikin usaha di sana, aku punya satu syarat, nanti komputernya harus ASUS AIO V200IB.

Soalnya, aku sendiri suka sumpek kalau masuk ke kios laundry punya kakak iparku. Ruangan sempit, umpel-upelan deh tuh mesin pengering, meja setrika, lemari tempat penyimpanan baju yang udah disetrika, dan satu meja tulis dengan komputer besar di atasnya.

Lagian, komputer dengan layar tabung gitu kan boros listrik juga. Padahal, komputer sekarang sudah makin simple, contohnya PC All in One (AIO) yang mana CPU dan layar monitor jadi satu.

vivo-aio-V200IB

Nih gambarnya yang aku ambil dari web Asus Indonesia. Bodinya ramping, elegan, cantik, sexy! Tinggal tambah keyboard dan mouse dengan kabel USB aja.

Kelebihan ASUS AIO V200IB

Selain bentuknya yang ramping dan cocok untuk ruang area kerja yang sempit, ada banyak kelebihan ASUS AIO V200IB. Aku sudah usulkan kepada kakak iparku untuk ganti komputer. Kujelaskan padanya berbagai kelebihannya berikut ini;

audio asus sonicmaster

Prosessor Intel® Pentium®. ASUS AIO V200IB didukung oleh Intel® Pentium® processor yang telah teruji hemat energi, dan tetap memiliki performa yang luar biasa. Perpindahan antara aplikasi satu dengan lainnya tetap lancar saat multitasking. Misal, sambil kerjain laporan, sambil putar musik dengan built in speaker berteknologi suara SonicMaster yang jernih dan menyenangkan, juga sambil online browser untuk bersocial media. Dengan begitu, banyak pekerjaan bisa selesai dengan cepat berkat Intel® Technology.

touchscreen 10 jari

Layar sentuh 10 jari. Teknologi layar sentuh 10 jari juga bisa mempercepat proses pengerjaan berbagai tugas dengan komputer. Atau ketika mengecek ulang laporan di layar komputer sebelum diprint. Kadang tulisan terlihat kekecilan atau kebesaran saat dibaca, bisa di pinch in atau pinch out (gerakan mencubit atau menyentuh dengan kedua tangan) untuk mengatur besar kecilnya objek di tampilan layar.

total conectivity

Port konektivitas lengkap. ASUS AIO V200IB dilengkapi HDMI output port, jadi bisa dihubungkan dengan mudah ke layar sekunder atau HDTV untuk hiburan layar lebar. Ini bisa dipake kalo jam tutup laundry ya, nonton bareng keluarga oh asiknya. Haha. Dilengkapi juga memory card reader dan port USB seri 3.0 untuk koneksi transfer data yang cepat, yaitu 10 kali lebih cepat dibanding port USB seri 2.0.

wireless charger

Sisi konektivitas yang lebih canggih juga ada, yaitu Modul NFC dan Smart Card Reader. Dengan teknologi ini, kalau mau menampilkan foto yang tersimpan di smartphone ke layar komputer bisa tanpa kabel data. Tinggal letakkan smartphone di dekat PC, lalu tap layar untuk login. Kalau mau slide kolekasi fotonya, bisa dilakukan dengan hanya menggerakkan tangan di depan layar sampai dengan jarak 5 meter. Charging baterai smartphone tanpa kabel USB pun bisa! Canggih ya?

vivo-aio-hd-display

Layar 19.5 inchi. Dari sisi layar, lebarnya pas. Ngga kebesaran dan ngga kekecilan. Displaynya LED-backlight dan menampilkan setiap warna sesuai aslinya. Jadi saat melihat gambar atau foto, terasa lebih nyata dan jelas. Misal, warna warni bunga, hangatnya mentari pagi, atau cantiknya warna sunset. Resolusi Full HD 1920 x 1080 yang menyenangkan kalau dipakai nonton film atau video sembari ngejagain kios laundry. Cihuy!

Gambaran Usahaku Nanti

Well, setelah sok pinter nyuruh-nyuruh kakak iparku ganti komputer, ditambah dikomporin Ojrahar tentang prospek usaha laundry kiloan, aku jadi tergoda juga untuk ikutan buka usaha seperti kakak iparku itu.

Soalnya, area tempat tinggal mertuaku belum ada usaha laundry kiloan. Kalau pun ada, jaraknya lumayan jauh, sekitar 1 kilometer dari rumah. Jadi masih sangat potensial. Ini aku coba membuat analisa 5W1H:

What
Usaha yang ingin kami jalankan adalah laundry kiloan.

Why
Mengapa usaha laundry kiloan? Pertimbangannya sebagai berikut;

1. Gaya hidup masyarakat sekarang kebanyakan adalah urban, yang lebih banyak mementingkan kualitas hidup dengan berkarya, atau quality time bersama keluarga. Banyak pekerjaan rumah yang mulanya dikerjakan sendiri, kemudian dialihkan ke pihak lain demi menghemat waktu agar bisa melakukan kegiatan lain yang lebih menyenangkan. Salah satunya kegiatan mencuci yang biasanya diserahkan urusannya kepada pembantu, atau kepada jasa laundry.

2. Pertimbagan kedua, seperti yang kuceritakan di atas, bahwa belum ada usaha laundry kiloan di area tempat tinggal mertuaku. Yang laping dekat jaraknya 1 kilometer dari rumah.

3. Dari sisi modal, tidak terlalu besar. Hanya sekitar 25 juta rupiah untuk membeli peralatan & perlengkapan sebagai berikut;

  • 1 unit mesin cuci front loading Rp6.400.000
  • 1 unit mesin pengering Modena kapasitas 8.5kg Rp6.700.000
  • 2 unit setrika Philips total Rp500.000
  • 1 unit ASUS AIO V200IB Rp5.100.000
  • 1 unit timbangan duduk Rp650.000
  • 1 unit meja komputer Rp2.250.000
  • 2 unit meja setrika total Rp1.000.000
  • 1 unit printer dot metric bekas Rp1.000.000
  • Cetak nota, plastik, detergent & pewangi, dll sekitar Rp2.000.000

Who
Rencananya, kami akan pindah ke Bekasi karena ingin menemani ibu mertuaku yang sudah sepuh. Beliau diajak pindah ke Sersng ngga mau. Setelah pindah, aku dan Ojrahar pinginnya ngga balik kerja jadi karyawan, jadi kami berdua lah yang akan menjalankan usaha laundry kiloan nanti. Dan kami akan memperkerjakan 2 orang karyawan untuk mencuci dan menyetrika. Lha, aku dan Ojrahar ngapain? Ya ngerjain hal administratif sambil tetap menemani ibu mertua di rumah dong ah! Juga promosi dan atur strategi bisnis.

Where
Tempat usaha akan memanfaatkan teras rumah mertua. Kebetulan teras rumahnya sudah dibangun tembok kanan kiri dan dipagar tinggi, jadi bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha tanpa direnovasi menjadi sebuah kios. Nanti, tinggal buka lebar pintu pagar saja saat buka laundry. Malam saat sudah tutup, ya tutup juga pintu pagarnya.

When
Pertanyaannya, kapan mau mulai usaha itu? Kapan pindahnya? Sudah sejak lama sih kami ingin pindah, tapi memang belum ada pandangan mau ngapain setelah pindah. Sekarang sudah punya gambaran mau mulai usaha. Nah, tinggal tentukan waktunya kapan. Sepertinya sih awal tahun 2017. Soalnya, aku merasa masih perlu membereskan banyak urusan di kantor sebelum resign.

How
Waah, ini pertanyaan berat. Bagaimana caranya supaya usaha ini dapat direalisasi? Bagaimana mendapatkan modal? Untuk modal, sepertinya bisa mencairkan tabungan jamsostek ketenagakerjaan setelah resign nanti. Setelah usaha dibuka, aku akan memberikan promosi menarik untuk pelanggan agar mereka loyal. Promosi seperti apa? Lanjut!

Promosi Menarik

Aku ingat dulu waktu punya toko online, promosi menarik cukup efektif menarik minat customer untuk membeli daganganku lagi dan lagi. Seperti, beli 3 pcs dan dapatkan harga spesial. Atau, khusus weekend dapatkan diskon 20%.

Untuk usaha laundry ini, aku akan membuat promosi sistem reward. Laundry pakaian biasa 10x dengan berat minimal @3kg, dapatkan free 1x laundry sampai dengan 3kg.

Nanti setiap customer akan diberi kartu yang harus dibawa setiap kali ngedrop baju kotor. Kartu tersebut nanti akan distempel jika berat cucian sampai 3kg atau lebih. Setelah terkumpul 10 stempel, kartu tersebut bisa digunakan sebagai kupon gratis laundry pakaian sampai dengan 3kg.

Gimana, menarik kan?

Analisa Usaha

Setelah mempelajari analisa usaha yang kubaca di internet, juga survey langsung ke usaha laundry milik kakak ipar, keuntungan yang didapat setiap bulannya bisa mencapai 30 sampai 40 persen dari biaya operasional yang dikeluarkan.

Agar lebih akurat dalam menghitung laba, tentunya setiap transaksi harus dicatat dengan detil dan rapi. Dan untuk memudahkan penghitungan, atau pembuatan laporan keuangan, tentu dibutuhkan komputer agar prosesnya lebih mudah dan cepat.

Kebayang kan kalau menghitung dan membuat laporan secara manual? Tulis semua di buku, ketak-ketik kalkulator, salin angkanya di buku, dan tulis ulang laporannya dengan rapi agar bisa dibaca dan dipahami dengan mudah. Aih, repotnya!

Ya, walaupun usaha rumahan, laporan keuangan tetap harus dibuat. Ini berguna sekali jika nanti ingin mengembangkan usaha dan butuh modal besar. Bisa ajukan pinjaman modal, dan sodorkan laporan keuangan dari usaha yang sudah berjalan.

So, komputer memang penting dan harus ada untuk membantu kelancaran usaha. Dan ASUS AIO V200IB adalah pilihan tepat karena punya body ramping, processor & teknologi canggih, serta harga terjangkau!

Cetak Biru Hidup Sukses

Oya, dengan harga terjangkau itu, ASUS AIO V200IB sudah dilengkapi dengan fitur NVIDIA® GeForce 930 m grafis. Fitur ini memungkinkan kita melihat dan membuat video HD lebih cepat, lebih menghemat waktu ketika berbagi foto berkualitas tinggi dengan teman-teman, dan menikmati animasi halus serta tanggap yang lebih baik saat bermain game terbaru.

traveling lagi

Fitur NVIDIA® GeForce ini ngga terlalu terpakai sih untuk usaha laundry. Tapi fitur ini bikin aku jatuh cinta karena bisa dipakai untuk belajar dan upgrade skill ngeblogku. Pinginnya sih bisa bikin video berkualitas dan merambah youtube. Asik kayaknya, kalau usaha laundry berjalan lancar, aku jadi banyak waktu luang dan bisa traveling lalu dibuatkan travel videonya.

Ah! Dengan ASUS AIO V200IB segalanya menjadi mungkin. Tetap jadi anak dan menantu yang berbakti, ortu yang selalu ada untuk anak-anak juga, usaha lancar dan bebas traveling juga.

Spesifikasi lengkap coba baca di web ASUS ya, atau nonton video ini yuk!

Note: Foto & infografis diambil dari web Asus, screen captured dari channel youtube Asus, dan pixabay.

40 thoughts on “ASUS AIO V200IB & Impian Usaha Laundry Kiloan”

  1. usaha laundry emang lagi nge hits sekarang mba. apalagi kalau didukung sama monitor/komputer keren tentunya bisa bikin usaha tambah maju, sukses terus mba semoga segera terwujud. salam kenal

  2. Noe usaha laundry menang cukup menggelitik. Temen aku sukses dari satu usaha ini dan kmdn merambah ke usaha lainnya. Salah satu kunci sukses sebuah usaha adalah manajemen yg baik dan administrasi yg rapi. Kudoakan dech usahamu segera terlaksana dan perangkat yg mendukung usahamu menjadi kado terindah buatmu

  3. Asli, Ide usahanya keren banget! Apalagi nanti di-online-kan, ya. Terus, ada sistem “jemput bole”. Mantaaap!
    Semoga ide ini terwujud ya, Mamake Ranuuuu. Jangan malas promosi, udah ada ASUS ini. 😛

    1. Wah iya, udh ada dlm fokoranku jg itu sistem jemput bola, kalo di online kam blm kepikir malahan 😀 makasiih dpanya Idah

  4. Asik…kalo pindah ke Bekasi jadi dekat dong kita. Tempatnya dekat workshopku. Kebetulan ini mau upgrade PC karena sudah lemot. PC ASUS yg ini bisa buat referensi. Bisa touch screen pula, canggih!

    1. Iya Len, makin deket kitaa. Nanti aku bs sering2 nebeng berenang. Wkwkwk. Btw, teknologi Asus AiO emang keren! Buruan upgrade!

    1. Wkwkwk, samaa aku jg blm kebeli Asus Max niih. Bangun usaha dulu kali ya biar keuntungannya bs buat beli hape baruuu

  5. Aku belum beli mesin cuci Noe, jadi masih pake jasa laundry kiloan sampe sekarang. Bisa cuci sepatu, tas sekolah, kaos kaki, keset juga lho.
    Laundry kiloan memang banyak dibutuhkan, terutama di seputaran kampus kalo di kotaku.

  6. Kereeen! Semoga terwujud ya, Noe. Usaha laundry kiloan memang dibutuhkan sekarang. Orang lebih pilih irit tenaga, daripada ngerjain cucian seabrek xixixi. *tunjuk idung* Momen Lebaran apalagi laundry kiloan laris manis. Btw, ASUS-nya mantap bangeeeet. Ikutan mupeng!

    1. Nah, iya banget, aku kalo balik traveling pasti lari ke laundry kiloan untuk drop cucian kotor. Wkwk. Dari dulu kepikir bikin usaha ini jadinya

Leave a Reply